Jaringan Bisnis Asia Tenggara Terhambat Phishing Finansial selama Tahun 2023 Jaringan Bisnis Asia Tenggara Terhambat Phishing Finansial selama Tahun 2023 ~ Teknogav.com

Jaringan Bisnis Asia Tenggara Terhambat Phishing Finansial selama Tahun 2023

Image by Freepik

Teknogav.com –Jaringan Bisnis Asia Tenggara Terhambat Phishing Finansial selama Tahun 2023
Teknogav.com – Kaspersky mendeteksi 455.708 serangan phishing keuangan pada perangkat bisnis di Asia Tenggara selama Januari sampai Desember tahun 2023. Jumlah tersebut merupakan tautan phishing yang berkaitan dengan keuangan yang mencakup e-commerce, perbankan dan sistem pembayaran. Phishing tersebut mengarahkan ke perangkat, akun atau informasi pribadi ke penipu. Modus tersebut dilakukan dengan berkedok orang atau organisasi yang dipercayai pengguna sehingga memudahkan menginfeksi korban dengan malware atau pencurian informasi.

 Rekayasa sosial tersebut dirancang untuk memperoleh informasi berharga yang dapat berupa segala sesuatu. Informasi tersebut dapat berupa login media sosial sampai seluruh identitas termasuk nomor jaminan sosial. Skema ini dapat mendesak pengguna membuka lampiran, mengikuti tautan, mengisi formulis atau membalas dengan informasi pribadi.

Baca juga: Sebagian Besar Upaya Phishing di Indonesia Targetkan Sektor Keuangan

Phishing finansial” adalah jenis phishing yang mengacu pada sumber daya palsu yang terkait dengan perbankan, sistem pembayaran, dan toko digital. Modus phishing sistem pembayaran bisa berupa halaman yang meniru merek pembayaran terkemuka.

Upaya phishing keuangan yang berhasil dideteksi Kaspersky selama tahun 2023 di Asia Tenggara menargetkan perusahaan-perusahaan dari berbagai ukuran. Statistik ini menunjukkan klik pada tautan phishing yang ditempatkan di berbagai saluran komunikasi. Media komunikasi tersebut termasuk email, situs web palsu, messenger, media sosial dan lain-lain.

Baca juga: Selama Semester I 2022, Email Berbahaya Sasar Layanan Finansial Indonesia

Phishing adalah teknik tepercaya bagi penjahat dunia maya dalam menyusup ke jaringan bisnis karena tingkat keberhasilannya. Munculnya AI generatif membantu penjahat siber membuat pesan phishing atau sumber daya penipuan menjadi lebih meyakinkan. Akibatnya, menjadi sulit bagi orang untuk membedakan antara penipuan dan komunikasi yang sah. Itulah sebabnya peran solusi keamanan yang kuat makin meningkat,” ucap Yeo Siang Tiong, General Manager Asia Tenggara di Kaspersky.
Berikut ini adalah daftar peringkat jumlah phishing finansial tertinggi di Asia Tenggara selama tahun 2023.

  • Filipina dengan 163.279 upaya phishing finansial
  • Malaysia dengan 124.105 upaya phishing finansial
  • Indonesia dengan 97.465 upaya phishing finansial
  • Vietnam dengan 36.130 upaya phishing finansial
  • Thailand dengan 25.227 upaya phishing finansial
  • Singapura dengan 9.502 upaya phishing finansial

“Penjahat siber menggunakan berbagai taktik, termasuk phishing terkait keuangan, untuk menipu karyawan dan mengelabui mereka agar menjadi korban serangan. Penelitian terbaru kami menunjukkan bahwa pelanggaran keamanan karyawan sama berbahayanya dengan peretasan eksternal bagi perusahaan-perusahaan di Asia Pasifik yang berarti faktor manusia terus meningkat dan berperan dalam membuat ekosistem bisnis menjadi rentan. Alat yang dapat membantu melindungi Perusahaan dari kelalaian manusia menjadi penting, tetapi hal ini juga harus didukung dengan edukasi karyawan, pengembangan keterampilan, dan penguatan kemampuan perusahaan secara keseluruhan dalam mendeteksi dan merespons serangan siber,” lanjut Yeo.

Baca juga: Bank dan Bursa Aset Kripto Merupakan Sasaran Empuk Penjahat Siber

Tips Menghindari Serangan Phishing

Para pakar Kaspersky merekomendasikan langkah-langkah berikut ini untuk membantu perusahaan melindungi sistem dari kerusakan akibat serangan phishing yang efektif:
  • Libatkan para pengambil keputusan dengan Kaspersky Interactive Protection Simulasi untuk meningkatkan pendidikan profesional C level. Langkah ini dapat meningkatkan pemahaman bagi para pemanggil keputusan mengenai pentingnya keamanan siber dan cara terbaik mendistribusikan anggaran. Hal ini juga menempatkan mereka selangkah di depan ancaman siber
  • Pertimbangkan bantuan para pakar, misalnya menggunakan layanan profesional Kaspersky Assessments family of professional services. Layanan ini dapat mengidentifikasi celah keamanan dalam konfigurasi sistem. Desain Arsitektur Keamanan membantu menciptakan infrastruktur keamanan TI cocok untuk perusahaan tertentu. Landasi setiap penerapan sesuai kebutuhan keamanan yang nyata, sehingga memberikan argumen yang meyakinkan para pengambil keputusan untuk mengalokasikan anggaran
  • Pasang dan gunakan solusi keamanan perusahaan yang dilengkapi perangkat lunak anti-phishing. Contohnya adalah fitur Kontrol Anomali Tingkat Lanjut dalam Kaspersky Endpoint Security for Business Advanced, Kaspersky Total Security for Business, dan Kaspersky Endpoint Detection and Response Optimum. Solusi-solusi tersebut dapat mencegah kegiatan yang berpotensi berbahaya dan 'di luar kebiasaan'. Kegiatan-kegiatan yang bisa dicegah ini baik yang dilakukan pengguna, maupun oleh penyerang yang telah menguasai sistem.
Demikianlah beberapa tips dari Kaspersky agar senantiasa terhindar dari ancaman phishing.

Share:

Artikel Terkini