Telkomsel dan Huawei Hadirkan 5G Smart Warehouse dan 5G Innovation Center Telkomsel dan Huawei Hadirkan 5G Smart Warehouse dan 5G Innovation Center ~ Teknogav.com

Telkomsel dan Huawei Hadirkan 5G Smart Warehouse dan 5G Innovation Center

Teknogav.com - Huawei dan Telkomsel resmi menghadirkan 5G Smart Warehouse dan 5G Innovation Center di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Fasilitas ini merupakan penerapan teknologi 5G dalam manajemen gudang sehingga meningkatkan efisiensi operasional dan membuka peluang baru bagi industri logistik. Pada akhirnya, penerapan teknologi 5G ini turut mendukung ekonomi digital menuju visi Indonesia Emas 2045. 

Peresmian 5G Smart Warehouse dan 5G Innovation Center tersebut dilakukan Mr. Long, CEO Huawei Indonesia pada Kamis, 7 Maret 2024. Berikut ini para pemangku kepentingan yang turut menyaksikan peresmian tersebut:

  • DR. IR. Ismail MT., Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) 
  • Indra Mardiatna, Direktur Network Telkomsel
  • Derrick Heng, Direktur Marketing Telkomsel
  • Mahendra Rianto, Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia

Selain itu, hadir juga para perwakilan dari Institut Teknologi Bandung, Telkom University dan para mitra Huawei lain.

Mr. Long, CEO Huawei Indonesia

“Pada 5G Summit di Solo tahun lalu, bersama dengan mitra industri, kita telah bersama berkomitmen untuk memperkuat ekosistem 5G. Kini kami menerapkan smart warehouse di Indonesia bekerja sama dengan Telkomsel dan Sinotrans. 5G Smart Warehouse ini merupakan bukti nyata dari teknologi 5G yang dapat membawa nilai tambah bagi industri tradisional di Indonesia,” ucap Mr. Long. 

Menurut Mr. Long, 5G merupakan jawaban dari hidup pintar. Berbagai use case sudah menerapkan teknologi 5G dan AI contohnya pada smart money, smart factory, smart transportation dan lain-lain.Teknologi 5G merupakan salah satu pendukung transformasi digital dan percepatan penerapan 5G akan lebih baik. Indonesia yang digital merupakan kolaborasi bersama. Pada smart warehouse ini, Asosiasi Logistik Indonesia juga dapat diajak untuk terus berinovasi. Komitmen Huawei dalam mendukung pemerintah dan pelaku industri untuk membuka peluang digital Indonesia pun kembali ditegaskan Mr. Long.

Dukungan industri logistik yang efisien dan efektif dibutuhkan ekonomi digital yang diyakini sebagai katalisator utama perekonomian Indonesia di masa depan. Data Kementerian PPN/Bappenas menunjukkan bahwa biaya logistik Indonesia turun dari 23,5% menjadi 14,29% dari produk domestik bruto tahun 2023 lalu.

robot di Huawei 5G Smart Warehouse, Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat

Baca juga:  Huawei Buka 5G Innovation and Experience Centre di London

Peresmian Huawei 5G Snart Warehouse hasil kolaborasi Huawei dengan Telkomsel ini pun disambut positif oleh Indra Mardiatna, Direktur Network Telkomsel. Telkomsel memiliki komitmen menyediakan konektivitas, solusi dan layanan inovatid untuk mendorong pemberdayaan dan membuka lebih babyak peluang bagi pertumbuhan bisnis di Indonesia.  Komitmen tersebut selaras dengan semangat Indonesia dalam menciptakan terobosan yang dapat menggerakkan kemajuan negeri.

"Terima kasih kepada Huawei sebagai mitra teknologi Telkomsel selama ini, dan terima kasih juga kepada Kominfo. Sebagi bagian dari Telkom Group, Telkomsel terus berinovasi dan bekerja sma. Dalam hal ini dengan Huawei memperkenalkan 5G Smart Warehouse dan 5G Innovation Center. Inovasi ini tak hanya di Cikarang, tetapi diharapkan dapat digunakan oleh industri logistik di Indonesia. Ini merupakan komitmen kami untuk mendukung digitalisasi di Indonesia. Kami juga terus berupaya merevolusi industri di Indonesia. Kami percaya inisiatif ini tak hanya kemampuan mengelola gudang tetapi ke industri pengelola lain yang diakselerasi dengan teknologi digital. Terima kasih untuk Kominfo dan seluruh pihak yang mendukung di sini. Telkomsel terus mendukung perkembangan ekosistem bisnis digital dan ekonomi Indonesia secara inklusif dan berkelanjutan," ucap Indra.

Penerapan konsep solusi 5G Smart Warehouse dan 5G Innovation Center diharapkan dapat menyajikan pengalaman transformatif bagi pelaku bisnis di industri logistik. Transformasi ini terutama dalam meningkatkan kapabilitas pengelolaan dan efisiensi operasional pergudangan.

Baca juga: Ericsson 5G Innovation Center Dukung Pembentukan Ekosistem 5G bagi Industri

"Kolaborasi Huawei dengan PT Sinotrans CSC telah terjalin bertahun-tahun untuk mendukung rantai pasok, termasuk dalam membangun inovasi bersama antara Huawei dan Sinotrans," ucap Gao Xiang, Vice President dan Chief Information Officer di Sinotrans. 

Gao Xiang, Vice President dan Chief Information Officer di Sinotrans

DR. IR. Ismail MT., Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) mengungkapkan bahwa banyak peluang tiba dari kehadiran 5G. Kehadiran Huawei 5G Smart Warehouse dapat menjadi wake-up call sekaligus contoh baik bagi seluruh ekosistem untuk dapat segera mengintegrasikan teknologi 5G ini dalam digitalisasi. Huawei 5G Smart Warehouse menghadirkan terobosan solusi bermanfaat tidak hanya bagi industri logistik tetapi juga berbagai sektor lain secara nyata. 

"Implementasi 5G sudah bisa untuk pemanfaatan di era industri 4.0. Ini pasti mendorong kita untuk menyelesaikan isu-isu penting seperti perilisan spektrum. Ada ribuan industri yg menanti. Banyak hal yang harus dikerjakan Kominfo. Terobosan soluso bermanfaat hanya mungkin terjadi melalui kolaborasi seluruh pemangku kepentingan dalam rangka memacu transformasi digital nasional," ucap DR. IR. Ismail MT. 

DR. IR. Ismail MT., Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI)

Baca juga: Huawei Perkenalkan Tujuh Inovasi untuk Tingkatkan Nilai dalam Infrastruktur Digital

Solusi pada 5G Smart Warehouse

Konsep 5G Smart Warehouse memanfaatkan solusi layanan jaringan dan teknologi terkini. Solusi-solusi tersebut mencakup 5G Private Network, Multi-access Edge Computing (MEC), Internet-of-Things (IoT), dan Big Data Analytics. Kemampuan dari berbagai solusi tersebut adalah sebagai berikut:

  • mengoptimalkan operasim
  • eningkatkan keamanan dan keselamatan kerja
  • mencegah human error
  • menciptakan efektivitas waktu kerja
  • menekan konsumsi energi
  • mengurangi potensi kerugian tak terduga

Pemantauan dan analisis operasional gudang secara real-time dapat disimulasikan secara digital oleh pengelola gudang memakai solusi Digital Twins dan Big Data Analytics. Simulasi digital ini berguna untuk mengoptimalkan pengelolaan inventaris barang, terutama dalam mencegah terjadinya kelebihan maupun kekurangan persediaan barang.

Komunikasi yang cepat dan akurat antara staf dan robot autonomous guided vehicles (AGV) difasilitasi konektivitas broadband 5G yang dihadirkan Telkomsel. Efisiensi pergerakan barang juga dipastikan oleh konektivitas ini. 

Sistem keamanan cerdas yang dilengkapi dengan sensor video dan penginderaan inframerah juga dihadirkan Telkomsel Enterprise untuk menjaga keamanan gudang.

Daya yang dikonsumsi tsknologi BTS 5G dari Huawei untuk mendukung seluruh operasi bisnis dalam 5G Smart Warehouse ini hanya 5 watt. Besar daya tersebut setara dengan satu bohlam hemat energi. Efisiensi energi ini menjadikan teknologi BTS 5G Huawei sebagai solusi berkelanjutan untuk masa depan.

Kehadiran 5G Smart Warehouse dan 5G Innovation Center merupakan langkah maju signifikan untuk perjalanan transformasi digital Indonesia. Transformasi ini diwujudkan oleh kekuatan 5G dalam industri logistik yang membuka jalan menuju masa depan lebih efisien, kompetitif, dan berkelanjutan.

Share:

Artikel Terkini