Huawei Perkenalkan Tujuh Inovasi untuk Tingkatkan Nilai dalam Infrastruktur Digital Huawei Perkenalkan Tujuh Inovasi untuk Tingkatkan Nilai dalam Infrastruktur Digital ~ Teknogav.com

Huawei Perkenalkan Tujuh Inovasi untuk Tingkatkan Nilai dalam Infrastruktur Digital

Teknogav.com – Huawei menghadirkan inovasi-inovasi pada jajaran infrastruktur digital yang menyeluruh di beberapa bidang berbeda. Beberapa inovasi ini benar0benar baru dan belum pernah diungkap sebelumnya di luar laboratorium Huawei. Perilisan inovasi-inovasi tersebut menekankan cara produk dan solusi tersebut dirancang untuk membentuk infrastruktur digital di dekade mendatang. Hal ini sejalan dengan posisi Huawei sebagai penyedia infrastruktur digital global yang berdedikasi membangun dunia yang serba terhubung dan cerdas.

Selama periode 23 September sampai 31 Oktober 2021, Huawei menyelenggarakan HUAWEI CONNECT 2021 secara online. Tema pada ajang tahun ini adalah “Dive into Digital”. Penerapan-penerapan teknologi praktis seperti 5G, AI dan cloud akan dikembangkan Huawei lebih dalam di semua industri. Cara agar berbagai organisasi dapat lebih efisien, fleksibel dan tangguh demi pemulihan ekonomi pun terus dikembangkan Huawei.

David Wang, Huawei Executive Director and President of ICT Products & Solutions

David Wang, Huawei Executive Director and President of ICT Products & Solutions menyampaikan pidato bertajuk Leading Innovation in Digital Infrastructure. Pidato sambutan tersebut mencakup ide-ide yang diperkenalkan Wang pada acara perilisan laporan Intelligent World 2030. Laporan tersebut berisi prediksi di tahun 2030, yaitu sebagai berikut:

  • Koneksi global akan mencapai 200 miliar
  • Data bulanan per pengguna seluler akan tumbuh 40 kali lipat menjadi 600 GB
  • Pertumbuhan volume komputasi umum di seluruh dunia mencapai 10 kali lipat
  • Peningkatan data 23 kali lipat sampai 1 YB untuk pertama kalinya
  • Prediksi pencapaian tersebut menggambarkan tantangan dan peluang baru bagi sektor infrastruktur digital selama 10 tahun mendatang.

"Infrastruktur berperan sangat penting pada setiap tahap pembangunan sumber daya manusia. Dunia yang cerdas tak lama lagi akan terwujud dan infrastruktur digital menjadi kunci terealisasinya dunia cerdas tersebut. Saat ini dunia tengah menghadapi beragam tantangan baru yang belum pernah terjadi sebelumnya. Untuk menyediakan solusi yang tepat guna, Huawei yang selalu berorientasi pada kebutuhan pelanggan terus memegang teguh komitmennya dalam berinovasi. Kami melakukan berbagai terobosan baru untuk melayani skenario aplikasi utama. Terobosan-terobosan tersebut seperti kantor digital, manufaktur pintar, wide area network (WAN) dan pusat data, serta mempercepat pengembangan infrastruktur digital global," ucap Wang.

Baca juga: Huawei Fokus Ciptakan Nilai Baru dengan Sinergikan Lima Bidang TIK

Wang menjelaskan cara infrastruktur digital masa depan harus sangat aman, andal dan deterministik. Infrastruktur digital tersebut juga membutuhkan sirkulasi data dan daya komputasi yang lebih efisien ketika memasuki dunia digital. Tujuh inovasi spesifik yang sudah atau akan diluncurkan Huawei ke pasar juga ditekankan dalam pidato Wang tersebut. Berikut ini adalah ketujuh inovasi tersebut.

1. Office Twins

Kecerdasan pada ‘Office Twins’ menunjang ruang pertemuan digital dengan menghadirkan konektivitas berskala gigabit di segala ruang. Produk ‘Office Twins’ terbaru dari Huawei yang mencakup AirEngine 676 dan IdeaHub ini dapat memperlancar kebutuhan kolaborasi. Air Engine 6761 merupakan produk Wi-Fi 6E yang berkinerja tinggi untuk menghadirkan jaringan serba nirkabel demi pengalaman terbaik untuk bisnis. Teknologi tersebut memiliki akses yang instan dan aman, latensi yang sangat rendah sampai 10 milidetik saat berinteraksi. AirEngine 6761dapat mentransfer file sangat cepat sampai 1.000 Mbps. 

Desain IdeaHub 6-in-1 memungkinkan ‘Office Twins’ digunakan sebagai proyektor, papan tulis, conference endpoint, speaker dan mikrofon. Kemampuan-kemampuan tersebut mendukung kolaborasi yang lancar dari berbagai lokasi.

Baca juga: Huawei IdeaHub Series, Solusi Kolaborasi Digital pada Smart-Office

2. Huawei OptiXsense

Sesuai namanya, Huawei OptiXsense merupakan sensor optik dengan prosesor sinyal digital optik (oDSP) yang unik dan mesin analisis riak vibrasi. Huawei OptiXsense EF3000 merupakan produk pertama Huawei di lini OptiXsense. Kemampuannya dapat mengidentifikasi insiden dengan akurasi sampai 97%. Tingkat akurasi tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan produk-produk di pasaran saat ini yang akurasinya sekitar 60%-80%.

Produk ini dirancang untuk mempersingkat proses inspeksi pipa minyak dan gas sehingga memungkinkan inspeksi jaringan perpipaan yang cerdas dan nirawak. Nantinya produk OptiXsense juga akan mendukung kebutuhan lain seperti pemantauan suhu, tekanan dan kualitas air.

3. Solusi Jaringan IP Deterministik

Huawei meluncurkan solusi jaringan IP deterministik pertama di industri yang dapat mendukung kebutuhan sistem kendali kelas industri. Solusi tersebut menggunakan CloudEngine S6730-H-V2 dan router NetEngine 8000 M8 yang menjamin kinerja jaringan end-to-end dengan tingkat latensi jaringan rendah. Kapabilitas tersebut dapat memenuhi sistem kontrol yang membutuhkan tingkat latensi jaringan dan jitter yang begitu rendah. Standar tersebut belum bisa dipenuhi oleh jaringan IP konvensional.

Tingkat latensi single-hop tingkat mikrodetik dapat dihadirkan oleh inovasi Huawei dalam bidang rekayasa dan algoritma sistem IP. Jitter pun dapat dijaga dalam 30 mikro detik secara end-to-end berapa pun jumlah lompatannya. Solusi jaringan IP Deterministik Huawei dapat mendukung suatu jaringan multi-hop sampai puluhan ribu node. Kinerja jaringan IP deterministik yang dihadirkan akan mendukung bengkel, pabrik, atau bahkan sejumlah pabrik sekaligus. Solusi ini juga mendukng pembangunan sistem kendali jarak jauh secara terpusat pada rantai produksi yang letaknya bahkan sampai ribuan kilometer.

Baca juga: Huawei IdeaHub Series Terkini Dukung Kolaborasi Kerja Jarak Jauh

4. H-OTN

Huawei H-OTN menghadirkan jaringan komunikasi yang andal dengan latensi sangat rendah dengan perangkat optik terkonvergensi pertama di industri. Teknologi ini menggunakan penyederhanaan O&M dan arsitektur OTN Point-to-Multipoint (P2MP) yang inovatif untuk jaringan akses perpipaan keras end-to-end. Arsitektur tersebut dilengkapi dengan protokol terkonvergensi yang menghadirkan keamanan secara menyeluruh dan mengurangi latensi sampai 60%. Solusi ini dapat mendukung transformasi digital di seluruh sektor industri, termasuk energi listrik dan transportasi.

5. Solusi Jaringan IP Terkini

Perpaduan seluruh kapabilitas switch pusat data CloudEngine 16800 dan router WAN NetEngine 8000 F8 dihadirkan solusi jaringan IP terkini Huawei. Solusi ini didukung algoritma cerdas & lossless 2.9 yang meniadakan packet loss pada Ethernet dan algoritma grafik cloud cerdas. Kemampuan tersebut dapat mengurangi latensi sebesar 25% dan meningkatkan efisiensi sebesar 30%.

Kinerja solusi ini dapat membangun jaringan yang luas dan terpadu untuk mendukung komputasi lintas wilayah. Solusi ini dapat mendukung pembangunan jaringan pusat data yang sangat besar yang menghubungkan sampai 270.000 server. Kapasitas tersebut tiga kali lebih besar dari rata-rata industri. Solusi ini juga dilengkapi intelligent routing berdasarkan jenis layanan cloud dan faktor sumber daya jaringan cloud.

6. OceanStor Pacific

OceanStor Pacific merupakan penyimpanan terdistribusi untuk High Performance Data Analytics (HPDA). Kini berbagai kapabilitas ditambahkan pada solusi tersebut. Beberapa kapabilitas tersebut adalah sebagai berikut:

  • arus data yang makin adaptif
  • I/O besar dan kecil
  • pengindeksan terkonvergensi untuk data tidak terstruktur
  • perangkat keras ultra-kepadatan tinggi
  • algoritma EC

Solusi OceanStor Pacific memungkinkan satu unit penyimpanan mendukung efisiensi analitik data sampai 30%. Efisiensi tersebut dalam menjalankan beban kerja hibrid pada komputasi berkinerja tinggi (HPC), analitik big data, sampai komputasi AI.  Penggunaan OceanStor Pacific telah dilakukan di kilang minyak dan dirancang untuk mempercepat transformasi digital di industri eksplorasi minyak dan gas. 

7. Huawei CC Solution

Pelanggan dapat meluncurkan platform publik melalui komputasi berkinerja tinggi yang beragam dengan dukungan Huawei CC Solution. Berbagai proyek sudah menggunakan solusi tersebut untuk menjadi sumber daya pada klaster industri. Solusi tersebut dirancang dengan mempertimbangkan tiga skenario. Ketiga skenario tersebut adalah pusat komputas AI, pusat komputasi berkinerja tinggi dan pusat big data terintegrasi. Huawei CC Solution menghadirkan klaster komputasi dan mendukung transformasi digital bagi berbagai industri secara luas.

Jika dibandingkan dengan solusi tradisional, maka Huawei CC Solution memiliki empat keandalan sebagai berikut:

  1. kemampuan komputasi terdiversifikasi
  2. peluncuran lebih cepat
  3. efisien dalam penggunaan
  4. kemampuan menyajikan layanan sesuai permintaan

Wang menutup pidato sambutannya dengan menekankan bahwa masa depan infrastruktur digital membutuhkan ekosistem perangkat lunak yang terus dikembangkan. Ekosistem tersebut mendampingi kebutuhan perangkat keras baru dan inovatif. Dipertegas juga komitmen Huawei untuk terus memperdalam kiprahnya di ranah digital. Kerja sama dengan mitra, pengembang dan organisasai open source dari seluruh dunia akan terus berlanjut. Hal ini demi membangun berbagai ekosistem perangkat secara terbuka.

"Huawei berkomitmen untuk terus berinovasi melalui R&D kami. Apa pun yang terjadi, inovasi akan terus berjalan. Satu hal yang perlu digarisbawahi bahwa inovasi kami dalam infrastruktur digital bertumpu pada beberapa hal. Hal-hal tersebut mencakup terobosan dalam teori dan algoritma dasar; teknologi spillover; arsitektur teknis; arsitektur produk; kecepatan industri; arah industri; dan penciptaan industri. Huawei akan terus menguatkan komitmennya dalam melakukan inovasi di bidang infrastruktur digital, menciptakan nilai secara berkesinambungan bagi pelanggan dan mitra. Inovasi tersebut juga dilakukan dalam menciptakan dunia yang sepenuhnya terhubung dan cerdas,” tutup Wang.


Share:

Artikel Terkini