Indosat Tekankan Komitmen Unparalleled Network Services Guaranteed untuk Kelancaran Lebaran Indosat Tekankan Komitmen Unparalleled Network Services Guaranteed untuk Kelancaran Lebaran ~ Teknogav.com

Indosat Tekankan Komitmen Unparalleled Network Services Guaranteed untuk Kelancaran Lebaran

Teknogav.com - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) menjamin kelancaran konektivitas selama perayaan momen lebaran sesuai komitmen 'Unparalleled Network Services Guaranteed'. Komitmen 'Unparalleled Network Services Guaranteed' bertujuan memastikan kenyamanan dan kemudahan komunikasi mulai dari perjalanan mudik sampai di tujuan. Kualitas layanan Indosat selama momen lebaran ini dijaga dengan jaringan Indosat yang terintegrasi dan dukungan infrastruktur berteknologi tinggi. Infrastruktur Indosat ini berbasis cognitive learning yang efisien dari sisi penggunaan energi. Tentu saja dukungan untuk menjaga kualitas layanan Indosat juga tak lepas dari keandalan sumber daya manusia.

"Saya mewakili seluruh keluarga besar Indosat Ooredoo Hutchison mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H, mohon maaf lahir dan batin. Kami telah mengoptimalkan jaringan di sejumlah jalur mudik dan lokasi-lokasi prioritas untuk menunjang kebutuhan komunikasi dan layanan digital pelanggan. Pengoptimalan ini dilakukan mulai dari perjalanan mudik, di kampung halaman dan daerah asal. Optimalisasi  ini juga didukung oleh jangkauan jaringan Indosat yang kian meluas hingga wilayah kecamatan dan desa. Kami juga menjamin pelanggan dengan ‘Unparalleled Network Services Guaranteed’ bagi seluruh pelanggan. Dengan ini pelanggan dapat menikmati pengalaman yang mengesankan dalam menggunakan layanan kami, khususnya dalam mendukung perayaan hari besar keagamaan di mana kami beroperasi," ucap Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Baca juga: Berhasil Rampungkan Integrasi Jaringan 100%, Indosat Siap Antisipasi Trafik 

Hal senada pun disampaikan Steve Saerang,  SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredo Hutchison yang mengungkapkan bahwa 'Unparalleled Network Services Guaranteed merupakam komitmen seluruh manajemen Indosat. Menurutnya, Indosat siap dengan berbagai resiliensi sistem dan terus menjaga 24 jam.

"Untuk mendapatkan garansi kualitas koneksi di semua daerah, maka jangan ganti kartu dari saat di kota dan ke desa. Garansi akan diberikan asal pelanggan dapat memberikan bukti berupa screenshot," ucap Steve.

Mobilitas arus mudik di momen lebaran diprediksi mencapai 71,7% dari total penduduk Indonesia. Pergerakan massa tersebut diproyeksikan akan meningkatkan trafik data Indosat sebesar 17% dibandingkan dengan rata-rata trafik harian sepanjang tahun 2024. Tren tahun sebelumnya menunjukkan lonjakan trafik data di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Lampung. Peningkatan kegiatan digital masyarakat merupakan pemicu peningkatan lalu lintas data tersebut. Kegiatan digital ini mencakup pemakaian media sosial dan aplikasi perpesanan atau messenger, serta main game online. Aplikasi-aplikasi yang sering digunakan mencakup Tik TikTok, WhatsApp, YouTube, Facebook, dan Instagram. Sementara itu, untuk game online mencakup Mobile Legends, FreeFire, Roblox, PUBG, dan Genshin Impact.

Lonjakan lalu lintas data berusaha diantisipasi Indosat dengan meningkatkan kapasitas jaringan 32% lebih besar dibandingkan kapasitas harian rata-rata. Kepadatan lalu lintas data pada puncak momentum lebaran diantisipasi dengan penambahan 2.145 sites baru dan 38 mobile BTS (MBTS). Penambahan ini juga didukung jaringan serat optik yang panjangnya lebih dari 51 ribu km. Selain itu, juga ada lebih dari 224 ribu km akses metro serat optik untuk memperkuat sinyal di lokasi prioritas.

Baca juga: Huawei Dukung XL Axiata Tingkatkan Jaringan Demi Lancarkan Trafik Telekomunikasi

Indosat juga mengoptimalkan jaringan di 10 jalur kereta, 26 jalan tol, 28 jalan non-tol, 531 titik dan 64 jalur prioritas. Jalan tol tersebut mencakup Trans Jawa dan Trans Kalimantan, sedangkan jalan non-tol mencakup Banjarmasin-Martapura dan Merak-Carita. Titik-titik pengoptinmalan jaringan mencakup daerah tujuan wisata, pusat perbelanjaan, alun-alun masjit, rest area, bandara, terminal, pelabuhan dan stasiun.

Kelancaran komunikasi pelanggan Indosat senantiasa dijaga 2.000 petugas teknis Indosat di lapangan dan tim Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center. Mereka bekerja 24 jam untuk mnendukung pelanggan berkomunikasi setiap saat di mana pun. Indosat juga sudah memastikan kesiapan tim dengan mengaktifkan Command Center 24/7 selama 7-13 April 2024. Kesiapan juga mencakup Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC) yang diperkuat sistem berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi.

Persiapan tersebut menegaskan komitmen Indosat dalam meningkatkan kualitas layanan  bagi masyarakat. Pelanggan yang memberikan masukan dan saran untuk meningkatkan layanan juga mendapatkan apresiasi dari Indosat. Berbagai saluran telah disiapkan Indosat untuk menyampaikan masukan dan menanggapi kendala pelanggan selama periode mudik dan lebaran. Saluran tersebut mencakup website, WhatsApp resmi, media sosial, sampai call center 24/7.

Baca juga: Trafik Data Indosat Ooredoo Naik 68,53% Saat Liburan Lebaran

“Seluruh upaya menghadirkan kebahagiaan dan keberkahan di momen Ramadan dan Idulfitri merupakan bagian dari komitmen mewujudkan tujuan besar Indosat dalam menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia,” tutur Vikram.

Pemberdayaan Perekonomian Lokal

Agus Sulistio, VP Head of Network Operations

Komitmen Indosat dalam memberdayakan masyarakat Indonesia melalui pemberdayaan ekonomi lokal juga ditegaskan Indosat. Pemberdayaan ini merupakan kelanjutan dari program Indosat Berkah Ramadan yang merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) di bawah pilar filantropi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui kerja sama dengan berbagai lapisan pemangku kepentingan. Mereka mencakup karyawan, anak usaha, hingga pelanggan, Sejumlah 115 'Gerobak Berkah' sudah disalurkan Indosat bagi para penjaga masjid atau musholla (marbot). Penyaluran ini dilakukan Indosat di 57 lokasi yang tersebar di Indonesia.

Program ini mendukung pemberdayaan usaha ekonomi kecil yang dilakukan marbot di berbagai lokasi tersebut secara langsung. Salah satu marbot yang merasakan langsung pemberdayaan ini adalah Asep Mahmud yang merupakan marbot Masjid Al-Mujahiddin, Jakarta Barat.

“Saya bersyukur dengan bantuan dari Indosat dan pelanggannya, karena program ini memberikan saya  tambahan modal usaha dan fasilitas penunjang usaha. Selain kegiatan sehari-hari sebagai  marbot, saya juga bisa membuka  usaha baru dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan gerobak yang lokasinya berada di area masjid," ucap Asep.

Share:

Artikel Terkini