Serangkaian Inisiatif Tokopedia dan TikTok Giatkan Tren Belanja Online Serangkaian Inisiatif Tokopedia dan TikTok Giatkan Tren Belanja Online ~ Teknogav.com

Serangkaian Inisiatif Tokopedia dan TikTok Giatkan Tren Belanja Online

Teknogav.com – Para pelaku bisnis mengalami peningkatan penjualan yang signifikan selama momen Ramadan-Lebaran 1445. Hal ini pun dialami para pelaku usaha yang tergabung di Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia. Kenaikan penjualan yang signifikan ini dialami berbagai brand lokal, di antaranya Tulus Skin, Jenna and Kala, serta Hijrahfood. Hal ini tak lepas dari banyaknya inisiatif yang dihadirkan Tokopedia dan TikTok dalan memanfaatkan peluang momen Ramadan-Lebaran 1445. Tak hanya penjual, para pembeli pun dimudahkan dalam memenuhi kebutuhan selama Ramadan-Lebaran 1445.

Inisiatif-inisiatif yang dihadirkan Tokopedia dan TikTok mencakup Beli Lokal dan Ramadan Ekstra Seru. Kehadiran inisiatif tersebut mendukung lebih dari 21 juta penjual di Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia, terutama brand lokal. Hal ini menunjukkan dampak positif yang diberikan kolaborasi Tokopedia dan TikTok pada tren belanja online.

Baca juga: DatascripMall.ID Gelar Promo ”Pesta Lebaran Sale” 2024

Selama periode Ramadan-Lebaran 1445, berikut ini adalah kategori paling laris di Tokopedia:

  • Groceries yang mencakup produk-produk kebutuhan sehari-hari, termasuk makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan diri
  • Rumah Tangga
  • Fesyen

Berikut ini adalah kategori paling laris berdasarkan wilayah:

  • Sumatra dan Jawa: Groceries, Rumah Tangga dan Fesyen
  • Kalimantan: Elektronik, Groceries dan Rumah Tangga
  • Sulawesi: Groceries, Elektronik dan Fesyen
  • Papua: Elektronik, Groceries, Olahraga dan Hobi

Beralih ke Shop | Tokopedia dalam aplikasi TikTok, beberapa kategori terlaris adalah Fesyen Muslim Perempuan, perawatan kulit dan makanan ringan. Penjualan rata-rata pelaku usaha yang mengikuti kampanye Ramadan Ekstra Seru meningkat 3 kali lipat dibandingkan rata-rata mingguan pada Februari 2024.

Kampanye ‘Ramadan Ekstra Seru

Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia menggelar kampanye ‘Ranadan Ekstra Seru’ selama periode 23 Februari-5 April 2024. Kampanye 'Ramadan Ekstra Seru' telah mendukung UMKM lokal melalui upaya berikut ini:

  • Menyediakan voucer dan dukungan untuk penjual, kreator lokal dan produk lokal
  • Webinar kurikulum #SIAPRAMADAN2024 secara gratis di Pusat Edukasi Seller dan Shop | Tokopedia Academy
  • Memfasilitasi promosi produk penjual dan kreator konten lokal di TikTok dan Tokopedia, serta Shop | Tokopedia Academy
  • Menawarkan manfaat ternasuk flash sale sampai 90%, gratis ongkos kirim, THR dan lain-lain

Kampanye tersebut memungkinkan penjual berpromosi dan menjual produknya di halaman khusus di Tokopedia dan Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok. Masyarakat pun dimudahkan dalam memenuhi kebutuhan Ramadan dan Lebaran dengan berbagai pilihan produk lokal. Selama kampanye ‘Ramadan Ekstra Seru, penjualan produk groceries dan elektronik naik sampai dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Produk fesyen bahkan naik hampir 2,5 kali lipat.

Baca juga: Solusi Kasir HelloBill Berpartisipasi dalam Jakarta Lebaran Fair 2024

Kampanye ‘Beli Lokal’

Tokopedia dan TikTok juga masih menggencarkan kampanye ‘Beli Lokal’ untuk memudahkan berbelanja produk brand lokal dan UMKM secara online. Kampanye ini merupakan komitmen berkelanjutan Tokopedia dan TikTok untuk mendukung brand lokal sebagai pilihan utama masyarakat Indonesia. Selama Ramadan ini, penjualan sejumlah brand lokal naik sampai sembilan kali lipat dibandingkan tahun lalu di Tokopedia.

Nuraini Razak, E-Commerce Communications Director Shop | Tokopedia

“Kampanye Beli Lokal membawa dampak positif bagi penjualan sejumlah pelaku usaha lokal di Tokopedia bahkan selama Ramadan 2024. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan transaksi sejumlah brand lokal dari berbagai kategori di Tokopedia yang mengikuti kampanye Beli Lokal,” ucap Nuraini Razak, E-Commerce Communications Director Shop | Tokopedia.

Peningkatan juga terjadi di kampanye Beli Lokal di Shop | Tokopedia pada aplikasi TikTok. Jika dibangingkan rata-rata volume pesanan pada September 2023, peningkatan mencapai 2,5 kali lipat pada Februari 2024. Beberapa brand lokal yang turut berpartisipasi memenuhi kebutuhan sepanjang Ramadan-Lebaran adalah Hijrahfood, Jenna and Kaia, dan Tulus Skin.

Toko Daging Hijrahfood Meatshop

Hijrahfood Meatshop merupakan usaha keluarga yang didirikan sejak tahun 1990an yang fokus pada penjualan B2B. Pasar konsumen rumah tangga dimasuki Hijrahfood Meatshop ketika pandemi Covid-19 melanda di tahun 2020. Upaya ini dilakukan untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat akan daging kemasan, termasuk daging sapi dan hidangan laut. Tokopedia membantu Hijrahfood Meatshop untuk cepat beradaptasi dalam membangun bisnis secara online.

Akram Amrullah Rajab, pemilik usaha Hijrahfood Meatshop mulai berjualan daging kemasan rumah tangga dengan menggandeng pemasok lokal dari pulau Jawa. Hijrahfood Meatshop juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, saat ini ada ratusan orang yang bekerja di Hijrahfood Meatshop. Berbagai kampanye di Tokopedia juga telah diikuti sejak bergabung di Tokopedia, termasuk Beli Lokal dan Ramadan Ekstra Seru.

Akram Amrullah Rajab, pemilik usaha Hijrahfood Meatshop

“Selama mengkuti kampanye Ramadan Ekstra Seru, penjualan kami meningkat hingga 3 kali lipat. Bahkan penjualan daging rendang melonjak hingga 10 kali lipat selama Ramadan dibandingkan hari biasa. Selain Tokopedia, Hijrahfood Meatshop juga memanfaatkan TikTok untuk mendapatkan eksposur dan brand awareness. Dalam waktu dekat, kami juga akan lebih fokus memanfaatkan Shop | Tokopedia untuk menggaet pelanggan baru,” ucap Akram.

Jenna and Kaia, Brand Fashion

Lira Krisnalisa mendirikan Jenna and Kaia pada tahun 2016 yang dimotivasi passion terhadap dunia fesyen. Usahanya dirintis dengan berbekal pengalaman sebagai reseller baju saat bekerja di Bandung. Inspirasi untuk membuat koleksinya terlihat unik pun diperolehnya dengan mendalami wawasan di bidang fesyen. Ketika pandemi melanda di tahun 2020, Jenna and Kaia mempekerjakan masyarakat di lingkungan sekitar yang kehilangan pekerjaan untuk memasang payet.

Lira Krisnalisa pendiri Jenna and Kaia

Jenna and Kaia bergabung dengan Tokopedia sejak tahun 2018 dan aktif mengikuti kampanye online di Tokopedia. Penjualan Jenna and Kaia mengalami peningkatan sampai tiga kali lipat saat mengikuti kampanye Tokopedia Fashion selama Ramadan tahun ini.

Baca juga: Indosat Tekankan Komitmen Unparalleled Network Services Guaranteed untuk Kelancaran Lebaran

“Kini Jenna and Kaia makin aktif berjualan melalui Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok, khususnya menggunakan fitur LIVE yang tidak hanya memudahkan pengguna untuk melihat try on produk kami, tetapi juga dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi," ucap Lira.

Tulus Skin, Brand Perawatan Wajah

Produk pertama Tulus Skin adalah cleanser atau pembersih wajah. Brand Tulus Skin dibentuk tahun 2019 untuk menghadirkan produk yang mengatasi berbagai masalah kult wajah. Para pendiri brand ini adalah Jessica Anggrainy, Josephine Widira, Melfin Novi Ustaman, Michelle Koesnadi dan Patricia Stephanie. Produk-produk Tulus Skin dibuat memakai bahan baku lokal.

“Setiap produk Tulus Skin selalu diuji coba dulu kami berlima demi memastikan produk kami cocok dengan kondisi kulit berbeda. Kami tidak mau memberikan janji berlebih kepada para pelanggan, karena prinsip kami sejalan dengan nama Tulus Skin itu sendiri. Prinsip-prinsip tersebut adalah kejujuran, transparansi dan kebersihan di setiap pembuatan produk,” ucap Jessica Anggrainy.

Jessica Anggrainy, co-founder Tulus Skin

Tulus Skin bergabung dengan Tokopedia dari tahun 2021. Sejak bergabung sampai saat ini, terdapat kenaikan omzet sampai lima kali lipat. Sistem rekomendasi TikTok berbasis konten membuka peluang bagi Tulus Skin untuk memperluas jangkauan. Ini alasan Tulus Skin memanfaatkan platform Shop | Tokopedia agar konten Tulus Skin dapat ditemukan komunitas dengan minat yang sesuai. Tulus Skin juga rutin mengikut5i kampanye, termasuk Beli Lokal dan Festival Ramadan Ekstra Seru. Jika dibandingkan dengan hari biasa, penjualan Tulus Skin selama Ramadan-Lebaran 1445 meningkat dua kali lipat.

Share:

Artikel Terkini