Terus Dukung Pemberdayaan Perempuan, Indosat Gelar SheHacks 2024 Terus Dukung Pemberdayaan Perempuan, Indosat Gelar SheHacks 2024 ~ Teknogav.com

Terus Dukung Pemberdayaan Perempuan, Indosat Gelar SheHacks 2024

Teknogav.com – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) menyelenggarakan SheHacks 2024 untuk terus menginspirasi perempuan Indonesia dalam technopreneruship. Kegiatan ini merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang Pemberdayaan Masyarakat. Pada program ini, Indosat berkolaborasi dengan Kumpul.id sebagai  mitra strategis penyelenggara. Tema yang diusung pada SheHacks 2024 ini adalah ‘Saatnya Perempuan Berdaya, Menciptakan Masa Depan Setara’.

Peluncuran SheHacks 2024 yang akan mengedukasi pemberdayaan perempuan ini diapresiasi Bintang Puspayoga, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Selamat atas peluncuran SheHacks 2024. Kami mengapresiasi langkah Indosat dalam kolaborasi ini untuk meningkatkan kepemimpinan perempuan sebagai pelaku UMKM. SheHacks dapat menjadi wadah untuk membina generasi perempuan di masa depan yang lebih unggul dan setara dengan laki-laki, untuk berkontribusi dalam pertumbuhan perekonomian digital Indonesia,” ucap Ibu Bintang Puspayoga.

Baca juga: Majukan Perempuan, Indosat Gelar SheHacks 2023 dengan Tiga Program Baru

Para perempuan pelaku wirausaha dan perusahaan rintisan atau startup yang ingin mengembangkan bisnisnya dapat berpartisipasi dalam SheHacks 2024. Partisipasi dapat dilakukan secara individu maupun kelompok dengan maksimal tiga anggota. Proposal yang diajukan dapat berupa ide solutif atau prototipe produk yang bisa meningkatkan kesetaraan dan peran perempuan di bidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan dengan memanfaatkan teknologi. Pendaftaran dan pengiriman proposal dibuka selama periode 31 Maret 2024 sampai 31 Mei 2024, 

Ada dua program yang dihadirkan pada SheHacks 2024, yaitu SheHacks Ideation Lab dan SheHacks for Startup. Berikut ini adalah masing-masing program tersebut:

  • SheHacks Ideation Lab adalah platform khusus bagi peserta pemula dan UMKM untuk mengasah kemampuan pelaku usaha. Para peserta akan dimentoring personal oleh pakar yang berpengalaman di bidangnya secara online. Mereka juga akan mengikuti kegiatan seperti pitching battle dan program akselerator.  
  • SheHacks for Startup yang mendukung perempuan mengembangkan bisnis berkelanjutan yang inovatif. Program ini akan diisi serangkaian sesi workshop offline di lima kota, yaitu Likupang, Medan, Palangkaraya, Pekanbaru dan Sumbawa. Kolaborasi dengan ekosistem startup lokal juga akan dilibatkan di tiga kota berbeda, yaitu Bali, Batam dan Malang. Peserta yang terpilih program ini akan mengikuti program mentoring intensif. Lima startup berkesempatan untuk melakukan International Validation Trip ke Australia. Mereka dapat melihat secara langsung ekosistem bisnis global seperti korporasi internasional, modal ventura, fintech, e-commerce, agritech, healthtech, biotechnology, dan cleantech.
Baca juga: Dukung Pariwisata, Indosat Gelar Kegiatan SheHacks 2023 di Labuan Bajo

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer of Indosat Ooredoo Hutchison


“Indosat Ooredoo Hutchison menempatkan pemberdayaan perempuan sebagai salah satu program prioritas dalam mewujudkan tujuan besar memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan kapasitas ekonomi melalui pemanfaatan teknologi digital. Melalui SheHacks, kami ingin memberikan impact lebih besar untuk perempuan di bidang technopreneurship. Kami optimis, kepemimpinan perempuan memegang peran penting dalam memperkuat kesetaraan digital untuk berkarya di kancah internasional,” ucap Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer of Indosat Ooredoo Hutchison.

Girls in ICT Day

Indosat juga berkolaborasi dengan International Telecommunication Union (ITU) untuk menyelenggarakan ‘Girls in ICT Day’. Ajang tersebut merupakan inisiatif global untuk mendorong pemberdayaan perempuan di seluruh dunia. Indosat dan ITU memberikan kesempatan bagi 50 perempuan generasi muda terpilih untuk berbagi inspirasi dengan pemimpin perempuan dari berbagai kalangan.

Baca juga: Indosat Ooredoo Hutchison Berkolaborasi dengan Kemenkominfo Luncurkan SheHacks 2022

Beberapa pemimpin perempuan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Angela Tanoesoedibjo, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia
  • Reski Damayanti, Chief Legal & Regulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison
  • Lisa Widodo, COO & Co-Founder Blibli
  • Tsabita Vera Cyavrilla, Chief Operating Officer Generation Girl

“Saya sangat bangga bisa menjadi bagian dari inisiatif ini. Dengan semangat kesetaraan, Saya percaya ajang seperti SheHacks ini dapat menghasilkan lebih banyak perempuan-perempuan berdaya untuk masa depan,” ucap Tsabita Vera Cyavrilla.

Share:

Artikel Terkini