Ingin Kuasai Market Wearable, Google Akuisisi Fitbit Ingin Kuasai Market Wearable, Google Akuisisi Fitbit ~ Teknogav.com

Ingin Kuasai Market Wearable, Google Akuisisi Fitbit


Teknogav.com - Google sepakat untuk mengakuisisi Fitbit, salah satu brand wearable terdepan dan pelopor dalam industri wearable. Langkah mengakuisisi Fitbit resmi dilakukan Google dengan nilai transaksi setara dengan Rp29,4 triliun. Selama ini Google bekerja sama dengan mitranya untuk menghadirkan Wear OS dan Google Fit. Kini investasi lebih dilakukan Google pada Wear OS sebagaimana menghadirkan perangkat wearable Made by Google ke market dengan mengakuisisi Fitbit.

Di era digital ini, teknologi senantiasa mendampingi menjalani hari-hari setiap kali dibutuhkan. Perangkat wearable seperti smartwatch dan pelacak kebugaran dapat melakukan hal tersebut. Pengguna perangkat wearable dapat melihat waktu dan lokasi meeting berikutnya hanya dengan melihat sekilas layar di pergelangan tangan.

Google akan bekerja dekat dengan tim ahli Fitbit dan menghadirkan AI, perangkat lunak dan perangkat keras terbaik. Apalagi Fitbit dikenal sebagai pelopor dalam industri wearable dan telah banyak menciptakan produk-produk yang menyajikan pengalaman dan komunitas pengguna yang penuh semangat. Google akan membantu memacu inovasi dalam industri wearable dan menciptakan produk bermanfaat bagi lebih banyak orang di seluruh dunia.

Selama ini Google memiliki tujuan menciptakan peralatan yang membantu masyarakat meningkatkan pengetahuan, keberhasilan, kesehatan dan kebahagiaan. Tujuan tersebut selaras dengan fokus jangka panjang Fitbit pada kebugaran dan membantu masyarakat menjalani kehidupan lebih sehat dan aktif. Demi mencapai hal tersebut maka privasi dan keamanan menjadi hal terpenting. Ketika pengguna menggunakan produk Google, maka mereka mempercayakan informasi mereka pada Google.

Google memahami hal tersebut sebagai tanggung jawab yang besar. Hal tersebut diungkapkan pada blog post yang ditulis oleh Rick Osterloh, Senior Vice President, Devices and Services Google. Perusahaan akan berusaha keras untuk melindungi informasi penggunanya, menyerahkan kendali pada pengguna dan memberikan transparansi mengenai data mereka. Langkah transparansi mengenai data yang dikumpulkan sama dengan yang dilakukan Google pada produk-produk lain.

Data kesehatan dan kebugaran Fitbit tidak akan digunakan untuk menampilkan Google ads. Informasi pribadi pengguna tak akan dijual Google ke pihak mana pun. Pengguna Fitbit akan diberikan pilihan untuk meninjau ulang, memindahkan atau menghapus data mereka.

Bisnis perangkat keras Google memang tergolong muda, tetapi perusahaan tersebut dibangun pada fondasi kapabilitas dan produk yang kuat. Beberapa produk Goole mencakup smartphone Pixel dan Pixelbooks, jajaran perangkat Nest untuk rumah dan masih banyak lagi. Google juga tetap berkomitmen pada Wear OS dan mitra ekosistem mereka. Rencana untuk bekerja secara dekat dengan Fitbit adalah untuk menggabungkan smartwatch mereka dengan platform pelacak kebugaran. Google terinpirasi dengan kesempatan bekerja sama dengan Fitbit demi membantu masyarakat yang lebih luas di industri wearable.

Saat ini persaingan antara Samsung, Garmin, Xiaomi dan Huawei sangat ketat pada market wearable. Fitbit saat ini menawarkan layanan pada penggunanya. Layanan tersebut tentunya mesti dikelola selama proses akuisisi. Fitbit juga memiliki beberapa platform perangkat lunak yang saling tumpang tindih dan serangkaian produk berbeda untuk didukung. Perusahaan tersebut memiliki basis pengguna yang sangat besar dan jam baru mereka juga baru diluncurkan. Para penggunanya pasti berharap untuk bisa tetap menggunakannya selama beberapa tahun ke depan.
Share:

Artikel Terkini