Vibrante, Buah Cinta Rudy Gunawan dan Wirawan Sanjaya Vibrante, Buah Cinta Rudy Gunawan dan Wirawan Sanjaya ~ Teknogav.com

Vibrante, Buah Cinta Rudy Gunawan dan Wirawan Sanjaya

Teknogav.com, Jakarta - Sebagian para pecinta audio tentunya sudah mengenal Rudy Gunawan, bapak dari Aurel Bryan, High Fidelity Fullrange Audio Transducer. Driver bersuara emas tersebut lahir langsung dari tangan Rudy Gunawan, mulai dari perancangan desain, sampai lilitan koil. Di tahun 2019 ini, bersama dengan Wirawan Sanjaya, lahirlah Vibrante, speaker dengan getaran sempurna hasil buah cinta keduanya pada audio.


Jarak antara Yogyakarta dan Semarang tak memupuskan impian kedua pria tersebut untuk melahirkan Vibrante. Perkenalan mereka berawal dari kunjungan Rudy Gunawan ke tempat Wirawan di Semarang untuk memperbaiki loudspeaker. Mereka berdua banyak berbincang-bincang masalah audio. Kemudian Wirawan membeli single driver fullrange 8 inci dan mengembangkan kabinet untuk driver tersebut.

Seiring dengan berjalannya pertemanan mereka, Wirawan pun memberikan tantangan pada Rudy untuk mengembangkan super tweeter dengan efisiensi tinggi dan woofer untuk menemani unit fullrange tersebut. Mereka berdua kemudian memutuskan untuk mengembangkan loudspeaker ini menjadi suatu produk yang dinamai Vibrante.

Makna dari Vibrante adalah penuh energi dan gairah, sesuai dengan tujuan untuk mereproduksi musik. Speaker ini menawarkan suara midrange yang jernih dan hidup dipadukan dengan suara rendah yang hangat, dalam dan kaya, dipoles dengan luminous jazzy high. Koleksi rekaman audio yang berharga pun kini bisa didengarkan sempurna di rumah.

Aurel Bryan

Sebenarnya kelahiran speaker ini tak lepas dari Aurel Bryan yang dirancang Rudy pada tahun 2016. Tujuan sederhana dari Aurel Bryan adalah menghadirkan rantai reproduksi musik yang menghidupkan koleksi musik berharga. Berpijak pada tujuan ini terpilihlah driver yang dapat menangani berbagai informasi musikal dengan sempurna tanpa ada masalah koherensi fasa.

Bahan driver ini menggunakan paper cone alami yang ringan dan kaku dipadukan dengan motor magnetik yang sangat kuat. Ini merupakan pendekatan paling  ideal untuk mereproduksi hasil rekaman musikal atau pun menghadirkan pertunjukan live di rumah.

Sama halnya dengan Aurel Bryan, speaker Vibrante pun dibuat secara handmade. Vibrante resmi lahir pada taun 2019 dengan Rudy Gunawan sebagai chief driver designer and manufacturer. Selera dan kecintaan tinggi Wirawan berperan sebagai desainer kabin dan pembentuk karakter suara. Jeroan dari Vibrante pun mengandalkan suara berkualitas tinggi Aurel Bryan.

Jantung dari Vibrante mengandalkan driver tunggal berukuran 8 inci yang berperan sepenuhnya sebagai driver fullrange. Driver ini tidak menggunakan filter high pass maupun low pass. Informasi musik dengan full bandwidth ditangani hanya dengan satu driver fullrange.

Sepuluh sistem magnet neodymium dengan konfigurasi bunga digunakan untuk membangkitkan kepekaan yang lebih tinggi sampai 97 db/W/m. Driver ini dipasang pada kabinet Open Baffle untuk menghasilkan reproduksi suara midrange yang begitu mulus dan merdu.

Super tweeter dan woofer baru dirancang khusus untuk menciptakan Vibrante. Demi mendapatkan tanggapan frekuensi yang lebih tinggi di atas batas telinga manusia, super tweeter dibuat dengan desain kutub  ganda dari paper cone dengan kepekaan 97 dB/W/m. Kerja super tweeter ini mulai dari 16 kHz sampai 25 kHz. Reproduksi frekuensi tinggi terdengar  ke memenuhi seluruh ruangan di mana pun duduk atau berdiri.

Reproduksi frekuensi rendah pada Vibrante dikembangkan dengan woofer baru dari paper cone berukuran 12 inci. Kepekaan woofer ini 97 dB/W/m untuk melengkapi driver super tweeter dan fullrange yang sangat peka. Magnet ganda berukuran besar dengan baja besi kelas tinggi digunakan pada pelat depan, pelat belakang dan bagian kutub dipadukan dengan bahan paper cone yang ringan tapi kokoh.

Woofer ini menghasilkan perpaduan terbaik dari bagian crossover sederhana dengan hanya satu induktor tunggal pada jalur sinyal untuk filter low pass sehingga menjaga perpaduan yang mulus dan koherensi. Kualitas audio yang dihasilkan sesuai dengan driver fullrange, dipadukan dengan daya dan energi sampai reproduksi frekuensi serendah 30 hz.

Kesempurnaan Vibrante dipamerkan selama empat hari di Jakarta pada ajang IHEAC 8 di Hotel Menara Peninsula ruang 707. Amplifier Solina kustom atau OEM garapan Anda Audio turut mendampingi speaker rancangan Rudy dan Wirawan tersebut.

Spesifikasi Vibrante

Tanggapan frekuensi 30 Hz – 25 kHz
Driver:
Fullrange unit: Aurel Bryan FR8NEO
Super Tweeter: Aurel Bryan ST1.5P20
Woofer: Aurel Bryan L12Dfe
Kepekaan: 97dB/W/m
Impedansi: 16 ohm
Kapasitas musikal: 30 watt
Dimensi 130 cm x 40 cm
Finish: Walnut Veneer
Bobot masing-masing: 15 kg
Share:

Follow by Email