Aplikasi umma Dampingi Ibadah Selama Ramadan Sambil Berbagi Hadiah Aplikasi umma Dampingi Ibadah Selama Ramadan Sambil Berbagi Hadiah ~ Teknogav.com

Aplikasi umma Dampingi Ibadah Selama Ramadan Sambil Berbagi Hadiah

  
Teknogav.com – Di masa pandemi Covid-19 ini, pergerakan semakin terbatas dengan adanya anjuran physical distancing demi mencegah penularan virus SARS-CoV-2. Padahal saat ini sudah memasuki bulan Ramadan, bulan di mana biasanya sesama umat muslim berkumpul menjalankan ibadah bersama. Nah, ternyata tradisi tersebut tetap bisa dijalankan menggunakan aplikasi umma, platform media sosial umat islam. Kini umma pun baru menghadirkan beberapa fitur spesial agar umat muslim di Indonesia dapat memaksimalkan ibadah dari rumah. Aplikasi ini memungkinkan untuk beribadah, belajar, berinteraksi dan berbagi informasi antar sesama umat muslim.

“Kondisi saat ini tak memungkinkan untuk melakukan pertemuan langsung di tempat-tempat umum. Sejak dikeluarkannya imbauan physical distancing, pengguna umma merindukan kajian-kajian majelis imu, terutama memasuki bulan Ramadan. Umat Islam sudah menantikan bulan Ramadan untuk berlomba-lombba mengerjakan kebaikan dan beribadah. Misi umma adalah membantu umat muslim Indonesia untuk bersama-sama menjadi mulsim yang lebih baik (khairu ummah) melalui pemanfaatan teknologi untuk beribadah selama di rumah,” ucap Indra Wiralaksmana, CEO dan co-founder umma.

Aplikasi umma memiliki fitur yang mendukung ibadah utama seperti jadwal shalat, penunjuk arah kiblat berbasis GPS dan Al-Quran. Selain itu tersedia juga fitur spesial untuk memaksimalkan ibadah umat Islam di rumah selama bulan Ramadan, yaitu:

1.    Fitur Jurnal Ibadah Harian

Pengguna umma akan diingatkan untuk melakukan kegiatan ibadah sehari-hari . Selain itu tersedia juga fitur penanda pencapaian ibadah (lencana) setiap berhasil menyelesaikan misi ibadah. Misi tersebut mencakup membaca Al-Quran selama 30 menit dalam lima hari berturut-turut. Selain itu aplikasi umma juga menyediakan misi pembuatan kartu ucapan elektronik untuk dibagikan ke orang lain.


2.    Fitur Klinik Baca Al- Qur'an

Dalam rangka menyemarakkan Ramadan di rumah, tersedia juga program One Day One Juz setiap waktu berbuka puasa di aplikasi. Pengguna dapat mengecek tartil, tajwid dan makhorijul huruf (ejaan huruf) saat membacakan ayat-ayat tertentu Al-Quran sudah sesuai. Caranya hanya dengan menggungah rekaman pembacaan Al-Quran melalui fitur pengunggahan video yang tersedia. Rekaman tersebut kemudian akan dievaluasi oleh ustaz di umma sehingga bisa dijadikan bahan belajar membaca Al-Quran bagi pengguna umum.

fitur Klinik Baca Al-Quran

3.    Fitur Live Streaming Kajian di umma

Bagi umat Islam yang merindukan hadir di pesantren kilat yang kerap digelar selama Ramadan, maka dapat menggunakan fitur Live Streaming. Jadwal live streaming diselenggarakan setiap waktu sahur dan menjelang berbuka puasa. Fitur siaran langsung dari umma ini berisi kajian yang memfasilitasi penggunanya untuk berdiskusi atau Tanya jawab dengan ustaz secara interaktif. Tentu saja ustaz yang menyampaikan materi melalui fitur Live Streaming tersebut merupakan ustaz yang berpengalaman.

Ketiga fitur dari umma tersebut tentunya bisa mengobati rasa rindu melakukan silaturahmi langsung. Kampanye #diummaaja diharapkan bisa menghidupkan kembali suasana Ramadan yang agak berbeda di masa pandemi Covid-19. Indra juga mengungkapkan bahwa selama Ramadan 1441H platform umma siap mendukung umat Islam di Indonesia beribadah #diumma aja dengan maksimal.
Halaman Depan Fitur Ramadan #diummaja dalam aplikasi umma
Umma awal diluncurkan pada April 2019, di usianya yang genap satu tahun, aplikasi ini akan berbagi hadiah. Skema hadiah akan dilakukan melalui serangkaian kegiatan di dalam aplikasinya, Kini jumlah pengguna umma sudah lebih dari 8 juta dengan pengguna aktif mencapai 400% sejak Ramadan tahun lalu. Aplikasi ini bisa diunduh langsung secara gratis melalui Google Play Store atau App Store.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email