Aplikasi Ibadahku Mengaji Gelar Pesantren Kilat Secara Online Aplikasi Ibadahku Mengaji Gelar Pesantren Kilat Secara Online ~ Teknogav.com

Aplikasi Ibadahku Mengaji Gelar Pesantren Kilat Secara Online


Teknogav.com - Aplikasi Ibadahku Mengaji berkolaborasi dengan SMA Negeri 16 Garut untuk menyelenggarakan pesantren kilat Ramadan 1422 H secara online. Pesantren Kilat memang merupakan kegiatan rutin yang biasa diselenggarakan SMA Negeri 16 Garut. Kegiatan tersebut tak lantas terhenti akibat physical distancing yang diterapkan demi mencegah penularan COVID-19 selama pandemi. SMA Negeri 16 Garut menggandeng aplikasi Ibadahku Mengaji sebagai mitra teknologi untuk tetap menyelenggarakan Pesantren Kilat secara online.

Pesantren Kilat tersebut akan diselenggarakan dalam dua periode yang seluruhnya dilakukan secara online. Periode pertama adalah 14-16 Ramadan 1422 H atau tanggal 26-28 April 2021. Lalu periode kedua digelar 21-25 Ramadan 1422 H atau tanggal 3-7 Mei 2021. Peserta Pesantren Kilat harus mengikuti kedua periode tersebut untuk mengikuti program secara lengkap.

Baca juga: Huawei dan Kemendikbud Berkolaborasi Dukung Transformasi SDM Digital di Kampus-kampus

Prosesi Kolaborasi Aplikasi Ibadahku Mengaji dan SMA Negeri 16 Garut

Peresmian kolaborasi antara aplikasi Ibadahku Mengaji dengan SMA Negeri 16 Garut dilakukan pada Rabu, 21 April 2021 secara online. Kesepakatan ini diresmikan oleh Rajab Suargana, pendiri aplikasi Ibadahku Mengaji dan Sopyan Nurjaman, M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 16 Garut. Jajaran panitia dan manajemen lain dari SMA Negeri 16 Garut dan PT. Ibadahku Mengaji selaku pengembang aplikasi Ibadahku Mengaji turut hadir dan menyaksikan peresmian tersebut.

peresmian kerja sama, Rajab Suargana, pendiri aplikasi ibadahku mengaji (kiri atas) dan Sopyan Nurjaman, M.Pd, Kepala Sekolah SMA Negeri 16 Garut (kanan bawah)
 
“PT. Ibadahku Solusi Global dengan aplikasi Ibadahku Mengaji hadir untuk mendukung dan melengkapi event Pesantren Kilat di SMA Negeri 16 Garut. Kami menyediakan fitur yang dibutuhkan pihak sekolah SMA Negeri 16 Garut dalam memberikan penguatan nilai agama dan spiritual.Harapannya para peserta Pesantren Kilat bisa mendapatkan kesehatan rohani. Semua fitur insya Allah dapat digunakan dengan mudah dan gratis. Hal ini sebagai bentuk sumbangsih perusahaan terhadap dunia pendidikan untuk meningkatkan literasi baca Al Quran," ucap Rajab Suargana.

Kolaborasi SMA Negeri 16 Garut dengan aplikasi Ibadahku Mengaji merupakan perwujudan dari komitmen PT. Ibadahku Sokusi Global. Komitmen tersebut adalah meningkatkan literasi baca Al Quran dengan menghadirkan fitur live teaching yang terintegrasi dalam satu aplikasi. 

“Kami sangat berterima kasih serta mengapresiasi peran PT. Ibadahku Solusi Global dalam mendukung kelancaran kegiatan Pesantren Kilat Virtual di SMAN 16 Garut ini. Semoga kerja sama ini terus berlanjut di kemudian hari dalam upaya menggapai salah satu visi sekolah kami. Visi tersebut adalah menciptakan insan yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT," ucap Sopyan Nurjaman, M.Pd.

Kegiatan Pesantren Kilat SMA Negeri 16 Garut

Pada acara Pesantren Kilat SMA Negeri 16 Garut, aplikasi Ibadahku Mengaji menghadirkan fitur khusus broadcast mengajar dan multimedia secara live. Fitur tersebut untuk mendukung guru dan pengajar memberikan pengajaran agama dan Al Quran secara interaktif. Para siswa dan siswi di rumah pun bisa terhubung dengan guru dan pengajar dengan pengajaran yang interaktif. 

Pada penyampaian materi Pesantren Kilat, para guru dapat menggunakan komputer/laptop atau smartphone, ada 13 guru yang berpartisipasi dalam acara ini. Sementara itu para siswa atau siswi bisa menyimak pengajaran menggunakan laptop atau smartphone di rumah masing-masing. Jumlah peserta didik Pesantren Kilat ini mencapai hampir 800 siswa dan siswi. Kehadiran mereka dapat dipantau oleh pihak sekolah menggunakan fitur laporan kehadiran dan rekaman selama acara berlangsung.

Baca juga: Acer for Education, Solusi Pendidikan Menyeluruh dengan LMS Berstandar Internasional

Dukungan infrastruktur cloud yang disediakan aplikasi Ibadahku Mengaji mampu menyajikan kenyamanan dalam penggunaan aplikasi saat pelaksanaan Pesantren Kilat. Fitur-fitur lain yang tersedia dalam aplikasi Ibadahku Mengaji pun memperlancara acara Pesantren Kilat ini. Beberapa fitur Ibadahku Mengaji tersebut mencakup informasi waktu salat, Quran digital, arah kiblat, cari masjid dan 1 hari 1 ayat.

Berbagai kegiatan pun dilakukan pada acara Pesantren Kilat di SMA Negeri 16 Garut, beberapa di antaranya adalah:

  • Pembinaan Kerohanian secara Virtual melalui aplikasi Ibadahku
  • Pembinaan budi pekerti
  • Bimbingan tilawah Al-Qu’an
  • Aktif merangkum ceramah di tempat masing-masing
  • Kegiatan “Rantang Siswa” yaitu kegiatan di mana siswa berbagi kepada orang yang membutuhkan

Rajab Suargana berharap kemitraan PT. Ibadahku Solusi Global dengan SMA Negeri 16 Garut menjadi awal kerjasama pendidikan agama Islam dan Al Quran dengan institusi pendidikan lainnya.

Baca juga: Aplikasi Ibadahku Mengaji, Solusi Belajar Membaca Quran Interaktif Secara Online

Aplikasi Ibadahku Mengaji dikembangkan oleh PT. Ibadahku Solusi Global untuk mendukung kegiatan belajar membaca Al Quran secara online. Para pengajar membaca Al Quran tersebut terdiri dari para ustaz dan ustazah dari seluruh indonesia. Tentu saja mereka sudah melalui proses seleksi terlebih dahulu, sehingga teruji kompetensinya.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email