DANA Terus Berinovasi Dukung Kebutuhan Banyak Pihak Selama Pandemi Covid-19 DANA Terus Berinovasi Dukung Kebutuhan Banyak Pihak Selama Pandemi Covid-19 ~ Teknogav.com

DANA Terus Berinovasi Dukung Kebutuhan Banyak Pihak Selama Pandemi Covid-19


Teknogav.com - Pandemi Covid-19 sedikit banyak telah mengubah perilaku masyarakat, baik dari sisi konsumer maupun bisnis. Pemerintah pun telah mengambil beberapa kebijakan demi mencegah penyebaran virus SARS-CoV-2 yang cepat dan mengatasi dampak dari pandemi Covid-19. Pada 28 Maret 2020 lalu, DANA pun berusaha turut andil dalam mengatasi dampak pandemi ini dengan meluncurkan miniprogram ‘Siap Siaga Covid-19'.

Saat ini tak ada yang tahu kapan pandemi ini akan berakhir dan seberapa buruk dampaknya. Kendati demikian masyarakat dapat beradaptasi dan mengubah cara bertransaksi yang memungkinkan untuk tetap menerapkan physical distancing. DANA pun meluncurkan berbagai inovasi yang mempermudah perubahan perilaku masyarakat tersebut.

Kini konsumer berada di rumah saja sesuai anjuran pemerintah agar bisa memutus rantai penularan virus. Berbagai kegiatan pun kini beralih menjadi online, baik itu dalam hal berdiskusi, bekerja, belajar dan bertransaksi. Masyarakat pun terketuk hatinya untuk saling memberikan sumbangan.

Sementara itu dari sisi bisnis, banyak yang tutup. Sektor hiburan dan sekolah menutup kegiatannya demi menghindari kerumunan. Bisnis makanan dan minuman yang tetap buka pun kini hanya melayani pick-up, tidak menyediakan makan di restoran.

Pemerintah berusaha memutus rantai penularan dengan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).  Sementara itu dampak pandemi Covid-19 pada perekonomian yang menurun diatasi dengan stimulasi ekonomi agar bisnis tetap dapat menjalankan usahanya.


Miniprogram Siap Siaga Covid-19

Miniprogram 'Siap Siaga Covid-19' yang diluncurkan DANA memiliki beberapa tujuan, yaitu untuk membantu pengguna sendiri dan juga membantu orang lain. Selain itu tujuan miniprogram tersebut juga untuk mendukung kebutuhan sehari-hari selama pandemi.

Pengguna DANA dapat menolong dirinya sendiri dengan meningkatkan kesadaran mengenai situasi saat ini dan kesehatan mereka. Sedangkan menolong orang lain, yang mencakup tenaga medis dilakukan dengan menggalang dana melalui kolaborasi dengan Kita Bisa. DANA pun mendukung Konser Musik #dirumahaja dengan Narasi TV.
Cara donasi dari miniprogram DANA
DANA tentu saja terus mendukung kebutuhan sehari-hari selama periode pandemi. Hal ini dilakukan dengan menawarkan DANA Deals pada merchant-merchant online. Selain itu DANA pun bekerja sama dengan beberapa layanan pengantaran seperti BlueBird, Lion Parcel dan JNE. Saat ini BlueBird memang turut menyediakan layanan devlivery menggunakan sopir BlueBird.
DANA Deals pada miniprogram Siap Siaga Covid-19
Pemesanan pengantaran makananan atau kebutuhan pokok (groceries) untuk diantarkan oleh BlueBird bisa dilakukan melalui aplikasi WhatsApp. Kemudian pembeli bisa melakukan pembayaran menggunakan DANA. Para merchant seperti restoran yang kini membatasi operasionalnya hanya untuk melayani pemesanan makanan pun bisa memanfaatkan WhatsApp. Kemudian pembayaran dilakukan dengan cara menunggah QRCode dari merchant. Pembeli cukup melakukan pembayaran melalui QR. Tersedia juga QRcode statis yang memungkinkan merchant menginput jumlah yang harus dibayar pengguna.

Tanggapan Masyarakat Pada Miniprogram Siap Siaga Covid-19

  • Jumlah pengguna yang mengakses Miniprogram sejak diluncurkan sampai 9 April 2020 adalah sekitar 750 ribu unique user.
  • Warung yang sudah terdaftar dalam program Bantu Warung adalah 3.500 dalam enam hari sejak diluncurkan pada 8 April 2020.
  • Total donasi DANA x Kitabisa  Lawan Covid-19 adalah 19.6999. Jumlah dana yang terkumpul per 13 April 2020 adalah Rp348.323.146 dari Rp500 juta. Angka tersebut sudah mencakup penambahan Rp5000 dari DANA untuk 20 ribu pengguna pertama yang melakukan donasi melalui DANA.
Rangga Wiseno, Senior VP of Product DANA juga menyatakan bahwa siapa saja yang memiliki ide dalam mengatasi Covid-19 bisa disampaikan. Hal ini ditujukan agar semua pihak bisa saling bahu-membahu untuk mencoba mengatasi pandemi Covid-19.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email