Perbedaan Meeting Online dan Webinar, Serta Tips Keamanannya dari ESET Perbedaan Meeting Online dan Webinar, Serta Tips Keamanannya dari ESET ~ Teknogav.com

Perbedaan Meeting Online dan Webinar, Serta Tips Keamanannya dari ESET


Teknogav.com – Imbauan physical distancing demi mencegah penyebaran Covid-19 mengubah dunia secara drastis. Salah satunya adalah penggunaan platform konferensi video untuk membantu berinteraksi jarak jauh saat bekerja dan belajar. Tingginya penggunakan aplikasi konferensi video ternyata tak lantas membuat orang dapat membedakan meeting online dan webinar. Padahal kedua hal tersebut berbeda. Nah, mari simak perbedaan kedua hal tersebut dan tips aman dalam menggunakan konferensi video.

Selama 14-21 Maret 2020 terdapat pengunduhan aplikasi konferensi video lebih dari 62 juta di Google Play Store dan App Store. Jumlah pengunduhan di seluruh dunia pada minggu tersebut merupakan yang tertinggi dan mengalami peningkatan 45% dari minggu sebelumnya. Jika dibandingkan dengan rata-rata mingguan unduhan aplikasi Bisnis tahun 2019, perumbuhan tersebut naik 90%. Angka pertumbuhan tersebut menunjukkan bahwa aplikasi konferensi video telah menjadi kebutuhan pokok bagi perorangan maupun bisnis.

Aplikasi konferensi video dapat digunakan untuk meeting online dan juga webinar, tetapi dua hal tersebut memiliki tujuan yang berbeda.

“Meeting online dan webinar memiliki perbedaan mendasar dalam fungsi penggunaan. Jika salah memahami dapat merusak konsentrasi dan menimbulkan masalah saat acara konferensi video digelar. Sebaiknya pilih aplikasi sesuai keperluan dan metode komunikasi yang dibutuhkan. Jangan memili aplikasi hanya berdasarkan harga,” ucap Yudhi Kukuh, IT Security Consultant PT. Prosperita – ESET Indonesia.

Meeting Online

Sesuai namanya, meeting online adalah rapat yang diselenggarakan secara online untuk berdiskusi dan berkolaborasi melalui koneksi internet. Kegiatan menggunakan audio, video dan berbagi layar yang diselenggarakan host dan dihadiri peserta yang diundang host. Seluruh peserta dapat mendengarkan, melakukan interupsi suara atau gambar dan saling berbicara. Posisi penyelenggara sangat penting untuk mengatur lalu lintas suara dan gambar yang ditayangkan.

Webinar

Seminar menggunakan web biasa juga dikenal sebagai webinar, yaitu sesi informatif yang ditayangkan melalui jaringan internet untuk edukasi subyek tertentu. Penyelenggara webinar membuat webinar dan mempromosikan acara tersebut melalui email, media sosial, situs web dan blog ke audiens target mereka. Bagi yang tertarik bisa mendaftarkan diri untuk ikut serta dan hadir sesuai jadwal yang ditentukan.

Ketika webinar berlangsung, presentasi ditayangkan kepada audiens dan peserta dalam mode mendengarkan. Pertanyaan dapat diajukan dengan mengetik menggunakan opsi tanya jawab di jendela webinar. Pada webinar, antar peserta tak bisa saling berinteraksi, berbeda dengan meeting online.
Setelah memahami perbedaan antara meeting online dan webinar, maka tentunya pengguna aplikasi konferensi video bisa melakukan kegiatan secara lebih terarah. Berdasarkan data Trust Radius, aplikasi Zoom paling banyak digunakan di seluruh dunia dengan trafik 49,8% di antara aplikasi konferensi video. Aplikasi-aplikasi konferensi video lain yang kerap digunakan adalah Microsoft Team, Webex Meeting, Google Hangout Classic, Skype, GoToMeeting, Blackboard Collaborate, Adobe Connect dan BlueJeans.
Persentase penggunaan aplikasi konferensi video

Demi menjaga keamanan saat melakukan meeting online atau webinar, berikut ini adalah tips dari ESET.
  • Selalu gunakan aplikasi yang digunakan untuk meeting online atau webinar terkini dan rutin melakukan pembaruan
  • Lakukan pembaruan sistem operasi
  • Gunakan fasilitas registrasi pada webinar
  • Manfaatkan fitur waiting room jika tersedia
  • Tentukan kata sandi untuk bisa mengakses acara
  • Kunci acara jika semua peserta sudah hadir agar terhindar dari penyusup
  • Pakai produk Internet Security yang mumpuni dan lakukan pengkinian
Semoga tips-tips tersebut dapat berguna saat menyelenggarakan meeting online atau webinar ya.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email