OPPO A92 Andalkan Layar Neo-Display dan 48 MP AI Quad-Camera OPPO A92 Andalkan Layar Neo-Display dan 48 MP AI Quad-Camera ~ Teknogav.com

OPPO A92 Andalkan Layar Neo-Display dan 48 MP AI Quad-Camera

 

Teknogav.com – OPPO A92 sempat diperkenalkan sekilas pada ajang Connect Clearly, dan akhirnya diluncurkan resmi sekitar dua minggu setelahnya. Smartphone ini merupakan penerus dari seri A9 2020 tetapi dengan peningkatan perangkat keras dan perangkat lunak. Seri A biasanya identik dengan generasi milenial, sehingga disajikan fitur sesuai kebutuhan yang butuh eksis dan kegiatan maksimal pada smartphonenya. OPPO pun membekali A92 dengan kamera yang mumpuni, kapasitas memori, media penyimpanan dan baterai yang besar, serta layar yang canggih.

Fotografi dan videografi OPPO A92 didukung oleh 48 MP AI Quad-Camera. Sementara itu tampilan di layar lebih maksimal dengan layar NeoDisplay. Berbagai konten tentunya bisa ditampung dalam media penyimpanan yang lapang, yaitu 128 GB. Sumber daya smartphone pun mengandalkan baterai berkapasitas besar 5.000 mAh. Otak OPPO A92 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 665 yang kinerjanya didukung RAM LPDDR4X berkapasitas 8 GB. Segala kegiatan pun bisa berjalan lancar berkat prosesor ini.

“Sasaran OPPO A92 adalah anak muda yang haus teknologi baru dan desain kekinian. Kami berharap kehadiran OPPO A92 dapat membantu anak muda di Indonesia berekspresi, kreatif dan mengabadikan momen terbaik dalam keseharian,” ucap Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.


Kamera 48 MP AI Quad-Camera dan Kamera Depan

konfigurasi empat kamera OPPO A92
Konfigurasi empat kamera pada OPPO A92 mengandalkan kamera utama dengan sensor Ultra HD 48 MP dengan AI. Sensor tersebut mampu mengabadikan momen dengan resolusi tinggi. Tiga kamera lainnya terdiri dari kamera sudut lebar 8 MP, kamera hitam putih dan kamera portrait masing-masing 2 MP.

Kamera utama 48 MP menghadirkan kemampuan pencitraan dengan resolusi tinggi yang menghasilkan detil foto yang jelas. Teknologi quad bayar dapat menggabungkan empat piksel menjadi satu. Sensor 1/2" Extra-large juga mampu untuk meningkatkan kualitas foto dengan lebih banyak detil. Identifikasi skenario otomatis dengan AI dapat mengenali 22 skenario sehingga menghasilkan foto yang baik tanpa membutuhkan pemprosesan yang rumit.

Sementara itu lensa ultra lebar 8 MP smartphone ini dapat memotret dengan obyek lebih luas sampai 119,1 derajat. Pengguna pun dapat mengabadikan momen tanpa harus memotong gambar yang diinginkan.



Bukaan lensa f/1.7 pada kamera utama dapat menangkap lebih banyak cahaya di malam hari. Pemotretan pun dapat dilakukan dengan baik di segala kondisi pencahayaan. Kamera sudut ultra-lebar pun dapat meningkatkan efek untuk menghasilkan foto malam yang luar biasa dalam nuansa remang-remang.

Ultra Night Mode 2.0 memungkinkan pengguna untuk memotret pemandangan malam hari berkat gabungan teknologi canggih seperti multi-frame noise reduction, HDR dengan noise reduction, efek anti-shake, dan enhanced dynamic range (EDR). Mode ini memungkinkan pemotretan malam hari dapat menyesuaikan kecerahan wajah sepantasnya.

Beralih ke depan, terdapat kamera 16 MP dengan bukaan lensa f/2.0 untuk swafoto. Kamera tersebut didukung fitur AI Beautification yang ditingkatkan. Fitur tersebut dapat mengidentifikasi usia, dan jenis kelamin secara otomatis sehingga dapat menyesuaikan hasil swafoto.

Kamera utama juga mendukung perekaman video berkualitas tinggi dengan resolusi 4K yang jernih, stabil, warna lebih cerah dan tanpa latensi. Keika berada di bawah terik sinar matahari atau saat malam hari, kontras pencahayaan pun dapat dioptimalkan secara mendalam. Perekaman video pun dapat mengurangi suara kebisingan dan distorsi warna secara signifikan. Masalah guncangan saat merekam video pun dapat diatasi dengan fitur Video Stability. Lensa sudut ultra-lebar pun dapat memperluas sudut perekaman video.

Bagi yang ingin menyunting langsung hasil rekaman video, maka OPPO menyediakan aplikasi SOLOOP. Berbagai filter tersedia untuk menghasilkan video yang menarik dan menghadirkan kebebasan bagi pengguna untuk berkreasi.

Layar NEO Display

OPPO A92 menggunakan layar NEO Display 1080p berukuran 6,5 inci dengan resolusi 2.400 x 1080 piksel dan rasio layar-ke-bodi 90,5%. Lebar bezel kanan dan kiri pun cukup tipis, hanya 1,73 mm saja, sehingga menyajikan pengalaman visual terbaik. Tampilan pun nyaman dilihat dengan kepadatan layar 405 PPO dan sertifikasi perlindungan mata dari TüV Rheinland. Sertifikasi tersebut menunjukkan bahwa layar telah menggunakan filter cahaya biru sehingga mengurangi kelelahan pada mata.

Kecerdasan buatan atau arficial intelligence (AI) pun diadopsi pada layar agar bisa menyesuaikan cahaya pada layar. Penyesuaian tersebut dilakukan dengan mempelajari kebiasaan pengguna agar bisa menyesuaikan cahaya latar otomatis yang bisa dipersonalisasi.


Qualcomm Snapdragon 665

 
Chipset yang digunakan pada OPPO A92 adalah Snapdragon 665 dari Qualcomm yang memiliki fitur Hyper Boost. Fitur tersebut meningkatkan kinerja sistem di smartphone dan memberikan pengalaman gaming yang lancar dengan frame rate tinggi. Kinerja prosesor tersebut pun didukung RAM LPDDR4X berkapasitas 8 GB yang dapat berjalan mulus tanpa lag. Kinerja di tingkat sistem pada smartphone ini pun didukung oleh baterai berkapasitas besar 5.000 mAh. Baterai tersebut pun sudah didukung dengan pengisian daya cepat 18 W.


ColorOS 7.1

fitur-fitur pada ColorOS 7.1
Sistem operasi yang digunakan pada OPPO A92 adalah Android 10 yang dikemas dengan antarmuka ColorOS 7.1. Berbagai fitur pun dihadirkan antarmuka ini untuk memudahkan penggunaan. Fitur Simple Mode contohnya yang hanya menampilkan aplikasi yang sedang aktif dengan huruf lebih besar. Sedangkan Mode Multi-user memungkinkan untuk memisahkan ruang kerja dan gaya hidup. Sementara itu mode berkendara dapat digunakan saat pengguna sedang mengendarai sepeda motor. Keamanan data pribadi pengguna pun bisa ditingkatkan dengan fitur perlindungan Privasi Real-Time.

Desain dan Fitur-fitur Lain OPPO A92

pilihan warna OPPO A92
OPPO A92 menerapkan desain konstelasi yang terinspirasi perubahan warna langit di kutub utara. Pilihan warna yang tersedia adalah Twilight Black dan Shining White. Sudut bagian belakang OPPO A92 pun dioptimalkan dengan desain 3D Quad-curve. Bentuk smartphone ergonomis dengan bobot 192 gram yang nyaman digenggam, bahkan dengan satu tangan.
kualitas audio OPPO A92

Audio pada OPPO A92 didukung speaker stereo ganda yang masing-masing disematkan pada bagian atas dan bawah. Efek suaranya pun ditingkatkan dengan sistem tata audio Dirac 2.0. Pada bagian samping smartphone terdapat sensor sidik jari atau side fingerprint unlock yang terintegrasi dengan tombol daya. Posisinya yang berada di sisi samping smartphone memudahkan pengguna untuk membuka penguncian layar.
side fingerprint unlock

Harga dan Ketersediaan

Pre-order OPPO A92 sudah dibuka sejak 8 Mei 2020 dan akan ditutup pada 14 Mei 2020. Tersedia hadiah berupa Oase Gift Box LP01 yang mencakup bluetooth stereo headset dan smart bracelet senilai Rp800 ribu.. OPPO A92 dibanderol dengan harga Rp4.199.000 dan dijual secara online maupun offline.


Spesifikasi OPPO A92


Dimensi dan Bobot
•   162 mm x 75.5 mm x 8.9 mm
•   192 gram
Layar
•       6.5 inches; Screen-to-body ratio: 90.5%; Screen ratio: 20:9
•       LPTS LCD, FHD + (2400 × 1080), Gorilla Glass 3
Chipset
Qualcomm Snapdragon 665
RAM
LPDDR4X 8 GB
Media Penyimpanan
UFS 2.1 128 GB
Baterai dan pengisian daya
·         5000 mAh
·         18W Fast Charge 9V2A
Sensor sidik jari
Side Fingerprint Unlock
Kamera Belakang
•       48MP Ultra HD Main Camera, 1/2” Sensor, f/1.7
•       8MP Ultra Wide-Angle Camera, 1/4” Sensor, 119.1°
•       2MP Mono Camera, 1/5” Sensor, 1.75um large pixels
•       2MP Portrait Camera, 1/5” Sensor, 1.75um large pixels
Kamera Depan
16MP, 1/3.1” Sensor, F2.0
Konektivitas
GSM, WCDMA, FDD-LTE, TD-LTE, VoLTE
Antarmuka dan Sistem Operasi
ColorOS 7.1 (Android 10)
Warna
Twilight Black & Shining White
Harga
Rp. 4.199.000
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email