Sekilas Teknologi Wireless dan Empat Manfaatnya di Modern Lifestyle Sekilas Teknologi Wireless dan Empat Manfaatnya di Modern Lifestyle ~ Teknogav.com

Sekilas Teknologi Wireless dan Empat Manfaatnya di Modern Lifestyle



Teknogav.com – Teknologi nirkabel atau wireless sudah dikenal pada abad ke-19. Sekitar tahun 1880 Alexander Grahan Bell dan Charles Sumner Tainter menemukan telepon yang mentransmisikan percakapan audio secara nirkabel. Pada abad ke-21 teknologi nirkabel digunakan sebagai salah satu cara untuk memindahkan data dari satu tempat ke tempat lainnya. Salah satu pencapaian di era ini adalah kemampuan untuk memindahkan informasi melalui udara, tak perlu kabel atau perangkat elektronik lain. Media perantara yang digunakan beralih menjadi Radio Frequency (RF), Infra Red (IR), komunikasi satelit dan lain-lain.

Peralihan ke serba nirkabel ini juga berdampak pada teknologi komputasi yang digunakan. Perangkat dengan teknologi komputasi tersebut mencakup Personal Computer (PC) termasuk laptop, smartphone, televisi, dan lain-lain. Kini perangkat komputasi memanfaatkan Bluetooth untuk berkomunikasi dengan speaker dan printer misalnya, WiFi dan 4G LTE untuk terkoneksi dengan internet.

Pesatnya perkembangan teknologi nirkabel ini akhirnya merambah ke perangkat-perangkat lain yang memungkinkan semakin terhubung, termasuk ke perangkat rumah tangga. Perangkat tersebut mencakup vacuum cleaner, kulkas, pendingin ruangan, kunci pintu dan perangkat lainnya yang kini dapat terhubung dengan smartphone.

Ada begitu banyak keuntungan dari adaptasi teknologi wireless di perangkat yang kita gunakan sehari-hari. Xiaomi sebagai perusahaan teknologi dengan berbagai perangkat cerdas dan Internet of Things (IoT) yakin pada masa depan adaptasi teknologi wireless. Teknologi wireless akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari gaya hidup modern yang cerdas dan efisien. Berikut ini adalah empat keuntungan yang didapat dari adaptasi teknologi wireless, versi Xiaomi:

1.  Produktivitas Meningkat

Adaptasi teknologi wireless pada perangkat teknologi mendukung pengguna untuk dapat lebih produktif dalam beraktivitas, terutama bagi pengguna dengan mobilitas tinggi. Contohnya penggunaan Smart TV dan smartphone yang mendukung fitur screen-mirroring, untuk melakukan video call meeting dengan nyaman dan produktif. Ketika bepergian, teknologi wireless pada speaker dan earphone mendukung kebutuhan komunikasi dan hiburan dengan lebih efisien.

2.    Ekosistem Nyaman

Perpaduan teknologi nirkabel dan IoT menjadi duo tangguh untuk menghadirkan ekosistem yang nyaman. Sekarang pengguna dapat mengoperasikan robot vacuum cleaner dengan mudah melalui smartphone. Pengoperasian ini meliputi pengaturan jadwal otomatis, pengaturan area yang akan dibersihkan dan notifikasi-notifikasi eror semua ada di smartphone pengguna.

3.    Peningkatan Fungsi dan Estetika ruang

Bagi pengguna yang memiliki ruangan yang terbatas, atau penyuka desain minimalis modern, teknologi wireless menghadirkan banyak solusi dari segi estetika. Kini tidak perlu lagi ada kabel- abel yang berantakan atau penempatan perangkat yang harus menyesuaikan dengan sumber media.

4.    Kesan Trendy

Saat ini teknologi menjadi bagian tak terpisahkan dari lifestyle. Tak jarang teknologi mendukung penampilan pengguna dan memperkuat kesan yang ingin ditampilkan. Penggunaan teknologi wireless pada earphone dan charger memberikan kesan trendy dan up to date yang kuat bagi penggunanya.
Pada peringatan 10 tahun berinovasi secara global, Xiaomi meluncurkan tiga produk wireless terbaru untuk konsumen Indonesia, yaitu Mi True Wireless Earphones 2, 10000mAh Mi Wireless Power Bank Essential, dan Mi Robot Vacuum-Mop. Selain itu, Xiaomi juga meluncurkan flagship Smartphone Mi 10. Smartphone tersebut didukung pengisian daya tanpa kabel hingga 30 W hanya dalam 65 menit sampai baterai terisi penuh. Xiaomi berharap melalui berbagai teknologi wireless tersebut, lebih banyak masyarakat Indonesia yang dapat merasakan gaya hidup cerdas. 

“Kami percaya teknologi wireless akan semakin menjadi tren di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Dan Xiaomi akan terus mendukung terciptanya ekosistem wireless melalui berbagai perangkat yang inovatif dan dengan harga sebenarnya,” ucap Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email