Perkenalkan HMS Core 5.0, Huawei Gelar Kompetisi Berhadiah USD400.000 Bagi Pengembang Perkenalkan HMS Core 5.0, Huawei Gelar Kompetisi Berhadiah USD400.000 Bagi Pengembang ~ Teknogav.com

Perkenalkan HMS Core 5.0, Huawei Gelar Kompetisi Berhadiah USD400.000 Bagi Pengembang


Teknogav.com - Huawei Mobile Service (HMS) Core 5.0 yang ditujukan bagi para pengembang global baru-baru ini diluncurkan di situs Huawei Developer. Di saat yang sama, Huawei juga membuka pendaftaran ajang ‘AppsUP-Huawei HMS Innovation Contest’ bagi para pengembang aplikasi. Serunya ada hadiah tunai senilai USD400.000 lho untuk pemenang. Yuk simak dulu keunggulan HMS Core 5.0 dan cara ikutan kompetisinya.

Layanan-layanan HMS Core 5.0 diperkenalkan dalam tujuh bidang penting, yaitu AI, App Service, Graphics, Media, Smart Device, Security dan System. HMS Core 5.0 memungkinkan pengembang untuk memanfaatkan fitur ‘chip-device-cloud’ Huawei.

Para pengguna aktif bulanan Huawei di dunia mencapai 650 juta per Maret 2020 dengan peningkatan tahunan 25%. Jumlah pengembang terdaftar Huawei di seluruh dunia adalah 1,4 juta dengan peningkatan 115% dari tahun lalu. Kenaikan jumlah aplikasi yang terintegrasi dengan HMS Core mencapai 67% atau sudah lebih dari 60.000 di dunia.

Fitur-fitur HMS Core 5.0

Lebih dari 20 fitur terbaru untuk memenuhi kebutuhan pengembang global tersedia di HMS Core 5.0. HMS Core 4.0 yang merupakan pendahulu HMS Core 5.0 sudah menyediakan berbagai fitur terbuka, dari AI sampai keamanan. Kini HMS Core 5.0 menawarkan fitur-fitur lebih luas seperti Computer Graphics (CG) Kit, AR Engine, Accelerate Kit, dan Scene Kit. Selain fitur-fitur tersebut juga masih banyak fitur-fitur lainnya yang siap menjadikan HMS Core 5.0 sebagai solusi lengkap bagi pengembangan aplikasi. Berikut ini adalah informasi mengenai beberapa fitur-fitur tersebut:
  • Computer Graphics Kit yang menggunakan algoritma Physically Based Rendering (PBR) lebih baik., Penggunaan PBR ini dapat menampilkan situasi dunia nyata lebih akurat dalam mobile game. Industri film dan gaming bisa menciptakan konten lebih kaya dan inovatif dengan menggunakan CG dalam aplikasi.
  • AR Engine mencakup berbagai jenis fitur terkait AR seperti gerakan, lingkungan, pelacakan tubuh manusia dan wajah. Fitur ini memudahkan untuk menciptakan pengalaman AR yang interaktif dan menarik.
  • Accelerate Kit mempermudah proses pengembangan aplikasi untuk aplikasi yang sangat membutuhkan geometri atau pengolahan CG seperti mobile game. Proses pengembangan tersebut pun bisa berjalan secara efisien. Kinerja aplikasi akan lebih optimal berkat solusi multi-core dan multi-threading yang disediakan Accelerate Kit ini.
Pengkinian pun dilakukan pada App Services, termasuk Scan Kit dan Map Kit. Kini Scan Kit menggunakan kode pemindaian berbasis deep learning untuk meningkatkan akurasi pemindaian dan respon yang lebih cepat. Sementara pada Map Kit diberikan penambahan perencanaan rute bus dan kereta bawah tanah yang membantu pengembang dalam meningkatkan fitur aplikasi.

HMS Core Toolkit merupakan tool plugin Integrated Development Environment (IDE) yang ringan. Pengintegrasian HMS Core yang lebih hemat biaya dan efisien dapat dilakukan pengembang dengan bantuan HMS Core Toolkit. Penerapan yang dilakukan HMS Core Toolkit ini mencakup pembuatan aplikasi, encoding, konversi, debugging, dan layanan uji coba.

Salah satu layanan untuk menguji coba aplikasi dan melakukan debug pada berbagai perangkat Huawei adalah ‘Cloud Debugging’. Kedua kegiatan tersebut bisa dilakukan melalui internet secara jarak jauh menggunakan layanan tersebut. Berbagai model perangkat Huawei terkini, termasuk seri P dan Mate yang populer bisa menggunakan Cloud Debugging.

Layanan ini mendukung perubahan resolusi dan pengalihan dari moda lanskap dan portrait. Log untuk menemukan kesalahan bisa dengan mudah dilihat dan diunduh menggunakan Cloud Debugging yang bsia diakses melalui situs Huawei Developer. Saat ini layanan Cloud Debugging hanya tersedia di Asia Pasifik.

AppsUP-Huawei HMS App Innovation Contest.

Pada pengembang aplikasi di seluruh Asia Pasifik bisa ikut serta dalam ‘AppsUP- Huawei HMS App Innovation Contest’. Mereka hanya cukup mengintegrasikan aplikasi yang dibuat dengan satu HMS Core Kit. Pendaftaran sudah dibuka sejak 23 Juli 2020 sampai 30 Agustus 2020, bagi yang berminat bisa mendaftarkan diri di https://bit.ly/AppsUP-APAC. Serunya lagi, setiap pendaftar akan langsung mendapatkan kupon Huawei Cloud senilai USD200. Kupon tambahan senilai USD4.000 bisa diperoleh setelah peserta mendaftarkan aplikasinya.

Total hadiah yang diperebutkan pada kompetisi ini adalah USD400.000 atau sekitar Rp5,8 miliar. Hadiah ini terbagi menjadi uang tunai senilai USD200.000 dan fasilitas Huawei Cloud senilai USD200.000 bagi 20 pemenang terbaik. Kategori tersebut mencakup Best App, Best Game, dan Honourable Award. Selain itu tersedia juga kategori khusus yang terdiri dari Most Social Impact App dan Most Popular App di Asia Pasifik.

Penilaian setiap aplikasi yang didaftarkan akan dilakukan oleh panel yang terdiri dari pakar industri regional. Parameter penilaian mencakup nilai sosial, valuasi bisnis, pengalaman pengguna dan inovasi. Nah tunggu apalagi, bagi para developer, yuk segera daftarkan karyamu!
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email