Huawei Mobile Services Prioritaskan Pengembangan Ekosistem Demi Tingkatkan Kenyamanan Pengguna Huawei Mobile Services Prioritaskan Pengembangan Ekosistem Demi Tingkatkan Kenyamanan Pengguna ~ Teknogav.com

Huawei Mobile Services Prioritaskan Pengembangan Ekosistem Demi Tingkatkan Kenyamanan Pengguna


Teknogav.com – Pada Huawei Developer Conference yang digelar 9-11 Agustus 2019 lalu, Huawei mengungkap berbagai teknologi dan pengembangan ekosistem mereka. Huawei Mobile Services (HMS) termasuk salah satu platform yang diungkap pada ajang tersebut bersama dengan HarmonyOS dan antarmuka EMUI10. Di kesempatan tersebut Huawei menyampaikan bahwa akan membuka HMS sepenuhnya bagi pengembang global sehingga bisa mengambangkan ekosistem mereka.

Di Indonesia, Huawei meluncurkan HMS bersama dengan perangkat Huawei Mate 30 Pro yang sudah menggunakan layanan tersebut. Kemudian menyusul perangkat-perangkat Huawei lain pun sudah bisa menggunakannya. Sampai Desember 2019, sudah ada lebih dari 600 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Tercapainya jumlah tersebut juga berkat bergabungnya 1,3 juta pengembang yang bergabung dalam ekosistem HMS.
HMS Core
“Huawei Mobile Services akan terus memprioritaskan pengembangan ekosistem yang komprehensif untuk peningkatan pengalaman pengguna. Langkah ini dilakukan dengan mengutamakan kemudahan, kecepatan dan kelancaran pada smartphone Huawei,” ucap Lo Khing Seng, Deputy Country Director, Huawei Consumer Business Group Indonesia.

HMS merupakan aplikasi dan layanan untuk mendukung ekosistem di perangkat pintar Huawei dan Honor, termasuk tablet dan smartphone. Berbagai pengalaman yang mencakup kemudahan, kecepatan dan kelancaran disajikan oleh HMS. Pada 2020 ini, Huawei memiliki visi menciptakan pengalaman kecerdasan baru dan ekosistem HMS tanpa batas bagi penggunanya di seluruh dunia.

Ekosistem HMS
Aplikasi dan layanan yang tercakup dalam HMS adalah Huawei Assistant, Huawei Browser, Huawei Mobile Cloud, Huawei Music, Huawei Reader, Huawei Themes, dan Huawei Video. Pengguna bisa lebih mudah dan cerdas mengakses informasi dan layanan berkat Huawei Assistant. Fitur-fiturnya mencakup Smart Search, Instant Access, Smart Care dan News.

Asisten suara Huawei bernama Celia dan didukung oleh Huawei Vision dan Huawei AI Speaker sebagai sarana hiburan. Huawei Vision ini memadukan Huawei Video, YouKu dan platform video mainstream lain.

Huawei berkomitmen untuk terus mengembangkan HMS dengan mitra dan pengembang lokal dan senantiasa memberi dukungan penuh bagi mereka. Komitmen tersebut dilakukan demi terjalinnya sinergi yang akan menyajikan pengalaman pengguna berupa kemudahan, kecepatan dan kelancaran pada ekosistem HMS.

AppGallery

Huawei memiliki toko aplikasi sendiri yang dinamai AppGallery. Pengguna AppGallery sudah lebih dari 420 juta pengguna aktif bulanan, daftar aplikasi pun akan dipoerkaya ratusan aplikasi baru setiap minggu. Hal ini seiring dengan konsistensi upaya Huawei dalam mengembangkan ekosistem HMS, termasuk kerja sama dengan developer lokal disambut positif pt. Datascrip sebagai authorized distributor di Indonesia.

Kini puluhan aplikasi lokal sudah tersedia di AppGallery, kategorinya mencakup berita, e-commerce, hiburan, jasa ekspedisi, perbankan, dan perjalanan. Huawei masih akan terus mengembangkan dan menghadirkan berbagai aplikasi lokal populer ke AppGallery, sehingga pengguna bisa mudah mengunduh dan menggunakannya. Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi sesuai kategorinya:
 
Belanja online
Blibli, Bukalapak, JD.ID, Matahari, Shopee dan Tokopedia
Berita
Baca, BaBe, Caping, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, Detik, Kompas, Liputan6, dan Umma
Game dan hiburan
CGV Blitz, Hago, Langit Musik, MAXStream, RCTI+, Usee TV Go, Vidio dan Wawa
Ekspedisi
My JNE dan J&T
Media sosial
Line
Navigasi
Here We Go
Operator telekomunikasi
Bima+, MyIM3, MyTelkomsel. MyXL
Perbankan dan keuangan
Akulaku, BCA Mobile, BNI Mobile Banking, DANA, Octo Mobile, dan Permata Mobile
Pemerintah
BPJSTKU dan Info BMKG
Travel
Garuda Indonesia Mobile, KAI Access dan Traveloka
“Kami melihat semakin banyak aplikasi populer yang bisa digunakan. Selain itu, Huawei terus memperkaya AppGallery yang dikembangkannya dengan dukungan aplikasi-aplikasi lokal,” ucap Bobby Ivan, Division Manager pt. Datascrip.

Petal Search –Find Apps

Petal Search - Find Apps
Kini AppGallery juga menyediakan widget pencarian Petal Search–Find Apps yang diumumkan Huawei baru-baru ini. Jutaan aplikasi dapat dengan mudah diakses pengguna Huawei melalui alat pencarian baru ini. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup menyentuh langsung dari layar Home Screen. Aplikasi ini merupakan  salah satu dari tiga cara untuk mengunduh aplikasi ke perangkat HMS. Dua cara lainnya tentu saja dengan menggunakan aplikasi AppGallery dan Phone Clone.

Phone clone berfungsi untuk menyalin data dari smartphone sebelumnya ke smartphone baru. Kerennya data-data yang bisa ditransfer secara otomatis bisa mencakup aplikasi, data, file, foto, dan kontak.
Patal Search - Find Apps
Widget Petal Search-Find Apps didukung mesin pencarian Petal Search yang memberikan hasil akurat dan relevan bagi pengguna. Pengalaman penggunaan pun bisa dipersonalisasi sepenuhnya. Huawei AppGallery sudah sepenuhnya terintegrasi pada widget Petal Search-Find Apps. Aplikasi apa pun yang sudah tersedia di AppGallery akan muncul di bagian atas setiap pencarian di alat baru.

Pengguna mudah mengunduh berbagai aplikasi yang mendukung kegiatan sehari-hari, seperti aplikasi pengirim pesan WhatsApp atau media sosial seperti Instagram. Kehadiran Find Apps akan memperkaya pengalaman penggunaan smartphone, terutama pada peluncuran Huawei P40, P40 Pro dan P40 Pro+.

Widget Petal Search-Find Apps sudah bisa diunduh dari AppGallery dengan memasukkan kata kunci ‘Petal Search-Find Apps’ pada kolom pencarian.  Lebih dari 40 bahasa sudah didukung widget ini. Ketersediaan widget ini ada di 45 negara dan area yang akan disusul di berbagai negara lain.

Keamanan dan Privasi

Keamanan dan privasi menjadi prioritas Huawei, sehingga agar pengguna tak khawatir, HMS membentuk Trusted Execution Environment (TEE). Sistem keamanan dan perlindungan yang lengkap juga sudah dilengkapi pada AppGallery. Demi menjamin aplikasi unggulan nyaman untuk diunduh dan digunakan, Huawei menyediakan fitur deteksi empat lapis. Pengamanan pada AppGallery dilakukan mulai dari verifikasi data asli pengembang sampai mekanisme sistem keamanan dari aplikasi itu sendiri.

Orang tua pun bisa mengubah pengaturan unduhan aplikasi untuk memastikan akses aplikasi dan konten sesuai usia. Hal ini dimungkinkan berkat sistem penilaian dan fitur pengingat yang tersedia pada AppGallery. Huawei Video pun menyediakan mode remaja untuk mengatur peringkat video dan membatasi akses berdasarkan usia anak.

Huawei bekerja sama dengan berbagai mitra dan para pemimpin mesin pencarian global untuk menggabungkan berbagai aspek terkait teknologi keamanan dan keselamatan berbasis perangkat keras pada widget Petal Search-Find Apps. Kerja sama tersebut pun menggabungkan standar privasi tak tertandingi yang ditetapkan mesin pencarian privacy-by-design terkemuka. Hal ini dilakukan untuk memastikan standar tertinggi privasi dan keamanan data bagi pengguna Huawei.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email