Spesifikasi Lengkap ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401) dan Harganya Spesifikasi Lengkap ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401) dan Harganya ~ Teknogav.com

Spesifikasi Lengkap ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401) dan Harganya


Teknogav.com – ASUS ROG Zephyrus G14 (GA40) mengemas ketangguhan laptop gaming bertenaga AMD Ryzen 4000HS Series dengan style. Hal ini sesuai dengan slogan yang diusungnya, yaitu ‘Lead the Game with Style’. Seperti telah dibahas sebelumnya, ROG Zephyrus G14 memiliki dimensi yang begitu ringkas dan ultraslim, sehingga nyaman dibawa bepergian.

“ROG Zephyrus G14 merupakan bukti bahwa gaming tidak sekadar kegiatan bermain tetapi sudah menjadi subkultur dengan komunitas dan style tersendiri. Perangkat ini tak hanya ditujukan bagi gamer, tetapi juga content creator karena memiliki spesifikasi yang tangguh. Laptop gaming ini dapat mengerjakan berbagai tugas berat seperti video rendering dengan sangat lancar,” ucap Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia.

Desain dan Layar

ROG Zephyrus G14 (GA401)
Dimensi laptop ini tipis dan ringan jika dibandingkan dengan laptop gaming sekelasnya, ketebalannya 17,9 mm. Pilihan warna, yang tersedia adalah Eclipse Gray dan Moonlight White yang tampil begitu elegan bagi para profesional. ROG Zephyrus G14 (GA401) mengadopsi struktur bodi honeycomb yang menjadikannya lebih kokoh dan lebih ringan dibandingkan laptop sekelasnya. Bahan yang digunakan pada bodi adalah magnesium alloy yang diproses secara khusus sehingga tak akan meninggalkan bekas sidik jari.
AniMe Matrix
Pada bagian belakang layar terdapat AniMe Matrix™ yang terdiri dari 1.215 mini LED dengan  256 tingkatan pencahayaan. Fitur Anime Matrix™ tersebut dapat menampilkan grafis, animasi dan efek tampilan lainnya menjadikannya sebagai laptop gaming yang keren. Efek tampilan mencakup music equalizer yang tersinkronisasi dengan sistem audio di ROG Zephyrus G14 (GA401). Pada varian dengan LED matrix ini, bobotnya 1,7 kg, sedangkan untuk varian tanpa LED matrix hanya 1,6 kg.

Fitur AniMe Matrix™ merupakan pencapaian signifikan dari tim pengembangan ASUS ROG melalui proses riset dan pengembangan yang panjang. Mereka harus mengembangkan lapisan khusus agar cahaya LED yang dipancarkan tidak terlalu terang atau redup. Selain itu juga harus menakar penggunaan daya, meminimalisir panas yang ditimbulkan, sampai memastikan setiap LED tersusun di posisi yang tepat.

Prosesor dan Kinerja

Kinerja prosesor AMD Ryzen 4000HS Series dan NVIDIA GeForce RTX 2060
Prosesor yang digunakan pada ROG Zephyrus G14 (GA401) ini dibekali dengan AMD Ryzen 4000HS Series 35 watt.  Konfigurasinya terdiri dari delapan inti dan 16 thread yang pasti mampu memenuhi kebutuhan gamer dan profesional kreatif.

Kinerja tangguh prosesor didukung RAM DDR4-3200 dengan pilihan kapasitas 8 GB dan 16 GB, serta bisa ditingkatkan sampai 32 GB. Prosesor ini juga memiliki efisiensi daya ganda jika dibandingkan prosesor AMD generasi sebelumnya. Media penyimpanan, laptop gaming ini menggunakan SSD NVMe berkapasitas sampai 1 TB untuk akses data yang kencang.

"ASUS ROG Zephyrus G14 ditenagai Prosesor Mobile Ryzen™ 4000HS Series dari AMD. Prosesor AMD Ryzen generasi terbaru ini memungkinkan terciptanya pengalaman gaming dan produktivitas mutakhir berkat arsitektur core ‘Zen 2’. Pabrikasi chipset dilakukan dengan teknologi 7 nm yang memimpin industri. AMD dan ASUS dengan bangga mempersembahkan ASUS ROG Zephyrus G14. Ini adalah laptop gaming 14 inci paling bertenaga untuk para gamer dan profesional," ucap Paige Shi, AMD Consumer Lead for APAC.

Grafis laptop gaming ini didukung prosesor grafis sampai NVIDIA® GeForce RTX™ 2060 yang berjalan di 65W dengan kecepatan 1298 MHz. Discrete GPU tersebut menggunakan arsitektur Turing terbaru yang hadir dengan Tensor Core untuk pemrosesan grafis modern seperti real-time ray tracing. Kemampuan GPU tersebut memastikan ROG Zephyrus G14 (GA401) mampu menjalankan semua game AAA modern dengan tampilan grafis terbaik.

Selain untuk bermain game, GPU tersebut juga mendukung berbagai fitur grafis dan teknologi terkini bagi para profesional. Kemampuannya bisa untuk 3D modelling dan deep learning. Dedicated video encoder yang melengkapi GPU ini memungkinkan untuk menjalankan game sambil melakukan live streaming dengan lancar tanpa lag.

Sistem Pendingin

ROG Ergo Lift Design
Desain khusus prosesor AMD Ryzen 4000HS Series dirancang khusus agar tidak menghasilkan banyak panas. Prosesor dirancang tangguh untuk berkerja optimal di bodi laptop ultraslim yang tak memiliki banyak ruang untuk pendinginan. Terbatasnya ruang pendinginan mempersulit untuk menjaga komponen pada suhu optimal. ASUS pun menghadirkan sistem khusus untuk mengatur penggunaan daya secara otomatis sesuai kebutuhan.

Sistem tersebut memantau penggunaan daya di CPU dan GPU setiap detik dan sistem otomatis menyesuaikan sehingga kinerja optimal. ROG Zephyrus G14 (GA401) merupakan laptop ROG pertama yang mengadopsi fitur ErgoLift Design. Fitur tersebut memperlancar aliran udara dengan mengangkat bagian belakang laptop sehingga menghasilkan rongga udara ekstra.

ErgoLift Design juga menyajikan pengalaman mengetik lebih baik di ROG Zephyrus G14 (GA401). Desain ini mengangkat bagian belakang keyboard dan membentuk sudut tertentu yang menjadikan laptop ini lebih ergonomis dan nyaman dipakai.

Desain terbaru pada sistem pendingin laptop gaming tersebut terdiri dari bagian exhaust yang terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama membuang udara ke sudut yang lebih tinggi, dan yang kedua ke sudut yang lebih rendah. Pembagian aliran udara membuat panas tak hanya terfokus pada satu titik. Pendinginan pun berjalan lebih optinal.
Sistem pendingin ROG Zephyrus G14
Heatsink pada sistem pendingin di ROG Zephyrus G14 menggunakan sirip tembaga ultra tipis dengan ketebalan hanya 0,15 mm. Sirip heatsink yang lebih tipis memperlancar aliran udara, sehingga panas bisa disebar lebih optimal karena permukaan heatsink yang lebih luas. Totalnya ada 209 sirip heatsink dengan luar permukaan sampai 68,868 mm2. Setiap heatsink terhubung dengan jaringan yang terdiri dari lima heatpipe khusus. Heatpipe tersebut menghubungkan CPU, GPU, dan VRM yang merupakan komponen penghasil panas utama.

Kipas n-Blade yang berbahan liquid crystal polymer dirancang khusus untuk laptop ultraslim mendampingi heatsink dan heatpipe pada sistem pendingin. Panjang bilah kipas ini berbeda, yaitu antara 50 mm dan 51,2 mm. Perbedaan panjang tersebut dapat menurunkan tingkat turbulensi sehingga menjadikan ROG Zephyrus G14 (GA401) beroperasi dengan hening bahkan saat Turbo Mode. Kipas dirancang sedemikian rupa agar tak berubah bentuk ketika diputar dengan RPM tinggi.

Layar Bagi Gamer dan Para Profesional

Fitur layar ROG Zephyrus G14 (GA401)
Laptop gaming ini memiliki layar berukuran 14 inci dengan refresh rate tinggi dan dukungan teknologi AMD FreeSync. Bezel layar tersebut sangat tipis dan rasio layar-ke-bodi mencapai 85%. Layar ini memiliki dua pilihan resolusi, yaitu Full HD dan WQHD. Pada layar dengan resolusi Full HD,  refresh rate yang dimiliki sampai 120 Hz sehingga cocok bagi gamer. Sedangkan resolusi WQHD ococok bagi pengguna yang mementingkan resolusi.

Teknologi AMD FreeSync™ memungkinkan sinkronisasi refresh rate dan frame rate sehingga tidak ada lagi tearing dan stuttering saat bermain game. Fitur variable refresh rate pada GPU Radeon™ yang terintegrasi dengan prosesor AMD Ryzen™ 4000HS Series meningkatkan teknologi AMD FreeSync tersebut. Keberadaan fitur variable refresh rate memungkinkan ROG Zephyrus G14 (GA401) dihubungkan dengan monitor yang mendukung teknologi AMD FreeSync™.
Desain ROG Zephyrus G14
Kemampuan reproduksi warna akurat dan sudah menyandang sertifikasi PANTONE Validated sehingga cocok bagi profesional kreatif dan content creator. Sertifikasi tersebut dikaliibrasi saat proses produksi sehingga siap digunakan untuk kebutuhan profesional sejak awal digunakan. Layar laptop gaming ini dapat menampilkan warna pada color space sRGB dengan tingkat reproduksi sampai 100%.

Baterai dan Fitur-fitur Lain

Daya baterai laptop gaming ini mampu bertahan sampai 10 jam penggunaan. Pengisian daya baterai bisa dilakukan melalui kabel USB Type-C 65 watt yang lebih ringkas dibandingkan adaptor 180 watt. Ketika baterai ROG Zephyrus G14 (GA401) memadai, maka bisa berperan sebagai powerbank yang dapat memasok daya sampai 3 A.  Hal ini memungkinkan laptop untuk mengisi daya smartphone dan gadget lain melalui port USB type-C.
ketahanan daya baterai ROG Zephyrus G14
Port USB Type-C tersebut juga mendukung display output menggunakan protokol DisplayPort 1.4. Tersedia juga port HDMI 2.0b untuk menghubungkan ke monitor dan TV 4K. Port lain yang tersedia adalah USB Type-A sehingga tak perlu dongle untuk menghubungkan perangkat gaming.

Konektivitas nirkabel ROG Zephyrus G14 (GA401) didukung Intel Wi-Fi 6 (Gig+) atau Wi-Fi 802.11ax. Kecepatan transfer data Wi-Fi generasi baru ini sampai 2,4 Gbps jika terhubung dengan router yang kompatibel. Latensi Wi-Fi 6 juga lebih rendah, sehingga kualitas koneksi lebih baik dibandingkan Wi-Fi generasi sebelumnya.
Desain keyboard ROG Zephyrus G14
Tombol daya ROG Zephyrus G14 (GA401) disertai dengan sensor sidik jari. Data sidik jari akan disimpan ke memori khusus ketika tombol daya ditekan, lalu dikirim ke sistem Windows Hello saat login. Keyboard laptop gaming ini disertai fitur N-key rollover untuk memastikan input akurat dan responsif. Selain itu digunakan juga teknologi Overstroke. Keyboard ini dapat bertahan sampai lebih dari 20 juta kali tekan.

Ketersediaan dan Harga

ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401) sudah bisa dibeli di channel online melalui enam e-commerce dengan berbagai promo menarik. Keenam e-commerce tersebut adalah Bhinneka, Blibli, JD.ID, Lazada, Shopee dan Tokopedia. Pembeli berkesempatan mendapat aksesori Urban Sneaker Society x ROG. Setiap pembelian ROG Zephyrus G14 (GA401) versi Ryzen 9, maka akan mendapat Urban Sneaker Society x ROG Limited Edition Jacket. Sedangkan untuk pembelian versi Ryzen 7 akan mendapatkan Urban Sneaker Society x ROG Limited Edition Tote Bag.
Harga ROG Zephyrus G14
Harga yang dibanderol pada ROG Zephyrus G14 dengan AMD Ryzen 5 4600HS adalah Rp18.299.000. Pada versi ini belum mendukung Anime Matrix dan kapasitas RAM 8 GB. Sementara itu untuk versi AniMe Matrix harga dibanderol mulai Rp23.999.000 dengan prosesor AMD Ryzen 7 4800HS dan RAM 8 GB. Varian dengan AMD Ryzen 9 4900HS dan RAM 16 GB dibanderol Rp34.999.000 dengan pilihan resolusi layar FHD atau WQHD.

Para penggemar ROG juga bisa ikut serta #ROG14style competition, informasinya dapat dilihat di akun instagram ASUS ROG Indonesia. Sementara informasi mengenai ROG Zephyrus G14 dapat dilihat pada situs resmi ASUS.

Spesifikasi ROG Zephyrus G14

CPU
AMD Ryzen™ 9 4900HS Mobile Processor (8C/16T, 12MB Cache, 4.3 GHz Max Boost)
AMD Ryzen™ 7 4800HS Mobile Processor (8C/16T, 12MB Cache, 4.2 GHz Max Boost)
AMD Ryzen™ 5 4600HS Mobile Processor (6C/12T, 11MB Cache, 4.0 GHz Max Boost)
Sistem Operasi
Windows 10
Memori
RAM DDR4 3200MHz 16 GB
RAM DDR4 3200MHz 8 GB
Media Penyimpanan
SSD PCIe NVMe 1 TB
SSD PCIe NVMe 512 GB
Layar
15,6” (16:9) IPS FHD (1920x1080), Pantone Validated, 120Hz, Adaptive Sync
15,6” (16:9) IPS WQHD (2560x1440), Pantone Validated, 60Hz, Adaptive Sync
Grafis
NVIDIA GeForce RTX 2060 6GB GDDR6 VRAM
NVIDIA GeForce GTX 1660Ti 6GB GDDR6 VRAM
NVIDIA GeForce GTX 1650Ti 4GB GDDR6 VRAM
Input/Output
1 x USB 3.2 Gen2 (Type-C) with DisplayPort 1.4 and Power Delivery, 1 x USB 3.2 Gen2 (Type-C), 2 x USB 3.2 Gen1 (Type-A), 1x HDMI 2.0b, 1 x combo audio jack
Konektivits
802.11ax Wi-Fi 6 (Gig+), Bluetooth 5.0
Audio
2 Speakers with Smart AMP technology, Array Microphone
Baterai
76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimensi
32.4(W) x 22.2(D) x 1.79(H) cm (Regular)
32.4(W) x 22.2(D) x 1.99(H) cm (With AniMe Matrix™)
Bobot
1,6 kg (Regular)
1,7 kg (With AniMe Matrix™)
Warna
Eclipse Gray, Moonlight White
Harga
Non-AniMe Matrix
Rp18.299.000 (R5-4600HS/GTX1650Ti/8G/512G PCIe/FHD)

AniMe Matrix
Rp23.999.000 (R7-4800HS/GTX1650Ti/8G/512G PCIe/FHD)
Rp28.999.000 (R7-4800HS/GTX1660Ti/8G/512G PCIe/FHD)
Rp34.999.000 (R9-4900HS/RTX2060/16G/1TB PCIe/FHD)
Rp34.999.000 (R9-4900HS/RTX2060/16G/1TB PCIe/WQHD)
Share:

Artikel Terkini