Review ASUS ZenBook 14 (UX425), Elegan dan Tipis dengan Kinerja Gahar Review ASUS ZenBook 14 (UX425), Elegan dan Tipis dengan Kinerja Gahar ~ Teknogav.com

Review ASUS ZenBook 14 (UX425), Elegan dan Tipis dengan Kinerja Gahar


Teknogav.com – ASUS baru saja meluncurkan ZenBook 14 (UX425) yang mengandalkan prosesor Intel Core generasi ke-10 dan berbagai teknologi canggih lainnya. Sebagai lini ZenBook Classic, laptop ini tampil cantik berkelas dengan pilihan warna pine grey dan lilac mist. Tak hanya tampil elegan, ringan dan ringkas juga menjadi ciri khas lini ZenBook, yuk simak review dari laptop ini.

Kendati dimensi laptop ringkas, tetapi layar tetap lapang berkat teknologi NanoEdge Display di keempat sisi sehingga rasio layar-ke-bodi hanya 90%. Keringkasan laptop ini setara dengan laptop yang menggunakan layar 13 inci. Jika dibandingkan dengan ZenBook UX334F yang ketebalannya 17,9 mm, maka ZenBook UX425 lebih tipis, yaitu 13,9 mm saja. Bobot ZenBook UX425 ini juga sangat ringan, hanya 1,17 kg.

Keyboard pun tetap maksimal dan nyaman digunakan berkat desain yang membentang penuh dari sisi kiri ke sisi kanan. Tentu saja tak ketinggalan desain ErgoLift yang mengangkat bodi laptop ke posisi yang sangat pas untuk mengetik
desain ErgoLift
ASUS ZenBook UX425 memang tak dibekali dengan Screenpad, tetapi touchpad yang digunakan bisa merangkap sebagai number pad. Istimewanya touchpad ini dibandingkan seri sebelumnya adalah dapat digunakan bersamaan dengan number pad. Jadi tetap bisa mengarahkan kursor menggunakan touchpad walau number pad dalam kondisi aktif. Nyaman kan, jadi kerja tak tersendat ketika tak sengaja mengaktifkan number pad.

Nah, dari segi kinerja, ASUS ZenBook UX425 menyediakan dua pilihan prosesor, yaitu menggunakan Intel Core i5 atau core i7. Keduanya tentu saja sudah Intel Core generasi ke-10 atau Ice Lake. Jika dibandingkan Coffe Lake atau Generasi ke-8, maka prosesor grafis yang menyertai Intel Iris Plus Graphics bukan lagi HD. GPU yang digunakan hanya satu, sehingga bisa mempertahankan bodi laptop tetap ringkas.

Pada laptop yang kami uji ini digunakan prosesor Intel Core i5-1035G1 yang diproduksi dengan proses 10 nm. Kinerja prosesor tersebut didukung RAM berkapasitas 8 GB. Sementara pada varian dengan prosesor Intel Core i7, RAM yang mendampingi berkapasitas 16 GB.
Isi paket ASUS ZenBook 14 (UX425)
Paket ASUS ZenBook UX425 ini mencakup unit laptop dan adapter pengisian daya menggunakan port USB tipe-C. Selain itu juga terdapat buku panduan dan kartu garansi. Sistem operasi yang menyertai laptop ini adalah Windows 10 Home.


Konektivitas Lengkap 

Konektivitas laptop ini ditunjang ketersediaan port yang sangat lengkap, dari segi nirkabel pun dibekali dengan teknologi tercanggih. Port tersebut mencakup micro SD reader, USB 3.2 type A, HDMI dan dua port USB tipe-C yang sudah didukung Thunderbolt.
port pada sisi kiri laptop ZenBook 14 UX425
port pada sisi kanan laptop ZenBook 14 UX425
Port Thunderbolt 3 ini memungkinkan untuk menghubungkan kartu grafis desktop memakai eclosure kartu grafis eksternal. Ini juga bisa menjadi solusi dari penggunaan prosesor grafis ZenBook 14 (UX425) yang hanya satu. Laptop pun bisa digunakan untuk digunakan untuk bermain game dan membuat konten kreatif dengan lancar.

Sedangkan untuk koneksi nirkabel sudah didukung teknologi WiFi 6 dengan kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan latensi lebih rendah. Selain itu tersedia juga koneksi Bluetooth 5.0 untuk menghubungkan dengan berbagai perangkat lain seperti mouse dan headphone.


Keyboard dan Number Pad

ASUS melakukan peningkatan yang cukup signifikan pada desain keyboard ZenBook UX425 ini. Sempat disinggung sebelumnya, bahwa keyboard ini membentang penuh dari sisi kiri ke sisi kanan. Desain ini memberikan ruang untuk sebaris tombol fungsi tambahan di sisi kanan keyboard sehingga meningkatkan produktivitas. Tombol-tombol tersebut mencakup Home, Page Up, Page Down dan End, yang jarang ditemukan pada Ultrabook berukuran 14 inci.
keyboard pada ASUS ZenBook UX425
Kenyamanan ini pun ditambah dengan kemudahan untuk melakukan tangkapan layar, mengaktifkan webcan dan mengakses aplikasi MyASUS menggunakan tombol-tombol fungsi tersebut. Keyboard dirancang ergonomis dengan desain tombol chiclet yang lebar dengan key travel panjang 1,4 mm untuk memberikan feedback yang presisi.

Pengalaman mengetik pun lebih nyaman menggunakan desain tombol tersebut, terlebih posisi keyboard pun ditopang oleh mekanisme ErgoLift. Setiap tombol memiliki keycap dish 0,15 mm yang juga meningkatkan akurasi dan kenyamanan pengetikan.
touchpad dengan number pad di ASUS ZenBook UX425
Beralih ke touchpad, fungsi number pad dapat diaktifkan dengan menekan gambar ikon di pojok kanan atas touchpad. Selama number pad aktif, touch pad tetap bisa dioperasikan tanpa harus mematikan fitur number pad. ASUS NumberPad 2.0 ini menghadirkan lebih banyak fungsi.

Tingkat kecerahan Number pad ini dapat diatur menggunakan ikon di pojok kiri atas touch pad. Selain itu bisa juga mengaktifkan aplikasi kalkulator lebih cepat di layar hanya dengan mengusap ikon di pojok kiri atas number pad ke arah mana pun. Sayangnya laptop ini belum disertai dengan sensor sidik jari untuk menambah fitur keamanan.

Desain

ZenBook UX425 sangat ringkas, dimensinya hanya 319 x 208 x 13,9 mm. Keringkasan laptop tersebut berkat penggunaan teknologi NanoEdge Display pada keempat sisi layar. Lebar pinggiran kiri dan kanan layar hanya 2,5 mm, atas 6,2 mm dan bawah 10,9 mm. Pada sisi bingkai atas, tersemat kamera infra merah 3D yang didukung fitur pengenalan wajah. Fitur tersebut terintegrasi dengan Windows Hello yang memudahkan untuk login hanya dengan menatap kamera.
tampilan Windows Hello untul login
tampilan Windows Hello
Layar laptop berukuran 14 inci dengan teknologi IPS dan resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel). Tingkat reproduksi warna pada layar sampai 100% pada color space sRGB dan juga dilengkapi anti-glare untuk mengurangi pembiasan akibat pantulan.

Laptop ini menggunakan bahan aluminium alloy dengan desain diamond-cut yang sangat presisi sehingga terlihat mewah. Bentuk enso yang merupakan logo "Zen" tampak melingkar di bagian belakang layar. Perancangan desain ini melalui proses yang panjang dengan finishing khusus agar terlihat indah. Bobot laptop yang ringan, hanya 1,17 kg ini membuat laptop mudah dibawa kemana-mana tanpa harus menyiksa punggung.
Cover bagian belakang layar ASUS ZenBook 14 UX425
Selain tampak mewah, ZenBook 14 (UX425) juga kokoh yang dibuktikan densan sertifikasi MIL-STD 810G. Sertifikasi tersebut hanya bisa disandang jika sudah lolos uji standar militer Amerika Serikat. Pengujian tersebut mencakup jatuh dari ketinggian 1 meter dan uji fungsional di ketinggian lebih dari 15 ribu kaki. Ketahanan pada suhu rendah pun diuji dengan pengoperasian di suhu sampai -33 derajat Celcius.

Kinerja Prosesor

Prosesor Intel Core i5-1035G1 pada laptop yang kami uji ini memiliki empat inti prosesor dan delapan thread. Kecepatan clock yang dimiliki adalah 1 GHz yang bisa dimaksimalkan sampai 3,6 GHz. Tentu saja media penyimpanan yang menggunakan SSD PCIe NVMe M2 pada laptop ini pun menunjang kecepatan proses membuka aplikasi. Kapasitas media penyimpanan tersebut adalah 512 GB.

Pada varian Intel Core i7 seri prosesor yang digunakan adalah i7-1065G7 yang juga menggunakan empat inti dan delapan thread. Bedanya kecepatan clock prosesor ini lebih tinggi, yaitu 1,3 GHz dan bisa dimaksimalkan sampai 3,9 GHz.

Seperti telah disinggung sebelumnya, bahwa pada Ice Lake sudah menggunakan GPU yang terintegrasi Intel Iris Plus Graphics. Berbeda dengan Coffee Lake yang masih menggunakan Intel HD Graphics. Tentu saja Intel Iris Plus Graphics memiliki kinerja lebih tinggi namun hemat daya, tak heran jika laptop ini mampu bertahan 22 jam.

Media penyimpanan pada laptop menggunakan SSD NVMe PCIe 3.0 x 4 berkapasitas 512 GB. Penggunaan teknologi ini juga mempercepat waktu untuk memuat aplikasi dan booting. Kerennya lagi, SSD juga lebih tahan banting karena tak memiliki komponen bergerak seperti piringan pada HDD. Media penyimpanan SSD sepenuhnya bergantung pada chip NAND Flash, sehingga tahan banting.

Benchmark

Pengujian ASUS ZenBook 14 UX425 kami lakukan dengan beberapa aplikasi Benchmark. Pada uji coba menggunakan PC Mark 10, ZenBook UX425 memperoleh nilai total 3873. Angka ini di atas dari skor ZenBook UX334F di angka 3400.

Nilai Essential dari ZenBook UX425 sangat tinggi, yaitu 8385 yang menunjukkan keandalan untuk mengerjakan tugas-tugas sederhana. Hebatnya skor ini jaduh di atas nilai yang diperoleh ZenBook UX334F yaitu 6796. Padahal batas kinerja baik untuk nilai Essential ini hanya 4100 saja. Jika dilihat dari kategori jenis kerja, berikut ini adalah rincian skornya.

PC Mark 10 ASUS ZenBook 14 (UX425)
Pada pengujian benchmarking menggunakan Pass Mark, nilai yang diperoleh cukup lumayan yaitu 3996, sedangkan skor rata-rata 2711. Jika dilihat dari benchmarking Pass Mark ini, kinerja ZenBook UX425 masih di bawah S UX392F yang berada di angka 4138,9. Tetapi masih di atas dari ZenBook UX334F yang meraih nilai 3556.
skor uji kinerja dengan PassMark
skor uji CPU dengan PassMark
peringkat dengan CPU Mark

Jika dilihat dari benchmarking CPU, nilai yang diperoleh ZenBook UX425 adalah 8340. Nilai ini di atas ZenBook S UX392F yang berada di angka 8282. Berdasarkan peringkat prosesor yang disusun PassMark, kinerja Intel Core i5-1035G1 di atas AMD Ryzen 5 3500U dan Intel Core i7-7700HQ. Kendati demikian masih di bawah AMD Ryzen 5 3550H dan Intel Core i5-9400F.
Uji Video Card 2D
Uji Video Card 3D
Uji RAM
Pada benchmarking grafis memakai PassMark, nilai yang diperoleh untuk 2D Mark dari ZenBook UX425 adalah 731. Angka tersebut jauh di atas nilai yang diperoleh ZenBook UX334F dan ZenBook S UX392F. Nilai yang diperoleh masing-masing laptop tersebut adalah 694 dan 692. Semua nilai tersebut masih di atas rata-rata dunia yang hanya 602. Hasil uji benchmarking PassMark untuk 3D Mark adalah 1737, sayangnya angka ini masih di bawah rata-rata dunia yaitu 3607. Jika dilihat dari kinerja memori, maka skor yang diperoleh ZenBook UX425 adalah 2337, angka ini jauh di atas rata-rata 1743.

Kerika melakukan uji coba dengan GeekBench, skor kinerja inti prosesor untuk single core adalah 5194 dan multi core 16604. Nilai kinerja tersebut jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan ZenBook S UX392F di 4659 dan 14253.
Uji CPU GeekBench 4

Uji Open CL Geekbench 4
Rincian nilai hasil uji menggunakan CPU-Z adalah sebagai berikut:

CPU-Z
Tim ASUS juga melakukan benchmark menggunakan ZenBook 14 (UX425) yang menggunakan prosesor Intel core i7. Pada pengujian baterai menggunakan Mobile Mark, tampak bahwa laptop mampu bertahan sampai 22 jam. Sedangkan ketika diuji menggunakan PCMark 10 pada modern office, daya baterai dapat bertahan sampai 12 jam 44 menit. Hasil tersebut diperoleh dengan kondisi tetap terkoneksi ke internet.
PC Mark 10 uji baterai dengan Modern Office pada ASUS ZenBook UX425 yang menggunakan Intel Core i7
PC Mark 10 pada ASUS ZenBook UX425 yang menggunakan Intel Core i7
Daya tahan baterai yang besar ini juga berkat teknologi Panel 1 W yang mengurangi konsumsi daya layar keseluruhan sampai 63,6%. Panel juga bisa menambah daya tahan baterai sampai 37,5%. Canggihnya lagi, pengisian daya baterai juga bisa dilakukan menggunakan power bank menggunakan kabel USB type-C. Berikut ini adalah beberapa hasil benchmark yang dilakukan oleh tim internal ASUS.
Cinebench pada ASUS ZenBook UX425 yang menggunakan Intel Core i7
Cinebench pada ASUS ZenBook UX425 yang menggunakan Intel Core i7

3D Mark pada ASUS ZenBook UX425 yang menggunakan Intel Core i7
3D Mark pada ASUS ZenBook UX425 yang menggunakan Intel Core i7


3D Mark pada ASUS ZenBook UX425 yang menggunakan Intel Core i7
CrystalDiskMark pada ASUS ZenBook UX425 yang menggunakan Intel Core i7

Harga yang dibandrol pada ASUS ZenBook 14 (UX424) ini adalah Rp14.299.000 dengan Intel Core i5. Selain itu tersedia pilihan dengan prosesor Intel Core i7 yang dibanderol dengan harga Rp17.299.000. Tersedia juga totebag eksklusif setiap pembelian laptop tersebut. ZenBook 13 (UX325) dan ZenBook 14 (UX425) bisa dibeli melalui enam e-commerce berikut ini.
https://invol.co/clvfba
Blibli
Lazada
Bhinneka
Tokopedia
JD.ID
Shopee

Kelebihan

Bentuk ringkas dan bobot yang ringan tentu saja menjadi keistimewaan dari ZenBook UX425. Tampilan yang mewah ini pun didukung juga oleh dua pilihan warna yang elegan. Kendati ringkas, tampilan layar tetap lapang berkat teknologi NanoEdge Display di keempat sisinya.

Keyboard dan mekanisme ErgoLift membuat nyaman untuk mengetik. Touchpad yang bisa juga digunakan sebagai number pad dan short cut ke kalkulator pun membuat praktis digunakan. Laptop ini juga bisa diisi baterainya menggunakan power bank dengan menggunakan kabel USB type-C.

Kinerja mumpuni dengan Intel Core generasi ke-10 dengan pilihan core i5 dan core i7. Keandalan ini didukung juga dengan RAM berkapasitas tinggi dan media penyimpanan SSD PCIe NVMe. Port yang tersedia pun cukup lengkap. Keamanan laptop didukung oleh pengenalan wajah yang didukung Windows Hello untuk sign-in.

Kekurangan

ASUS ZenBook 14 UX425 ini belum disertai dengan sensor sidik jari. Selain itu pada kamera juga tidak dilengkapi dengan slide fisik untuk menutup kamera. Tetapi hal ini jadi memudahkan saat ingin login dengan Windows Hello menggukan pengenalan wajah, tak perlu menggeser slider.

Spesifikasi

CPU
Intel® Core™ i7-1065G7 Processor 1.3 GHz (8M Cache, up to 3.9 GHz)
Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)
Sistem Operasi
Windows 10 Home
Memori
LPDDR4X 16 GB (varian i7)
LPDDR4X 8 GB (varian i5)
Media Penyimpanan
SSD PCIe® 3.0 x4 NVMe™ M.2  512 GB
Layar
14.0" (16:9) IPS FHD (1980 x 1080), 300 nits, 100% sRGB, Anti-glare, NanoEdge Display
Grafis
Intel® Iris® Plus Graphics
Input/Output
1x HDMI 2.0b, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x USB Type-C with Thunderbolt™ 3 supports display / power delivery, Micro SD card reader
Kamera
HD camera with IR function to support Windows Hello
Konektivitas
Intel Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax)+Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
Audio
Smart Amp Technology, Built-in array microphone, harman/kardon certified
Baterai
95WHrs, 3S2P, 6-cell Li-ion
Dimensi
31.90 x 20.80 x 1.39 ~ 1.39 cm
Bobot
1,17 kg
Warna
Pine Grey, Lilac Mist
Harga
Rp17.299.000 (varian i7)
Rp14.299.000 (varian i5 )
Garansi
2 tahun garansi global

ASUS ZenBook 13/14 
Share:

Follow by Email