Review HP 14S DK1001AU, Laptop Murah Rp4 Jutaan Review HP 14S DK1001AU, Laptop Murah Rp4 Jutaan ~ Teknogav.com

Review HP 14S DK1001AU, Laptop Murah Rp4 Jutaan

Teknogav.com – Pandemi COVID-19 mengakibatkan banyak kegiatan beralih menjadi serba digital dari rumah, termasuk kegiatan belajar mengajar bagi anak. Terkadang orang tua terpaksa harus berbagi jatah menggunakan laptop dengan anaknya, sampai memutuskan sudah waktunya membelikan anak laptopnya sendiri. Jika anggaran untuk membelikan laptop bagi anak terbatas, maka HP 14S DK1001U bisa menjadi salah satu alternatif. Harga laptop ini memang dibanderol hanya Rp4 jutaan saja, tetapi memang kinerjanya juga agak terbatas.

HP 14S DK1001AU merupakan laptop entry-level yang dibekali prosesor AMD Athlon Silver 3050U dengani kecepatan clock 2,3GHz. Prosesor ini diluncurkan AMD pada awal tahun 2020. Kecepatan clock prosesor bisa dimaksimalkan sampai 3,2 GHz. Kinerja prosesor didukung RAM DDR4 berkapasitas 4 GB dan dibekali media penyimpanan SSD 256 GB.

Laptop ini cukup memadai untuk mendukung kegiatan kebutuhan dasar seperti menggunakan Office dan aplikasi konferensi video. Fitur-fiturnya sudah mencakup WiFi dan kamera terintegrasi yang memungkinkan untuk belajar online. Port yang tersedia mencakup HDMI, RJ 45, USB tipe-C, 2 USB tipe-A, dan slot SD card reader. Selain itu terdapat pula jack audio 3,5 mm, slot Kensington lock untuk mengunci laptop ke meja dan port daya.

Layar laptop ini berukuran 14 inci dengan bingkai layar yang tergolong tebal di bagian atas dan bawah. Tetapi di sampingnya sudah menggunakan bezel tipis microEdge yang mebuatnya ringkas. Pada bingkai atas layar yang cukup tebal tersemat kamera tanpa pelindung slider. Penampilan laptop HP 14S DK1001AU ini tampak mewah dengan warna Pale Gold. Selain itu tersedia juga varian HP 14S DK1002AU yang hanya berbeda warna, yaitu Natural Silver.

Isi paket HP 14S DK1001AU

Paket HP 14S DK1001AU ini terdiri dari unit laptop dan adapter beserta kabel. Selain itu tentu saja ada kertas-kertas berupa booklet panduan umum dan spesifikasinya, serta kartu garansi.


Kinerja Prosesor dan Konektivitas

AMD Athlon Silver 3050U merupakan prosesor untuk laptop entry-level yang tipis dan ringan. Prosesor diproduksi menggunakan metode 12 nm dan memiliki nama sandi Picasso. Berbekal dua inti prosesor dan dua thread, kecepatan dasar prosesor ini 2,3 GHz sampai 3,2 GHz. Grafis pada laptop ini menggunakan kartu grafis yang terintegrasi dengan AMD Athlon Silver 3050U, yaitu AMD Radeon RX Vega 2. Prosesor grafis ini memiliki dua inti dan kecepatan 1.100 MHz.

Jika dibandingkan dengan generasi Raven Ridge, maka fitur-fitur APU Picasso sama. Pengendali memori dual-channel yang terintegrasi mendukung penggunaan memori DDR4-2400. Koneksi nirkabel pada laptop ini memang belum yang terkini, tetapi setidaknya kecepatan mengakses ke media penyimpanan sendiri cukup lumayan. Ini berkat penggunaan teknologi SSD, kapasitasnya pun cukup lumayan, yaitu 256 GB.

Kemampuan laptop ini untuk membuka aplikasi cukup standar, mungkin karena memang prosesornya untuk kelas atas dan kapasitas RAM tergolong kecil. Kendati demikian sudah cukup terbantu dengan penggunaan SSD yang mampu mempercepat akses ke file dan aplikasi yang tersimpan di dalamnya.

Ketahanan baterai ini lumayan, bisa sampai sekitar 10 jam saat digunakan dari kondisi penuh. Kemampuan laptop untuk membuka aplikasi pun begitu cepat, walau saat baru dinyalakan sekalipun. Battery Saver mampu memperpanjang daya tahan baterai dengan membatasi kegiatan yang berjalan di latar dan mengurangi notifikasi push ketika baterai lemah. Fitur ini dapat dinyalakan secara otomatis jika persentase daya baterai berada di bawah persentase tertentu.

Sebagai laptop entry-level, selain masih menggunakan koneksi WiFi 3 dan Bluetooth 4.2, laptop ini juga belum dibekali sensor sidik jari. Koneksi nirkabel dari WiFi tersebut sering tiba-tiba terputus ketika lama didiamkan dan harus melakuan koneksi ulang.


Layar dan Desain

Laptop ini menggunakan layar berukuran 14 inci, dengan kamera yang disematkan pada bingkai atas laptop. Resolusi layar adalah 1366 x 768 piksel layaknya laptop dengan harga murah. Sayangnya jika sudah terbiasa menggunakan laptop dengan layar FHD, maka akan sangat terasa penurunan resolusinya.

posisi kamera di bagian tengah bingkai atas layar HP 14S DK1001AU

Kamera yang digunakan pada laptop ini adalah HP TrueVision HD dengan mikrofon digital terintegrasi. Seperti telah disinggung sebelumnya, pada kamera tidak tersedia slider penutup dan tak ada fitur atau tombol khusus untuk mematikan kamera. Jika ingin menonaktifkan kamera maka harus melalui disable pada menu pengaturan device manager. Langkah ini justru membuat kamera tidak terdeteksi sama sekali pada laptop.

Desain HP 14S DK1001AU

Dimensi laptop ini cukup standar, sesuai ukuran layar yang diusungnya, dimensi laptop tersebut adalah 32,4 x 22,59 x 1,99 cm. Sementara itu, bobot laptop mulai dari 1,47 kg. Warna Pale Gold pada laptop tampak mewah, dengan logo khas HP di dalam lingkaran pada cover belakang layar. Beralih ke sisi kiri, dari belakang ke depan terdapat port Kensington Lock, USB tipe-C dan slot SD card reader. Sedangkan di sisi kanan terdapat port daya, RJ 45, HDMI, 2 USB tipe-A dan jack audio 3,5 mm. 

sisi kiri HP 14S DK1001AU

sisi kanan HP 14S DK1001AU

Keyboard pada laptop ini cukup nyaman dioperasikan berkat ukuran tombol keyboard yang pas di jari. Selain itu, keyboard juga disertai backlit yang menyala untuk memudahkan mengenali karakter di tombol. Pada sisi atas keyboard terdapat lubang speaker dengan desain yang keren. Di bawah keyboard laptop terdapak trackpad dengan tombol klik di bagian bawah trackpad. Desain tersebut agak beda dengan HP Elitebook 735 G6 yang memiliki tombol klik di bagian atas trackpad. 

lubang speaker di sebelah atas keyboard

Desain keyboard dan trackpad HP 14S DK1001AU

Perangkat Lunak

Sistem operasi pada laptop HP 14S DK1001AU ini menggunkan Windows 10 Home. Beberapa aplikasi standar sudah tercakup pada laptop ini, yaitu Calculator, Calendar, Camera, Connect, Film & TV, One Drive dan lain-lain. Software-software HP pun tersedia, yaitu HP Audio Switch, HP Documentation, HP e-Service,HP JumpStart, HP Support Assistant, dan HP Connection Optimizer. Selain itu tersedia juga Microsoft Office dan McAfee LiveSafe™


Benchmark

Seperti biasa, kami menggunakan beberapa aplikasi Benchmark untuk menguji HP 14S DK1001AU ini. Uji coba pertama menggunakan PC Mark 10 dengan nilai keseluruhan 2594. Ternyata angka ini hanya sedikit lebih rendah dari ASUS VivoBook X505Z yang menggunakan Ryzen 7 2700U dengan skor 2804.

Tak disangka, nilai Essential yang diperoleh pun cukup tinggi, yaitu 5604, jauh di atas nilai batas kerja baik, yaitu 4100. Parameter Essential ini menunjukkan keandalan saat mengerjakan tugas-tugas sederhana. Berikut ini adalah rincian skor berdasarkan kategori jenis kerja.

PC Mark 10

Benchmarking berikutnya dilakukan menggunakan PassMark. Skor yang diperoleh untuk kinerja sistem adalah 1794, sayangnya skor ini masih di bawah rata-rata di 2795. Beralih ke kinerja CPU, skor yang diperoleh adalah 3631, sayangnya nilai ini sangat di bawah, hampir setengah nilai rata-rata 7193.

Uji kinerja dengan PassMark

Skor CPU Mark

PassMark juga membuat peringkat prosesor dari beberapa data prosesor yang ada. Tampak bahwa kinerja AMD Athlon Silver 3050U di atas Intel Core i5-L16G7 keluaran kuartal kedua tahun 2020. Selain itu juga masih di atas dari Intel Core i7-4500U dan Intel Core i5-4300U. Kedua prosesor tersebut merupakan prosesor Intel Core generasi ke-4 keluaran tahun 2013.

Daftar skor prosesor menggunakan CPU Mark

Dari sisi grafis, skor benchmarking menggunakan PassMark menghasilkan skor 403 untuk 2D Mark. Skor hanya selisih sedikit dari skor 2D Mark yang diperoleh HP EliteBook 735 G6, yaitu 410. Beralih ke skor 3D Mark di PassMark, skor yang diperoleh adalah 664, hasil ini jauh di bawah rata-rata yaitu 3821. Kinerja memori laptop ini mendapat skor 1013. Hasil ini agak di luar dugaan karena di atas skor yang diperoleh HP EliteBook 735 G6 dengan skor 984. Kendati demikian seluruh skor tersebut sayangnya masih di bawah rata-rata.

Uji video card 2D Mark
Uji video card 3D Mark
Uji Memori dengan PassMark

Kinerja inti prosesor juga diuji dengan aplikasi benchmark Geekbench. Nilai yang diperoleh adalah 3116 untuk single core dan 5455 untuk multi core.

Uji CPU GeekBench 4

Uji OpenCL Geekbench 4

Ketika menggunakan aplikasi CPU-Z diperoleh rincian nilai hasil uji sebagai berikut.  

CPU-Z

HP 14S DK1001AU dengan AMD Athlon Silver 3050U ini dibanderol dengan kisaran harga Rp4,5 juta sampai Rp4,8 juta. Harga ini cukup standar untuk kelas entry-level. Pembelian dapat dilakukan melalui beberapa e-commerce berikut ini.

https://invol.co/cl1gg9d
Blibli
Lazada
Bukalapak
Tokopedia
Shopee

Kelebihan

Port yang tersedia pada laptop ini cukup memadai, termasuk slot SD card reader dan port USB type-C. Bobot HP 14S DK1001AU ini pun masih tergolong ringan, karena memang masuk dalam golongan laptop tipis. Desain keyboard nyaman untuk mengetik dan tampilannya menawan berkat keberadaan backlit yang menyala. Kendati kinerja prosesor masih agak terbatas, dukungan media penyimpanan SSD agak membantu kecepatan akses ke file yang ada. Baterainya pun cukup awet yang sanggup bertahan sampai 10 jam.

Kekurangan

Jika ada budget lebih, sebaiknya mencari laptop dengan kelas prosesor yang lebih tinggi. AMD Athlon Silver 3050U memang ditujukan untuk laptop entry-level, jadi tak bisa berharap kinerjanya seprima AMD Ryzen. Konektivitas nirkabel pun masih teknologi lama, yaitu WiFi 802.11ac (1x1)  dan Bluetooth 4.2. 

Jika tak ingin kamera tiba-tiba aktif saat menggunakan aplikasi yang bisa mengakses kamera, maka agak sulit menon-aktifkannya. Cara yang bisa ditempuh adalah dengan melakukan disable dari Device Manager, tetapi langkah ini akan membuat kamera tak terdeteksi sama sekali. Jadi ketika ingin mengaktifkan pun harus melalui Device Manager dengan melakukan langkah enable. Selain itu juga belum dilengkapi dengan sensor sidik jari untuk mempercepat akses.

Spesifikasi HP 14S DK1001AU

Sistem Operasi

Windows 10 Home Single Language

Prosesor

AMD Athlon Silver 3050U

Form Factor

Laptop

Memori

DDR4 2400 4 GB

Memori Internal

SSD SATA3 TLC M.2 256 GB

Layanan awan

OneDrive

Layar

14" diagonal HD SVA BrightView micro-edge WLED-backlit (1366 x 768)

Grafis

AMD Radeon

 

Port

1 SuperSpeed USB Type-C® 5Gbps signaling rate

2 SuperSpeed USB Type-A 5Gbps signaling rate

1 HDMI 1.4b

1 RJ-45

1 AC smart pin

1 headphone/microphone combo

1 slot SD card reader multi-format

1 Kensington mini security lock slot

Audio

Speaker ganda

Webcam

kamera HP TrueVision HD dengan mikrofon digital terintegrasi

Keyboard

Full-size island-style natural silver backlit keyboard

Nirkabel

Wi-Fi® 802.11ac (1x1)

Bluetooth® 4.2 combo

 

Jenis Catu Daya

45 W Smart AC

Baterai

3-cell, 41 Wh Li-ion, mampu bertahan 10 jam 15 menit

Dimensi

32,4 x 22,59 x 1,99 cm (WxDxH)

Bobot

1,47 kg

Warna

Pale Gold

Aplikasi

HP Audio Switch; HP Documentation; HP e-Service; HP JumpStart; HP Support Assistant; HP Connection Optimizer; Microsoft Office 365; McAfee LiveSafe™

Garansi

1 tahun


Share:

Artikel Terkini

Follow by Email