Review ASUS ROG Phone 3, Semakin Tangguh dengan Snapdragon 865+ Review ASUS ROG Phone 3, Semakin Tangguh dengan Snapdragon 865+ ~ Teknogav.com

Review ASUS ROG Phone 3, Semakin Tangguh dengan Snapdragon 865+


Teknogav.com – ASUS selalu serius dalam membekali smartphone gaming dengan berbagai teknologi canggih terkini. Demi melanjutkan kejayaan ROG Phone 2 sebagai juaranya smartphone gaming, ASUS pun menghadirkan ROG Phone 3. Fokus pada kinerja gaming, ROG Phone 3 mengusung chipset Snapdragon 865+ dan layar dengan refresh rate 144 Hz. Sistem pendinginannya pun ditingkatkan demi memberikan performa prosesor dan komponen penting lain dengan menjaganya di suhu yang stabil. Ketangguhan kinerja ROG Phone 3 terbukti juga dari hasil benchmarking yang kami lakukan.

Desain ASUS ROG Phone 3 begitu mirip dengan generasi sebelumnya, posisi kamera pun sama-sama di kiri atas punggung ponsel. Bedanya tentu saja jumlah kamera utama, pada ROG Phone 3 sudah menggunakan konfigurasi triple camera. Resolusi kamera utama pun ditingkatkan sampai 64 MP dengan menggunakan sensor Sony IMX686. Demikian juga dengan aksen corak di punggung kanan berbentuk segitiga, kini disertai dengan tiga strip merah. Speaker yang disematkan di panel depan hanya berupa haris lurus warna hitam di bagian atas dan bawah panel depan.Tak ada aksen merah pada speaker tersebut.

ASUS kembali membekali port USB di sisi samping untuk memudahkan pengisian daya saat bermain dan memasang aksesori.Sayangnya penutup port pun masih menggunakan mekanisme dilepas total, sehingga riskan untuk hilang. Tentu saja ciri khas logo ROG yang bisa menyala di punggung kamera pun masih dipertahankan pada smartphone ini. Nyala logo ini didukung juga oleh Aura RGB Lighting.

Dimensi ROG Phone 3 pun masih mirip dengan ROG Phone 2 yang terasa bulky namun terasa kokoh. Jika dibandingkan dengan pendahulunya tersebut, ROG Phone 3 bahkan sedikit lebih tebal, yaitu 9,85 mm. Sedangkan ketebalan ROG Phone 2 hanya 9,48 mm. Kendati demikian bobot ROG Phone 3 dan ROG Phone 2 sama, yaitu 240 gram.

Berbagai peningkatan lain dari ROG Phone 3 siap membuat kinerja gaming makin prima. Peningkatan pada X Mode siap mengoptimalkan kinerja, layar, kendali dan jaringan. Teknologi AirTrigger 3 pun meningkatkan kepekaan sensor sentuh dengan gesture ultra sonik dan sensor gerak dengan pendeteksian gesture menggunakan akselerometer. Demi menghilangkan noise, ROG Phone 3 pun masih menggunakan empat mikrofon yang diadopsi pada ROG Phone 2.

Isi Kotak ASUS ROG Phone 2

Kotak ASUS ROG Phone 3 berbentuk kotak hitam dengan logo ROG berkilauan yang disertai tulisan ROG Phone 3. Ketika kotak dibuka, di dalamnya ada kotak sekat berwarna hitam. Di dalam kotak itu berisi casing pelindung, buku panduan singkat dan kartu garansi. Pada salah satu sisi kotak sekat tersebut tersemat pin ejector untuk mengeluarkan tatakan SIM dan kartu memori. Kerennya, desain pin ejector ini bahkan menggunakan bentuk logo ROG.

Di bawah kotak terdapat unit ROG Phone 3 rapi  terbungkus plastik. Ketika unit tersebut diangkat, terdapat ruang sekat yang terbagi tiga bagian. Ruang tersebut berisi charger, kabel data USB ke USB type-C dan kabel konverter USB type-C ke jack audio 3,5 mm.

Desain ROG Phone 3

panel depan ROG Phone 3

Pada panel depan ROG Phone 3 terdapat layar berukuran 6,59 inci yang sama lapangnya dengan layar pada ROG Phone 2. Kamera depan disematkan di bingkai atas agak memojok di kanan. Posisi tersebut memang dirancang agar tidak tertutup jari saat streaming sambil main game dengan posisi lanskap. Pada bagian atas dan bawah panel depan terdapat garis speaker yang menghasilkan suara lantang menggelegar saat digunakan bermain game.

sisi kiri ROG Phone 3

Sisi kiri smartphone terdapat slot tatakan SIM card ganda dan dua port yang ditutup oleh panel karet. Port USB tipe-C yang berwarna hitam dapat digunakan untuk mengisi daya, transfer data dan memasang berbagai aksesori. Di sebelahnya terdapat port lain berwarna merah yang tidak boleh digunakan untuk mengisi daya. 

sisi kanan ROG Phone 3

Masih sama seperti ROG Phone 2, pada sisi kanan ROG Phone 3 terdapat tombol volume dan tombol daya. Fitur AirTrigger yang bisa mengaktifkan beberapa fungsi hanya dengan meremas smartphone pun kini semakin ditingkatkan. Jika fitur ini diaktifkan dengan pengaturan default, reamasan dengan durasi pendek akan mengaktifkan fungsi Google Assistant. Sementara remasan dengan durasi agak lama akan mengaktifkan fungsi X Mode. Berbagai pengaturan untuk mengoptimalkan sensasi bermain game bisa ditentukan pada fitur X Mode ini.

sisi bawah ROG Phone 3

Sisi atas smartphone tampak polos, tak ada port atau tombol, sedangkan di bawah terdapat port USB type-C. Berbeda dengan ROG Phone 2, pada ROG Phone 3 tak ada jack audio 3,5 mm pada bagian bawah. Jika ingin menggunakan headset yang masih mengandalkan koneksi tersebut, gunakan kabel konverter yang disertakan di dalam kotak. 

sisi belakang ROG Phone 3

Di bagian belakang terdapat kamera utama dengan konfigurasi triple camera dan flash ganda. Logo ROG yang menyala pun tampak mempercantik desain smartphone ini. Pada paket ROG Phone 3 tersedia juga ROG Aerocase yang melapisi punggung ROG Phone 3 agar tampak lebih kere.

Menu dan Aplikasi

ROG Phone 3 menggunakan sistem operasi Android 10 yang dikemas dengan pilihan antarmuka Zen UI atau ROG UI. Pada home screen, di barisan paling bawah terdapat tombol navigasi virtual, yaitu back, home dan index yang bisa dikustomisasi. Di barisan atasnya terdapat lima ikon untuk telpon, SMS, Armoury, Chrome dan kamera. Sementara di bagian atas layar terdapat kolom Google Search. 

tampilan menu ROG UI

Seluruh aplikasi yang ada dapat dengan mudah ditampilkan hanya dengan mengusap layar ke arah atas. Fitur family link akan otomatis membatasi pengendalian smartphone jika login dilakukan menggunakan anak di bawah umur. Sehingga setiap kali menginstal aplikasi perlu meminta izin dari akun orang tua. 

Pengendalian lain yang membantu membatasi kegiatan anak adalah parental control yang bisa membantu anak menyeimbangkan waktu menatap layar smartphone. Fitur ini bisa menjaga kesehatan mata anak agar tak menatap layar smartphone berlebihan. Pemantauan lama penggunaan aplikasi dan pembatasan waktu penggunaan per aplikasi pun bisa ditangani fitur Digital Wellbeing.

Pengamanan

Sesor sidik jari pada ROG Phone 3 sudah in-display dan cukup cepat untuk bisa membuka penguncian layar. Pengamanan lain tentu saja bisa menggunakan pin, kata sandi, pola dan pengenalan wajah. Layaknya smartphone dengan sistem operasi Android terkini, sudah ada fitur smart lock yang akan membuka penguncian otomatis di kondisi tertentu. Kondisi tersebut seperti dekat dengan tubuh, lokasi tertentu yang dipercaya, kecocokan suara dan dekat perangkat lain.

Jika perangkat ini hilang, maka bisa dengan mudah dilacak menggunakan fitur Find My Device. Tersedia juga fitur Google Play Protect untuk mengecek aplikasi dan perangkat secara rutin demi mencegah perilaku yang membahayakan.

Kamera dan Fotografi

Kamera belakang ASUS ROG Phone 3 menggunakan konfigurasi triple camera. Sensor utama yang digunakan adalah Sony IMX686 dengan resolusi 64 MP. Lensa Sony tersebut menggunakan teknologi Quad Bayer dengan bukaan lensa F/1,8 dan ukuran lebar piksel 1,6 µm. Kamera kedua memiliki resolusi 13 MP dengan sudut pandang ultra lebar 125⁰. Lampu flash ganda yang mendampingi kamera utama ini siap membantu pencahayaan untuk kamera belakang ini.

Hasil foto dengan mode Photo

Hasil foto dengan mode portrait
Hasil foto dengan mode Night

Hasil foto dengan mode Macro
Hasil foto dengan mode Photo dengan fitur Night
Mode pada kamera belakang mencakup pro-video, time lapse, slo-mo, motion tracking, video, photo, portrait, pano, night, pro dan makro. Resolusi foto dapat dipilih sampai 64 MP dengan rasio yang berbeda-beda. Pemotretan bisa membubuhkan stempel waktu dan watermark ASUS secara otomatis. Pada mode motion tracking, kualitas video dapat dipilih antara 4K atau FHD. Sedangkan di mode video, kualitas video mulai dari HD sampai 8K. Hasil rekaman video dan pemotretan tampak cerah walau kondisi pencahayaan kurang. Pada panel depan tterdapat kamera 24 MP yang bisa digunakan streaming saat gaming. Teknologi Quad Bayer yang memiliki kinerja sangat baik juga mendampingi kamera depan ini.

Kinerja ROG Phone 3

Chipset yang digunakan pada ROG Phone 3 adalah Snapdragon 865+ besutan Qualcomm yang  diproduksi dengan metode 7 nm. Kecepatan clock prosesor sangat cepat sampai 3,1 GHz dan memiliki kinerja yang tangguh. Prosesor juga sudah mendukung layar dengan refresh rate 144 Hz yang membuat tayangan game mengalir mulus. Tampilan pada layar pun begitu jelas berkat dukungan 10 bit HDR10+.

Kinerja prosesor tersebut didukung RAM LPDDR5 dengan kapasitas sampai 12 GB. Jika dibandingkan LPDDR4 maka kecepatan LPDDR5 51% lebih tinggi. Dari segi grafis, kinerjanya didukung oleh prosesor grafis Adreno 650. Media penyimpanannya pun menggunakan teknologi mumpuni UFS 3.1 yang lebih cepat 15% jika dibandingkan UFS 3.0. Fitur NFC pun sudah tersedia pada smartphone ini. 

Sumber daya pada ROG Phone 3 ini mengandalkan baterai berkapasitas 6000 mAh. Baterai ini didukung juga dengan  pengisian daya 30 w hyper charge dan teknologi penghematan daya. Saat digunakan bermain game Asphalt 9, smartphone ini mampu bertahan sampai 9,6 jam. Sedangkan saat memainkan Call of Dity bisa bertahan sampai 9,3 jam.

Tampilan menu Consol pada Armoury Crate
Menu pengaturan kendali pada Armoury Crate

Ketika digunakan bermain game, terasa ketangguhan kinerja prosesor ini setelah dioptimalkan mengunakan fitur X Mode. Akses ke X Mode ini bisa melalui menu Console pada fitur Armoury.  Menu Console juga menyediakan fungsi untuk menentukan pengaturan AirTriggers, kecepatan kipas, dan pencahayaan sistem yang terhubung. Pada menu Armoury juga dapat dilihat jajaran game yang bisa dimainkan dalam Game Library. Kami menjajal untuk bermain Marvel Super War pada ROG Phone 3 ini. Tampak game dapat berjalan dengan begitu mulus.

Tampilan game Marvel Super War
Audio yang membuat game terasa lebih hidup juga didukung dengan teknologi suara HD DIRAC. Suara terdengar gahar dengan adanya speaker stereo ganda yang menghadap ke depan. Setiap gerakan dalam game bisa terdengar sangat jelas berkat adanya crosstalk cancellation.

Benchmarking

Demi menguji penilaian sistem, berikut ini kami sajikan informasi mengenai sistem yang digunakan pada ROG Phone 3 dan benchmarking. Berikut ini informasi mengenai perangkat keras dan sistem memakai aplikasi CPU-Z.

CPU-Z

Pengujian selanjutnya memanfaatkan dua aplikasi Benchmark, yaitu 3D Mark dan GeekBench 5. Tampak skor keseluruhan yang diperoleh pada pengujian Sling Shot Exptreme - OpenGL ES 3.1 menggunakan 3D Mak mencapai 7.520. Sementara itu untuk nilai grafisnya adalah 9.205. Pengujian juga dilakukan menggunakan slong Shot Extreme Vulkan, nilai keseluruhan yang diperoleh adalah 6.771.

Benchmarking ROG Phone 3 dengan ROG Phone 3

Beralih ke aplikasi Geekbench 5, hasil benchmark menunjukkan kinerja prosesor yang hebat. Skor yang diperoleh untuk kerja single core diperoleh angka 601 yang di atas OnePlus 5 dan Xiaomi Redmi Note 8 Pro. Sayangnya skor ini masih di bawah Xiaomi Mi 9. Kinerja yang cukup tinggi tampak pada uji multi-core yang meraih nilai 2757, angka ini justru di atas Xiaomi Mi 9.

Benchmarking ROG Phone 3 dengan Geekbench 5

Kesimpulan

Berbagai peningkatan teknologi dari seri ROG Phone sebelumnya dibekali pada ROG Phone 3 untuk membuat smartphone gaming ini semakin tangguh. Chipset Snapdragon 865+ tidak main-main dalam membekali smartphone gaming ini dengan berbagai fitur canggih. Desain smartphone pun mempertahankan ciri khas smartphone ROG Phone yang kokoh. 

ASUS masih mempertahankan berbagai fitur andalan dalam hal gaming seperti X Mode, AirTrigger dan Game Genie. Demikian juga desain port USB type-C di sisi samping yang memudahkan pengisian daya saat bermain dan pemasangan aksesori tambahan. Posisi kamera depan pun tetap dibuat mudah untuk melakukan streaming. Kejernihan audio pun tetap dijaga dengan keberadaan empat mikrofon yang ditempatkan menyebar.

Harga yang dibanderol pada ROG Phone 3 pun masih dalam batas standar harga smartphone gaming pesaingnya. Bedanya tentu saja teknologi dan fitur-fitur yang diusungnya lebih tinggi, ssehingga sangat layak beli bagi yang mengedepankan kebutuhan gaming.

Spesifikasi ROG Phone 3

Chipset

3.1 GHz Qualcomm® Snapdragon™ 865 Plus 5G Mobile Platform with 7nm, 64-bit Octa-core Processor

GPU

Qualcomm® Adreno™ 650

UI

Android™ 10 with ROG UI

Layar

6.59” 19.5:9 2340x1080 (391ppi) 144Hz/1ms AMOLED HDR10+ certified;

270Hz touch sampling rate, 25ms touch latency;

650nits HBM brightness & 1000 nits peak brightness, 113% DCI-P3 Delta E average <1%;

1.07 billion colors; 1,000,000:1 contrast ratio;

Front 2.5D Corning® Gorilla® 6 Glass;

TÜV Low Blue Light (Hardware Solution) and Flicker Reduced certifications for eye comfort;

Capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports Glove touch)

Memori/Media Penyimpanan

LPDDR5/UFS3.1

8GB/128GB

12GB/256GB

Memori Eksternal

Tidak ada SD-card reader; dukungan NTFS untuk HDD eksternal

Sensor

Accelerator, E-Compass, Proximity, Hall sensor*2, Ambient light sensor, in-display fingerprint sensor, Gyro, Ultrasonic sensors for AirTrigger 3 and grip press

Kamera Belakang Utama

64MP SONY IMX686 sensor, 0.8 µm pixel size – Quad Bayer technology with 16MP, 1.6 µm large effective pixel size, F1.8, 1/1.7” sensor, 2x1 OCL PDAF, LED flash

Kamera Belakang Kedua

13MP, 125˚  ultra-wide, F2.4, Real-time distortion correction, 11mm equivalent focal length in 35mm film camera

Kamera Belakang Ketiga

5MP Macro, F2.0

Kamera Depan

24MP, 0.9µm, Quad Bayer Technology, F2.0,

27mm equivalent focal length in 35mm film camera

Perekaman Video

8K (7680 by 4320) @ 30 fps (main rear camera)

4K (3840 by 2160) @ 30/60 fps (main rear camera), @ 30 fps (second rear camera)

1080p @ 30/60 fps; 720p @ 30 fps

3-axis electronic image stabilization for rear cameras

Time Lapse (4K)

Slow Motion video (4K @ 120 fps; 1080p @ 240/120 fps; 720p @ 480 fps)

Take still photo while recording video

Speaker

Dual front-facing speakers with GameFX & Dirac HD Sound

7-magnet stereo speaker with dual NXP TFA9874 smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect

Keluaran Audio

Hi-Res audio 192kHz/24-bit standard (USB-C™ output) that is 4 times better than CD quality

GameFX audio system for improved in-game audio experience

New AudioWizard with multiple listening profiles tuned by Dirac

Mikrofon

Quad microphones with ASUS Noise Reduction Technology

Teknologi Nirkabel

WLAN 802.11a/b/g/n/ac/ax 2.4 & 5GHz and Wi-Fi 6

2x2 MIMO, Bluetooth 5.1

Wi-Fi Direct support

Navigasi

GNSS support GPS(L1/L5), Glonass(L1), Galileo(E1/E5a),

BeiDou(B1/B2a), QZSS(L1/L5) and NavIC(L5)

SIM Cards

Dual SIM dual standby

Slot 1: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card

Slot 2: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card

5G+4G or 4G dual SIM dual standby support

Data rate

 

Support EN-DC(6DL+FR1, 4DL+2FR1)

FR1: DL up to 4.4Gbps / UL 542Mbps

LTE 6CA DL Cat20 up to 2.0Gbps / UL Cat13 up to 150Mbps

DC-HSPA+: DL 42Mbps / UL 5.76Mbps

4x4 MIMO and CA with 4x4 MIMO support

Bands

 

5G (Bands N1, N2, N3, N5, N28, N41, N66, N71, N77, N78, N79)
FDD-LTE (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 12, 13, 17, 18, 19, 20, 25, 26, 28, 29, 30, 32, 66, 71)
TD-LTE (Bands 34, 38, 39, 40, 41, 42, 48)
WCDMA (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 19)
EDGE/GPRS/GSM (850, 900, 1800, 1900MHz)
CDMA (Bands BC0) (CN and HK only)
TD-SCDMA (Bands 34, 38) (CN and HK only)

Antarmuka

Side-port: 48 pin Customized/Type C connector USB3.1 gen2/DP 1.4(4K)/Fast Charging (QC3.0+QC4.0/PD3.0) / Direct Charge

Bottom-port: Type C connector USB2.0/Fast Charging (QC3.0/PD3.0)/Direct Charge

NFC

Support (Card mode support in power off)

OS

Android™ 10

Baterai

6.000 mAh

Charger

Output: 10V 3A, supports up to 30W QC4.0 / PD3.0 / Direct Charge adapter

Dimensi

171 mm x 78 mm x 9,85 mm

Bobot

240 gram

Harga

Rp9.999.000 (RAM 8 GB dan media penyimpanan 128 GB)

Rp14.999.000 (RAM 12 GB dan media penyimpanan  256 GB)

Promo ROG Phone 3

Berikut ini adalah promo ROG Phone 3 untuk masing-masing e-commerce.


Erafone
  • Gratis Lighting Armour Case dan Glass Screen Protector (persediaan terbatas)*
  • Special price ROG Cetra untuk setiap pembelian ROG Phone 3*
  • Diskon hingga Rp500 ribu dengan cicilan 0% hingga 12 bulan menggunakan Kartu Kredit BCA, Citibank dan Bank Mandiri*
  • Trade-in Cashback hingga Rp300 ribu untuk Pre Order ROG Phone 3*
Eraspace

  • Gratis Lighting Armour Case dan Glass Screen Protector (persediaan terbatas)*
  • Special price ROG Cetra untuk setiap pembelian ROG Phone 3
  • Gratis Lighting Armour Case dan Glass Screen Protector (persediaan terbatas)*
  • Cashback sampai Rp400 ribu untuk pembelian menggunakan kartu kredit tertentu
  • Cashback OVO Rp200 ribu
  • Tersedia program trade-in
  • Gratis Lighting Armour Case dan Glass Screen Protector (persediaan terbatas) *
  • Cashback hingga Rp750.000 untuk pembelian mengggunakan kartu kredit tertentu*
  • Cashback hingga Rp12.000.000 untuk program BliBli Postpaid (Pascabayar) *
  • Tersedia program trade-in melalui Blibli Tukar Tambah*
  • Gratis Lighting Armour Case dan Glass Screen Protector (persediaan terbatas) Cashback hingga Rp750.000 untuk pembelian menggunakan kartu kredit tertentu*
  • Gratis program perlindungan ekstra untuk jangka 1-2 tahun*
  • Tersedia program trade-in*
  • Gratis Lighting Armour Case dan Glass Screen Protector (persediaan terbatas) *
  • Cashback hingga Rp750.000 untuk pembelian menggunakan kartu kredit tertentu*
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email