Pembaruan VMware vSphere Terkini Dukung Fitur Keamanan AMD SEV-ES Pembaruan VMware vSphere Terkini Dukung Fitur Keamanan AMD SEV-ES ~ Teknogav.com

Pembaruan VMware vSphere Terkini Dukung Fitur Keamanan AMD SEV-ES


Teknogav.com -  Pada peluncuran vSphere 7.0U1, VMware menambahkan dukungan untuk AMD Secure Encrypted Virtualization-Encrypted State (SEV-ES). AMD SEV-ES adalah bagian dari AMD Infinity Guard, yaitu serangkaian fitur hardware modern ada prosesor AMD EPYC generasi kedua. Kinerja yang diberikan prosesor AMD EPYC menyajikan kinerja sampai 2,3 kali lebih tinggi dibandingkan pesaing VMware. Dukungan yang ditambahkan VMware untuk AMD SEV-ES ini akan meningkatkan keamanan data di lingkungan yang tervirtualisasi dan hyperconverged infrastructure (HCI).

“Data center modern terus berkembang menjadi lingkungan cloud hybrid virtual. Hal ini membuat AMD dan VMware bekerja sama untuk memastikan pelanggan bisa mengakses sistem berkinerja tinggi pada beban kerja virtualisasi. Langkah ini dilakukan dengan tetap mengaktifkan fitur keamanan canggih yang sederhana untuk menerapkan perlindungan data yang lebih baik. Data center virtual dengan prosesor AMD EPYC dan VMware memungkinkan pelangggan memodernisasi data center. Pelanggan pun memiliki akses ke fitur keamanan berkinerja tinggi dan terdepan di berbagai platform OEM,” ucap Dan McNamara, senior vice president and general manager, Server Business Unit, AMD.

Enkripsi yang diberikan AMD SEV-ES mencakup enkripsi memori VM dan enkripsi register CPU, sehingga memudahkan penerapan keamanan bagi pelanggan VMware. AMD  SEV-ES ini bisa dimanfaatkan sepenuhnya tanpa harus melakukan perubahan pada aplikasi mereka. Hal ini tentunya membuat penerapan keamanan menjadi lebih sederhana. AMD menjadikan keamanan sebagai pilihan mudah bagi pelanggan VMware dengan fitur-fitur tersebut. VMware bisa memberikan keamanan bagi pelanggannya berkat AMD EPYC.

“Dalam lingkungan virtual, sangat penting untuk memiliki perlindungan data tidak hanya dari mesin virtual lain, tetapi juga hypervisor itu sendiri. Inilah alasan kami memilih menjadikan vSphere 7 sebagai hypervisor pertama yang memberikan dukungan SEV-ES penuh dari prosesor AMD EPYC. Keamanan dan enkripsi data tambahan yang berlapis ini benar-benar berdampak bagi pelanggan kami. Mereka kini dapat mengenkripsi data di seluruh lingkungan mereka,” ucap Krish Prasad, senior vice president and general manager, Cloud Platform Business Unit, VMware.

Perkembangan Ekosistem AMD EPYC dan VMware

Prosesor AMD EPYC merupakan pilihan dalam memicu inovasi virtualisasi dan solusi HCI atas kinerja yang diakselerasi. Kinerja tersebut termasuk pada VMmark 3.1.12.3x yang unggul dibandingkan pesaingnya dengan kemampuan kinerja yang terkemuka. Serangkaian fitur keamanan lengkap dengan AMD Infinity Guard yang mencakup SEV-ES dan Secure Memory Encryption pun menyertainya.

AMD juga berkolaborasi dengan mitra OEM untuk menghadirkan vSAN ReadyNodes yang disertifikasi untuk prosesor AMD EPYC dan solusi VMware HCI. Berikut ini adalah beberapa OEM tersebut:

Dell Technologies

  • Dell EMC VxRail™ E Series hyperconverged system– sistem ini merupakan hasil kolaborasi antara AMD, Dell Technologies dan VMware. Prosesor AMD EPYC generasi kedua digunakan pada sistem ini dan memungkinkan HCI untuk berbagai penggunaan.
  • Dell EMC vSAN Ready Nodes – menyajikan kinerja AMD EPYC dengan fleksibilitas Dell EMC vSAN Ready Notes. Solusi ini menggunakan server Dell EMC PowerEdge dan bisa membuat blok hyperconverged untuk lingkungan VMware vSAN.

HPE

HPE ProLiant DL325 and DL385 Gen10 and Gen10 Plus servers – server ini menggunakan prosesor AMD EPYC Generasi kedua dan bersertifkat vSAN ReadyNode. Server ini dibuat khusus bagi pengguna VDI, aplikasi bisnis penting, dan perpaduan beban kerja dengan kemampuan yang bisa diskalakan.

Lenovo Data Center Group

Lenovo ThinkSystem menggunakan server soket tunggal dan ganda yang bersertifikat VMware vSAN ReadyNode™. Server soket tunggal Lenovo ThinkSystem SR635 dan SR655 membantu pelanggan mempercepat beban kerja dengan peningkatan kinerja untuk meningkatkan efisiensi. Sedangkan server soket ganda Lenovo ThinkSystem SR645 dan SR665 memiliki peningkatan kinerja dan konektivitas I/O untuk beban kerja lebih tinggi.

Supermicro

Supermicro menawarkan solusi bersertifikasi vSAN ReadyNode dengan prosesor AMD EPYC soket ganda untuk menerapkan solusi hyper-converged, yang sangat cepat.

Kinerja prosesor AMD EPYC dalam konfigurasi soket tunggal atau soket ganda merupakan yang terdepan untuk beban kerja virtualisasi VMware. Kini pelanggan bisa memilih kinerja dan keamanan saat menggunakan solusi VMware berbasis AMD EPYC dari OEM. Hal ini berkat pemberdayaan SEV-ES pada vSphere terkini. Pembaruan pada vSphere menekankan pengalaman virtualisasi berkinerja tinggi dan aman pada data center modern bagi pelanggan VMware dan AMD EPYC.
Share:

Artikel Terkini