5 Alasan Pembaruan PC atau Laptop dapat Tingkatkan Produktivitas Perusahaan 5 Alasan Pembaruan PC atau Laptop dapat Tingkatkan Produktivitas Perusahaan ~ Teknogav.com

5 Alasan Pembaruan PC atau Laptop dapat Tingkatkan Produktivitas Perusahaan

Sumber: https://www.computerworld.com

Teknogav.com - Pandemi COVID-19 yang melanda meningkatkan kebutuhan perangkat untuk menjalani kerja jarak jauh atau work from home (WFH). Strategi untuk memodernisasi PC dapat memicu produktivitas karyawan dan daya saing. Karyawan harus memiliki perangkat untuk bisa melakukan panggilan video selama bekerja jarak jauh sambil tetap bekerja dengan produktivitas maksimum.

Perusahaan yang rutin melakukan pembaruan PC setiap empat tahun, sebaiknya mempercepat siklus tersebut untuk bisa memenuhi tren bekerja jarak jauh. Belakangan ini mobilitas kerja jauh lebih meningkat, bahkan sebelum krisis akibat pandemi global. Hal ini menimbulkan risiko seputar keamanan, fleksibilitas dan efisiensi. Tantangan di divisi TI pun lebih beragam, mereka harus memperjuangkan perekrutan karyawan, mendukung karyawan dan mempertahankan sistem untuk memaksimalkan produktivitas. Seluruh tantangan tersebut harus bisa diatasi sambil berusaha menangani beban pekerjaan yang lebih tinggi.

Pengelolaan sistem yang menua dalam skala besar merupakan hal yang sulit, apalagi jika perangkat tersebut semakin langka. Masalah pun menjadi berlipat ganda. Downtime yang sering terjadi tanpa direncanakan tentunya sangat dihindari perusahaan. Para karyawan bisa sangat frustasi jika produktivitas menurun.

Baca juga: Prosesor Mobile AMD Ryzen Pro 4000 Series Sajikan Fleksibilitas Kerja

Pada tahun 2016, TechAisle melakukan studi yang dituangkan dalam laporan “Small Business PC Study". Hasil studi tersebut mengungkap perbandingan antara komputer lama dan baru dari segi dan biaya bagi UKM. Pada laporan tersebut disebutkan bahwa biaya per tahun untuk memelihara PC yang usianya lebih dari 4 tahun bisa sampai USD1.700. Biaya tersembunyi tersebut mengkhawatirkan dalam bisnis, karena meningkatkan total cost of ownership (TCO). TCO adalah harga beli suatu aset ditambah biaya operasinya.

Pembaruan PC janganlah dianggap sebagai kemewahan, melainkan peluang untuk meningkatkan produktivitas, kinerja dan kolaborasi. Serangkaian prosesor dan platform mitra AMD Ryzen™ PRO 4000 merupakan contoh yang dapat menyajikan kebutuhan komputasi modern perusahaan. Banyak manfaat pada produktivitas dan modernisasi PC yang diberikan prosesor dan platform tersebut. Berikut ini adalah lima alasan untuk melakukan pembaruan PC.

1. Kinerja Turbocharge

Peningkatan kompleksitas, beban kerja yang rumit, multi-tasking yang sangat banyak dan operasi jarak jauh merupakan realitas baru pada tahun 2020. Prosesor AMD Ryzen PRO 4750U memberikan kinerja papan atas dan responsif lintas berbagai beban kerja.  Beban tersebut mulai  dari mengolah data, sampai ke render konferensi video dan melakukan compiling program. Hal ini karena prosesor AMD Ryzen PRO 4750U tersebut menggunakan jumlah core dan thread paling banyak untuk notebook ultra tipis.

Baca juga: Review HP EliteBook 735 G6, Notebook Profesional Kaya Port

Ketika dilakukan benchmark menggunakan aplikasi PCMark 10, AMD Ryzen 7 PRO 4750U memiliki kinerja lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya. Berikut ini adalah peningkatan kecepatan kinerja AMD Ryzen 7 PRO 4750U jika dibandingkan Ryzen 5 PRO 3700U:

  • 37% lebih cepat untuk menjalankan Microsoft Office
  • 19% lebih cepat untuk menjalankan Microsoft Office
  • 77% lebih cepat untuk menjalankan Microsoft Excel
  • 27% lebih cepat untuk menjalankan Microsoft PowerPoint
Peningkatan pada kinerja ini tidak lantas menjadikannya boros baterai. Prosesor AMD Ryzen PRO siap mendukung produktivitas dengan daya baterai yang mampu bertahan sampai 20 jam pada platform premium.

2. Peningkatan Fitur Keamanan

Perlindungan pada data perusahaan yang sensitif sangatlah penting. Laptop dan PC modern biasanya hampir tak pernah dimatikan. Hal ini meningkatkan ancaman untuk pencurian data. AMD Ryzen PRO memiliki pendekatan berlapis-lapis pada fitur keamanan. Fitur ini membantu melindungi data dari serangan yang canggih dan mencegah downtime. Prosesor ini juga menerapkan enkripsi memori sistem AMD Memory Guard sebagai tambahan dari serangkaian fitur keamanan tingkat firmware dan silikon. Enkripsi tersebut akan membantu mengurangi ancaman serangan memori fisik, bahkan ketika laptop ditinggal dalam mode standby.


3. Kemudahan Manajemen TI

Divisi TI suatu perusahaan sangat membutuhkan bantuan untuk bisa mendukung para pekerja jarak jauh. Fitur lintas platform AMD PRO Manageability sudah diterapkan pada seluruh prosesor PRO sehingga memudahkan pengelolaan perangkat jarak jauh. Tim TI bisa mengelola lingkungan dengan berbagai macam jenis PC dengan mudah. Pengelolaan ini mulai dari penerapan dengan Windows Autopilot ke pengelolaan patch yang efisien untuk mengatasi kerentanan keamanan, sampai pengelolaan serangkaian masalah sistem yang berkelanjutan.

Dukungan untuk Microsoft Endpoint Manager juga diberikan sepenuhnya oleh prosesor AMD Ryzen Pro. Microsoft Endpoint Manager adalah serangkaian alat pengelolaan berbasis cloud untuk provisioning, penerapan, pengelolaan dan mengamankan endpoint dan aplikasi di seluruh organisasi.


4. Pemicu Efisiensi

Perusahaan membutuhkan perangkat keras terkini untuk membangkitkan pengalaman perangkat lunak modern saat ini. Selain itu ada biaya yang cukup signifikan berkenaan dengan pemakaian sistem lama. Biaya-biaya tersebut termasuk pemeliharaan yang berkelanjutan dan perbaikan. Jumlah biaya tersebut bisa melebihi biaya melakukan pembaruan pada PC atau laptop. PC baru yang bertenagakan prosesor AMD Ryzen PRO membantu meningkatkan efisiensi. Peningkatan efisiensi tersebut disajikan oleh kinerja terdepan dan masa pakai baterai sampai 20 jam pada platform premium.

Faktor-faktor tersebut akan meningkatkan produktivitas dengan menyingkirkan downtime yang ditimbulkan akibat masalah perangkat keras yang usang. Masalah-masalah tersebut bisa berupa seringnya terjadi crash, baterai yang boros dan berbagai hal lainnya. Nah, pembaruan menggunakan prosesor yang memiliki efisiensi  tinggi dan menurunkan konsumsi daya justru bisa menurunkan TCO.

PC dengan prosesor Ryzen PRO bisa memberikan rasa nyaman bagi organisasi karena memberikan kualitas tingkat enterprise, keandalan jangka panjang dan kestabilan perangkat lunak terencana. Langkah ini merupakan pilihan logis untuk bagi karyawan masa kini yang bekerja jarak jauh dan memiliki mobilitas tinggi.

Baca juga: Review Lenovo ThinkPad X395, Kerja Lancar dan Aman di Lapangan

5. Banyak Pilihan Sesuai Kebutuhan

Prosesor AMD Ryzen PRO tersedia dalam serangkaian produk OEM komersil, baik itu laptop maupun desktop. Serangkaian pilihan ini pun memiliki ragam harga yang berbeda. Hal ini memberikan banyak pilihan bagi perusahaan dengan anggaran berbeda dan kebutuhan user berbeda.  Banyaknya pilihan untuk menjaga daya saing dan produktivitas karyawan yang tinggi, membuat bisnis bergerak lebih cepat, bahkan saat pandemi.

Informasi lebih lanjut mengenai AMD dapat dilihat pada tautan berikut ini:
https://www.amd.com/en/where-to-buy/commercial-systems
https://www.amd.com/en/processors/laptop-processors-for-business
https://www.amd.com/en/ryzen-pro
https://www.amd.com/en/technologies/pro-technologies
https://community.amd.com/community/amd-business/blog/2020/05/07/the-new-standard-for-modern-business-notebooks-amd-ryzen-pro-mobile-processors

Sumber: Computerworld.com

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email