Eaton 9PX UPS, Solusi Power Management Era Digital dan IoT Eaton 9PX UPS, Solusi Power Management Era Digital dan IoT ~ Teknogav.com

Eaton 9PX UPS, Solusi Power Management Era Digital dan IoT

Teknogav.com - Eaton adalah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang power management. Perusahaan ini sangat dikenal dengan produk uninterruptible power supply (UPS) mereka. Bersama dengan Synnex Metrodata Indonesia (SMI), Eaton memperkenalkan produk unggulan terkininya, yaitu 9PX UPS. Keunggulan dari produk ini adalah kemampuannya yang adaptif di era digital dan IoT. Kemitraan dengan SMI diharapkan memungkinkan Eaton untuk menjangkau lebih dari 150 kota dan 20 wilayah strategis di Indonesia.

Solusi Eaton dapat mengatasi 9 masalah listrik, yaitu:
1. Listrik Mati
2. Listrik Anjlok
3. Lonjakan Listrik
4. Tegangan Turun
5. Tegangan naik
6. Gangguan jalur listrik
7. Variasi frekuensi
8. Switching transient
9. Harmonic yaitu tegangan atau arus dengan frekuensi dasar berlipat-lipat yang dihasilkan oleh beban non-linear

Eaton memiliki beberapa seri UPS yang bisa mengatasi masalah-masalah tersebut. UPS seri 3 (stand-by) dapat melindungi dari tiga masalah listrik yang umum terjadi, sehingga bisa melindungi peralatan dan data. Seri yang lebih canggih adalah UPS seri 5 (Line-Interactive) yang dapat mengatasi 5 masalah yang umum terjadi di peralatan. Paling canggih tentu saja UPS seri 9 (On-Line yang bisa mengatasi sembilan masalah yang umum terjadi.

Keunggulan Eaton 9PX UPS

Baca juga: Huawei Tawarkan Solusi Listrik yang Efisien dan Ramah Lingkungan

UPS 9PX merupakan salah satu dari seri 9 terkini. Produk ini dapat memasok daya tanpa interupsi sehingga cocok untuk bisnis berskala SMB dengan infrastruktur berbasis digital yang ekosistemnya terintegrasi. Binis-bisnis yang bisa menggunakan solusi ini mencakup industri finansial, rital kesehatan, dan industri kreatif berskala kecil dan menengah.

“Eaton UPS 9PX menghadirkan proteksi daya yang hemat energi untuk pusat data baik yang berukuran kecil maupun medium. UPS ini memberikan proteksi konversi ganda yang lebih menghemat penggunaan energi sampai 40%. Hal ini membuatnya sempurna diguanakan manajer TI dan pengadaan fasilitas yang peduli terhadap biaya listrik dan mencari solusi perlindungan daya. Pada 5-10 tahun sebelumnya, efisiensi power management sangat buruk. Sekarang solusi Eaton  bisa memberikan efisiensi untuk memberikan kemampuan mulai 94% sampai 96,5%. Efisiensi ini juga berdampak lebih ramah lingkungan," ucap Raden Dadang Kadarsyah, Field Application Engineer, Power Quality, Electric Sector, EatonRaden Dadang Kadarsyah, Field Application Engineer, Power Quality, Electric Sector, Eaton.

Raden Dadang Kadarsyah, Field Application Engineer, Power Quality, Electric Sector, Eaton

Fitur-fitur Andalan Eaton UPS 9PX

Berbagai keunggulan diusung oleh Eaton UPS 9PX ini, berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Daya 11% lebih besar dibandingkan UPS lain dan bisa memasok daya ke lebih banyak server dengan besar VA ekuivalen. Eaton UPS 9PX (1-3 kVA) ini merupakan UPS pertama di kelasnya yang menghadirkan Unity Power factor (VA=W). Faktor daya pada UPS ini pun lebih rendah.
  • Hemat biaya karena efisiensinya tinggi dari sisi biaya untuk energi dan kebutuhan pendingin. Eaton UPS 9PX menyandang kualifikasi Energy Star dan bia mengukur konsumsi energi dengan tepat sampai ke kelompok-kelompok outlet terkelola. Pemantauan nilai kWh bisa dilihat dari LCD atau Eaton Intelligent Power Software.
  • Teknology HotSync tanpa dikenakan biaya tambahan. Eaton 9PX (5-11 kVA) bisa diparalelkan dalam satu kesatuan produk dengan hasil gaya ganda menggunakan teknologi tersebut.
  • Dukungan virtualisasi dengan opsi network card dan Eaton Intelligent Power Software Suite yang kompatibel. Pengintegrasian OS 9PX dengan lingkungan virtualisasi maupun tools untuk orkestrasi cloud mudah dilakukan.

Perangkat lunak Intelligent Power Manager (IPM) sudah menyertai Eaton UPS 9PX sebagai tools untuk memantau dan mengelola perangkat daya. Ketika terjadi gangguan pada daya ataupun lingkungan, perangkat TI dijamin tetap aktif  berkat kemampuan mengelola di lingkungan fisik dan virtual.

Baca juga: SolarBar, Efisien Isi Daya Listrik Tenaga Matahari Secara Nirkabel

Perpaduan UPS dan Eaton Network Card First Cyber Security Certified canggih dari UL-2900 pun menghadirkan keamanan jaringan. Eaton juga bekerja sama dengan Nissan untuk penggunaan baterai litium yang lebih ramah lingkungan karena efisien. Teknologi ini jauh lebih maju dibandingkan dengan penggunaan lead acid dan nikel cadmium.

Kemitraan Eaton dengan Synnex Metrodata Indonesia

Eaton menghadirkan produk yang komprehensif dan terus memperluas distribusi teknologi dan inovasinya di Indonesia sebagai pasar yang penting. Hal ini dilakukan agar bisa memberikan solusi efektif bagi dunia bisnis di Indonesia yang semakin agresif melakukan transformasi digital. Eaton pun menggandeng SMI untuk mendistribusikan produk-produk mereka di Indonesia.

“Teknologi Eaton yang kami kembangkan selain andal sebagai solusi yang mampu memastikan adanya suplai daya yang bebas dari interupsi. Fitur-fitur inovatif Eaton juga dirancang untuk mampu menjawab tantangan era digital seperti virtualisasi, proteksi pusat data, hingga keamanan siber. Kami optimis membangun kemitraan dengan SMI yang berpengalaman panjang dalam memahami tantangan dan solusi yand dibutuhkan dunia bisnis Indonesia. Langkah ini dilakukan untuk memperluas distribusi teknologi kami dan semakin mehami kebutuhan lokal yang unik dan spesifik,” ucap Isabel Chong, Country Manager Eaton untuk Indonesia, Singapura dan Malaysia.

Isabel Chong, Country Manager Eaton untuk Indonesia, Singapura dan Malaysia

Bisnis di Indonesia sedang menjalani transformasi digital demi mendukung keberlangsungan bisnis. Produk-produk Eaton mengandalkan proteksi daya hemat energi, pengelolaan daya secara cerdas dan dukungan keamanan siber sesuai dengan kebutuhan binis tersebut. Apalagi tren bisnis di Indonesia semakin mengandalkan AI, big data, cloud, ML, virtualisasi dan IoT.

Baca juga: Huawei Bahas Pentingnya Solusi TIK pada Industri Tenaga Listrik

“SMI menjangkau lebih dari 150 kota di 20 wilayah strategis di Indonesia melalui dukungna lebih dari 5.200 channel partners. Kemitraan ini memungkinkan teknologi dan inovasi cerdas Eaton dapat memanfaatkan jangkauan SMI tersebut, termasuk tenaga penjualan dan logistik. Dukungan pun termasuk Technical Advisor dan Professional Engineers yang mampu memberikan solusi bagi mitra bisnis. SMI dan Eaton akan bekerja sama menawarkan rangkaian solusi melalui jaringan SMI di seluruh Indonesia melalui berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut mencakup pelatihan, webinar, konferensi dan eksibisi,” ucap Lie Heng, Solution Director Synnex Metrodata Indonesia.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email