RDS Group Hadirkan Piql, Solusi Pelestarian Data Jangka Panjang RDS Group Hadirkan Piql, Solusi Pelestarian Data Jangka Panjang ~ Teknogav.com

RDS Group Hadirkan Piql, Solusi Pelestarian Data Jangka Panjang


Teknogav.com – Data merupakan hal yang penting bagi berbagai kalangan, baik sebagai individu maupun pelaku bisnis. Perusahaan dan badan pemerintahan pastinya berurusan dengan berbagai macam data. Keberadaan data bisa digunakan untuk operasional yang dijalankan saat ini maupun untuk masa depan. Penyimpanan data pun menjadi hal yang penting, terutama penyimpanan data yang aman dan tak lekang waktu. RDS Group pun menggandeng Piql untuk menghadirkan solusi penyimpanan dan pelestarian data di Indonesia.

RDS Group adalah perusahaan yang menyediakan layanan solusi manajemen bisnis berbasis Teknologi Informasi (TI). Perusahan ini didirikan tahun 2003 di Jakarta dan menyediakan layanan dari hulu ke hilir dengan empat pilar utama. Keempat pilar tersebut adalah Business Process Outsourcing, System Integration, General Printing & Creative Services dan Healthcare Management. Sementara Piql merupakan spesialis pelestarian digital dan penyimpanan data jangka panjang. Layanan yang disediakan Piql mampu bertahan ratusan tahun tanpa perlu migrasi. 

Baca juga: Review Synology NAS DS420+, Solusi Penyimpanan Data Terpusat Bagi UKM

mitra Piql
Piql AS merupakan perusahaan asal Norwegia yang memiliki proyek penelitian dan pengembangan yang ekstensif. Pemerintah Norwegia dan Uni Eropa  pun mendukung Piql untuk bekerja sama dengan berbagai pihak. Kerja sama telah dilakukan dengan mitra teknologi terkemuka, badan penelitian dan ahli pelestarian data. Kolaborasi antara RDS Group dan Piql AS memungkinkan untuk memberikan solusi dari hulu ke hilir, mulai dari digitalisasi sampai restorasi. Kedua perusahaan tersebut memiliki semangat untuk terus berinovasi dan menawarkan solusi baru untuk menjawab kebutuhan pasar di Indonesia.

Randy Chandra, CEO dan Co-Founder RDS Group

“Hari ini kami bangga dapat menghadirkan solusi pelestarian data yang revolusioner melalui kolaborasi dengan Piql. Solusi ini memungkinkan generasi penerus bisa tetap mengakses dokumen penting yang kita buat hari ini. Kami percaya solusi baru yang kami luncurkan hari ini dapat membantu perusahaan dan badan pemerintahan untuk melestarikan data. Data disimpan di fasilitas dengan keamanan tingkat tinggi dan dapat diakses di masa depan,” ucap Randy Chandra, CEO dan Co-Founder RDS Group.

Solusi Penyimpanan Data Piql

Saat ini solusi penyimpanan data sudah canggih, banyak pilihan untuk penyimpanan data secara digital, baik secara fisik maupun cloud. Penyimpanan data secara fisik dapat dilakukan pada peranti harddisk, CD, SSD, flashdisk dan lain-lain. Sayangnya media fisik penyimpanan tersebut berisiko rusak seiring berjalannya waktu, baik karena kerusakan fisik atau usang. Sementara itu penyimpanan di cloud maupun di perangkat fisik pun memiliki risiko peretasan terhadap data.

Baca juga: AWS Tekankan Kesadaran Akan Keamanan Cloud pada Transformasi Digital

Media penyimpanan tradisional dikembangkan dengan tujuan meningkatkan kecepatan akses dan berbagi file. Keterbatasan usia media penyimpanan akan membutuhkan migrasi. Kelemahan lainnya adalah perangkat lunak yang tak tersedia lagi, keamanan, kompleksitas, keaslian dan lain-lain. Sementara Piql menawarkan keamanan lebih tinggi dengan media offline yang mampu bertahan secara jangka panjang. 

Solusi Piql

Piql bisa digunakan untuk mendokumentasikan berbagai macam media yang mencakup kertas, foto, film, microfilm, pita rekaman, peta, gambar dan suara. Fitur Optical Character Recognition memungkinkan Piql untuk bisa mencari data digital dengan mudah. Selain itu bisa juga digunakan untuk menambah metadata sesuai kebutuhan.

Baca juga: Review Synology NAS DS420+, Solusi Bagi Pecinta Streaming Resolusi Tinggi

Produk pertama Piql adalah Cinevator yang dibuat tahun 2004. Cinevator mencetak film digital ke film analog 100 kali lebih cepat dibandingkan pesaing. Alat ini digunakan oleh studio film seperti Warner Brothers, Walt Disney dan Universal Studio. Saat ini beberapa laboratorium dan rumah pascaproduksi pun masih menggunakan alat ini. 

Cinevator

Solusi Piql cocok digunakan untuk berbagai sektor industri, terutama asuransi dan perbankan yang membutuhkan arsip dokumen tak lekang waktu. Piql dapat melakukan digitalisasi film dengan menulis bit dan byte digital pada film fotosensitif 35 mm. PiqlFilm merupakan film nano yang sudah teruji mampu bertahan setidaknya 500 tahun.  Keunikan dari piqlFilm adalah metode penyimpanan yang menggunakan media sama untuk informasi visual dan digital. Teknologi ini terintegrasi juga dengan lingkungan TI menggunakan piqlConnect sehingga bisa melakukan pencarian.

Skema Solusi Piql
piqlFilm dapat disimpan dalam piqlBox yang dibuat dengan bahan polimer baru yang mampu bertahan lebih dari 500 tahun. Tak hanya untuk penyimpanan, Piql juga memiliki teknologi untuk melakukan restorasi film. 

piqlFilm
Film digunakan sebagai media penyimpanan karena merupakan teknologi open yang tidak ada patennya. Ini adalah media penyimpanan Write Once Read Many yang sejati. Media ini bisa dibaca tanpa membutuhkan listrik dan teruji dari ancaman peretasan. Penemuan media ini sudah lebih dari satu abad. Usia pakai media ini pun memecahkan berbagai masalah keabsahan yang ditimbulkan penyimpanan secara digital. piqlReader merupakan pembaca data digital dengan resolusi tinggi dan kecepatan tinggi. Pembaca ini merupakan solusi lengkap untuk memvisualisasikan data yang disimpan dalam piqFilm dalam format digital dan visual.

piqlReader

Layanan PiqlConnect bisa menyimpan data secara online dan offline dan meripakan solusi penyimpanan dan akses jangka panjang. Seluruh dokumen offline bisa dicari secara online melalui metadata dan diintegrasikan dengan sistem yang digunakan. Platform ini dapat mengakses piqlFilm dengan antarmuka ke piqlFilm, pengelolaan penyimpanan offline, membaca data dari piqlFilm dan sesuai dengan standar pelestarian OAIS. Solusi ini memperluas kegunaan dari piqlFilm.

tampilan dashboard PiqlConnect

Piql juga menawarkan layanan penyimpanan abadi di Arctic World Archive yang mampu menyimpan data sampai berabad-abad tanpa listrik dan migrasi. Layanan ini disertai dengan garansi akses sampai ke generasi masa depan.


Rune Bjerkestrand, Managing Director Piql AS

“Kami selalu berusaha untuk menjawab kebutuhan pasar dengan mengembangkan teknologi dan solusi yang disesuaikan dan dibuat secara khusus. Semoga kolaborasi kami dengan RDS Group dapat diterima dengan baik oleh perusahaan dan badan pemerintahan di Indonesia,” ucap Rune Bjerkestrand, Managing Director Piql AS.

Keunggulan solusi Piql
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email