Pulse by Prudential, Kelola Kesehatan Menyeluruh Berbasis AI Pulse by Prudential, Kelola Kesehatan Menyeluruh Berbasis AI ~ Teknogav.com

Pulse by Prudential, Kelola Kesehatan Menyeluruh Berbasis AI



Teknogav.com - Pulse by Prudential (Pulse) adalah aplikasi kesehatan digital all-in-one untuk mengelola kesehatan penggunanya secara menyeluruh. Fitur-fitur bantuan kesehatan mandiri berbasis kecerdasan buatan (AI) dan informasi real-time senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran penggunanya sepanjang hari. Aplikasi ini dapat membantu mencegah penyakit dan memperlambat penyakit semakin parah. Sejumlah fitur-fitur baru aplikasi ini pun diperkenalkan oleh PT. Prudential Life Assurance (Prudential) sejak diperkenalkan pertama kali Februari 2020 lalu di Indonesia.

Saat ini Pulse sudah digunakan lebih dari 4,3 juta masyarakat di Indonesia. Hal ini juga dipicu oleh kesadaran masyarakat bahwa kesehatan menjadi semakin penting di tengah situasi pandemi saat ini. Fitur-fitur baru di Pulse memperkuat dukungan di setiap tahap perjalanan kesehatan masyarakat Indonesia. Aplikasi Pulse dapat diunduh gratis melalui Google Play Store dan App Store dengan nama “We Do Pulse”.

Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia

”Selama 25 tahun Prudential di Indonesia, inovasi selalu menjadi pendorong bagi kami untuk membuat masyarakat Indonesia lebih sehat dan sejahtera. Tahun ini, Prudential menegaskan komitmennya untuk memperluas peran di masyarakat. Prudential bukan hanya memberikan perlindungan, namun juga mendukung masyarakat untuk mencegah dan menunda penyakit semakin buruk. Kami terus meningkatkan kemampuan aplikasi Pulse untuk dukungan lebih menyeluruh dan merevolusi gaya hidup sehat masyarakat melalui satu aplikasi terpadu. Pengembangan ini perwujudan semangat ‘We Do’, khususnya ‘We Do Tech’ dan ‘We Do Health’,” ucap Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia.

Data Riset Kesehatan Dasar Kementrian Kesehatan Republik Indonesia menunjukkan gaya hidup masyarakat Indonesia yang memicu peningkatan prevalensi penyakit tidak menular. Penyakit-penyakit tersebut mencakup diabetes melitus, ginjal kronis, hipertensi, kanker, dan stroke. Penyebab penyakit tersebut adalah konsumsi makanan yang kurang sehat, termasuk kurang mengkonsumsi sayur dan buah. Sekitar 90% masyarakat Indonesia mengkonsumsi makanan kurang sehat, dan lebih dari 33% kurang melakukan aktivitas fisik.

dr. Dian Budiani, Chief Operations and Health Officer Prudential Indonesia

“Perlu usaha lebih untuk bisa mengubah gaya hidup menjadi semakin sehat. Pulse hadir menjadi mitra masyarakat yang menemani di setiap perjalanan kesehatan mereka. Dukungan ini menjadi semakin lengkap karena ekosistem di dalam Pulse selalu ditingkatkan. Hal ini dilakukan agar bisa memenuhi kebutuhan pengelolaan kesehatan yang semakin berkembang,” ucap dr. Dian Budiani, Chief Operations and Health Officer Prudential Indonesia.


Fitur-Fitur Gratis Pulse untuk Kesehatan yang Baru

Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur baru yang gratis digunakan, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Alat ukur BMI dan Cermin Kerutan Wajah. Fitur ini dapat menghitung indeks massa tubuh (BMI) dan tingkat kerutan wajahdengan teknologi AI hanya dengan swafoto.
  • Monitor Kegiatan Olahraga. Fitur ini memantau indikator kesehatan seperti jumlah langkah, kalori yang dibakar selama berolahraga sehingga membantu memantau keseimbangan konsumsi kalori. Hal ini dapat dilakukan dengan menghubungkan perangkat wearable yang bisa dihubungkan dengan Pulse. Perangkat wearable tersebut mencakup Garmin dan Fitbit, serta berbagai perangkat lain yang bisa disinkronisasi dengan Apple Health dan Google Health.
  • Komunitas Saya. Fitur ini menyediakan berbagai informasi mengenai gaya hidup sehat dan berdiskusi dengan sesama pengguna untuk bisa hidup lebih sehat
Baca juga: Kini Buat Janji Tes Covid-19 di RS Bisa via Halodoc

Fitur-fitur Gratis Pulse untuk Kesehatan yang Sudah Ada sebelumnya

Selain fitur-fitur baru tersebut, Pulse juga sudah menyediakan berbagai fitur pendukung kesehatan, yaitu sebagai berikut:

  • Healthcheck (Pemeriksaan Kesehatan), didukung Babylon. Fitur ini memberikan laporan real-time mengenai status kesehatan dan risiko penyakit jangka panjang hanya dengan mengisi kuesioner sekitar 15 menit. Penilaian dilakukan berkenaan dengan gaya hidup, riwayat medis, riwayat medis keluarga, pola  makan, kesehatan mental dan prediksi risiko penyakit. Tampilan visual 3D “Digital Twin” laporan ini tampak realistis dari gambaran tubuh pengguna. Selain itu juga terdapat saran untuk membantu mengurangi risiko penyakit dan meningkatkan kesehatan.
  • Symptom Checker (Periksa Gejala) yang didukung Babylon. Fitur ini berupa chatbot menggunakan AI untuk mendapatkan informasi cepat secara klinis dan meberikan rekomendasi tindakan. Periksa Gejala Penyakitmu berfungsi memberikan pemahaman mengenai gejala yang dikhawatirkan dan mengarahkan pengguna mendapat penanganan yang sesuai dari petugas kesehatan. Pengguna dipandu kepada hasil saran sesuai tingkat darurat medis dan diberikan informasi mengenai kemungkinan penyebab geja termasuk saran terkait COVID-19. Fitur ini sudah diperbarui untuk memberikan peringatan mengenai gejala dan kondisi spesifik terkait COVID-19. Tersedia juga informasi tambahan untuk membantu mengidentifikasi jika membutuhkan perawatan berdasarkan protokol kesehatan.
  • Konten Kesehatan Saya. Fitur ini berisi informasi seputar kesehatan dalam bentuk artikel, infografik dan video. Topik-topik informasi kesehatan tersebut mencakup kesehatan mental, kebugaran, nutrisi, gaya hidup dan informasi terkini terkait COVID-19. Selain itu tersedia juga tips kesehatan penyakit, beberapa di antaranya mencakup demam berdarah dan kanker.

Aplikasi Pulse menyediakan fitur-fitur yang memberikan gambaran umum kondisi kesehatan dan pemahaman lebih baik mengenai gejala penyakit yang dikhawatirkan. Pengguna akan diarahkan untuk mendapat penanganan petugas kesehatan yang sesuai berkat dukungan AI pada Babylon.

Baca juga: Prixa, Layanan Diagnosa Gejala Penyakit Secara Online

Fitur-fitur Baru Pulse Berbayar untuk Kesehatan

Pulse juga menghadirkan layanan baru berupa paket berlangganan agar pengguna dapat mengelola kesehatan secara menyeluruh didampingi AI. Paket berlangganan ini adalah Pulse Elite - Bugar Plan dengan tarif Rp39,9 ribu per bulan. Selain membantu mencapai target kesehatan, paket ini juga memberikan voucher untuk mendapatkan perlindungan asuransi PRUTect Care Silver selama sebulan. PRUTect Care adalah produk Asuransi Jiwa Kumpulan berbasis Syariah yang memberikan perlindungan asuransi jiwa.

Baca juga: Tips Cek Status Kepesertaan BPJS Kesehatan dan Registrasi Ulang

Pada paket berlangganan, pengguna bisa mencatat asupan kalori dan pola makan hanya dengan memotret makanan. Mereka dapat merencanakan pola makan beserta menunya dan menantang diri mengadopsi diet baru demi mencapai tujuan kesehatan. Paket berlangganan ini juga memberikan akses untuk memeriksa kesehatan mata dan kadar oksigen dalam darah hanya dengan perekaman selfie. Analisis tersebut akan dilakukan oleh AI, berikut ini adalah fitur-fitur yang bisa diakses dengan berlangganan Pulse Elite-Bugar Plan:

  • Akses ke komunitas eksklusif, pelari dan pesepeda di Komunitas Saya
  • Fitur Perencanaan Makan untuk mengelola menu makanan sesuai tujuan kesehatan pengguna
  • Fitur Jurnal Makan untuk mengetahui kalori hanya dengan memotret makanan dan mencatat ke jurnal. Perkembangan menuju tujuan kesehatan pun dapat diketahui melalui fitur ini
  • Fitur My Healthy Eating Goal yang berupa tantangan untuk memulai kebiasaan baru dengan diet baru. Tersedia berbagai diet untuk mengurangi konsumsi garam, gula, sampai sarapan lebih sehat dengan berbagai pola lain.
  • Fitur My Eye Dispensary & My Pulmonary Clinic untuk mengetahui kesehatan mata dan tingkat saturasi oksigen dalam darah. Informasi ini dapat diperoleh hanya dengan dengan merekam video selfie yang dianalisis AI.

Baca juga: Lawan COVID-19, Blibli dan Halodoc Berkolaborasi Hadirkan Layanan Telemedis

Fitur-fitur Pelindungan

Pembelian asuransi jiwa Prudential Indonesia pun bisa dilakukan dengan mudah dari aplikasi Pulse berkat fitur baru PRUShoppe. Selain itu tersedia juga akses untuk konsultasi dengan dokter umum atau spesialis secara online berkat kolaborasi dengan layanan Halodoc. Kolaborasi ini juga memungkinkan untuk mendapatkan pengantaran obat yang dibutuhkan. Berikut ini adalah fitur-fitur perlindungan yang sudah ada sebelumnya:

  • Bicara dengan Dokter, didukung oleh Halodoc. Konsultasi dengan dokter pilihan dilakukan melalui panggilan suara maupun video, kapan saja dan di mana saja. Dokter akan menyimpulkan diagnosis dan merekomendasikan perawatan yang sesuai.
  • Pengiriman Obat. Obat dikirim berdasarkan rekomendasi hasil “Bicara dengan Dokter”.
  • Navigasi. Fitur ini menunjukkan Rumah Sakit rekanan Prudential yang terdekat dan dapat melakukan panggilan dan navigasi ke rumah sakit yang dituju.
  • PRUServices. Fitur ini untuk mensinkronisasi polis dan memperoleh layanan Prudential secara langsung dan mudah bagi nasabah. Akses tersebut mencakup Polis Ku, Daftar Cepat Rawat Inap dengan QR Code, Klaim Penggantian dan Info Klaim. Info Klaim akan memudahkan Pemegang Polis untuk memantau secara mandiri status proses klaim yang diajukan.

Selain itu tersedia juga fitur untuk mendukung ibadah, fitur-fitur tersebut mencakup Informasi dan pengingat waktu sholat, serta penunjuk arah kiblat.

Baca juga: DANA Siaga Mudahkan Beli Asuransi dengan Premi Terjangkau

“Kami memberikan pengendalian atas pengelolaan kesehatan di genggaman tangan masyarakat melalui Pulse. Mereka didorong untuk hidup lebih sehat dan aktif sehingga bisa mendapatkan yang terbaik dalam hidup,” lanjut Jens.


Konten Kesehatan Pulse TV

Prudential Indonesia juga menayangkan sejumlah konten di Pulse TV (PTV) yang dipandu Daniel Mananta. Konten tersebut mengenai pentingnya mengelola kesehatan dan merapkan gaya hidup sehat. PTV dapat ditonton gratis di seluruh kanal media sosial Prudential Indonesia, yaitu Facebook, Instagram, dan YouTube. Selain itu juga bisa disaksikan di akun Instagram Daniel Mananta.

Baca juga: Layanan Kesehatan YesDok Kini Bisa Diakses Melalui Aplikasi DANA

”Mengelola kesehatan secara rutin agar hidup lebih sehat, menjadi kunci saya untuk bisa tetap bugar untuk aktif menjalani berbagai aktivitas. Hal ini semakin dipermudah berkat Pulse by Prudential, saya pun berkolaborasi dengan Prudential Indonesia untuk mendorong hidup lebih sehat. Ini dilakukan karena saya juga sadar sehat itu harus dibagi ke sesama,” ucap Daniel Mananta.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email