Industri Pariwisata Bergeliat di Q3 2020, tiket.com Siap Akselerasi Kebangkitannya Industri Pariwisata Bergeliat di Q3 2020, tiket.com Siap Akselerasi Kebangkitannya ~ Teknogav.com

Industri Pariwisata Bergeliat di Q3 2020, tiket.com Siap Akselerasi Kebangkitannya


Teknogav.com - Pandemi COVID-19 yang melanda dunia cukup memukul keras industri pariwisata. Sempat diperkirakan industri ini baru akan pulih tahun depan, tetapi ternyata di Q3 2020, industri ini mulai bangkit. Tiket.com bahkan mencatat pertumbuhan penjualan yang sensasional di Q3 2020, mereka pun optimis pertumbuhan akan terus positif sampai tahun 2021. Perusahaan ini menyatakan komitmennya untuk siap mendukung kebangkitan industri pariwisata.

Pemulihan ekonomi nasional memang terasa sejak peonggaran PSBB. Masyarakat pun memiliki tren staycation atau berlibur yang masih dekat rumah sehingga meningkatkan okupansi hotel-hotel di dalam negeri. Berlibur bisa dilakukan di dalam kota ataupun luar kota yang masih bisa dilalui jalan darat. Salah satu provinsi yang mengalami peningkatan okupansi hotel cukup tinggi adalah Yogyakarta, padahal daerah tersebut sempat sepi awal pandemi melanda.

Grafik tingkat okupansi kamar akomodasi


Jika dibandingkan Q2 2020,  penjualan tiket penerbangan tiket.com meningkat 240% di Q3 2020, sementara reservasi hotel meingkat 250%. Peningkatan ini seiring dengan dibukanya kembali sejumlah destinasi wisata lokal yang menerapkan protokol kesehatan dan optimisme masyarakat untuk kembali berlibur. Hal ini tercermin dari penurunan tren refund dan reschedule.

Sebenarnya penurunan permintaan refund dan reschedule di tiket.com sudah terjadi sejak Q2 2020, yaitu sampai 33% dibandingkan Q1 2020. Pada Q3 2020, permintaan refund dan reschedule ini pun terus menurun 78% dibandingkan Q2 2020. Totalnya sudah 97% permintaan refund dan reschedule dipenuhi ooleh tiket.com pada Q3 2020.

Baca juga: Blibli.com Refund Pemesanan Hotel di Lokasi Terdampak Virus Corona   

“Kami sangat optimis menyambut kehadiran Q4 karena pemulihan sektor industri pariwisata nasional sedang terjadi. tiket.com sebagai salah satu pelaku industri pariwisata terbesar di Indonesia siap untuk menjadi yang pertama mendukung penuh kebangkitan pariwisata Indonesia. Pergerakan positif sektor pendukung utama seperti transportasi dan akomodasi menjadi tolok ukur dalam memonitor kondisi pemulihan saat ini,” ucap Gaery Undarsa, Co-founder & Chief Marketing Officer tiket.com.

Gaery Undarsa, Co-founder & Chief Marketing Officer tiket.com

Komitmen dan Fitur-Fitur Layanan tiket.com

Seiring peningkatan angka transaksi dan jumlah pengguna aplikasi tiket.com, serta penurunan angka refund dan reschedule, tiket.com siap melayani kebutuhan berlibur. Layanan tersebut tentunya disajikan secara aman dan nyaman sesuai protokol kesehatan dari pemerintah. Serangkaian program dan inisiatif cerdas diluncurkan tiket.com sesuai komitmen untuk bekerja sama memulihkan industri pariwisata. Tujuan program dan inisiatif cerdas ini adalah untuk mendorong angka transaksi sambil mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga: Pulihkan Pariwisata Domestik, RedDoorz Gelar Promo dan Sertifikasi Kebersihan Hotelnya   

Selain gencar mengimbau masyarakat mengecek status COVID-19 di daerah tujuan wisata, tiket.com juga mengkampanyekan Liburan Dekat Rumah. Kampanye ini menginspirasi masyarakat untuk menjelajahi tujuan wisata lokal. Aplikasi dan situs tiket.com pun dilengkapi berbagai fitur yang relevan dengan situasi pandemi, yaitu:

  • tiket CLEAN merupakan panduan memilih mitra berlabel tiket CLEAN untuk hotel, sewa mobil dan produk wisata lainnya. Label ini diberikan bagi mitra yang memenuhi standar protokol kesehatan dan kebersihan
  • tiket Flexi untuk membooking hotel tanpa harus menetapkan tanggal terlebih dahulu yang dibatasi sampai tahun 2021.
  • tiket Elite Rewards adalah program loyalitas apresiasi yang lebih dari sekadar poin (Tix Poins). Perluasan manfaat Tix Poins mencakup diskon transaksi berikutnya, diskon fasilitas, gratis layanan tambahan, jalur layanan khusus, dan lain-lain.
  • tiket Free Insurance merupakan asuransi perjalanan gratis untuk melindungi jiwa, biaya pengobatan akibat kecelakaan, dan kompensasi bila terjadi pembatalan perjalanan.

Penghargaan HR Asia Awards

Ketika awal pandemi melanda, tiket.com mendapatkan tantangan untuk terus menjaga semangat karyawan yang sudah bekerja dari rumah. Karyawan dan konsumen merupakan aset penting tiket.com, sehingga strategi bisnis pun disusun untuk menghindari pemutusan hubungan kerja dan pemotongan gaji.  Langkah ini dilakukan dengan menghemat biaya operasional dan pemasaran sampai 90% agar lebih eifisien dan memiliki kemampuan finansial sendiri. Penjagaan suistainabilitas operasional ini siap mempercepat pemulihan pariwisata Indonesia. Pada April 2020, tiket.com masih bisa merekrut karyawan di 8 kantor yang berlokasi di Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Hong Kong dan Kanada.

Penghargaan HR Asia Awards pun diraih tiket.com sebagai ‘The Best Companies to Work for in Asia 2020. Ini menjadi bukti komitmen tiket.com dalam menjaga kesejahteraan karyawan dan kesinambungan perusahaan. Penghargaan tersebut diraih tiket.com bersanding dengan 41 perusahaan blue chips lain dengan reputasi dan prestasi global.

“Kami sungguh bersyukur atas penghargaan dari HRAsia ini. Penghargaan ini merupakan bukti bahwa yang menjadi fokus bagi tiket.com adalah karyawan yang HAPPY dan people adalah aset nomor 1. Fokus tiket.com selalu pada penyediaan lingkungan kerja yang baik bagi para karyawan. SDM merupakan investasi terbesar,” ucap Dudi Arisandi, Chief People Officer.

Dudi Arisandi, Chief People Officer

Dudi mengungkapkan bahwa tiket.com yakin talenta terbaik dan berkualitas mendukung peningkatan kinerja perusahaan, inovasi produk dan layanan pelanggan terbaik. Harapannya penghargaan tersebut bisa memotivasi seluruh karyawan tiket.com untuk memberikan kinerja terbaik dalam melayani seluruh pemangku kepentingan.

Survei employee engangement juga menunjukkan bahwa skor tiket.com dalam kepuasan karyawan adalah 91%. Sebanyak 82% karyawan bangga merekomendasikan teman meerka untuk bergabung di tiket.com sebagai perusahaan idaman.

Baca juga: Turut Berpartisipasi Lawan Covid-19, OYO Indonesia Siapkan Akomodasi Tenaga Medis

Fokus pada Q4 2020 Sampai 2021

Promosi tujuan pariwisata domestik digiatkan tiket.com pada Q4 2020 untuk memulihkan industri pariwisata dan menggerakkan roda perekonomian nasional. Salah satu promosi yang digelar adalah kampanye Senyum Indonesia yang mengingatkan masyarakat bahwa perjalanan bersama tiket.com dapat meringankan pekerja wisata. Edukasi dan imbauan untuk terus menerapkan protokol kesehatan selama perjalanan pun terus dilakukan tiket.com. Berbagai promo pun ditawarkan tiket.com dalam menyambut liburan panjang akhir tahun. Promo tersebut mencakup pembelian tiket pesawat, kereta, reservasi hotel dan destinasi wahana lokal.

“Kami siap mengakselerasi dan mengantisipasi lonjakan permesanan tiket, akomodasi, dan aktivitas To Do, karena tiket.com, tidak mengurangi kapasitas. Ketersediaan kapasitas ini dari segi karyawan, sistem, development, dan sebagainya. Kami terus mendukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia untuk memulihkan industri pariwisata lokal. Mau kemana? Semua ada di tiketnya,” tutur Gaery.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email