Oracle Cloud Infrastructure Compute E3 Gunakan Prosesor AMD EPYC Gen-2 Oracle Cloud Infrastructure Compute E3 Gunakan Prosesor AMD EPYC Gen-2 ~ Teknogav.com

Oracle Cloud Infrastructure Compute E3 Gunakan Prosesor AMD EPYC Gen-2


Teknogav.comBerbagai perusahaan teknologi sudah merasakan keunggulan dari kinerja AMD EPYC Generasi Kedua dalam menyediakan layanan cloud mereka. Beberapa perusahaan tersebut mencakup Nokia, IBM, Genci, ATOS, Google dan Microsoft. Pada akhir April 2020 lalu, Oracle turut menggunakan prosesor AMD EPYC Generasi Kedua pada platform Oracle Cloud Infrastructure Compute E3. Langkah tersebut tentu saja akan menghadirkan tingkat baru komputasi berkinerja tinggi pada Oracle Cloud.

Platform Oracle Cloud infrastructure Compute E3 memang dirancang untuk menangani beban kerja berkinerja tinggi. Prosesor yang digunakan pada Oracle Cloud ‘E3 standard’ tersebut adalah AMD EPYC 7742 sebagai prosesor data center x86. Fitur-fitur AMD EPYC Generasi Kedua yang digunakan Oracle mampu menyajikan jumlah core dan memori lebih tinggi bagi pelanggan Oracle Cloud. Kemampuan fitur-fitur tersebut menangani berbagai beban kerja mencakup analisis big data, beban kerja dengan memori intens dan aplikasi bisnis Oracle.

“Kami memulai kolaborasi dengan AMD sekitar dua tahun lalu. Kolaborasi ini menghadirkan kinerja terdepan ke industri bagi banyak pelanggan enterprise yang menjalankan beban kerja general pada Oracle Cloud Infrastructure. Platform Oracle Cloud E3 baru kami bangun pada prosesor AMD EPYC,” ucap Vinay Kumar, vice president, product management, Oracle Cloud Infrastructure.

Kumar juga menjelaskan bahwa platform Oracle Cloud E3 memberikan akses ke mesin virtual  untuk menjalankan berbagai beban kerja. Platform tersebut mendukung jumlah core dan memori bandwidth lebih tinggi untuk setiap bare metal pada cloud publik apa pun.
prosesor AMD EPYC
Hal serupa juga ditekankan Forrest Norrod, Senior vice president and general manager, Data Center and Embedded Solutions Group AMD. Menurutnya, AMD EPYC Generasi Kedua menghadirkan jumlah core dan memori bandwidth tinggi. Faktor tersebut memungkinkan pelanggan mereka, termasuk Oracle Cloud untuk menyajikan kinerja dan hasil beban kerja luar biasa pada cloud.

"Oracle Cloud telah menjadi mitra utama bagi AMD sejak EPYC generasi pertama. Kami senang melanjutkan kolaborasi strategis ini. Prosesor AMD EPYC Generasi Kedua kami kini mentenagai jajaran Oracle Cloud E3 pertama,” ucap Forrest Norrod.

Kinerja Tinggi Komputasi Cloud Oracle

prosesor AMD EPYC
Platform Oracle Cloud E3 menggunakan AMD EPYC 7742 sehingga memungkinkan pelanggan menjalankan beban kerja high performance computing (HPC). Beban kerja tersebut mencakup simulasi risiko, pemodelan molekul dan pencarian kontekstual. Kemampuan kinerja komputasi tersebut mecakup:
  • Kemampuan meluncurkan hitungan core VM yang lebih tinggi, kini termasuk VM yang sampai 64 inti. Masing-masing mencakup multithreading serentak dan instance bare metal hingga 128 core.    
  • Rasio memori-ke-inti yang lebih tinggi untuk beban kerja memori intensif. Kemampuan bandwidth tinggi prosesor AMD EPYC 7742 memungkinkan pelanggan platform E3 mendapatkan memori 16 GB per core. Rasio tersebut dua kali lipat dari platform E2 yang menggunakan AMD EPYC Generasi pertama.
Oracle Cloud E3 sudah tersedia di Amerika Serikat, bagian timur di Ashburn dan bagian barat di Phoenix. Selain itu tersedia juga di Jerman (Frankfurt) dan Jepang (Tokyo). Dalah satu satu kuartal dari peluncuran, Oracle berencana menghadirkan platform E3 di seluruh wilayah komersial mereka.
Share:

Follow by Email