DANA Paparkan Perkembangan Fitur-fitur Aplikasinya Selama Tahun 2020 DANA Paparkan Perkembangan Fitur-fitur Aplikasinya Selama Tahun 2020 ~ Teknogav.com

DANA Paparkan Perkembangan Fitur-fitur Aplikasinya Selama Tahun 2020



Teknogav.com – Jelang akhir tahun 2020,  DANA memaparkan mengenai perkembangan fitur-fitur pada aplikasi dompet digital mereka. Tahun 2020 ini didominasi pandemi COVID-19 yang melanda dunia. Dampak pandemi tersebut membuat begitu banyak transisi kehidupan masyarakat agar lebih membatasi kontak fisik. Layanan DANA turut membantu menjalani transisi ini dan terus mengembangkan fitur-fitur aplikasinya dengan inovatif.

Rangga Wiseno, Senior Vice President of Product DANA memaparkan kilas balik perkembangan fitur-fitur DANA mulai dari kuartal pertama tahun 2020. Pada kuartal pertama tahun 2020, DANA sudah menerapkan pembayaran dengan QRIS. Penerapan QRIS yang merupakan standar nasional dari Bank Indonesia akan mempercepat inklusi keuangan dan budaya transaksi nontunai. 

Baca juga: Penerapan QRIS Percepat Inklusi Transaksi Non Tunai dengan DANA

DANA pun mengumumkan kolaborasi dengan Apple pada Januari 2020, kolaborasi ini menjadikan DANA sebagai mitra pembayaran layanan Apple di Indonesia. Pengguna pun bisa dengan mudah menggunakan DANA sebagai metode pembayaran di App Store, Apple Music, Apple TV, iTunes dan iCloud. Selain dengan Apple, mitra global lain yang berkolaborasi dengan DANA mencakup Spotify dan TikTok.

Norman Sasono, Chief Technology Officer DANA pun melanjutkan pemaparan mengenai pengembangan fitur DANA. Termasuk mengenai kolaborasi DANA dengan Blibli dan HappyFresh.

Baca juga: DANA Bisa untuk Bayar App Store dan Layanan Apple Lain

Pandemi COVID-19

Ketika dunia dilanda COVID-19, semangat DANA pun tak surut, dengan terus menghadirkan inovasi demi mengatasi dampak pandemi. Beberapa fitur yang dihadirkan mencakup Siap Siaga COVID-19, Pendataan Warung yang turut mendukung kampanye #BelanjadiWarungTetangga dan Mini Service Warung Pangan. Selain itu DANA juga berkolaborasi dengan Kitabisa.com dan benihbaik.com untuk membantu penyediaan tempat singgah bagi tenaga medis.

Tampilan aplikasi DANA

Berbagai program lain yang dikembangkan selama pandemi mencakup DANA Delivery, Mitra Kartu Prakerja, DANA Bisnis, dan Program 11.11. DANA juga mendukung kampanye #BanggaBuatanIndonesia yang diinisiasi pemerintah untuk membantu UMKM menyelenggarakan promo.

Baca juga: DANA Sediakan Fitur Pendataan Warung Demi Dukung Kementrian Koperasi & UKM

Kebutuhan pengurusan pajak kendaraan bermotor pun didukung DANA dengan fitur e-Samsat, sehingga pemiliki kendaraan bermotor tak perlu repot mengurus keluar. Pembayaran tagihan lain yang mencakup listrik, air, gas dan lain-lai dapat dengan mudah dilakukan melalui DANA Biller. Fitur ini pun memungkinkan untuk membayar transaksi e-commerce. Ketika di lokasi parkir tertentu pun tersedia fitur DANA Parking yang memudahkan pembayaran secara contactless dan nontunai.  

Bagi yang mengguna senang jajan makanan dan minuman, bisa memanfaatkan DANA Home Shopping. Fitur ini memungkinkan untuk memesan jajanan melalui WhatsApp kemudian membayarnya menggunakan DANA QRIS. Penilaian ke para merchant DANA pun bisa dilakukan melalui User Rating Review sehingga memudahkan pengguna untuk memilah berdasarkan review.

Baca juga: Layanan Home Shopping DANA Mudahkan Belanja Digital dan Pesan Antar

Investasi dan Perlindungan

Kebutuhan investasi dan asuransi pun dipermudah DANA dengan menghadirkan fitur DANA eMAS dan DANA Siaga. Pemenuhan kebutuhan investasi dengan DANA eMAS ini merupakan hasil kolaborasi dengan Pluang. Sedangkan untuk fitur DANA Siaga merupakan hasil kerja sama dengan Pasar Polis. Fitur ini memungkinkan pengguna DANA untuk membeli asuransi dengan premi yang terjangkau. 

Tak hanya perlindungan diri, DANA juga senantiasa menjaga keamanan penggunaan aplikasi, salah satunya dengan menghadirkan fitur Face Login. Kini fitur ini tak hanya eksklusif bagi pengguna DANA Premium, tetapi juga pengguna yang masih belum melakukan upgrade akunnya.

DANA terus mengembangkan teknologi yang terpercaya, semua bisa mengakses dan menggunakan dengan mudah. Ekosistemnya pun terus didukung melalui sinergi dengan berbagai pihak, termasuk perbankan, UMKM, lembaga pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan lain-lain. 

Berbagai fitur dan inisiatif telah diluncurkan sepanjang tahun 2020 untuk membantu memberikan solusi bagi masyarakat. Hal ini dilakukan dalam menghadapi pandemi dan juga menyongsong masa depan. Beberapa fitur paling diminati selama ini adalah QRIS Payment, online merchant, Send Money, Biller, dan DANA Bisnis.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email