The Sero, TV Layar Rotasi Pertama dari Samsung The Sero, TV Layar Rotasi Pertama dari Samsung ~ Teknogav.com

The Sero, TV Layar Rotasi Pertama dari Samsung

Teknogav.com - Samsung menghadirkan The Sero, TV yang bisa berotasi antara orientasi layar horisontal dan vertikal. TV ini bisa diputar semudah memutar smartphone atau tablet, sehingga cocok untuk menikmati konten media sosial, layanan streaming dan game. Pengguna The Sero bisa mendapatkan pengalaman dan konten terbaik smartphone pada layar lebih besar dengan kualitas gambar dan audio optimal.  The Sero cocok untuk pengguna berjiwa muda dan dinamis, yang kesehariannya banyak terhubung densan smartphone. Kendati demikian, berbagai keandalan TV ini dapat dinikmati seluruh keluarga.

Tren Konten Vertikal

Penelitian ekstensif mengenai tren dalam mengonsumsi konten dilakukan Samsung sebelum menciptakan The Sero. Tantangan besar pun dihadapi Samsung dalam proses penciptakan The Sero. Samsung bekerja keras merancang dan menentukan arah pengalaman khusus yang akan dirasakan penggguna. Perancangan mencakup pengalaman menonton layaknya di smartphone, cara mengakses konten dan pengaturan konten jarak jauh dengan cara terbaik. Seluruh fitur tersebut pun sudah lolos pengujian ekstensif.

Baca juga: The Terrace, Smart TV dan Soundbar Outdoor Pertama dari Samsung

TV Samsung The Sero

“Dalam beberapa tahun terakhir, pengguna telah terbiasa menikmati konten media sosial, game, sampai video musik di smartphone dengan orientasi vertikal. Tren paling menonjol selama pengamatan adalah penggunaan berbagai perangkat, dari TV, PC hingga tablet dan smartphone sebagai media konsumsi. Saat ini jugalebih banyak orang menggunakan layanan video streaming dibandingkan sumber media konvensional. Hasil pengamatan tersebut mendorong Samsung untuk meningkatkan pengalaman konten tersebut dengan memindahkannya ke layar lebih besar,” ucap Fomalhaut Sundamen, Head of TV/AV Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia.

Tantangan pertama dalam menggarap The Sero adalah mewujudkan layar yang bisa berputar mulus dari horisontal ke vertikal dan sebaliknya. Pengujian teknis yang panjang dibutuhkan sampai menghasilkan proses yang sangat mudah bagi pengguna saat ingin merotasi layar. Rotasi dapat dikendalikan dengan remote control atau asisten suara Bixby, perputaran layar pun berjalan mulus.

Baca juga: Samsung QLED 8K TV Hadirkan Kualitas Setara IMAX di Rumah

TV Samsung The Sero

“Di masa depan akan makin banyak orang yang menggunakan perangkat dalam skenario atau situasi yang tidak bisa dilakukan TV konvensional. Samsung mendobrak batasan dengan The Sero, menunjukkan bahwa TV kini dapat menampilkan berbagai macam konten sekalipun dalam format vertikal. Orientasi TV disesuaikan dengan konten. TV ini pun dapat menjadi bagian pelengkap dari interior ruangan yang mencerminkan pribadi penggunanya,” lanjut Fomalhaut.

Kemampuan mirroring menjadi salah satu fitur andalan The Sero. Pengguna mudah melakukan mirroring konten smartphone ke The Sero menggunakan fitur Tap View hanya dengan mengetuk layar smartphone. Kemampuan intuitif TV ini memungkinkan untuk berputar sesuai orientasi smartphone pengguna, baik horisontal maupun vertikal.

TV Samsung The Sero

“Kesan pertama saya akan The Sero adalah Wow!. Benar-benar unik dan canggih. Saya yakin banyak yang ingin bisa menikmati konten smartphone di layar TV yang lebih besar, suara lebih jelas dan nyaring. The Sero memungkinkan menikmati konten smartphone dengan seluruh keluarga, lebih banyak orang, tanpa harus berebut melihat layar smartphone yang terbatas. Proses menghubungkan smartphone dan The Sero, cukup mudah. Hanya dengan mengetuk smartphone pada layar TV dan langsung bisa menikmati konten smartphone di The Sero, sangat smooth. Kini saya bisa mengajak istri dan anak bersama-sama menyaksikan konten IGTV menarik yang baru saya temukan. Lalu berpindah menonton Youtube atau Netflix sesuai mood pun mudah,” ucap Lukman Sardi, aktor yang berkecimpung dalam dunia perfilman.

Fitur-fitur The Sero

The Sero didukung Ai Upscaling, sehingga resolusi gambar yang rendah ditingkatkan otomatis  untuk menampilkan gambar berkualitas 4K yang lebih baik. Speaker The Sero berada di bawah penyangga vertikal sehingga memberi suara yang hidup dan jernih ketika menghadap ke depan. Suara pun disampaikan langsung ke pendengar ketika memutar musik, game dan video. Resonansi yang lebih besar dan bass yang dalam dihasilkan oleh speaker woofer dengan konfigurasi saluran 4.1 dan keluaran 60 W.

TV Samsung The Sero

Desain The Sero tampak menonjol ketika diletakkan di berbagai ruangan, baik secara vertikal maupun horisontal berkat desainnya yang modern. The Sero  tampil berbeda dengan bentuk yang unik sehingga menjadi alternatif desain interior yang menarik. TV ini bahkan menyandang penghargaan International Forum (iF) Design Award 2020.

Pada Portrait Mode, TV ini dapat menampilkan jam, wallpaper, foto favorit dan efek suara untuk melengkapi interior rungan. Hasil penelitian Samsung setelah peluncuran awal adalah sebanyak 70% pengguna memaksimalkan fitur Portrait Mode. Beberapa pengguna juga membuat konfigurasi gambar sendiri selain konten yang tersedia untuk ditampilkan pada mode standby. Pengaturan layar vertikal memberikan kebebasan bagi pengguna untuk menampilkan karya mereka sendiri.

TV Samsung The Sero

“Desain The Sero itu tidak biasa atau ‘stand out’, baik saat tampil dalam format vertikal atau horisontal. Bagi saya, The Sero tidak hanya berfungsi sebagai TV namun juga menambah estetika rumah. Saat TV tidak digunakan untuk menonton pun saya dapat menampilkan foto keluarga favorit di situ. Suasana di rumah jadi hangat dan lebih menyenangkan,” lanjut Lukman Sardi.

The Sero juga bisa menampilkan gambar atau video pekerjaan dalam ruang belajar dan ruang kerja. Selain itu bisa juga untuk memutar video resep di dapur, atau menjadi sumber musik di ruang makan. TV ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan komersial sebagai layar promosi seperti di kafe atau restoran. Di restoran tersebut, TV ini bisa digunakan untuk memutar musik, video dan juga sebagai buku menu digital.

TV Samsung The Sero

Baca juga: Samsung Luncurkan Lifestyle Smart Monitor untuk Berbagai Kegiatan

Perangkat ini sudah tersedia di Indonesia dalam ukuran 43 inci. Harga yang dibanderol adalah Rp18.999.000. Tersedia hadiah langsung Samsung Galaxy A51 untuk pembelian perangkat ini sampai 14 Januari 2021.

Share:

Artikel Terkini