Teknologi UV-C Signify Amankan Kantor dari Virus dan Bakteri Teknologi UV-C Signify Amankan Kantor dari Virus dan Bakteri ~ Teknogav.com

Teknologi UV-C Signify Amankan Kantor dari Virus dan Bakteri

Penerapan teknologi UV-C Signify di kantor
Teknogav.com – Kasus positif COVID-19 masih terus bertambah,bahkan di Indonesia sudah lebih dari 500 ribu kasus. Pandemi terasa tak kunjung tuntas akibat virus yang bisa bermutasi. Sementara itu kegiatan bekerja di kantor pun sudah mulai aktif akibat perlunya menggerakkan roda perekonomian. Perkantoran pun melakukan penyesuaian untuk menerapkan protokol kesehatan dan disinfeksi. Salah satu metode disinfeksi yang efektif membasmi virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 adalah menggunakan sinar UV-C. Metode ini juga ampuh untuk menanggulangi virus yang bermutasi, serta menghancurkna DNA bakteri dan jamur penyebab penyakit.

Beberapa waktu lalu, Signify penyedia solusi penyinaran UV-C menyelenggarakan diskusi virtual untuk mensosialisasikan manfaat teknologi UV-C. Diskusi virtual tersebut bertajuk “Sinar UV-C: Kawan atau Lawan? Pemanfaatan Teknologi UV-C yang Aman untuk Perlindungan Masyarakat dari Mikro-organisme”. Dr. Hermawan Saputra. SKM. MARS., CICS, yang menjabat sebagai Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Indonesia (IAKMI) menjadi salah satu narasumber dalam diskusi.

“Teknologi UV-C sangat diperlukan di area publik seperti pusat perbelanjaan, hotel, kantor, sekolah, tempat ibadah, bandara dan lainnya,” ucap Dr. Hermawan.

Baca juga: OASE LSUV1 Sterilkan Barang dengan UV Sterilisasi dan Aromaterapi

Disinfeksi UV-C Aman Tanpa Zat Kimia

Ketika melakukan disinfeksi dengan penyemprotan dengan cairan disinfektan, terkadang ada rasa waswas dapat terkontaminasi oleh zat berbahaya. Metode sinar UV-C aman dan praktis karena merupakan metode disinfeksi non-kimia. Sinar UV-C tak menyebabkan masalah kesehatan selama pengguna tak terpapar sinar tersebut secara langsung. Hal ini diungkapkan Dr. rer. Nat. Ir. Aulia Muhammad Taufiq Nasution M.Sc, Pakar Biomedika Optik Departemen Teknik Fisika Teknologi  Sepuluh Nopember (ITS).

Sinar UV-C mampu menonaktifkan mikroorganisme dengan menghancurkan asam nukleat dan mengganggu DNA mereka sehingga tak lagi bisa melakukan fungsi vital. Penggunaan metode sinar UV-C ini aman selama diterapkan sesuai panduan. Penerapan disinfeksi dengan sinar UV-C bisa dilakukan pada permukaan benda. Udara dan air pun dapat disterilkan dari berbagai virus, termasuk virus SARS-Cov-2, bakteri dan jamur yang berbahaya.


Disinfeksi menggunakan sinar UV-C terdiri dari beberapa metode, yaitu sebagai berikut:

  • Chamber disinfection, metode ini menggunakan kotak lampu UV-C untuk menyinari objek di dalam kotak.
  • Upper Air, metode ini memasang lampu UV-C pada plafon untuk membasmi virus dan bakteri di udara
  • Surface disinfection, metode ini menyinari permukaan benda-benda yang terlihat di ruangan dengan memasang lampu UV-C di plafon. Peralatan kerja yang disinari bisa berupa mouse, keyboard sampai alat tulis. Metode surface disinfection ini cocok diterapkan dalam ruang kerja kantor. Ketika dilakukan penyinaran, tak boleh ada orang di dalam ruangan selama penyinaran berlangsung.

Baca juga: Datascrip Hadirkan Solusi Disinfeksi dengan Teknologi UV-C dari Signify  

 

Solusi Penyinaran UV-C dari Signify

Signify berpengalaman lebih dari 35 tahun dalam mengembangkan inovasi teknologi penyinaran UV-C. Setiap produk teknologi penyinaran UV-C dari Signify dirancang, dipasang dan dimanfaatkan sesuai panduan keselamatan khusus. Produksinya pun menggunakan proses industri yang dikendalikan dengan baik.

Produk-produk Signify menggunakan sinar dengan panjang gelombang 253,7 nm yang efektif menghancurkan DNA bakteri, jamur dan virus. Penghancuran DNA dengan radiasi sinar UV-C ini membuat bakteri, jamur dan virus tersebut tak lagi berbahaya. Hasil penelitian Universitas Boston mengungkap tentang paparan sinar UV-C dari produk Signify. Penyinaran UV-C dari produk Signify selama 25 detik dengan dosis 22 mj/cm2 dapat menonaktifkan 99,9999% virus SARS-CoV-2.

Datascrip Hadirkan Solusi Penyinaran UV-C dari Signify

Solusi penyinaran UV-C dari Signify dihadirkan pt. Datascrip untuk disinfeksi di lingkungan perkantoran di Indonesia. Layanan menyeluruh diberikan Datascrip sebagai Value Added Partner Signify di Indonesia. Penyediaan layanan tersebut mulai dari perencanaan, pemasangan, sampai instruksi penggunaan yang aman dan efisien. 

Datascrip telah berpengalaman menghadirkan berbagai solusi dan perangkat elektronik di Indonesia. Pengalaman menghadirkan solusi dan perangkat elektonik ini memberikan nilai tambah Datascrip dalam menerapkan solusi UV-C dengan aman dan efektif.

Perancangan penerapan disinfeksi dengan metode sinar UV-C ini dilakukan berdasarkan kondisi ruang kantor. Desain penerapan tersebut sangat penting dalam menentukan jumlah dan tata letak lampu UV-C yang akan dipasang. Hasil desain ini mempengaruhi dosis yang tepat dan efektivitas disinfeksi penyinaran UV-C.

 “Datascrip memberikan solusi pemasangan lampu UV-C Signify dengan menerapkan prosedur keamanan dan keselamatan ketat yang didukung dengan teknologi smart control. Prosedur ini meminimalisir kemungkinan adanya human error saat digunakan,” ucap Sylvia Lionggosari, Business Unit Director pt. Datascrip.


Sistem Keamanan Proses Penyinaran UV-C

Tak hanya sebatas desain, Datascrip juga menerapkan sistem keamanan pengoperasiannya. Warning light atau lampu peringatan yang menyala menjadi indikator ruangan sedang dalam proses penyinaran UV-C. Jika pengguna tak menyadari adanya lampu peringatan, maka sistem akses menjaga keamanan dengan mengunci pintu. Penguncian pintu tersebut mencegah orang masuk ke ruangan.

Sistem penyinaran UV-C ini juga menggunaan sensor deteksi kehadiran yang dapat otomatis mematikan lampu UV-C saat kunci pintu terbuka. Sensor gerak pada sistem ini mencegah lampu UV-C menyala ketika masih mendeteksi ada orang di dalam ruangan.

Penerapan lampu UC-V di Ruang Kerja Kantor

Datascrip juga akan menerapkan sistem pengendalian cerdas atau smart control untuk otomatis mengatur waktu dan durasi penyinaran. Sistem ini juga bisa memantau waktu penyinaran, pengendalian dan pendeteksian orang yang masuk ke dalam ruangan. Peningkatan sistem keamanan juga bisa dilakukan sistem smart control dengan mengintegrasikan access control dan sensor.

Di lingkungan kantor, sinar UV-C bisa diterapkan pada area kerja, ruang rapat dan ruang tertutup lainnya.  Penerapan metode penyinaran UV-C yang sesuai prosedur keamanan dan keselamatan memungkinkan karyawan bekerja dengan produktif, aman dan sehat. Disinfeksi dengan sinar UV-C bisa mencegah penularan COVID-19 dan penularan penyakit lain yang disebabkan virus, bakteri atau jamur. Kualitas udara di ruang kerja pun lebih baik dan segar berkat penerapan disinfeksi dengan UV-C ini.

Solusi General Lighting dari Signify

Selain solusi penyinaran UV-C, Datascrip juga menyediakan solusi general lighting dari Signify. Solusi ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan penerangan yang hemat energi, dinamis, smart dan terkoneksi. Penerangan ini dapat diterapkan di dalam ruangan, luar ruangan dan gedung. Sektor yang bisa memanfaatkan solusi ini mencakup perkantoran, pendidikan, perindustrian, hotel sampai fasilitas umum seperti bandar udara dan transportasi publik.

Share:

Artikel Terkini