Dompet Digital DANA Sandang Sertifikasi Keamanan ISO 27001:2013 Dompet Digital DANA Sandang Sertifikasi Keamanan ISO 27001:2013 ~ Teknogav.com

Dompet Digital DANA Sandang Sertifikasi Keamanan ISO 27001:2013



Teknogav.com – Berbagai fitur proteksi dan penerapan sistem keamanan berstandar internasional terus diterapkan dompet digital DANA. Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk terus memperkuat sistem keamanan sehingga meningkatkan keperceyaan pelanggan dan mitra DANA. Pada Desember 2020, DANA telah mengantongi sertikasi ISO 27001:2013.

Sertifikasi ISO 27001:2013 merupakan standar internasional dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi (information Security Management System/ISMS). International Organization for Standardization (ISO) merupakan lembaga yang menerbitkan sertifikasi standar ISO 27001:2013 tersebut. Penerbitan tersebut dilakukan berkolaborasi dengan International Electrotechnical Commission yang  (IEC) yang kemudian diadopsi menjadi Standar Nasional Indonesia. Tujuan dari standarisasi ini adalah untuk meningkatkan keamanan informasi pelanggan.

Baca juga: Sandang Sertifikasi ISO 27001, Blibli.com Tekankan Pentingnya Keamanan Data

“ISO 27001:2013 merupakan salah satu standar yang menjadi best practice dalam hal pengelolaan keamanan informasi oleh organisasi-organisasi besar di dunia. Tidak mudah ntuk mendapatkan sertifikasi ini karena harus melalui proses audit ketat oleh auditor yang tersertifikasi. Hal Ini menjadi bukti komitmen DANA dalam menjamin keamanan data informasi pelanggan, termasuk mitra DANA Bisnis,” ucap Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA.

Penerapan standar keamanan tersebut juga sebagai bagian kepatuhan DANA pada regulasi pemerintah. Regulasi tersebut adalah Peraturan Badan Siber dan Sandi Negara No. 8 tahun 2020 mengenai Sistem Pengamanan dan Penyelenggaraan Sistem Elektronik dan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia No. 4 tahun 2016 mengenai Sistem Manajemen Pengamanan Informasi.

Baca juga: DANA Perbarui Sertifikasi PCI-DSS Demi Perkuat Keamanan

Pada Oktober 2020, DANA sudah memperoleh sertifikasi PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard). PCI-DSS merupakan standar keamanan informasi bagi organisasi yang menangani bank penerbit kartu dan jaringan kartu pembayaran. Kartu-kartu pembayaran tersebut mencakup American Express, Discover, JCB, MasterCard dan Visa. Keberadaan sertifikasi ISO 2700:2013 menjadi pelengkapl sistem keamanan DANA mendampingi sertifikasi tersebut.

Sertifikasi ISO 27001:2013 ini menjadi penanda bahwa DANA sudah menerapkan metode komprehensif dan memenuhi persyaratan keamanan ketat. Persyaratan tersebut mencakup pengelolaan risiko keamanan dari proses bisnis yang berhubungan dengan data pelanggan. Keberadaan sertifikasi tersebut diharapkan akan lebih meyakinkan seluruh pelanggan dan mitra yang berhubungan dengan bisnis DANA.

Baca juga: Fitur Face Login Sekarang Bisa Digunakan Seluruh Akun DANA

Peningkatan keamanan pun terus dilakuakn DANA dengan mengembangkan teknologi dan inovasii. DANA juga menyajikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya. Salah satu fitur yang memadukan kemudahan dan keamanan adalah penarikan uang melalui pemindaian wajah atau Face Verification. Fitur ini berlaku bagi pengguna DANA Bisnis untuk mendukung kegiatan usahanya dan sebagai upaya mencegah jual beli akun antar pengguna.

Share:

Artikel Terkini