Ericsson Hadirkan Solusi Massive MIMO Terkini demi Percepat Peluncuran 5G Ericsson Hadirkan Solusi Massive MIMO Terkini demi Percepat Peluncuran 5G ~ Teknogav.com

Ericsson Hadirkan Solusi Massive MIMO Terkini demi Percepat Peluncuran 5G

Teknogav.com - Berbagai upaya telah dilakukan Ericsson untuk mempercepat peluncuran jaringan 5G pada pita frekuensi sedang. Tiga radio baru diluncurkan Ericsson sebagai anggota portofolio Massive MIMO mereka. Selain itu Ericsson juga menghadirkan enam produk RAN Compute untuk mengembangkan portofolio RAN Compute. Solusi-solusi tersebut menggunakan chipset Ericsson Silicon yang lebih optimal untuk jaringan hemat energi berkinerja tinggi dan rendah jejak karbon.

Jarak jangkauan, kecepatan dan kapasitas antara pita frekuensi rendah dan pita frekuensi tinggi dijembatani oleh pita frekuensi sedang ini. Pemanfaatan spektrum pita sedang jaringan 5G dalam skala besar dapat menyajikan pengalaman 5G yang matang bagi konsumen dan perusahaan.

Operator telekomunikasi dapat menggunakan spektrum pita sedang baru untuk memanfaatkan aset spektral 5G yang dimiliki dalam menyelenggarakan layanannya. Pengalaman yang lebih responsif bagi pelanggan broadband seluler pun dapat dirasakan melalui layanan yang cepat dan efisien.

Baca juga: Ericsson Cloud RAN Buka Peluang Bisnis dan Beragam Penggunaan 5G

“Setelah peluncuran pertama jaringan 5G, sekarang adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan 5G. Hal ini dapat dilakukan menggunakan Massive MIMO ke tingkat yang jauh lebih luas. Portofolio baru kami memungkinkan penyedia layanan komunikasi dapat mempercepat pengimplementasian pita sedang mereka secara efisien. Mereka pun dapat menyajikan keandalan kinerja bagi pelanggan sambil mengurangi konsumsi energi,” ucap Per Narvinger, Head of Product Area Networks Ericsson. 

Massive MIMO

Ericsson memiliki portofolio Massive MIMO 5G yang dikenal memiliki bobot ringan yang dirancang untuk memudahkan penerapan pita sedang bagi operator. Jajaran radio pita sedang Massive MIMO tersebut merupakan bagian dari portofolio Antenna-Integrated Radio (AIR). Solusi terkininya adalah radio Massive MIMO 64T yang bobotnya 20 kg saja. Bobot tersebut 45% lebih ringan dibandingkan generasi sebelumnya. Perangkat tersebut juga 20% lebih hemat energi dengan pendinginan pasif untuk mengurangi biaya perawatan.

Baca juga: Solusi Hybrid AIR dan Interleaved AIR Ericsson Siap Tingkatkan 5G

“Peluncuran portofolio ini dilakukan pada saat yang tepat, karena para operator sedang berpaling untuk memanfaatkan spektrum pita sedang 5G. Radio Massive MIMO dari Ericsson unggul di industri karena bentuknya yang ringkas dan ringan, sehingga membantu operator mengatasi tantangan pengimplementasian. Selain itu, stabilitas dan kekuatan strategi silikon khusus Ericsson juga membedakannya,” ucap Ed Gubbins, Principal Analyst GlobalData.

Penerapan radio baru ini siap menyediakan jaringan 5G yang menyajikan pengalaman penggunaan 5G secara menyeluruh bagi pelanggan. Kapasitas pun bisa ditingkatkan sampai lebih dari tiga kali lipat dengan jejak karbon yang rendah. Penggunaan radio bisa diterapkan pada gedung pencakar langit di perkotaan sampai wilayah pinggiran kota dan pedesaan.

RAN Compute

Ericsson memperkenalkan enam produk terkini untuk meningkatkan portofolio RAN Compute. Produk-produk tersebut meningkatkan efisiensi energidan juga fleksibel. Efisiensi tersebut dapat menghasilkan kapasitas implementasi 50% lebih tinggi dan konsumsi energi sekitar 15%-20% lebih rendah. Keenam produk tersebut mencakup opsi di dalam dan luar ruangan untuk perluasan jangkauan 4G dan peluncuran 5G di pita sedang.

Baca juga: GSMA Dukung Indosat Ooredoo Uji Teknologi OpenRAN

Ericsson Silicon

Produk-produk terkini dalam portofolio Massive MIMO dan RAN Compute tersebut ditenagai oleh Ericsson Silicon. Arsitektur chipset tersebut menyediakan radio Massive MIMO dengan perkiraan channel secara real time dan beamforming dengan ketelitian sangat akurat. Kemampuan tersebut memungkinkan cakupan dan pengalaman pelanggan yang lebih luas. Demi memastikan perlindungan software dan data sensitif, perancangan bersama silikon yang ketat dan arsitektur hardware pun terintegrasi dengan keamanan tambahan.

Share:

Artikel Terkini