Beberapa Aplikasi Android Mengalami Force Close, Ini Cara Mengatasinya Beberapa Aplikasi Android Mengalami Force Close, Ini Cara Mengatasinya ~ Teknogav.com

Beberapa Aplikasi Android Mengalami Force Close, Ini Cara Mengatasinya


Teknogav.com – Sebagian pengguna smartphone Android mungkin mengalami beberapa aplikasi di smartphone mereka tiba-tiba menutup sendiri. Beberapa aplikasi tersebut mencakup Gmail, Yandex, Binance, Amazon dan Twitter. Tak perlu risau, karena kesalahan bukan pada smartphone, biang keladinya adalah pembaruan yang diberikan oleh Android System Webview.


Masalah aplikasi yang menutup paksa sendiri banyak dialami pengguna secara global. Changpeng Zao, founder dan juga CEO Binance pun mengungkap masalah tersebut melalui cuitan di akun Twitter @CZ_Binance. Pada cuitannya dijelaskan bahwa solusi sementara untuk bisa membuka aplikasi dengan normal adalah dengan melakukan uninstall pembaruan Android System Webview. Android System Web memungkinkan aplikasi Android untuk menampilkan konten web

Baca juga: Tips Mining Bitcoin dengan Aplikasi CryptoTab Browser

Cara untuk melakukan uninstall pembaruan terakhir, masuk ke menu Setting di smartphone Android. Biasanya menu Setting dapat diakses dengan menekan ikon yang menyerupai roda gigi. Ikon ini bisa ditemukan dalam menu aplikasi keseluruhan atau dengan mengusap layar ke  bawah. Setelah masuk menu Setting, cari ‘Apps’ atau ‘Applications’. Kemudian pilih ‘All Apps' dan tekan  ‘Android System Webview’. Kemudian akses pengaturan aplikasi tersebut dengan menekan tiga titik di pojok kanan atas dan pilih ‘uninstall updates’.

Baca juga: Atasi Risiko Kerentanan yang Diungkap Trend Micro, SHAREit Rilis Patch

Selain itu untuk uninstall Android System Webview juga bisa dilakukan melalui Google  Play dengan membuka bagian ‘installed apps’. Temukan aplikasi tersebut dan tekan uninstall untuk menyingkirkan pembaruan terakhir dan aplikasi akan segera pulih. Solusi ini mungkin bukan yang terbaik mengatasi masalah, tetapi sementara merupakan pilihan yang bisa diambil agar aplikasi berjalan normal kembali.

Google sendiri sudah mengetahui masalah ini dan sedang melakukan investigasi masalahnya. Perbaikan telah diluncurkan oleh Google dan pengguna bisa melakukan pembaruan melalui aplikasi sistem ini melalui Google Play. 

Baca juga: Amazon DevOps Guru, Otomatis Deteksi Masalah Operasional pada Aplikasi

Permintaan maaf atas ketidaknyamanan disampaikan oleh Google setelah berhasil  mengatasi masalah tersebut. Google juga mengungkapkan bahwa keandalan sistem merupakan priorita utama Google. Mereka akan terus melakukan perbaikan untuk membuat sistem mereka lebih baik. Kini melakukan pembaruan Android System WebView dan Google Chrome melalui Google Play juga dapat mengatasi masalah tersebut bagi seluruh pengguna.

Cara untuk menginstal kembali Android System WebView dapat dilakukan melalui Google Play. Cari Android System WebView, kemudian tekan Update. Lakukan hal yang sama untuk Google Chrome.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email