Hasil Benchmarking Laptop Gaming ASUS TUF Dash F15 (FX516) Hasil Benchmarking Laptop Gaming ASUS TUF Dash F15 (FX516) ~ Teknogav.com

Hasil Benchmarking Laptop Gaming ASUS TUF Dash F15 (FX516)

Teknogav.com – Saat ini laptop modern dibutuhkan pelajar dan mahasiswa, apalagi kondisi pandemik mengharuskan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara online. Laptop pun menjadi perangkat untuk membantu mereka berkarya dan tentu saja bermain game. Nah, seberapa tangguh laptop ASUS TUF Dash F15 (FX516) dalam memenuhi segala kebutuhan tersebut? Yuk simak ulasan lengkap mengennai kemampuan laptop gaming ini, lengkap dengan hasil benchmarking yang dilakukan.

Dalam berkarya kreatif dan juga bermain game, tentu saja dibutuhkan spesifikasi lebih dari laptop standar untuk belajar. Kebutuhan ini dapat dipenuhi oleh laptop gaming, sayangnya bobot laptop gaming rata-rata cukup berat, sehingga agak menghambat mobilitas. Demi mengatasi hal tersebut, ASUS TUF Dash F15 (FX516) hadir dalam desain ringkas dan bobot cukup ringan. Berbagai fitur yang diusungnya menjadikan laptop ini sebagai laptop all-rounder untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Baca juga: ASUS TUF Dash F15 (FX516), Laptop Gaming Tangguh yang Tipis

Desain Ringkas dan Ringan Dukung Mobilitas

Bodi TUF Dash F15 (FX516) cukup tipis, hanya 1,99 cm dengan bobot 2 kg. Penggunaan bezel yang tipis pada layar berukuran 15 inci pun membuat laptop ini tergolong ringkas. Desain ini memudahkan untuk dibawa bepergian. Nuansa high tech tercermin pada pilihan warna Moonlight White laptop ini, sementara warna Eclipse Gray membuat laptop terlihat elegan. Pada bagian belakang layar terdapat ornamen logo baru dan tulisan TUF yang bernuansa modern.

Jika laptop lain menggunakan cat minyak, maka TUF Dash F15 (FX516) terlihat lebih menarik dengan lapisan cat khusus EcoShine Paint. Warna pada bodi TUF Dash F15 (FX516) lebih tahan lama berkat empat lapisan cat khusus tersebut. Salutnya lagi, EcoShine Paint ini lebih ramah lingkungan lho.

Tak hanya warna yang bisa bertahan lebih lama, TUF Dash F15 (FX516) bahkan tahan banting. Durabilitas laptop gaming ini dijamin oleh sertifikasi uji ketahanan berstandar militer Amerika Serikat (MIL-STD 810H). Berbagai uji ketahanan ekstrem pun berhasil dilewati laptop gaming ini. Pengujian tersebut termasuk uji jatuh dan pengoperasian di suhu ekstrem. Durabilitas TUF Dash F15 (FX516) ini memungkinkan untuk penggunaan di dalam dan luar ruangan sesuai kebutuhan pelajar dan mahasiswa.

keyboard pada ASUS TUF Dash F15 (FX516)

Keyboard juga dirancang untuk nyaman digunakan mengetik dan bermain game. Kesan futuristik pun ditampilkan oleh backlight berwarna biru pada keyboard. Key travel keyboard ini 1,7 mm dan tahan ditekan 20 juta kali, sehingga menjadikan keyboard terbaik di kelasnya.

Mantapnya lagi, TUF Dash F15 (FX516) menggunakan pop-up screw yang memudahkan membuka panel bawah laptop. Kemudahan ini mendukung upgrade yang biasa dilakukan gamer. Upgrade ini bisa dilakukan untuk menyisipkan media penyimpanan dengan slot PCIe M.2 dan RAM DDR4 3200 MHz.


All-Rounder

Maksud dari laptop gaming all-rounder adalah laptop dengan kemampuan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan kegiatan. Kebutuhan ini tak hanya sekadar pengolahan dokumen dan tugas dari kampus, browsing dan menikmati konten multimedia, tetapi juga untuk berkarya. Kemampuan dalam berkarya kreatif ini berkat dukungan fitur-fitur yang menunjang para pembuat konten. Fitur tersebut mencakup layar dengan reproduksi warna sampai 100% rentang warna pada color space sRGB.

Mobilitas untuk mendukung kegiatan on-the-go pun didukung oleh layar yang memiliki rasio layar-ke-bodi cukup besar, yaitu 81%. Rasio yang cukup tinggi tersebut berkat keberadaan bezel yang tipis di sekitar layar, yaitu 6,2 mm.

ASUS TUF Dash F15 (FX516)

Baca juga: Laptop Gaming ASUS TUF Dash F15, Presisi dan Ngebut

Kebutuhan gaming pun dipenuhi dengan refresh rate layar sampai 240 Hz dan waktu respon layar 3 milidetik. Apalagi layar game juga sudah dilengkapi dengan teknologi Adaptive Sync yang menyingkirkan efek stuttering dan tearing. Kemampuan layar tersebut menujang kegiatan bermain game esports dengan nyaman.

Kinerja Penunjang Produktivitas

Prosesor pada TUF Dash F15 (F516) ini adalah Intel Core H-Series generasi ke-11, yaitu Intel Core i7-11370H. Konfigurasi prosesor menggunakan empat inti dan delapan thread untuk menunjang kinerja laptop all-rounder. Sementara kinerja grafis ditunjang oleh GPU terintegrasi, Intel Iris Xe yang hemat daya dengan kinerja baik. Kemampuan GPU Intel Iris Xe ini pas digunakan saat laptop gaming ini tak terhubung ke sumber listrik. TUF Dash F15 (FX516) ini juga dilengkapi teknologi GPU Boost untuk meningkatkan clockspeed sehingga kinerja grafis pun lebih tinggi. GPU Boost ini bisa diaktifkan melalui mode Turbo di aplikasi Armoury Crate yang merupakan pusat pengendali semua fitur.

Jika ingin mendapatkan kinerja grafis lebih prima, maka gunakan adapter charger pada paket TUF Dash F15 (FX516). Charger tersebut dirancang untuk memasok daya ke GPU NVIDIA GeForce RTX 3000 series terkini pada laptop gaming tersebut. Saat ini ada dua pilihan varian TUF Dash F115 (FX516) berdasarkan kartu grafis tambahan. Kedua pilihan kartu grafis tambahan tersebut adalah NVIDIA GeForce RTX 3060 dan NVIDIA GeForce RTX 3070.

Kinerja laptop ini pun ditunjang oleh RAM DDR4 3200 MHz dengn kapasitas sampai 16 GB sehingga mendukung laptop melakukan multitasking. Kegesitan TUF Dash F15 (FX516) ini pun didukung media penyimpanan SSD PCIe NVMe M.2 dengan kapasitas sampai 1 TB.

Baterai pada laptop gaming ini  juga menunjang produktivitas dengan daya yang awet  untuk mendampingi berbagai kegiatan seharian. Kapasitas baterai ini 76 Whrs dan berdasarkan benchmarking PCMark Battery Benchmark di mode Modern Office,  baterai mampu bertahan 10 jam. Kemampuan tersebut di atas kemampuan rata-rata baterai laptop gaming, bahkan menyaingi laptop non-gaming.

benchmarking PCMark Battery Benchmark di mode Modern Office, 

Ketika melakukan konferensi video atau berkomunikasi saat bermain game menggunakan mikrofon, maka suara yang dikirimkan akan terdengar lebih jelas. Ini berkat teknologi Two-Way AI Noise Cancelling pada TUF Dash F15 (FX516) yang mampu menyingkirkan suara latar. Teknologi ini juga terintegrasi dengan Armoury Crate.


Konektivitas Lengkap

Port yang tersedia pada TUF Dash F15 (FX516) ini cukup lengkap dengan kehadiran port standar dan juga port modern. Konektivitas dengan port standar mencakup USB tipe-A, HDMI, LAN dan jack audio 3,5 mm. Konektivitas nirkabel pada TUF Dash F15 (FX516) sudah menggunakan Wi-Fi 6 yang kecepatannya lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya. 

port pada sisi kanan ASUS TUF Dash F15 (FX516)
port pada sisi kiri ASUS TUF Dash F15 (FX516)

Port modern yang tersedia mencakup Thunderbolt 4 yang mendukung teknologi display output dan power delivery. Kemampuan ini memungkinkan untuk menghubungkan berbagai perangkat ke laptop gaming ini. Berbagai perangkat tersebut mencakup media penyimpanan eksternal, adapter jaringan, pen tablet dan lain-lain. Gamer pun bisa menghubungkan dengan keyboard dan mouse tambahan berkat keberadaan 3 port USB tipe-A.

Teknologi Thunderbolt 4 juga mendukung power delivery yang berarti bisa mengisi daya baterai dengan adapter berukuran lebih kecil. Fitur fast charging pada TUF Dash F15 (FX516) juga mendukung pengisian baterai dari kondisi kosong sampai 50% hanya 30 menit. Tentu saja pengisian
daya cepat ini harus menggunakan adapter charger yang tersedia dalam paket pembelian.

Sistem Pendingin

Kinerja laptop yang tinggi tentu bisa menimbulkan panas, sehingga dibutuhkan sistem pendingin yang mumpuni. TUF Dash F15 (FX516) menggunakan sistem pendingin Intelligent Cooling yang disertai berbagai teknologi terkini. Udara bisa mengalir lebih baik berkat kipas 83 bilah dan juga lebih hening. 

Teknologi canggih lain adalah Enhanced Self-Cleaning Cooling untuk mencegah tersangkutnya debu dan partikel kecil di sistem pendingin. Pencegahan ini mampu meningkatkan kinerja sampai 15%. Selain itu tersedia juga CoolZone keyboard yang dirancang khusus di sistem pendingin untuk mendinginkan zona di sekitar keyboard.

Perpaduan lima heatpipe khusus yang terhubung dengan heatsink di empat jalur pembuangan udara digunakan untuk mendinginkan CPU dan GPU. Heatsink tersebut memiliki 205 sirip untuk melepas panas lebih efektif. Kinerja pendinginan laptop gaming ini pun dibuktikan pada stress test menggunakan 3DMark TimeSpy. Hasil benchmark tersebut menunjukkan bahwa CPU TUF Dash F15 (FX516) dapat beroperasi pada rata-rata di bawah 70°C.

3DMark TimeSpy Stress Test (20 loop)

Baca juga: ASUS TUF Gaming FX506 Tangguh dengan AMD Ryzen 4000 Series

Berikut ini hasil benchmarking TUF Dash F15 (FX516) dengan NVIDIA GeForce RTX 3070, RAM 16 GB dan SSD 1 TB.

Benchmarking Cinebench R15

Benchmarking Cinebench R23

Benchmarking CrystalDiskMark 7 Storage Test
Benchmarking PCMark 10 Performance Test

Benchmarking 3D Mark Graphic Test
 
Benchmarking NVIDIA DLSS Test

Assassin's Creed: Valhalla Benchmark (Ultra High)

Watch_Dogs: Legion Benchmark (Ultra High)
 
Tom Clancy’s: The Division 2 (Ultra High Benchmark)

Harga dan Ketersediaan

TUF Dash F15 Dash 15 Dash F15 (FX516) dibanderol dengan harga mulai Rp21.999.000. Pembelian dapat dilakukan melalui beberapa e-commerce berikut ini:


https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ASUS TUF Dash F15 (FX516) di Blibli
Klik untuk membeli ASUS TUF Dash F15 (FX516) di Shopee
Klik untuk membeli ASUS TUF Dash F15 (FX516) di Bukalapak
Klik untuk membeli ASUS TUF Dash F15 (FX516) di Tokopedia

Spesifikasi ASUS TUF Dash F15 (FX516)

CPU

Intel® Core™ i7-11370H Processor 3.3 GHz (12M Cache, up to 4.8GHz)

Sistem Operasi

Windows 10 Home with Office Home & Student 2019 Pre-Installed

Memori

SO-DIMM DDR4-3200 16 GB (2x8 GB)

SO-DIMM DDR4-3200 8 GB

Media Penyimpanan

SSD NVMe™ PCIe® 3.0 M.2 1 TB  

SSD NVMe™ PCIe® 3.0 M.2 512 GB

Layar

15.6" (16:9) IPS-level FHD (1920 x 1080), sampai 300 nits, sampai 100% sRGB, up to 240 Hz 3 ms

Grafis

NVIDIA® GeForce RTX™ 3070

NVIDIA® GeForce RTX™ 3060

Integrated Intel® Iris® Xᵉ Graphics

Input/Output

3x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x Type C USB 4 with Power Delivery, Display Port and Thunderbolt™ 4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, LAN

Konektivitas

Intel Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax)+Bluetooth 5.1 (Dual band) 2*2

Audio

2x 2W speaker with DTS Surround

Baterai

76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimensi

36.0 x 25.2 x 1.99 ~ 1.99 cm

Bobot

2 kg

Warna

Moonlight White, Eclipse Gray

Garansi

2 tahun garansi global

Harga

Rp21.999.000 (Core i7-11370H/RTX3060/8GB RAM/512GB PCIe SSD/144Hz)

Rp30.999.000 (Core i7-11370H/RTX3070/16GB (2x8GB) RAM/1TB PCIe SSD/240Hz)

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email