ASUS TUF Dash F15 (FX516), Laptop Gaming Tangguh yang Tipis ASUS TUF Dash F15 (FX516), Laptop Gaming Tangguh yang Tipis ~ Teknogav.com

ASUS TUF Dash F15 (FX516), Laptop Gaming Tangguh yang Tipis

Teknogav.com - Setelah diperkenalkan pada ajang CES 2021, ASUS pun menghadirkan TUF Dash F15 (FX516) dengan Intel Core Gen ke-11 di Indonesia. Ini merupakan laptop gaming pertama yang dibekali Intel Core H-Series Gen ke-11. Laptop ini pun sudah lolos uji ketahanan berstandar militer yang merupakan keandalan utama laptop gaming ASUS TUF. Hal ini menjadikan TUF Dash F15 (FX516) sebagai laptop gaming yang tangguh.

“Kami mengerti kebutuhan para pengguna laptop gaming saat ini, khususnya pelajar dan mahasiswa. Mereka menggunakan laptop gaming untuk bermain game dan berkegiatan sehari-hari, seperti mengerjakan tugas kampus, hingga berkarya. Banyak hal positif yang bisa dilakukan laptop gaming. TUF Dash F15 (FX516) adalah laptop gaming yang dirancang khusus untuk menemani mereka sehari-hari. Selain tangguh, ringkas, dan ringan, laptop gaming terbaru ini juga sangat powerful dalam hal performa sekaligus dilengkapi dengan fitur melimpah. TUF Dash F15 (FX516) adalah laptop gaming paling fleksibel saat ini,” ucap Jimmy Lin, Regional Director ASUS Southeast Asia. 

Baca juga: Laptop Gaming ASUS TUF Dash F15, Presisi dan Ngebut

Layar

TUF Dash F15 (FX516) menggunakan layar berukuran 15 inci. Bezel tipis di sekeliling layar yang hanya 6,2 mm membuat rasio layar-ke-bodi cukup besar, yaitu 81%. Layar ini mempunyai jangkauan warna sampai 100% pada color space sRGB, sehingga reproduksi warnanya menunjang produktivitas pembuatan konten. Lapangnya layar dan tajamnya reproduksi warna yang akurat membuat laptop gaming ini nyaman untuk menikmati konten multimedia dan mengerjakan tugas.

ASUS TUF Dash F15 (FX516)

Refresh rate layar cukup tinggi sampai 240 Hz dengan waktu respon 2 milidetik. Kemampuan ini mumpuni untuk bermain game esports. Apalagi tersedia juga teknologi Adaptive Sync yang menyingkirkan efek stuttering dan tearing untuk menambah kenyamanan bermain game.

Baca juga: Teknologi Layar Inovatif Jadi Andalan Laptop Gaming ROG Tahun 2021

Kinerja Prima

Baik bermain game ataupun berkreasi, semuanya tidak akan terpenuhi jika TUF Dash F15 (FX516) tidak dilengkapi dengan hardware dan spesifikasi terbaru dan terbaik. TUF Dash F15 (FX516) merupakan salah satu laptop gaming yang telah menggunakan prosesor 11th Gen Intel Core H-Series, tepatnya Intel Core i7-11370H. Tentu saja prosesor tersebut sudah dilengkapi dengan GPU terintegrasi Intel Iris Xᵉ yang memiliki performa cukup bagus dan hemat daya, atau cocok digunakan saat TUF Dash F15 (FX516) tidak terhubung dengan sumber listrik.

Selain Intel Iris Xᵉ Graphics, TUF Dash F15 (FX516) juga dibekali dengan GPU tambahan dengan opsi hingga NVIDIA GeForce RTX 3070. GPU terbaru dari NVIDIA tersebut memastikan TUF Dash F15 (FX516) tidak hanya dapat menjalankan seluruh game PC terkini, tetapi juga membuat aplikasi kreatif seperti video editing dapat berjalan lebih gesit.

ASUS TUF Dash F15 (FX516)

Agar performa grafisnya dapat didongkrak lebih jauh lagi, TUF Dash F15 (FX516) telah hadir dengan teknologi GPU Boost yang memungkinkan GPU untuk berjalan di atas clockspeed standar sehingga dapat menghadirkan performa grafis yang lebih baik. GPU Boost dapat diaktifkan melalui mode Turbo di aplikasi Armoury Crate.

CPU dan GPU tentu bukan hanya satu-satunya kombinasi komponen yang membuat TUF Dash F15 (FX516) memiliki performa kencang. Penyimpanan berupa M.2 NVMe PCIe SSD berkapasitas hingga 1TB di laptop gaming ini jelas membuat performanya makin lincah. Ditambah dengan RAM DDR4 3200MHz berkapasitas hingga 16GB, TUF Dash F15 (FX516) juga merupakan mesin yang dapat diandalkan untuk kebutuhan multitasking.


Desain TUF Dash F15 (FX516)

Ketebalan TUF Dash F15 (FX516) masih tergolong tipis untuk ukuran laptop gaming, sekitar 1,99 cm. Desainnya pun portabel dengan bobot hanya 2 kg sehingga tak terlalu berat ketika dibawa bepergian. TUF Dash F15 (FX516) terdiri dari dua pilihan warna. Pilihan tersebut adalah Moonlight White yang memberi kesan high tech dan Eclipse Gray yang elegan. Kedua pilihan dilengkapi ornamen logo baru dan tulisan TUF yang memberi kesan modern di bagian belakang layar.

ASUS TUF Dash F15 (FX516)

Desain keyboard pun dirancang agar nyaman untuk digunakan mengetik dan bermain game. Key travel tombol keyboard ini 1,7 mm dan kuat untuk penggunaan 20 juta kali tekan. Selain itu pada keyboard juga terdapat backlight berwarna Blot Blue yang memperkuat kesan futuristik. Desain pop-up screw pada laptop gaming ini memungkinkan untuk melepas panel bawah laptop dengan mudah. Pengguna pun bisa lebih mudah melakukan upgrade pada TUF Dash F15 (FX516) ini.  Upgrade bisa dilakukan pada media penyimpanan yang menggunakan slot PCIe dan M.2, serta DDR4 RAM 3200 Mhz.

Durabilitas

Sertifikasi MIL-STD 810H telah disandang TUF Dash F15 (FX516) setelah berhasil lolos berbagai uji ketahanan militer. Laptop gaming ini pun telah melewati berbagai uji ketahanan ekstrim seperti uji jatuh dan pengoperasian pada suhu ekstrem. Ketangguhan tersebut membuatnya tahan untuk penggunaan di dalam dan luar ruangan.

Kinerja Prima

Prosesor yang digunakan pada TUF Dash F15 (FX516) adalah Intel Core H-Series generasi ke-11, yaitu Intel Core i7-11370. Kinerja prosesor tersebut didampingi GPU Intel Iris Xᵉ untuk menunjang kemampuan grafis.  Prosesor grafis ini cukup hemat daya sehingga laptop bisa menyala lebih lama walau tak terhubung dengan sumber listrik. Selain itu tersedia juga opsi GPU tambahan sampai NVIDIA GeForce RTX 3070. GPU ini memastikan seluruh game PC terkini dan berbagai aplikasi kreatif seperti penyuntingan video bisa dilakukan pada laptop ini.  

Kinerja grafis GPU pun bisa lebih ditingkatkan dengan teknologi GPU Boost untuk meningkatkan clockspeed di atas kecepatan dasar. Boost ini bisa diaktifkan dari aplikasi Armoury Crate dengan memilih mode Turbo sehingga kinerja grafis pun lebih baik. Armoury Crate merupakan aplikasi pusat pengendali kinerja dan semua fitur di TUF Dash F15 (FX516). Kinerja prosesor juga didukung RAM DDR4 3200 MHz dengan kapasitas sampai 16 GB sehingga menunjang multitasking. Sementara media penyimpanan TUF Dash F15 (FX516) ini mengandalkan SSD PCIe NVMe M.2 dengan kapasitas sampai 1 TB. 

Baca juga: ASUS TUF Gaming FX506 Tangguh dengan AMD Ryzen 4000 Series

Daya pada baterai pun dapat bertahan lama dengan kapasitas baterai 76 Whrs untuk mendampingi melakukan berbagai kegiatan. Fitur fast charging mendukung pengisian daya dari kosong sampai setengah penuh hanya dalam 30 menit. Pengisian daya cepat ini bisa menggunakan adapter yang tersedia dalam paket penjualan.

Sistem Pendingin

Kinerja gaming yang disajikan TUF Dash F15 (FX516) didukung sistem pendingin Intelligent Cooling yang didukung berbagai teknologi terkini. Teknologi tersebut dapat mengalirkan udara lebih baik berkat kipas yang menggunakan 83 bilah yang tak berisik. Sistem pendingin ini bisa terjaga agar tak ada debu dan partikel kecil yang menyangkup dengan metode Enhanced Self-Cleaning Cooling. Itur tersebut juga meningkatkan kinerja sampai 15%. Desain khusus sistem pendingin juga mampu menjaga zona di sekitar keyboard tetap dingin.

Konektivitas

Produktivitas pun ditunjang TUF Dash F15 (FX516) dengan konektivitas yang canggih dan lengkap. Port yang tersdia mencakup HDMI, USB tipe-A, USB tipe-C, LAN dan jack audio 3,5 mm. Tiga port USB tipe-A yang tersedia juga memungkinkan untuk menghubungkan mouse, keyboard dan perangkat lain sekaligus demi memanjakan gamer.

Teknologi Thunderbolt 4 pada USB tpe C mendukung teknologi display output dan power delivery untuk pengisian daya. Koneksi ke berbagai perangkat pun didukung teknologi tersebut, seperti koneksi ke adapter jaringan, pen tablet, penyimpanan eksternal dan lain-lain. 

Konektivitas nirkabel pada TUF Dash F15 (FX516) juga ditingkatkan dengan penggunaan Wi-Fi 6 yang lebih kencang dan stabil. Tentunya hal ini dapat memastikan untuk bisa tetap terhubung ke internet sehingga menunjang produktivitas. Ketika berkomunikasi, baik saat melakukan panggilan atau berkomunikasi dalam game, tersedia teknologi Two-Way AI Noise Cancelling untuk menyingkirkan kebisingan latar. Teknologi ini memungkinkan suara pengguna bisa terdengar lebih jelas saat berkomunikasi.

Harga dan Ketersediaan

TUF Dash F15 (FX516) dibanderol dengan harga mulai Rp21.999.00. Harga tersebut untuk varian dengan RAM 8 GB dan refresh rate 144 Hz. Sementara itu media penyimpanan menggunakan SSD PCIe berkapasitas 512 GB. Tersedia juga varian dengan RAM berkapasitas lebih besar dan refresh rate layar lebih tinggi dengan harga Rp30.999.000. Pembelian dapat dilakukan pada beberapa e-commerce berikut ini.

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ASUS TUF Dash F15 (FX516) di Blibli
Klik untuk membeli ASUS TUF Dash F15 (FX516) di Shopee
Klik untuk membeli ASUS TUF Dash F15 (FX516) di Bukalapak
Klik untuk membeli ASUS TUF Dash F15 (FX516) di Tokopedia


ASUS juga menyediakan TUF Warrior Pack secara cuma-cuma dengan memantau media sosial para influencer TUF Dash F15 di Instagram. TUF Warrior Pack adalah merchandise eksklusif yang dihadiran secara terbatas. Beberapa pada influencer tersebut adalah AdityalogyAnisarahim, Alexander EntruvBensasakDesy Genoveva, MatchameiMeutia AmandaShanju, Thaliaivanka, dan Xxmtthwkm.

TUF Warrior Pack

Spesifikasi ASUS TUF Dash F15 (FX516)

CPU

Intel® Core™ i7-11370H Processor 3.3 GHz (12M Cache, up to 4.8GHz)

Sistem Operasi

Windows 10 Home with Office Home & Student 2019 Pre-Installed

Memori

SO-DIMM DDR4-3200 16 GB (2x8 GB)

SO-DIMM DDR4-3200 8 GB

Media Penyimpanan

SSD NVMe™ PCIe® 3.0 M.2 1 TB  

SSD NVMe™ PCIe® 3.0 M.2 512 GB

Layar

15.6" (16:9) IPS-level FHD (1920 x 1080), sampai 300 nits, sampai 100% sRGB, up to 240 Hz 3 ms

Grafis

NVIDIA® GeForce RTX™ 3070

NVIDIA® GeForce RTX™ 3060

Integrated Intel® Iris® Xᵉ Graphics

Input/Output

3x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x Type C USB 4 with Power Delivery, Display Port and Thunderbolt™ 4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, LAN

Konektivitas

Intel Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax)+Bluetooth 5.1 (Dual band) 2*2

Audio

2x 2W speaker with DTS Surround

Baterai

76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimensi

36.0 x 25.2 x 1.99 ~ 1.99 cm

Bobot

2 kg

Warna

Moonlight White, Eclipse Gray

Garansi

2 tahun garansi global

Harga

Rp21.999.000 (Core i7-11370H/RTX3060/8GB RAM/512GB PCIe SSD/144Hz)

Rp30.999.000 (Core i7-11370H/RTX3070/16GB (2x8GB) RAM/1TB PCIe SSD/240Hz)

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email