OPPO Reno5 F Andalkan Kinerja Cepat dengan Berbagai Fitur Optimizer OPPO Reno5 F Andalkan Kinerja Cepat dengan Berbagai Fitur Optimizer ~ Teknogav.com

OPPO Reno5 F Andalkan Kinerja Cepat dengan Berbagai Fitur Optimizer


Teknogav.com – OPPO Reno5 F resmi meluncur dengan mengusung jargon “Picture Life in Speed”. Sesuai slogan tersebut, smartphone ini menawarkan kinerja tinggi dan kecepatan yang lebih cepat. Berbagai teknologi terkini disajikan untuk mendukung kebutuhan anak muda, semua dikems dalam desain dengan warna trendi berkonsep ‘Flowlight Design’.

Fitur-fitur Kamera OPPO Reno5 F

Kamera OPPO Reno5 F menggunakan konfigurasi empat kamera 48 MP yang didukung kecerdasan buatan (AI) untuk memudahkan pemotretan dan perekaman. Konfigurasi tersebut mencakup kamera utama 48 MP, kamera sudut lebar 8 MP, kamera makro dan kamera mono masing-masing 2 MP. Beralih ke depan, terdapat kamera dengan resolusi 32 MP. Berikut ini adalah beberapa fitur pada kamera yang diusung OPPO.

  • AI Color Portrait berfungsi untuk menonjolkan subjek foto dengan mengisolasi warna. Fitur ini membuat warna latar menjadi hitam dan putih, sementara objek manusia dengan warna sesungguhnya.
  • Dynamic Bokeh berfungsi untuk menghadirkan efek bokeh yang merentangkan cahaya menjadi garis-garis yang bergerak dinamis sambal mengaburkan latar. Algoritma low-light HDR akan mengoptimalkan subjek foto dan menyesuaikan warna agar tampak menonjol.
  • AI Beautification 2.0 di kamera depan berfungsi mempercantik objek. Fungsi ini dilakukan dengan mendeteksi tata rias seperti lipstik, kemudian memberi efek sesuai wajah dan preferensi pengguna local.
kamera pada OPPO Reno5 F

Selain itu tersedia juga fitur-fitur Dual-view Video, Monochrome Video, AI Scene Enhancement dan Night Flare Portrait. Serangkaian fitur lengkap siap untuk menuangkan kreativitas melalui foto dan video, termasuk penyuntingan mudah dengan aplikasi SOLOOP. Aplikasi ini menyediakan berbagai template video dan berbagai fungsi penyuntingan profesional.

Desain OPPO Reno5 F

Ketebalan bodi OPPO Reno5 F adalah 7,8 mm dengan bobot 172 gram. Desain 3D yang melengkung diadopsi oleh penutup baterai sehingga memberi kesan tipis dan modern. Ketebalan  penutup baterai ini 0,55 mm. OPPO juga menggunakan pelat grafit dengan ketebalan 0,1 mm untuk pembuangan panas layar. Kekokohan OPPO Reno5 F pun ditingkatkan dengan mengoptimalkan komponen motherboard dan memperkuat pelindung komponen struktural.OPPO Reno5 F Fantastic Purple

Pewarnaan OPPO Reno5 F menggunakan konsep Flowing Light Design yang memperdalam warna penampang belakang. Hasilnya adalah tampilan warna yang lebih kontras tetapi lebih lembut. Panel komposit yang digunakan akan meningkatkan transparansi yang sebanding dengan kaca dengan tekstur matte yang kompleks. Penampang pun akan tampil mengilap bebas silau. Pilihan warna yang tersedia adalah Fluid Black dan Fantastic Purple

Layar OPPO Reno5 F  berukuran 6,43 inci dengan teknologi AMOLED. Desain lubang tunggal turut andil memperbesar rasio layar-ke-bodi sampai 90,8%. Pada layar tertanam sensor sidik jari In-Display Fingerprint 3.0 yang bisa membuka penguncian layar dengan cepat.

Baca juga: OPPO Optimalkan Sistem Pendingin pada Reno5 F

layar OPPO Reno5 F

Kenyamanan mata pun ditunjang dengan fitur All-day AI Eye Comfort yang memberikan 4.096 tingkat kecerahan. Visibilitas layar tetap jelas di siang hari dengan Sunlight Screen, sementara di malam hari akan otomatis redup dengan Moonlight Screen. Peredupan tersebut akan menurunkan sampai kecerahan terendah pada 2 nits. Pengaturan lampu latar pun bisa disesuaikan secara otomatis sepanjang hari dengan fitur AI Backlight. Fitur tersebut mempelajari pola dan perilaku pengguna dalam menyesuaikan tingkat kecerahan layar secara manual di tingkat kecerahan berbeda.

Kinerja Cepat

Chipset yang digunakan pada OPPO Reno5F adalah MediaTek Helio P95 yang memiliki delapan inti prosesor. Delapan inti tersebut terdiri dari dua ARM Cortex-A75 Prime Cores dan enam ARM Cortex-A55 Efficiency Cores. Kecepatan masing-masing inti prosesor tersebut adalah 2,2 GHz dan 2,0 GHz. Prosesor tersebut mendukung kinerja untuk memuat aplikasi lebih cepat, layar lebih responsif dan meminimalkan lag. OPPO Reno 3 Pro dan Reno4 F juga merupakan smartphone yang menggunakan chipset ini.

Baca juga: OPPO Reno3 Pro, Usung Teknologi Fotografi Smartphone Terkini

OPPO memadukan perangkat keras andal yang dioptimalkan berbagai teknologi baru untuk mendukung kinerja terbaik. Salah satu teknologi yang dihadirkan adalah System Performance Optimizer merupakan teknologi yang dikembangkan OPPO dengan 10 fitur pengoptimalan. Teknologi ini menjamin kelancaran smartphone tanpa mengalami lag dalam penggunaan yang lama. Berikut ini adalah beberapa fitur pada teknologi tersebut.

  • Idle Time Optimizer untuk mengoptimalkan sumber daya secara otomatis ketika smartphone tak digunakan atau diisi daya. Pengoptimalan dilakukan dengan membersihkan sampah, defragmentasi penyimpanan, membersihkan memori dan lain-lain.
  • Storage Optimizer akan memberitahu untuk menghapus atau memindahkan data-data ke cloud ketika penyimpanan hampir habis, sehingga bisa memberi ruang kosong.
  • UI First 3.0 untuk memperioritaskan aplikasi yan banyak digunakan sehingga bisa berjalan dengan kinerja optimal.

Peningkatan sistem pendingin ini dilakukan dengan memadukan aluminium yang bisa menghantarkan panas dengan efektif. Pendinginan prosesor dan berbagai chip dapat dilakukan dengan cepat melalui empat lapis tabung grafir dan tiga lapis lembar grafit yang pas penempatannya. Sistem pendingin ini bisa membuang panas 21,9% lebih efisien. Ketika menelusuri aplikasi video, disipasi panas meningkat 55,3%. Sedangkan efek pembuangan panas aplikasi kamera meningkat 11,4%.

Baca juga: Meluncur di Harga Rp4 Jutaan, Ini Spesifikasi Reno4 F

Di seluruh smartphone disematkan sensor suhu, sehingga ketika panas berlebih dapat menyesuaikan kinerja secara otomatis untuk menjaga suhu tetap dingin. Panas yang ditimbulkan intensifnya kegiatan bermain game pun bisa disingkirkan. Dari segi audio, Reno5 F menggunakan teknologi Real HD Sound yang didukung Dirac.

Fitur-fitur Pendukung Gaming

  • Game Focus Mode merupakan mode untuk mendukung gamer fokus bermain. Mode ini memblokir semua notifikasi, termasuk panggilan, gesture dan petunjuk volume di layar.
  • Gaming Shortcut Mode akan mempercepat waktu memulai game dengan memintas tampilan splash screen logo studio yang mestinya dimuat lebih dahulu.
  • Game Floating Window berfungsi untuk memperkecil tampilan gameplay sebagai floating window sehingga bisa mengakses aplikasi lain, misalnya membalas email
  • Bullet Screen Message memungkinkan untuk tetap bermain game tanpa memblokir notifikasi sepenuhnya. Pesan dari aplikasi dari messenger seperti WhatsApp, Telegram, LINE, Messenger, dan SMS akan bergulir pada layar, sehingga tidak perlu membuka pop-up pesan yang mengganggu permainan.

Baterai Awet

OPPO Reno5 F menggunakan baterai berkapasitas 4310 mAh yang didukung teknologi pengisian daya 30 W VOOC Flash Charge 4.0. Teknologi ini memungkinkan baterai yang diisi daya selama 5 menit dapat dipakai menonton YouTube selama 2,9 jam. Sementara untuk pengisian baterai sampai penuh dibutuhkan waktu sekitar 56 menit. Dalam kondisi baterai penuh, smartphone bisa digunakan untuk memutar video online selama 16 jam.

Jika ingin menghemat daya, tersedia juga fitur Smart Power Saving untuk tetap menyala lebih lama walau daya tinggal 5%. Fitur ini akan mengurangi kecepatan prosesor, menurunkan kecerahan tampilan dan lain-lain yang mengkonsumsi banyak daya. Sementara itu Super Nighttime Standby akan mengidentifikasi dan menyesuaikan kebiasaan waktu tidur sehingga daya hanya berkuran 2%. Ketika pengisian daya ditinggal tidur, baterai tetap terjaga berkat fitur Battery Guard yang melengkapi 30 W VOOC Flash Charge 4.0.

Antarmuka ColorOS 11

Sistem operasi Android 11 pada OPPO Reno5 F dikemas dengan antarmuka ColorOS 11 yang dilengkapi berbagai fitur yang menunjang produktivitas. Berikut ini adalah fitur-fitur yang tersedia:

  • Nearby Sharing untuk berbagi dokumen dengan pengguna OPPO yang berdekatan
  • Three-finger Translate merupakan perpaduan fitur dengan Google Lens untuk menerjemahkan konten pada tangkapan layar.
  • Private Safe berfungsi untuk mengakses HeyTap Cloud untuk mengambil data pribadi dari perangkat yang hilang.
  • App Lock berfungsi untuk mengendalikan aplikasi yang bisa atau tak bisa diakses orang lain. Fitur ini berguna jika ponsel dipinjamkan ke orang lain, karena konten dan aplikasi tetap terlindungi dan tak mudah diakses.
  • Screencast Privacy Shield untuk membatasi notifikasi dan pesan yang muncul dan menyaring pesan yang tak boleh ditampilkan di layar. Fitur ini sangat bergunaka ketika perangkat terhubung ke proyektor atau layar TV, sehingga orang lain tak bisa melihat isi pesan. Tentu seorang playboy akan menyukai fitur ini. Ketika menonton konten dalam smartphone di layar TV dengan pasangan, pesan masuk dari selingkuhan tak bisa terbaca.

Harga dan Ketersediaan

Penjualan OPPO Reno5 F dilakukan secara flash sale di Lazada selama periode 27 Maret sampai 1 April 2021. Paket penjualan sudah termasuk limited 3 in 1 Giftbox yang berisi earphone nirkabel, smart bracelet dan phone holder. Penjualan perdana dilakukan pada 2 April 2021 secara online dan offline dengan harga resmi Rp4.299.000.

Lazada

OPPO juga menyediakan beberapa program penjualan yang mencakup:

  • Paket Freedom Bundling 84 GB selama 12 bulan dari Indosat
  • Tukar tambah dengan cashback sampai Rp500 ribu
  • Gratis biaya admin dari Spektra dan AEON, tetapi sebaiknya jangan sembarangan mencantumkan nomor orang lain sebagai referensi ya. Kasihan lho jika orang lain kena sasaran ditelpon debt collector bukan atas utangnya
  • Bunga 0% dari Home Credit dan Kreditplus

Spesifikasi OPPO Reno5 F

Dimensi

Bobot

7,8 mm x 73,2 mm x 160,1 mm

Sekitar 172 gram

Layar

6,43 inci

Single Punch-hole

Resolusi FHD +  AMOLED 2400 x 1080 piksel

Refresh Rate 60 Hz

Rasio layar 20:9

Rsio layar ke bodi 90.8%

409 ppi

Gorilla Glass 3+

Sensor Sidik Jari

In-Display Fingerprint 3.0

Prosesor

Mediatek Helio P95

RAM

LPDDR4X 8GB

Penyimpanan

128 GB, dapat diperluas sampai 256GB dengan MircroSD

Kamera Belakang

Kamera Utama 48 MP

Kamera Sudut Lebar 8 MP

Kamera Makro 2 MP

Kamera Mono 2 MP

Kamera Depan

32 MP

Pengisian Daya

4310 mAh

30W VOOC Flash Charge 4.0

Antarmuka

ColorOS 11.1 berbasis Android 11

Warna

Fluid Black dan Fantastic Purple

Harga

Rp4.299.000

Share:

Artikel Terkini