Tips Bijak Berbelanja Biar Cuan Saat Hari Hak Konsumen Sedunia Tips Bijak Berbelanja Biar Cuan Saat Hari Hak Konsumen Sedunia ~ Teknogav.com

Tips Bijak Berbelanja Biar Cuan Saat Hari Hak Konsumen Sedunia

Sumber: Pixabay.com

Teknogav.com - Hari Hak Konsumen Sedunia diperingati setiap tanggal 15 Maret. Peringatan ini merupakan momentum untuk membangun kesadaran mengenai berbagai hak dan kebutuhan konsumen. Hak yang dimiliki konsumen mencakup kebebasan memilih barang, kompensasi ganti rugi, mendapat pelayanan dan perlakuan yang baik tanpa diskriminasi. Konsumen juga berhak mendapat informasi mengenai produk atau layanan dengan benar, jelas dan jujur.

Baca juga: Upaya ShopeePay Dukung Bisnis UKM Lewat Program Semangat Usaha Lokal

Ketika melakukan transaksi pembelian, perlu diingat bahwa konsumen tak hanya memiliki hak, tetapi juga punya kewajiban yang harus dipatuhi. Seorang konsumen harus bertanggung jawab dan bijak, termasuk dalam mengatur pengeluaran belanja dengan baik dan tidak boros. Nah, berikut ini adalah beberapa tips agar bisa lebih bijak dan cuan.

1. Menjadi smart spender

Ketika berbelanja, hendaknya bijak dalam mengeluarkan uang. Pahami terlebih dahulu apakah barang yang akan dibeli merupakan kebutuhan atau hanya keinginan yang bisa ditunda. Ajukan pertanyaan pada diri sendiri: “Apakah saya benar-benar membutuhkan barang ini?” Bisa juga dengan membuat daftar barang yang menjadi prioritas. Alokasikan proporsi 50:30:20 dengan pembagian sebagai berikut:

  • 50% untuk kebutuhan sehari-hari dan tagihan
  • 30% untuk dana darurat, investasi dan tabungan
  • 20% untuk belanja dan hiburan

Jangan lupa juga untuk memanfaatkan promo dari layanan pembayaran digital seperti ShopeePay.

Baca juga: Promo Menarik ShopeePay Super Online Deals Dukung Produktivitas dan Kreativitas

2. Alokasikan 30% pendapatan untuk investasi

Sesuai dengan proporsi di butir pertama, alokasikan 30% pendapatan untuk produk investasi yang kredibel dan menguntungkan. Informasi mengenai investasi dapat dicari di internet atau media sosial, pastikan sumber informasi kredibel agar tak terjerat investasi bodong. Beberapa platform investasi yang bisa digunakan antara lain adalah Fundtastic, IndoGold, Investatik, Tamasia, dan TanamDuit. Pilih investasi yang sesuai dengan tujuan investasi yang ingin dicapai dan profil risiko. Ketika berinvestasi di platform-platform tersebut bisa juga menggunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran. Keuntungan menggunakan ShopeePay adalah ada promo cashback sehingga bisa dapat keuntungan tambahan di awal.

Baca juga: Yuk Verifikasi Akun ShopeePay untuk Dapat Tiga Keuntungan Ini

3. Siapkan dana darurat

Dana darurat merupakan hal yang penting untuk dialokasikan demi kebutuhan mendadak di masa depan. Penyisihan dana untuk berjaga-jaga ini dapat dilakukan dengan memisahkan pemasukan dalam rekening tabungan terpisah agar tidak tercampur dengan dana harian.

4. Review keuangan secara berkala

Kesehatan keuangan tak kalah penting dengan kesehatan jasmani, sehingga perlu dipantau dan diulas secara rutin. Perhatikan kondisi pemasukan dan pengeluaran esensial. Lakukan identifikasi pada semua pengeluaran, termasuk tagihan rutin seperti listrik dan air, belanja bulanan, angsuran kredit rumah dan pengeluaran lain. Demikian juga dana investasi pun perlu dipantau. Pemantauan secara berkala seperti tiga bulan atau enam bulan sekali perlu dilakukan untuk mengetahui tetap tidaknya strategi alokasi keuangan. Jika strategi belum tepat, lakukan perubahan untuk menjaga kesehatan keuangan.

Keempat tips sederhana tersebut dapat dipraktikkan untuk menyehatkan kondisi keuangan. Pengelolaan keuangan yang baik akan menghasilkan kondisi untuk bisa menikmati kegiatan belanja lebih tenang tanpa khawatir akan terganggunya kondisi finansial. Setiap konsumen berhak menikmati segala layanan dan produk terbaik untuk merasakan pengalaman berbelanja yang memuaskan. Yuk atur dan rencanakan keuangan dengan bijak mulai dari sekarang.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email