Upaya ShopeePay Dukung Bisnis UKM Lewat Program Semangat Usaha Lokal Upaya ShopeePay Dukung Bisnis UKM Lewat Program Semangat Usaha Lokal ~ Teknogav.com

Upaya ShopeePay Dukung Bisnis UKM Lewat Program Semangat Usaha Lokal

Teknogav.com - Penyedia layanan pembayaran digital terunggul di Indonesia, ShopeePay senantiasa terus mendukung perkembangan bisnis Usaha, Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia. Pada Selasa, 2 Maret 2021 ini, ShopeePay meluncurkan program ShopeePay Semangat Usaha Lokal sebagai upaya memberikan dukungan bagi UKM. Penawaran yang diberikan pada program ini mencakup promo cashback 60%. Program ini juga diharapkan dapat memperluas jangkauan pembayaran digital ShopeePay serta memicu peningkatan dan pemerataan inklusi keuangan di tanah air.

Tujuan program adalah untuk mendorong para pegiat UKM di berbagai kota untuk bergabung dalam ekosistem pembayaran digital ShopeePay. Program ShopeePay Semangat Usaha Lokal memungkinkan para pelaku usaha untuk mendapat visibilitas lebih besar sehingga menjangkau lebih banyak pelanggan. Jangkauan ini mencakup pengguna ShopeePay atau mereka yang belum pernah menggunakan ShopeePay. Harapannya mereka dapat bertransaksi di gerai UKM di pusat jajanan serba ada (pujasera) di seluruh Indonesia.

Baca juga: Tips Bisnis Waralaba Memanfaatkan Teknologi Pembayaran Digital ShopeePay

ShopeePay Dukung UKM Tumbuhkan Bisnis Lebih Cepat

Data Kementrian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) di tahun 2021 mengungkapkan bahwa UMKM berkontribusi pada 57% PDB nasional. Kendati demikian dari 64 juta UMKM, baru 10,6 juta atau 15% yang terhubung dalam ekosistem digital. Keterbatasan akses untuk memperluas jangkauan ke konsumen dan masih belum berakhirnya pandemi tentu berdampak pada penurunan bisnis.

ShopeePay berusaha menambah jumlah pelaku usaha kecil seperti pujasera, warung dan kios untuk dapat memanfaatkan teknologi pembayaran digital. Upaya ini dilakukan melalui program ShopeePay Semangat Usaha Lokal agar para pelaku usaha tersebut bisa menumbuhkan bisnis lebih cepat.

Baca juga: ShopeePay Berbagi Tips Fotografi Kuliner dari Food Blogger

“Di masa-masa sulit ini, para pelaku bisnis membutuhkan bantuan dan kolaborasi berbagai pihak untuk membangkitkan bisnis dari dampak pandemi. Semangat Usaha Lokal merupakan salah satu strategi kami dalam menstimulasi ekonomi lokal melalui program cashback 60%. Harapannya program ini dapat mendorong transaksi digital masyarakat di merchants. Kami percaya ShopeePay dapat mendukung UKM untuk bangkit dan menumbuhkan bisnis mereka menjadi lebih besar lagi,” ucap Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay.

ShopeePay Dukung Pemerintah Perluas Pemerataan Inklusi Keuangan

Sepanjang tahun 2021, ShopeePay akan menggelar program Semangat Usaha Lokal tak hanya di ibu kota, tetapi menyeluruh di beberapa kota. Langkah penyelenggaraan yang menyeluruh ini dilakukan ShopeePay dalam rangka mendukung upaya pemerintah memperluas pemerataan inklusi keuangan.

Program Semangat Usaha Lokal selaras dengan semangat pemerintah dalam memudahkan akses dan meningkatkan inklusi keuangan. Peningkatan inklusi keuangan tersebut terutama zuntuk daerah yang masih pasif bagi masyarakat dan Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Semangat pemerintah ini tertuang dalam sambutan Presiden RI, Joko Widodo pada rakornas Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Desember 2020.

“Program cashback spesial dihadirkan ShopeePay di setiap kota untuk membangkitkan geliat perekonomian lokal melalui transaksi digital masyarakat menggunakan ShopeePay. Kami ingin memberdayakan para merchant dan konsumen di seluruh Indonesia dengan pembayaran digital yang nyaman, aman dan memuaskan,” lanjut Eka Nilam Dari.

Baca juga: Kilas Balik Transaksi Online dan Offline ShopeePay Tahun 2020

Kota Medan, Sumatera Utara menjadi kota pertama yang mengawali program ini. Hal ini mengingat Medan merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang menjadi pusat bisnis di Sumatera. Kota ini juga berkontribusi dalam menggerakkan perekonomian nasional. ShopeePay akan menggandeng komunitas lokal di Medan dan menyelenggarakan program ini di empat pujasera. Keempat pujasera tersebut mencakup Medan Night Market, Mega Park Medan, Metrolink Street Market dan Pasar Raya Rakyat Marelan.

Masyarakat di kota Medan dapat menikmati promo cashback yang ditawarkan ShopeePay dengan mengunjungi pujasera yang berpartisipasi. Kemudian lakukan pembelian makanan dan minuman, lalu rasakan kemudahan pembayaran dengan ShopeePay yang aman. ShopeePay dapat digunakan melalui aplikasi Shopee yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dan App Store. Segera aktifkan ShopeePay setelah mengunduh aplikasi Shopee tersebut.

Share:

Artikel Terkini