Aplikasi Moxa dari Astra Financial Manfaatkan Berbagai Teknologi Alibaba Cloud Aplikasi Moxa dari Astra Financial Manfaatkan Berbagai Teknologi Alibaba Cloud ~ Teknogav.com

Aplikasi Moxa dari Astra Financial Manfaatkan Berbagai Teknologi Alibaba Cloud

Teknogav.com – Pada akhir Maret 2021, Astra Financial bersama dengan Alibaba Cloud berkolaborasi meluncurkan aplikasi Moxa. Berbagai macan layanan keuangan dapat dicari menggunakan aplikasi finansial Moxa ini. Beberapa layanan yang bisa dicari mencakup dana tunai, asuransi jiwa, pembiayaan pembelian kendaraan, gadget, haji dan umroh.

“Kemitraan strategis ini memungkinkan Astra Financial memberikan layanan jasa keuangan yang fleksibel dan stabil. Aplikasi Moxa pun dilengkapi dengan keamanan yang ketat dan sistem pemulihan yang terpercaya. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir karena kami telah bekerja sama dengan perusahaan yang telah dikenal dan sangat andal pada bidangnya,” ucap Handoko Liem, Direktur Astra Financial yang juga berperan sebagai Project Leader Moxa.

Baca juga: Sayurbox Dukung Petani Jangkau Konsumen dengan Teknologi Digital

Teknologi Alibaba Cloud yang Digunakan pada Aplikasi Moxa

Aplikasi Moxa dibangun menggunakan teknologi dan infrastruktur Alibaba Cloud yang canggih dan berkinerja tinggi. Beberapa layanan Alibaba Cloud yang dimanfaatkan Astra Financial tersebut antara lain:

  • Alibaba Cloud Container for Kubernetes
  • Content Delivery Network (CDN)
  • Object Storage Service (OSS)
  • RDS PostgreSQL

Penggunaan layanan-layanan Alibaba Cloud tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan kelincahan dan stabilitas kinerja aplikasi Moxa. Astra Financial juga memanfaatkan kemampuan keamanan Alibaba Cloud  melalui data center lokal. Kemampuan keamanan tersebut mencakup Web Application Firewall (WAF), Cloud Monitor, dan Log Service. Penggunaan kemampuan keamanan tersebut untuk menjamin aplikasi dilengkapi tingkat keamanan tertinggi yang memenuhi kepatuhan dan peraturan lokal.

Di Indonesia, Alibaba Cloud memang sudah mendapatkan sertifikasi dengan akreditasi manajemen keamanan informasi ISO 27001. Sertifikasi tersebut diperoleh dari Komite Akreditasi Nasional (KAN), Badan Akreditasi Nasional Indonesia. Pada Maret 2021, Alibaba Cloud juga mendapatkan lisensi kepatuhan PCI 3DS yang diberikan oleh atsec. Lisensi PCI 3DS ini memperkuat infrastruktur keamanan Alibaba Cloud dalam memfasilitasi transaksi berbasis kartu. Atsec sendiri merupakan perusahaan penilaian dan evaluasi keamanan informasi global independen.

Kerja Sama Strategis Astra Financial dan Alibaba Cloud

Kolaborasi dengan Alibaba Cloud menjadikan Astra Financial sebagai perusahaan keuangan yang proaktif memanfaatkan kecerdasan sistem cloud dan teknologi pada layanannya. Inovasi yang dihadirkan Astra Financial ini dapat mempercepat pertumbuhan dan peningkatan layanan bagi jutaan pengguna di Indonesia. Suparno Djasmin, Direktur Astra yang juga merangkap sebagai Director in Charge Astra Financial menyambut baik kolaborasi tersebut.

“Kami sangat yakin dan percaya untuk bermitra dengan Alibaba Cloud, perusahaan penyedia layanan cloud terpercaya di Indonesia. Nantinya pengelolaan data dilakukan selaras dengan prinsip pengelolaan data Pemerintah Indonesia, yakni prinsip yang sah secara hukum, patut, dan transparan,” ucap Suparno Djasmin, 

Hal senada pun diungkapkan oleh Leon Chen, General Manager Alibaba Cloud Indonesia yang menyatakan dukungan Alibaba Cloud untuk Astra Financial.

Leon Chen, General Manager Alibaba Cloud Indonesia

Baca juga: Minimalkan Latensi, AWS Hadirkan Lokasi Edge Networking Pertama di Indonesia

“Alibaba Cloud sangat senang untuk mendukung Astra Financial mempercepat perjalanan transformasi digitalnya dengan menawarkan infrastruktur cloud tangguh dan teknologi canggih. Teknologi tersebut termasuk kontainer, keamanan, dan database. Industri keuangan membutuhkan solusi cloud yang aman. Alibaba Cloud mempunyai kapabilitas yang menyeluruh untuk mewujudkan hal tersebut. Kami memiliki pusat data lokal dan scrubbing center di Indonesia. Hal tersebut kami yakini dapat menjadikan Alibaba Cloud mitra terpercaya bagi instansi-instansi keuangan di Indonesia ,” ucap Leon Chen.

Data Scrubbing Center Alibaba Cloud pertama di Indonesia telah diluncurkan pada Maret  2021. Sedangkan Data Center pertama dan kedua telah diluncurkan Alibaba Cloud pada tahun 2018 dan 2019. Rencananya, Alibaba Cloud akan meluncurkan Data Center ketiga di Indonesia pada tahun 2021. Sampai saat ini, Alibaba Cloud berhasil memiliki ribuan pelanggan dan lebih dari 100 mitra lokal. Pada tahun 2020 lalu, Alibaba Cloud juga sudah melatih lebih dari 20 ribu talenta digital di Indonesia. Targetnya akan dilakukan pelatihan 50 ribu talenta digital di Indonesia pada tahun 2021.

Baca juga: Inisiatif Pelatihan Digital Alibaba Cloud, Dukung Program Kartu Prakerja

Astra Financial berharap dapat terus meningkatkan pelayanan dan memperluas penawaran produknya. Langkah ini dilakukan melalui teknologi untuk mendampingi pengguna meraih kebebasan finansial dan memberikan pengalaman terbaik.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email