5 Tips Tetap Sehat di Bulan Ramadan Walau Sedang Pandemi 5 Tips Tetap Sehat di Bulan Ramadan Walau Sedang Pandemi ~ Teknogav.com

5 Tips Tetap Sehat di Bulan Ramadan Walau Sedang Pandemi

Sumber: Parla

Teknogav.com – Setiap tahun, bulan Ramadan disambut dengan antusias oleh umat muslim. Di bulan tersebut umat muslim menjalankan ibadah shaum yang tentunya lebih menantang selama pandemi. Tak hanya sekadar menahan rasa lapar dan haus, saat pandemi ibadah shaum harus menerapkan protokol kesehatan dan menjaga imun tubuh. Kedua hal tersebut merupakan kunci utama agar ibadah shaum bisa berjalan lancar dan terhindar dari penularan virus.

Beberapa tips berikut ini dapat diterapkan untuk menjalankan ibadah shaum selama pandemi agar tetap bugar dan sistem imun tubuh terjaga.

1.    Tidak melewatkan sahur dan berbuka, serta perhatikan asupan gizi

Asupan gizi merupakan salah satu faktor paling penting untuk menjaga sistem imun tubuh selama menjalankan ibadah shaum. Jadi sangan sampai melewatkan saat sahur dan berbuka, serta konsumsi makanan bergizi yang seimbang. Apabila kegiatan cukup padat, maka dapat membeli makanan yang praktis dan mengenyangkan dari restoran. Beberapa restoran memang menyediakan varian menu sahur dan berbuka.

Restoran-restoran pilihan yang memiliki varian menu tersebut antara lain adalah Dapur Solo, Doner Kebab, Es Teler 77 dan Warung Leko. Selain itu tersedia juga makanan beku atau frozen food sehingga tinggal menghangatkan saja ketika ingin mengonsumsinya. Pastinya lebih praktis dan hemat waktu kan? Apalagi jika pembayarannya menggunakan metode pembayaran digital ShopeePay, selain lebih praktis, juga tersedia promo cashback 30%. Tentu saja metode pembayaran ini tanpa kontak langsung, sehingga lebih aman dari penyebaran virus.

Baca juga: ShopeePay Talk Beri Tips Manfaatkan Peluang Ramadan Bagi Pelaku Bisnis

2.    Konsumsi vitamin

Suplemen dan vitamin juga dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh selain mengonsumsi gizi seimbang. Sebaiknya pilih suplemen yang mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin D, minyak ikan dan pendukung imun lain. Berbagai suplemen tersebut bisa dibeli di berbagai gerai apotek seperti Alodokter, Guardian dan K24Klik yang bisa menggunakan metode pembayaran ShopeePay.

3.    Jaga Hidrasi

Ibadah shaum biasanya dijalankan sekitar 12 jam, selama durasi tersebut tidak makan dan minum sama sekali. Jadi sebaiknya konsumsi air mineral yang cukup untuk mengisi kembali cairan tubuh yang hilang agar tak lekas dehidrasi. Hal ini penting agar sistem imun tetap terjaga. Minumlah setidaknya 8 gelas per hari, yaitu dua gelas saat sahur, empat gelas saat berbuka dan dua gelas sebelum tidur. Kurangi juga minuman yang mengandung kafein dan gula untuk mencegah dehidrasi dan konstipasi.

Baca juga: Tips Aman Minum Kopi Selama Ramadan dari JumpStart Coffee

4.    Tetap berolahraga

Metabolisme tubuh harus dijaga dengan tetap melakukan kegiatan fisik setiap hari walau sedang menjalankan shaum di rumah. Lakukan olahraga sederhana seperti jalan kaki selama 10 menit setiap hari atau mengikuti gerakan olahraga dari video yang tersedia online. Olahraga yang teratur selama bulan Ramadan dapat meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh melawan virus dan bakteri. Kondisi tubuh pun tetap bugar dan segar selama menjalankan ibadah shaum.

5.    Terapkan terus protokol kesehatan

Demi tetap terhindar dari virus penyebab COVID-19, tetap terapkan terus protokol kesehatan. Hal ini agar dapat menunaikan ibadah shaum dan menjalani bulan Ramadan dengan lancar sampai merayakan lebaran nanti. Terus cuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan kenakan masker saat ke luar rumah. Usakan untuk selalu menjaga jarak minimal dua meter dengan orang lain dan mengurangi kontak langsung, khususnya saat melakukan pembayaran. Manfaatkan metode pembayaran digital yang aman seperti ShopeePay yang kini sudah tersedia di banyak merchant dan tempat perbelanjaan.

Baca juga: Banyak Manfaat, Picu Pesatnya Tren Pembayaran Digital

Lima tips tersebut semoga dapat menjadi solusi agar badan tetap bugar dan sehat dalam menunaikan ibadah Ramadan selama pandemi.

Share:

Artikel Terkini