Laptop Gaming Lenovo Legion Terkini Andalkan AMD Ryzen 5000 Series Laptop Gaming Lenovo Legion Terkini Andalkan AMD Ryzen 5000 Series ~ Teknogav.com

Laptop Gaming Lenovo Legion Terkini Andalkan AMD Ryzen 5000 Series


Teknogav.com – Setelah AMD Indonesia resmi meluncurkan AMD Ryzen 5000 Series di Indonesia, kini Lenovo memamerkan prosesor tersebut di laptop gaming terkininya. Jajaran laptop gaming tersebut adalah Lenovo Legion 7 dan Lenovo Legion 5 Pro. Kinerja gaming yang mumpuni siap menyajikan pengalaman gaming yang lebih baik dan meningkatkan produktivitas para pembuat konten profesional. Lenovo pun memperkenalkan Legion Ultimate Support yang merupakan layanan purna jual terkini dari Lenovo.

“Pertumbuhan yang sangat pesat di segmen gaming Lenovo di Indonesia mendorong kami untuk terus menghadirkan inovasi-inovasi terbaru sesuai visi kami. Visi tersebut adalah untuk memberikan teknologi yang lebih cerdas untuk semua orang (smarter technology for all). Kami menghadirkan solusi terbaru dan komprehensif dari Lenovo Legion bagi para gamer dan content creator. Solusi ini dihadirkan dengan fokus pada pelanggan dan mendengarkan kebutuhan mereka yang beragam,” ucap Santi Nainggolan, Consumer Lead Lenovo Indonesia.

Santi Nainggolan, Consumer Lead Lenovo Indonesia

Baca juga: Ini Jajaran Laptop dengan Prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 Series

Ekosistem gaming terkini Lenovo mencakup Lenovo Legion 7, Lenovo Legion 5 Pro, Lenovo Ulltimate Support dan serangkaian aksesori gaming. Serangkaian aksesori ini mencakup Lenovo Legion H500 Pro 7.1 Surround Gaming Headset dan Lenovo Legion M600 RGB Wirelss Gaming Mouse.

“Sistem bekerja hybrid saat ini menghilangkan batas antara bekerja dan gaming. Kondisi ini menyebabkan pentingnya memiliki perangkat yang memenuhi kebutuhan bekerja dan gaming. Ekosistem gaming Lenovo Legion 2021 mewujudkan hal itu,” ucap Hendry Lim, Consumer Notebook 4P & T1 Lenovo Indonesia.

Baca juga: Lenovo Pamerkan Jajaran Perangkat Canggih dengan AMD Ryzen 4000 Series

Keandalan Laptop Gaming Lenovo Legion Terkini

keandalan arsitektur Zen 3

Lenovo Legion hadir dengan layer berukuran 16 inci dengan resolusi QHD yang tinggi dan pengoptimalan frame rate oleh AI. Layar ini memiliki rasio 16:10. Kinerja laptop ini mengandalkan prosesor AMD Ryzen 5000 H-Series yang diproduksi dengan metode 7 nm. Prosesor ini memiliki delapan inti dan 16 thread, serta dibangun di atas arsitektur Zen 3. Selain itu disertai juga dengan cache memory ganda sampai 20 MB.

Dari sisi grafis, laptop ini menggunakan prosesor grafis NVIDIA GeForce RTX 3000 Series. Fitur-fitur yang dimiliiki mencakup ray tracing cores, tensor cores dan multiprosesor streaming. Grafis ray-tracing pada laptop ini tampak sangat realistis.

Lenovo Legion AI Engine pada laptop memadukan hardware, software, firmware dan driver untuk mendukung overclock kinerja laptop. Upaya ini dilakukan dengan berbagi Thermal Design Power (TDP) antara CPU dan GPU untuk mengelola kebutuhan gaming intens dengan lebih baik.

Manajemen termal Coldfront 3.0 ditingkatkan dengan clock speed maksimal yang dilengkapi sistem intake cerdas. Dual fan turbo-charged dan quad-channel exhaust dengan teknologi vapor chamber digunakan untuk cepat menghilangkan panas.  Caranya adalah dengan mengalirkan volume udara yang lebih tinggi imelalui komponen. Kecepatan dan tegangan pada kipas pun bisa dikendalikan dengan Function + Q untuk mode maksimum, mode Intelligent atau mode diam.

Audio 360° yang imersif dihadikan oleh speaker Harman® Lenovo Legion yang dioptimalkan dengan Nahimic® Audio. Lenovo masih menggunakan Legion TrueStrike Keyboard layaknya seri sebelumnya. Keyboard ini memiliki soft-landing switches inovatif dan memiliki numpad berukuran penuh. Bagi yang memprioritaskan privasi, maka kedua laptop sudah menggunakan webcam 720 yang dilengkapi dengan e-shutter untuk memutus daya ke webcam. Pemutusan daya dapat dilakukan melalui tombol pada sisi laptop, sehingga mencegah peretasan kamera. Konektivitas nirkabel pada laptop gaming ini mengandalkan Wi-Fi 6 Killer yang berkecepatan tinggi dan menyajikan gaming  dengan latensi rendah.

 

Lenovo Legion 7  

Legion 7

Prosesor yang digunakan pada Lenovo Legion 7 sampai AMD Ryzen 9 5900HX Series. Kinerja prosesor tersebut didukung RAM DDR4 3200 Mhz berkapasitas 32 GB. Sementara itu kartu grafis tertinggi yang digunakan sampai GPU NVIDIA GeForce RTX 3080. Keandalan kinerja juga didukung oleh media penyimpanan SSD PCIe NVMe berkapasitas 2 TB. Pembelajaran sistem digunakan untuk meninngkatkan kinerja sistem dengan Lenovo Legion AI Engine yang dapat memberikan frame rate optimal.

Keyboard pada Legion 7 ini menggunakan Legion TrueStrike Keyboard dengan cahaya RGB per tombol dari Corsair iCUE. Pengalalman gaming makin meningkat dfengan adanya Wi-Fi 6 Killer AX1650 untuk mendukung konektivitas nirkabel. Sementara itu dari sisi audionya didukung oleh Nahimic® Audio.

Berbagai fitur pada Legion 7 dipadukan dengan Coldfront 3, sistem pengaturan suhu baru untuk menjaga laptop tetap dingin ketika dipakai. Kecepatan dan tegangan pada kipas pun dapat diatur dengan fitur Function + Q. Pengisian daya cepat dapat dilakukan berkat perpaduan baterai 80 Whr dengan fitur Rapid Charge Boost.

Desain Lenovo Legion 7 menggunakan bahan aluminium aerospace-grade berwarna Storm Grey. Layar laptop gaming ini menggunakan teknololgi In-Plane Switching (IPS) berukuran 16 inci dengan resolusi QHD atau 2560 x 1600 piksel. Rasio layar-ke-bodi mencapai 90% sehingga terasa 11% lebih lapang dibandingkan layar 15,6 inci konvensional. Tampilan layar memiliki refresh rate 165 Hz, kecerahan 500 nits, dan rasio 16:10. Akurasi warna mencapai 100% sRGB dengan X-Rite Pantone Validated dan VESA HDR 400 Certified. Fitur-fitur lain pada layar termasuk NVIDIA G-SYNC dan Dolby Vision.

Legion 7 dibanderol mulai dari Rp31.999.000 dengan prosesor AMD Ryzen 7 5800H, namun tersedia pilihan sampapi AMD Ryzen 9 5900HX. Paket pembelian sudah termasuk Legion Gaming Headset H300, Gaming Mouse M500 dan Legion Armored II Backpack senilai Rp2.799.000. Selain itu tersedia juga Microsoft Office Home & Student 2019 dengan validasi dan pembaruan seumur hidup. Sebagai layanan purnajual, Lenovo memberikan garansi Legion Ultimate Support selama tiga tahun dan Accidental Damage Protection.


Lenovo Legion 5 Pro  

Lenovo Legion 5 Pro


Prosesor yang digunakan pada Lenovo Legion 5 Pro adalah AMD Ryzen 7 5800H. Kinerja prosesor tersebut didukung RAM DDR4 3200 MHz sampai 32 GB. Grafis laptop gaming ini didukung prosesor grafis sampai GPU NVIDIA GeForece RTX 3070. Prosesor grafis ini menyajikan ketepatan visual yang lebih baik dalam game terbaru dengan real-time raytracing.

Desain Lenovo Legion 5 Pro menggunakan logo “Y” putih di cover belakang layar. Layar laptop gaming menggunakan panel IPS berukuran 16 inci yang memiliki resolusi 2560 x 1600 piksel dan aspek rasio 16:10. Rasio layar-ke-bodi sampai 90% sehingga layar terasa lebih lapang dengan bodi lebih ringkas dibandingkan laptop lain dengan ukuran layar sama. Refresh rate layar 165 inci dan waktu respon sampai 3 milidetik dengan dukungan fitur NVIDIA® G-SYNC™ dan AMD FreeSync™. Kecerahan layar 500 nits dan disertai fitur Dolby Vision.

Baca juga: Jajaran Lenovo Legion Terkini Siap Dampingi Para Gamer Bertempur

Pada keyboard, Legion 5 Pro dilengkapi dengan Legion TrueStrike Keyboard dengan 4-zone RGB.Sementara fitur Nahimic Audio menghadirkan audio 3D yang imersif, pelacakan suara, dual headphone sharing dan suara surround pada speaker Bluetooth. Kamera pada laptop ini juga dilengkapi dengan webcam e-shutter untuk mematikan kamera saat tak digunakan. Selain itu tersedia juga fitur Fn + Q, perangkat lunak Lenovo Vantage dan koneksi Wi-Fi 6. Berbagai fitur tersebut dipadukan dengan Legion Coldfront 3.0 yang senantiasa menjaga perangkat tetap dingin.

Harga yang dibanderol pada Legion 5 Pro muulai dari Rp25.999.000. Paket tersebut sudah termasuk Legion Gaming Headset H300, Gaming Mouse M300, dan Legion Recon Backpack senilai Rp1.899.000. Selain itu disertakan juga Microsoft Office Home & Student 2019 dengan validasi seumur hidup senilai Rp1.799.000. Lenovo menyediakan layanan purnajual berupa garansi Legion Ultimate Support selama tiga tahun dan Accidental Damage Protection.

Aksesori Legion

Berbagai aksesori gaming Lenovo Legion dapat dibeli secara terpisah di Lenovo Official Store, baik secara online maupun offline. Berikut ini adalah beberapa aksesori yang bisa dimiliki:

  • Lenovo Legion H500 Pro 7.1 Surround Gaming Headset yaitu headset dengan desain earcup yang ergonomis dan stylish khas Legion. Headset ini cocok untuk bermain game laga, mendengarkan musik atau menonton film 
 
Lenovo Legion H500 Pro 7.1 Surround Gaming Headset

  • Lenovo Legion M500 RGB Gaming Mouse yaitu mouse dengan desain ergonomis tangan yang nyaman digunakan jangka panjang
  • Lenovo Legion M600 RGB Wireless Gaming Mouse yaitu mouse untuk memenuhi kebutuhan mobilitas koneksi nirkabel yang lebih tinggi 
Lenovo Legion M600 RGB Wireless Gaming Mouse
  •  Lenovo Legion K500 Mechanical Gaming Keyboard yaitu keyboard untuk bermain layaknya gamer profesional
  • Lenovo Legion KM300 Wired Keyboard yang sepaket dengan M300 RGB Gaming Mouse
  • Lenovo Legion Mouse Pad Size M dan Size XL yaitu alas mouse

Legion Ultimate Support & Lenovo Accidental Damage Protection

Layanan purnajual Legion Ultimate Support menyajikan saran dari tekniksi yang merangkap gamer dalam peningkatan software dan mengoptimalkan perangkat keras. Lenovo memberikan layanan purnajual tersebut tanpa biaya tambahan. Teknisi tersebut dapat dihubungi setiap saat selama 24/7/365 melalui fitur chat, telepon toll free, maupun email.

Lenovo pun tetap menyadiakan layanan Accidental Damage Protection yang memberikan perlindungan atas kerusakan yang terjadi akibat kelakaan yang tak disengaja. Kerusakan tersebut mencakup akibat dari tumpahan air, terjatuh, malfungsi keyboard, sampai LCD retak. Perbaikan akan dilakukan 100% tanpa ada biaya tambahan dan dapat diklaim berkali-kali. Informasi lebih lanjut mengenai produk, layanan dan aksesori dari Lenovo dapat dilihat pada situs resmi Lenovo. Sedangkan untuk mengetahui informasi terkini mengenai Lenovo Legion dapat dilihat pada Official Facebook Group Lenovo Gaming Community Indonesia.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email