Sambut Ramadan Blibli Gelar Festival Belanja dan 2 Hours Delivery Sambut Ramadan Blibli Gelar Festival Belanja dan 2 Hours Delivery ~ Teknogav.com

Sambut Ramadan Blibli Gelar Festival Belanja dan 2 Hours Delivery

Teknogav.com – Umat muslim akan segera menyambut bulan Ramadan dan menjalankan ibadah shaum. Demi menyambut momen penting tersebut, e-commerce Blibli menyelenggarakan festival belanja dan layanan pengiriman cepat dalam 2 jam. Festival belanja bertajuk #HikmahRamadhan tersebut digelar Blibli dengan menggandeng para seller, termasuk UMKM.

Selama bulan Ramadan, biasanya tingkat konsumsi pelanggan meningkat untuk berbagai macam produk, mulai dari sembako sampai pakaian. Momen ini dimanfaatkan Blibli untuk meluncurkan layanan pengiriman dua jam agar belanjaan bisa diterima lebih cepat oleh pelanggan. Sementara itu festival belanja diselenggarakan untuk memudahkan pelanggan memenuhi kebutuhan sehingga dapat merayakan Ramadan penuh hikmah.

Baca juga: BCA dan Blibli Dukung Digitalisasi UMKM dalam Program Desa Binaan

Data Blibli menunjukkan peningkatan permintaan yang konsisten selama bulan Ramadan. Pada Ramadan tahun 2020 lalu, rata-rata volume pemesanan harian di Blibli mengalami peningkatan dua kali lipat dibandingkan hari biasa. Produk yang paling banyak dibeli adalah Makanan & Minuman, Handphone, Suplemen Kesehatan dan Fashion Muslim. Asal pembeli tersebut dari berbagai kota di Indonesia. Peningkatan terbesar pada Ramadan tahun 2020 tersebut terdapat di Bandung, Bantul, Kudus, Palembang, dan Denpasar.

Program Blibli Jelang Ramadan 2021

Pada tahun 2021 ini, Blibli menghadirkan layanan tambahan dan festival belanja demi meningkatkan pengalaman pelanggan. Layanan tambahan tersebut adalah pengiriman 2 jam yang memungkinkan pelanggan mendapatkan barang pesanannya sesegara mungkin. Pelanggan dapat memanfaatkan layanan ini pada produk yang memiliki logo “2 Jam Sampai”. Pencarian produk dapat dilakukan seperti biasa, lalu tekan pilihan “2 jam sampai” di pojok kiri atas. Selain layanan tersebut, tentu saja masih tersedia layanan gratis ongkos kirim dari Blibli.

Program lainnnya adalah festival belanja #HikmahRamadhan yang berlangsung 32 hari tanpa henti. Periode program tersebut  berlangsung selama tanggal 12 April 2021 sampai 14 Mei 2021. Promo yang ditawarkan pada festival belanja tersebut mencakup beberapa hal berikut ini:

  • Cashback sampai Rp1 juta
  • Diskon sampai 85% pada penawaran eksklusif brand-brand ternama
  • Flash sale dan game yang digelar tiga kali sehari saat sahur dan ngabuburit

Penawaran pada festival belanja #HikmahRamadhan ini merupakan hasil kolaborasi Blibli dengan para seller. Mereka termasuk para pelaku UMKM yang menghadirkan berbagai jenis produk. Produk-produk tersebut mencakup kuliner lokal untuk sahur dan berbuka puasa, bingkisan lebaran, perabotan dan busana untuk hari raya,

Cindy Kalensang, Vice President Business Development Blibli

“Bulan Ramadan menjadi momen penuh berkah, bukan hanya bagi pelanggan, tetapi juga bagi seller UMKM. Kami berharap festival belanja #HikmahRamadhan ini dapat menjadi cara bagi para seller besar maupun UMKM untuk meningkatkan penjualan. Mereka pun dapat merangkul pasar yang lebih luas melalui platform Blibli,” ucap Cindy Kalensang, Vice President Business Development Blibli.

Baca juga: Niagahoster Ungkap Pentingnya Branding Bagi UMKM dalam Hadapi Produk Impor

Peningkatan konsumsi saat momen Ramadan juga ditunjukkan oleh data penelitian iPrice mengenai perilaku berbelanja umat muslim di Indonesia saat Ramadan. Jika dibandingkan dengan bulan lain, terjadi peningkatan trafik belanja secara online sampai 345% pada pukul 5 pagi. Kondisi ini terjadi akibar perubahan waktu jam makan, yaitu di saat sahur.

Dea Vivin Devita, Senior Content Marketing iPrice Group

Baca juga: Niagahoster Bersinergi dengan Pemerintah Dukung UMKM Go Online

Pada Ramadan tahuh 2020, terjadi perubahan perilaku seiring perubahan interaksi sosial akibat pandemi. Data iPrice menunjukkan kategori yang terlaris saat itu adalah fesyen, elektronik, kebutuhan rumah tangga dan kue lebaran. Sementara di tahun 2018, kata kunci yang paling popular adalah tiket pesawat, tiket kereta dan voucher hotel. Dea Vivin Devita, Senior Content Marketing iPrice Group mengungkapkan bahwa data Blibli dan iPrice dapat dijadikan acuan oleh UMKM. Mereka dapat memastikan ketersediaan kategori produk dalam promo unik selama Ramadan 2021.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email