DANA Gelar Serangkaian Kegiatan Pendukung Festival Joglosemar 2021 DANA Gelar Serangkaian Kegiatan Pendukung Festival Joglosemar 2021 ~ Teknogav.com

DANA Gelar Serangkaian Kegiatan Pendukung Festival Joglosemar 2021

Teknogav.com - Joglosemar merupakan akronim dari Yogyakarta, Solo dan Semarang. Festival Joglosemar 2021 adalah bagian dari perayaan dua tahun Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Jelang berlangsungnya festival tersebut, DANA menyelenggarakan serangkaian kegiatan edukasi dan pemberdayaan demi mendukung percepatan digitalisasi UMKM.

Gernas BBI bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap produk asli Indonesia sekaligus meningkatkan kompetensi industri kecil menengah penghasil produk-produk kreatif. Upaya tersebut dilakukan dengan mengoptimalkan pendayagunaan teknologi digital.

Baca juga: Dukung Program QRIS Gumaton, Pembayaran Andong Bisa Pakai DANA

Penyelenggaraan serangkaian kegiatan menjelang Festival Joglosemar 2021 dilakukan DANA di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Jateng-DIY). Harapannya serangkaian kegiatan tersebut dapat mendukung kontribusi UMKM untuk mengoptimalkan potensi ekonomi digital di Jateng-DIY. 

DANA menyediakan teknologi yang dapat dimanfaatkan UMKM Jologsemar untuk melakukan digitalisasi melalui ekosistem DANA Bisnis. UMKM yang menjad bagian dari ekosistem DANA Bisnis akan memiliki berbagai peluang untuk mengembangkan bisnisnya. UMKM dapat memperluas jangkuan pasar, berinovasi dengan pembayaran nontunai, promosi dan pemasaran, serta terkoneksi dengan ekosistem DANA. Ekosistem tersebut mencakup e-commerce, investasi dan platform-platform digital lain untuk mengembangkan bisnis.

Baca juga: Banyak Manfaat, Picu Pesatnya Tren Pembayaran Digital

“Fitur-fitur yang kami kembangkan memiliki kapabilitas yang mampu membantu UMKM Indonesia, termasuk yang berada di Joglosemar. Mereka dapat makin adaptif dengan dinamika era digital, responsif terhadap perilaku konsumeni, dan kompeten dalam pengelolaan transaksi. Selain itu tentunya mereka pun makin punya daya saing,” ucap Vincent Iswara, CEO dan Co-Founder DANA.

Serangkaian Kegiatan DANA

Kegiatan-kegiatan DANA yang berkaitan dengan edukasi pemberdayaan UMKM tersebut adalah sebagai berikut:

  • IKM Go Digital bersama Kementerian Perindustrian di Yogyakarta dan Solo
  • Masterclass Komunitas DANA Bisnis di Yogyakarta
  • Pelatihan untuk UMKM perempuan di Semarang bersama Kemenkomarves
  • Roadshow Siap Digital di Yogyakarta dan Magelang

Penyelenggaraan berbagai kegiatan tersebut sesuai dengan momen Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021. Tema peringatan tahun ini adalah “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!”

“Semangat yang diusung Hari Kebangkitan Nasional selaras dengan komitmen DANA dalam terus membantu ekosistem kami, termasuk para pelaku UMKM. Komitmen ini agar UMKM tetap tangguh dalam mengantisipasi berbagai situasi, terutama kondisi perekonomian yang berat akibat pandemi COVID-19. Harapannya  UMKM mampu bangkit dan pulih dari hantaman krisis dengan mengadopsi budaya transaksi nontunai. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital yang makin inklusif,” ucap Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer DANA. 

Selain itu DANA juga mengadakan acara Temu Komunitas UMKM #BarengDANA di Yogyakarta. Tujuan acara tersebut adalah untuk memperkokoh antusiasme dan komitmen pelaku UMKM daerah untuk melakukan digitalisasi. Pada Temu Komunitas tersebut, DANA  mengedukasi dan membangkitkan semangat para pelaku UMKM Joglosemar agar terus mengembangkan bisnis bersama DANA.

Jumlah UMKM di Yogyakarta yang sudah menggunakan DANA Bisnis sudah mencapai lebih dari 6.000. Sedangkan untuk wilayah Jawa Tengah sudah mencapai lebih dari 30.000 UMKM yang sudah menggunakan DANA Bisnis. Jumlah UMKM di Jawa Tengah sendiri lebih dari 400 ribu, sehingga DANA optimis jumlah pengguna DANA Bisnis akan terus meningkat. 

Baca juga: Upaya ShopeePay Dukung Bisnis UKM Lewat Program Semangat Usaha Lokal

UMKM tersebut banyak bergerak di bidang batik, kerajinan kriya, kuliner sampai pariwisata, sehingga sangat kontribusinya pada ekonomi digital sangat besar. Kementrian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenkomarves), serta Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY pun turut mendukung kegiatan Temu Komunitas Yogyakarta. 

Pada kesempatan berbeda,  Sepridany Jaya, perwakilan Bank Indonesia DIY memberikan sambutan positif. Selama pandemi menurutnya sistem keuangan tidak akan bergerak secara normal tanpa pembayaran digital. Digitalisasi finansial dipandang dapat memicu pertumbuhan seluruh ekosistem bersama-sama.

“DANA sangat serius dalam melakukan upaya nyata untuk merealisasikan besarnya potensi ekonomi dari UMKM Joglosemar ini. Pendampingan, edukasi, dan inklusi layanan keuangan lewat Gernas BBI maupun Bangga Berpariwisata Indonesia akan terus dilakukan DANA. Kami juga sangat mengapresiasi regulator atas dukungan penuhnya terhadap inovasi pembayaran,” ucap Agustina.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email