ROG Zephyrus M16 Hadirkan Pengalaman Imersif dengan Rasio Layar-ke-Bodi 94% ROG Zephyrus M16 Hadirkan Pengalaman Imersif dengan Rasio Layar-ke-Bodi 94% ~ Teknogav.com

ROG Zephyrus M16 Hadirkan Pengalaman Imersif dengan Rasio Layar-ke-Bodi 94%

Teknogav.com - ASUS memperkenalkan ROG Zephyrus M16 berbarengan dengan ROG Zephyrus S17 pada ajang peluncuran virtual. Kedua laptop gaming yang diluncurkan tersebut menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-11 terkini, yaitu i9-11900H. Hal ini sesuai dengan tajuk acara, yaitu“For Those Who Dare: Unleash the Tiger Inside”. Prosesor Intel Core generasi ke-11 H-Series memang awalnya memiliki nama sandi Tiger Lake. Nah, kini mari simak fitur-fitur ROG Zephyrus M16.

Baca juga: Andalkan Keyboard Canggih, Ini Spesifikasi Lengkap ASUS ROG Zephyrus S17

Layar ROG Zephyrus M16

Keisitimewaan ROG Zephyrus M16 terletak pada layar berukuran 16 inci yang memiliki bezel sangat tipis. Ketebalan bezel tersebut hanya 4,6 mm di keempat sisi layar sehingga rasio layar-ke-bodi mencapai 94%. Lapangnya ukuran layar tersebut, tentunya akan menyajikan pengalaman yang imersif, baik saat bermain game maupun saat menikmati konten.

Tipisnya bezel tersebut membuat laptop dengan layar berukuran 16 inci ini memiliki bodi layaknya laptop berukuran 15 inci. Jika dibandingkan dengan ROG Zephyrus M15, bahkan bodi ROG Zephyrus M16 ini 5% lebih kecil.

Layar ROG Zephyrus M16 memiliki resolusi WQHD dengan refresh rate 165 Hz dan response time 3 milidetik. Kedua fitur tersebut memungkinkan game dapat berjalan pada frame rate tinggi dan memiliki respon cepat. Selain itu layar tersebut juga sudah menggunakan teknologi Adaptive Sync yang membuat sesi bermain game lebih nyaman. Ini karena teknologi tersebut mampu melakukan sinkronisasi refresh rate dengan GPU frame rate.

Baca juga: Review ROG Zephyrus Duo 15 SE, Laptop Gaming Dukung Kreativitas

ROG Zephyrus M16

Tingkat kecerahan sampai 500 nits sehingga tampilan tetap terlihat jelas walau digunakan di luar ruangan.  Reproduksi warna layar ini sampai 100% pada color gamut DCI-P3 dan didukung teknologi Dolby Vision. Teknologi Dolby Vision akan membuat tampilan visual lebih kaya dan cerah. Perpaduan teknologi tersebut dengan Dolby Atmos memungkinkan pembuat konten dapat menyunting video dengan standar yang biasa digunakan profesional industri perfilman.

Layar ini mampu menampilkan warna yang akurat dan dijamin sertifikasi PANTONE Validated Display. Selain itu layar pun memiliki rasio aspek 16:10 yang menyajikan ruang kerja yang lebih lega. Fitur-fitur tersebut menjadikannya cocok untuk gamer dan juga para pembuat konten untuk meningkatkan produktivitas.

Kinerja Prosesor Intel dan Grafis NVIDIA

ROG Zephyrus M16 menggunakan prosesor Intel terkini dengan spesifikasi tertinggi, yaitu Intel Core i9-11900H. Prosesor ini memiliki delapan inti dan 16 thread dengan kecepatan clock prosesor sampai 4,9 GHz. Berbagai kegiatan yang menuntut kinerja tinggi, seperti game streaming, video rendering dan kegiatan pembuatan konten lainnya sanggup dilakukan prosesor ini. ROG Zephyrus M16 dapat menjalankan prosesor tersebut sampai 45 W secara terus menerus, sementara GPU dapat berjalan di 80 W.

Baca juga: ASUS ROG Zephyrus G14, Laptop Gaming Stylish yang Tangguh

Kinerja prosesor tersebut didukung oleh RAM DDR4-3200 dengan kapasitas sampai 48 GB sehingga dapat menangani multitasking. Media penyimpanan yang digunakan adalah SSD PCIe 4.0 dengan kapasitas sampai 2 TB. Teknologi tersebut mempercepat proses membuka aset, aplikasi dan game. Selain itu tersedia juga slot SSD kedua untuk memudahkan upgrade media penyimpanan.


Grafis pada ROG Zephyrus M16 mengandalkan chip grafis sampai NVIDIA GeForce RTX 3070 yang dibangun berdasarkan arsitektur Ampere. Arsitektur tersebut memadukan fitur streaming multiprosesor terkini dengan RT Core generasi kedua dan Tensor Core generasi ketiga. Perpaduan tersebut mendukung fitur real-time ray tracing dan dibekali dengan teknologi AI terkini. Game pun bisa berjalan lancar dengan frame rate tinggi dan kualitas visual yang baik.

ROG Boost dapat memicu NVIDIA GeForce RTX 3070 untuk bekerja dengan kecepatan clock 1390 MHz dan daya 80 W. Daya tambahan sampai 20 W untuk GPU dapat diberikan fitur Dynamic Boost ketika CPU tidak dalam kondisi full-load. Selain itu terdapat fitur NVIDIA Reflex untuk mengurangi latensi dalam game multiplayer tertentu dan NVIDIA Broadcast untuk mendukung streaming game.

ASUS juga menyediakan varian ROG Zephyrus M16 dengan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 3050Ti terkini sehingga lebih terjangkau. Chip grafis tersebut juga akan hadir di beberapa laptop gaming ROG lain. Jajaran laptop gaming ROG tersebut termasuk Flow X13, Strix G15/17, Zephyrus G15, dan Zephyrus G14.

Sistem Pendingin

ROG Intelligent Cooling merupakan sistem pendingin canggih yang memastikan prosesor dan chip grafis tetap dingin selama sesi gaming dan berkarya. Sistem pendingin tersebut berfungsi untuk memastikan kinerja tetap terjaga sepanjang waktu dengan tingkat kebisingan rendah. Fitur-fitur pendingin eksklusif pada ROG Intelligent Cooling hanya terdapat pada laptop ROG.

Kini digunakan pendingin liquid metal untuk menggantikan thermal paste berbahan silikon. Liquid metal ini dapat menurunkan suhu CPU sampai 10°C. Enam heatpipe dirancang khusus untuk menyalurkan panas dari CPU, GPU dan komponen penting lain ke heatsink. Pada heatsink sudah terdapat kipas Arc Flow terkini dengan 84 bilah khusus yang dirancang menggunakan prinsip aerodinamika. Desain kipas tersebut dapat menghasilkan aliran udara lebih kencang dengan tingkat kebisingan lebih rendah.

Teknologi 0 db akan menghentikan kipas ketika CPU dan GPU bekerja di suhu lebih rendah dari 50°C. Ketika kipas bekerja, partikel debu yang berisiko menyangkut di heatsink akan dialihkan melalui terowongan khusus. Mekanisme ini akan memastikan durabilitas pada laptop gaming ROG Zephyrus M16. Pengaturan kipas juga bisa disesuaikan dengan kegiatan yang sedang dilakukan. Pengendalian berbagai fitur, termasuk pengaturan kipas dapat dilakukan melalui aplikasi Armoury Crate. Berbagai pengendalian yang bisa dilakukan mencakup pengaturan profil, pembaruan sistem sampai manajemen game yang ada pada laptop.

Sistem Audio

ROG Zephyrus M16 menggunakan sistem audio dengan enam speaker yang dilengkapi dual-force cancelling woofer untuk menghasilkan kualitas audio yang bagus. Selain itu tersedia juga dukungan tekonologi Dolby Atmos yang akan menyajikan efek audio kaya detail dan bass saat menikmati film.

Berbagai kebutuhan dapat dipenuhi fitur 3D mic array yang disematkan teknologi Two-Way AI Noise Cancellation untuk menyingkirkan kebisingan saat berkomunikasi. Fitur Two-Way AI Noise ini bisa digunakan dengan perangkat lain dan dikustomisasi menyesuaikan aplikasi yang sedang digunakan. Teknologi ini akan memperjelas suara saat voice chatting dan memperlancar komunikasi saat bermain game.

Suara pengguna yang berada di depan laptop dapat ditangkap optimal saat live streaming atau chat dengan mode Cardioid. Sedangkan ketika melakukan konferensi video suara dalam ruangan dapat ditangkap secara menyeluruh dengan mode Omnidirectional.

Desain

ROG Zephyrus M16 merupakan laptop gaming yang sangat portabel dengan bodi ringkas sehingga bisa dimasukkan dalam tas laptop 15 inci. Ketebalan laptop ini hanya 19,9 mm dan bobotnya hanya 1,9 kg, sehingga mudah dibawa-bawa untuk berbagai kegiatan.Tampilan laptop ini stylish namun tetap profesional dengan warna off black yang memberi kesan netral sekaligus personal.

ROG Zephyrus M16

Pada bagian belakang terdapat 8279 lubang yang dibuat dengan teknik CNC milling sehingga membuat tampilannya stylish. Lapisan Prismatic Film terdapat dibawah lubang tersebut sehingga menyajikan efek prismatik saat terkena sinar. Efek tersebut akan membuat laptop gaming ini terkesan modern.

Bodi laptop menggunakan bahan magenesium aluminium yang tahan terhadap bekas sidik jari. Tekstur khusus pada ROG Zephyrus M16 ini juga membuat permukaan laptop tak mudah kotor. Laptop ini juga didesain dengan fitur 180° ErgoLift Hinge  yag akan mengangkat bodi utama laptop sehingga ergonomis saat digunakan. Fitur ini membuat layar ROG Zephyrus M16 dapat dibuka sampai 180° sehingga lebih fleksibel. Ruang yang dibentuk dari pengangkatan bodi ini pun akan memperlancar aliran udara sehingga mendukung sistem pendingin.

Baterai dan Konektivitas

ROG Zephyrus M16 dibekali dengan baterai berkapasitas 90 Wh, sehingga laptop dapat mendampingi sampai 10 jam untuk memutar video. Kemampuan ini membuatnya sanggup untuk menemani bekerja seharian. Pengisian daya baterai pun praktis berkat fitur USB power delivery yang memungkinkan pengisian daya menggunakan adapter charger USB type-C. Pengguna juga bisa melakukan pengisian daya menggunakan power bank khusus yang memiliki dimensi ringkas.

Teknologi fast charging pun sudah dibekali pada ROG Zephyrus M16 sehingga bisa lebih cepat mengisi baterai. Cukup membutuhkan waktu 30 menit saja untuk mengisi daya baterai dari kondisi kosong sampai terisi 50%.


Share:

Artikel Terkini

Follow by Email