Dukung Pemulihan Ekonomi, ShopeePay Gelar Semangat Usaha Lokal di Bandung Dukung Pemulihan Ekonomi, ShopeePay Gelar Semangat Usaha Lokal di Bandung ~ Teknogav.com

Dukung Pemulihan Ekonomi, ShopeePay Gelar Semangat Usaha Lokal di Bandung

Teknogav.com - ShopeePay masih terus mendukung UKM di seluruh nusantara dengan program ShopeePay Semangat Usaha Lokal. Kali ini, program tersebut digelar di kota Bandung, Jawa Barat mulai tanggal 2 Mei 2021 sampai 8 Mei 2021. Program ini melibatkan para pelaku bisnis UKM di empat sentra UKM favorit. Keempat sentra UKM tersebut adalah yaitu Pasar Andir, Pasar Segar Taman Kopo Indah, Sudirman Street dan Taman Legok 9. Para pengunjung program ini bisa mendapatkan cashback spesial 60% saat bertransaksi menggunakan ShopeePay di lokasi-lokasi tersebut.

Dukungan berupa akses digitalisasi finansial bagi pelaku bisnis dan konsumen di seluruh Indonesia merupakan komitmen dari ShopeePay. Upaya ini dilakukan dengan menghadirkan pembayaran digital dan promo cashback sehingga meningkatkan visibilitas para pelaku bisnis UKM. Pada program ShopeePay Semangat Usaha Lokal, dukungan ini diberikan di berbagai merchant Kota Bandung untuk menggairahkan perekonomian Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Upaya ShopeePay Dukung Bisnis UKM Lewat Program Semangat Usaha Lokal

Data Perekonomian Jawa Barat

Sejak pandemi melanda Indonesia lebih dari setahun, tentu saja kondisi perekonomian UKM Provinsi Jawa Barat pun terkena dampaknya. Data Dinas Koperasi dan UKM Jawa Barat menunjukkan bahwa ada 37.110 UKM yang terdampak oleh pandemi. Pertumbuhan ekonomi Kota Bandung pun mengalami penurunan sampai -2,29%, padahal pada tahun 2019 mencapai 6,75%. Pemberian stimulus bisnis yang tepat tentunya akan memberikan pergerakan pertumbuhan ekonomi Kota Bandung ke arah positif.

“Program Semangat Usaha Lokal merupakan upaya berkelanjutan ShopeePay untuk menghadirkan solusi dari hulu ke hilir bagi UKM di Bandung. Kami melihat adanya potensi perkembangan bisnis UKM sebagai salah satu penggerak roda perekonomian di Provinsi Jawa Barat, terutama saat pandemi. Cashback hingga 60% yang kami hadirkan di seluruh lini bisnis di Jawa Barat bertujuan memberikan visibilitas lebih besar bagi merchant. Mereka pun dapat menjangkau lebih banyak konsumen, baik yang sudah atau belum pernah menggunakan ShopeePay, untuk bertransaksi di gerainya,” ucap Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay.

Pandemi yang masih melanda tentu saja mempengaruhi daya beli dan kebiasaan masyarakat dalam bertransaksi produk sehari-hari, termasuk produk kuliner. Kurmana Hartadji, Kepala Dinas KUMKM Jawa Barat mengungkap bahwa ada 4,5 juta pelaku UMKM dari berbagai sektor di Jawa Barat. Dari jumlah tersebut, sebanyak 867 ribu merupakan penyedia jasa akomodasi dan makanan minuman. Demi mendukung bisnis tersebut, maka dibutuhkan dukungan berbagai pihak agar pemilik bisnis, khususnya industri kuliner di Jawa Barat bisa terus tumbuh.

Pentingnya Dukungan Bagi UMKM

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), organisasi independen yang mendukung para wirausahawan muda sejak 1972 juga memiliki visi yang sama. Hal tersebut diungkapkan oleh Kiki Hendrawan, Ketua Bidang Ketenagakerjaan, Vokasi, dan kesehatan HIPMI Bandung.

“Kami memiliki visi untuk menciptakan para pengusaha muda yang inovatif dan mampu berdaya saing di era revolusi industri 4.0. Program ShopeePay Semangat Usaha Lokal merupakan angin segar bagi pegiat usaha di Kota Bandung. Kehadiran program ini juga memberikan nilai tambah di luar kreativitas promosi yang dilakukan tiap pemilik bisnis. Kami percaya bahwa dukungan ShopeePay sebagai salah satu layanan digital mampu memberikan nilai tambah dan mengeskalasi pencapaian para pemilik bisnis UKM di Kota Bandung untuk menjangkau potensi pasar yang lebih luas lagi,” ucap Kiki Hendrawan.

Baca juga: ShopeePay Talk Beri Tips Manfaatkan Peluang Ramadan Bagi Pelaku Bisnis

Sejak tahun 1965, Kupat Tahu Gempol Bandung merupakan salah satu kuliner legendaris Kota Bandung, dan kini telah memiliki enam cabang. Kendati usaha kuliner ini telah menjadi primadona lintas generasi, tak lantas membuat Kupat Tahu Gempol menutup diri pada digitalisasi. Langkah inovatif pun diterapkan oleh Tini Sumartini, perwakilan Kupat Tahu Gempol Bandung untuk dapat bersaing di era digital. Usaha kuliner ini pun turut bergabung dengan ekosistem ShopeePay untuk menyediakan metode pembayaran digital.

“Kupat Tahu Gempol merupakan usaha turun-temurun di keluarga kami. Sebagai generasi penerus, tugas kami adalah mempertahankan serta mengembangkan usaha ini dengan terbuka pada perkembangan zaman. Salah satunya melalui alternatif pembayaran digital dengan bergabung sebagai merchant ShopeePay. Banyak pelanggan kami datang dari kalangan mahasiswa dan karyawan muda yang kini memilih pembayaran non-tunai ShopeePay karena kemudahan dan keamanannya.  Selain itu, promo cashback yang ditawarkan membuat semakin menarik pelanggan untuk bertransaksi,” ucap Tini Sumartini.

Baca juga: Banyak Manfaat, Picu Pesatnya Tren Pembayaran Digital

Menu-menu yang disajikan Kupat Tahu Gempol tak hanya sebatas digemari warga Bandung dan wisatawan lokal saja. Kepopuleran usaha kuliner ini pun sudah merambah mancanegara. UKM kuliner asli Bandung ini sering mendapat pesanan dari luar negeri dan mewakili Indonesia dalam festival kuliner mancanegara. Kunci dalam mempertahankan kesetiaan pelanggan sapmai saat ini adalah kesiapan Kupat Tahu Gempol dalam melayani pelanggan. Pelayanan ini mulai dari cara pengemasan, kualitas rasa, sampai adopsi pembayaran digital menjadi kunci.

Dukungan ShopeePay pada Mitra UKM

ShopeePay tak hanya sebatas memberikan program cashback untuk meningkatkan visibilitas berbagai UKM dari kota yang sudah dikunjungi. Informasi lengkap mengenai program Semangat Usaha Lokal pun dihadirkan dalam laman khusus di aplikasi Shopee. Daftar merchant, kisah inspiratif pelaku usaha, syarat dan ketentuan promo dan informasi lain bisa diakses melalui tautan ini.

Para pemilik warung tradisional di Bandung dan kota lain pun diperkenalkan dengan layanan Mitra Shopee untuk membantu mendapat penghasilan tambahan. Layanan tersebut memungkinkan untuk berjualan produk digital seperti pulsa, paket data, token PLN, voucher game dan lain-lain. Sosialisasi ini dilakukan seiring dengan berjalannya program Semangat Usaha Lokal. Aktivasi ShopeePay bisa dilakukan melalui aplikasi Shopee yang bisa diunduh gratis melalui Google Play Store dan App Store.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email