Ini 5 Cara DANA Bisnis Optimalkan UMKM Beradaptasi dan Berkembang Ini 5 Cara DANA Bisnis Optimalkan UMKM Beradaptasi dan Berkembang ~ Teknogav.com

Ini 5 Cara DANA Bisnis Optimalkan UMKM Beradaptasi dan Berkembang

>

Teknogav.com
- Saat ini lebih dari 250 ribu UMKM di Indonesia yang sudah bergabung dalam ekosistem DANA Bisnis. Jumlah tersebut tumbuh lebih dari 25% selama bulan Ramadan. Bidang usaha UMKM tersebut beragam, mulai dari penjual produk-produk tradisional, kedai kopi, pertanian sampai pedagang yang berjualan di pasar tradisional.

Kondisi pandemi banyak mempengaruhi gaya hidup. Kini masyarakat banyak yang beralih menggunakan metode pembayaran digital ketimbang uang fisik demi mencegah perpindahan virus melalui uang fisik. Transformasi digital di kalangan pelaku UMKM juga dipicu oleh kampanye pemerintah #BanggaBuatanIndonesia. Imbauan tak mudik saat lebaran pun memperkuat budaya transaksi digital. Berbagai faktor tersebut mendorong UMKM bergabung dengan DANA Bisnis untuk melakukan transformasi digital.

DANA Bisnis juga dirancang dan dikembangkan berdasarkan analisis mendalam mengenai berbagai kebutuhan, tantangan dan peluang yang harus diantisipasi pelaku usaha. Rangga Wiseno, Senior VP of Product DANA mengatakan bahwa faktor tersebut turut menjadi pendorong pertumbuhan mitra DANA Bisnis.

Baca juga: Pembaruan Fitur DANA Bisnis Permudah UMKM Adopsi Teknologi Digital

“Kami menghadirkan DANA Bisnis sebagai solusi yang bisa mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan para pelaku usaha. DANA Bisnis juga merupakan solusi agar bisnis terus dapat bertahan, adaptif, gesit dan bisa terus berkembang pada situasi yang dinamis,” ucap Rangga.

Manfaat DANA Bisnis Bagi UMKM

Berikut ini adalah manfaat-manfaat DANA Bisnis bagi UMKM. Manfaat ini terutama dalam mempermudah UMKM melakukan transformasi digital sehingga bisa mengatasi berbagai tantangan di dunia yang saling terhubung ini.

1. Transaksi simpel dengan tautan

Pembayaran lebih mudah dilakukan dengan mengirim tautan ke pembeli melalui WhatsApp atau aplikasi pengiriman pesan lainnya. Pengalaman berbelanja pun lebih lancar.

2. DANA QRIS untuk menerima pembayaran dari berbagai aplikasi

Pemilik usaha juga bisa mencetak QRIS yang disediakan DANA sehingga pelanggan tinggal memindai QRIS tersebut untuk melakukan pembayaran. Pelanggan bisa menggunakan aplikasi dompet digital atau perbankan yang sudah didukung pembayaran QRIS untuk membayar.

Baca juga: Banyak Manfaat, Picu Pesatnya Tren Pembayaran Digital

3. Virtual Account atau Akun Virtual

Pengguna DANA Bisnis juga bisa menerima pembayaran melalui akun virtual, sehingga pilihan pembayarna makin banyak dan mudah.

4. Praktis tarik saldo DANA Bisnis

Pengguna DANA Bisnis dapat menarik saldonya secara online setiap saat ke rekening bank yang diinginkan.

5. Dashboard untuk mengecek riwayat transaksi

Setiap pengguna DANA Bisnis akan memiliki dashboard sendiri sehingga bisa memantau langsung kondisi bisnis sehari-hari.

Baca juga: DANA Self Promo Service Merchant Mudahkan Merchant Bikin Promo Sendiri

DANA Bisnis juga memiliki sistem peringkat sebagai bentuk tanggapan membangun bagi pelaku usaha. Pengguna DANA Bisnis dapat mengajak pelanggan untuk memberikan komentar-komentar posisif dan memberi peringkat. Komentar-komentar tersebut dapat dijadikan masukan membangun untuk dijadikan masukan peningkatan kinerja bisnis selanjutnya.

“Hasil ulasan pelanggan dapat muncul di beranda DANA dan dapat dilihat oleh teman-teman sesama pengguna DANA. Hasilnya, visibilitas usaha di ranah publik pun akan makin tinggi. Proteksi dan kemudahan yang kami hadirkan juga menjadikan para pelaku usaha terlindungi dan aman. Para pengguna DANA Bisnis tak harus bersusah-payah dalam mendigitalisasi bisnisnya bersama DANA Bisnis,”tutup Rangga.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email