Niagahoster Gandeng Happy Hearts Renovasi Sekolah di NTT Demi Pendidikan Niagahoster Gandeng Happy Hearts Renovasi Sekolah di NTT Demi Pendidikan ~ Teknogav.com

Niagahoster Gandeng Happy Hearts Renovasi Sekolah di NTT Demi Pendidikan

Teknogav.com - Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu faktor penting dalam transformasi digital. Niagahoter berupaya untuk dapat berkontribusi dalam pengembangan SDM dengan meluncurkan berbagai program edukasi untuk membantu percepatan digital. Pendidikan sejak dini pun penting didukung dengan menyediakan infrastruktur yang memadai. Salah satunya adalah dengan menyediakan fasilitas yang layak bagi anak-anak belajar. Berpijak dari hal tersebut, Niagahoster menggandeng Happy Hearts Indonesia untuk merenovasi sekolah di daerah dengan tingkat kemiskinan tinggi.

Pengelolaan dan pengembangan kualitas SDM dipengaruhi oleh kondisi ekonomi, sosial dan literasi masyarakat yang beragam. Data Bank Dunia tahun 2020 menunjukkan indeks produktivitas penduduk generasi mendatang (Human Capital Index/HCI) dilihat dari kondisi kesehatan dan pendidikan. Sayangnya di Indonesia, angka tersebut masih berada di 0,53. Sementara negara-negara di Asia lain memiliki angka lebih tinggi, yaitu:

  • Singapura 0,88
  • Vietnam 0,69
  • Brunei Darussalam 0,63
  • Thailand 0,61

Rendahnya angka tersebut menekankan pentingnya untuk meningkatkan mutu pendidikan saat ini. Cara untuk meningkatkan mutu adalah dengan mendorong akses edukasi secara digital dan non-digital di berbagai lapisan masyarakat. Niagahoster merupakan perusahaan Teknologi Informasi (TI) yang memiliki kebijakan untuk memberi dampak positif bagi masarakat luas. Peran Niagahoster adalah sebagai digital enabler yang dapat menginternalisasi tiga aspek persiapan percepatan digital, yaitu regulasi, infrastruktur dan SDM.

Ayunda Zikrina, Head of Brand & Market Development Niagahoster

Upaya Niagahoster untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan mendorong akses edukasi secara digital dan nondigital di berbagai lapisan masyarakat. Saat ini informasi dapat diakses melalui internet, namun di beberapa pelosok Indonesia, pendekatan langsung dan sarana fisik pendidikan masih penting.

“Kami sadar, masih banyak daerah yang belum menikmati inklusivitas yang kita punya sekarang. Niagahoster ingin membagi manfaat, tidak hanya bagi mereka yang sudah melek secara teknologi, tetapi juga untuk seluruh masyarakat.” ucap Ayunda Zikrina, Head of Brand & Market Development Niagahoster.

Keselarasan Pembangunan SDM dan Pembangunan Infrastruktur

Infrastruktur dan masyarakat digital merupakan dua dari empat sektor yang menjadi fokus pemerintah dalam digital roadmap 2021-2024. Dari segi infrastruktur digital, pemerintah telah melanjutkan proyek pembangunan kabel serat optik sepanjang 348.000 km di seluruh Indonesia. Selain itu juga akan ada satelit SATRIA yang akan diluncurkan pada tahun 2023.

Baca juga: Jalur Telekomunikasi Palapa Ring Barat Kembali Pulih Setelah Sempat Terputus

Pembangunan infrastruktur digital tersebut juga harus dilakukan berbarengan dengan pembangunan sarana pendidikan yang menunjang SDM. Hal ini demi mencapai masyarakat digital yang adaptif. Pembangunan sarana pendidikan ini penting terutama di wilayah-wilayah yang jauh di pelosok dan perbatasan. Sekolah di daerah remote masih merupakan tempat penting untuk menuntut ilmu tak seperti di perkotaan yang menerapkan belajar online.

Kolaborasi Niagahoster dan Hostinger dengan Happy Hearts

Niagahoster yang berada di bawah naungan Hostinger International Groups berusaha mendukung pembangunan sarana pendidikan untuk menunjang keselarasan pembangunan tersebut. Pembangunan sarana pendidikan ini merupakan bagian dari kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR). Pelaksanaan pembangunan sarana pendidikan ini dilakukan Niagahoster berkolaborasi dengan Happy Hearts Indonesia (HHI) sebagai mitra lokal.

proses pembangunan kembali sekolah

Happy Hearts Indonesia adalah organisasi nirlaba yang berdedikasi untuk membangun kembali sekolah dan memnyadiakan akses lebih baik ke pendidikan bagi anak-anak di daerah miskin dan yang tertimpa bencana alam. Sekolah-sekolah akan dilengkapi dengan perabotan dan fasilitas yang layak. Selain itu HHI juga menyediakan program pelatihan yang cocok bagi pengajar, pelajar dan anggota komunitas.

Sekolah yang dipilih untuk renovasi adalah SMP Wali Ate yang berada di Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pemilihan daerah NTT karena NTT merupakan salah satu wilayah termiskin di Indonesia, tepatnya berada di peringkat ketiga. Lebih dari 21% populasi di NTT hidup dengan mengandalkan kurang dari Rp354 ribu per bulan. Kualitas sekolah-sekolah dan fasilitas lain yang ada di daerah tersebut sangat memprihatinkan. 



Sebagian anak-anak jika ingin sekolah harus menempuh jalan yang sangat jauh. Para penduduk pun berinisiatif untuk bekerja sama untuk mendidikan fasilitas pendidikan bersama, namun sarana tersebut kurang memadai.

Baca juga: Telkomsel Gandeng Huawei Indonesia Perluas Jaringan 4G demi Pemerataan Konektivitas

“Bangunan sekolah masih menjadi sarana utama menuntut ilmu di daerah-daerah remote Indonesia. Terlebih di masa pandemi, bangunan sekolah yang aman, bersih, dan menunjang protokol kesehatan sangat diperlukan. Untuk itulah renovasi sekolah ini menjadi prioritas kami,” lanjut Ayunda.

Pada pembangunan sekolah di Wali Ate, Happy Hearts juga melibatkan warga lokal dan menggunakan material lokal. Tentunya hal ini juga turut menunjang pendapatan mereka dan memberdayakan masyarakat Wali Ate.

hasil pembangunan kembali sekolah

Keselarasan Edukasi Digital dan NonDigital

Renovasi sekolah merupakan perwujudan dari misi Niagahoster dan Hostinger untuk memberikan fasilitas dan alat untuk belajar, berkarya dan berkembang. Nantinya Niagahoster dan Hostinger akan menyeimbangkan proses belajar mengajar secara langsung dan dengan teknologi. Saat ini daerah Wali Ate masih mengalami kendala infrastruktur internet, sehingga fokus Niagahoster masih untuk merenovasi bangunan sekolah.

Baca juga: Acer for Education, Solusi Pendidikan Menyeluruh dengan LMS Berstandar Internasional

“Ke depannya, kami akan mulai dari memberikan pelatihan sederhana tentang literasi digital, baru setelahnya kami akan supply kebutuhan elektronik seperti laptop dan komputer.” jelas Ayunda.

jumlah peserta yang mendaftar program edukasi digital Niagahoster

Kini Niagahoster sudah menyediakan media pembelajaran secara online, seperti e-book, blog, Youtube tutorial, Niagahoster Course, dan development programs. Selama tiga bulan terakhir atau sejak bulan April 2021 sudah ada lebih dari 2 juta pengunjung blog dan lebih dari 7000 pengunduhan ebook Niagahoster. Jumlah peserta kursus online yang digelar Niagahoster pun cukup tinggi dengan ratusan pendaftar per topik. Berbagai acara dan program pengembangan yang digelar Niagahoster telah berhasil menarik lebih dari 10 ribu partisipan.

Bangunan SMP Wali Ate yang lebih layak, aman dan bersih diharapkan dapat menunjang kegiatan belajar mengajar yang produktif dan aman.  Harapannya upaya Niagahoster ini dapat menunjang peningkatan mutu pendidikan Indonesia, terutama di daerah-daerah yang jauh di pelosok Indonesia.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email