Tokopedia Manfaatkan Jaringan Privat Epsilon untuk Koneksi Langsung Multi-Cloud Tokopedia Manfaatkan Jaringan Privat Epsilon untuk Koneksi Langsung Multi-Cloud ~ Teknogav.com

Tokopedia Manfaatkan Jaringan Privat Epsilon untuk Koneksi Langsung Multi-Cloud


Teknogav.com - Tokopedia bekerja sama dengan penyedia konektivitas global Epsilon untuk menyediakan jaringan multi-cloud yang aman dan berkinerja tinggi di Singapura. Jaringan privat Epsilon dengan layanan pengelolaan perutean cloud computing akan digunakan untuk menghubungkan lingkungan produksi Tokopedia di cloud. Beberapa Cloud Connect berkecepatan tinggi digunakan untuk menghubungkan lingkungan produksi Tokopedia di AWS, Alibaba Cloud dan Google Cloud.

Koneksi komputasi awan dengan bandwidth tinggi di infrastruktur Tokopedia disediakan oleh jaringan privat Epsilon. Tokopedia dapat meningkatkan bandwidth sesuai pertumbuhan permintaan e-commerce di Indonesia dengan memanfaatkan solusi Cloud Connect yang fleksibel. Cloud Connect mendukung Tokopedia menyediakan marketplace yang aman bagi merchant dan pembeli produk dan layanan.

Baca juga: VMware Luncurkan Jajaran Solusi untuk Percepat Inovasi dan Transformasi Digital

Jumlah pengguna Tokopedia kini sudah lebih dari 11 juta merchant dan lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan. Mereka dapat menggunakan marketplace Tokopedia dengan nyaman berkat pengelolaan infrastruktur TI yang baik. Jaringan Epsilon memungkinkan Tokopedia menghubungkan dan mengelola infrastruktur tersebut di lingkungan multi-cloud dengan ketersediaan dan kualitas pengalaman yang lebih baik.

Warren Aw, Managing Director Asia Pasifik di Epsilon menyambut gembira kerja sama dengan Tokopedia. Kolaborasi ini dilakukan untuk mengembangkan kapabilitas cloud computing untuk memberdayakan marketplace tersebut. Kini Tokopedia bebas mengakses dan mengelola layanan cloud computing yang dibutuhkan seiring dengan perkembangan bisnis.

Baca juga:  Cloudera Luncurkan CDP Private Cloud, Solusi Pengelolaan Data yang Fleksibel

Warren Aw, Managing Director Asia Pasifik di Epsilon
“Kami memecahkan tantangan mendasar mengenai konektivitas cloud computing yang sering melibatkan aspek manajemen, kinerja dan keamanan. Solusi layanan yang lebih aman kami berikan pada infrastruktur jaringan Tokopedia yang tersimpan di cloud. Upaya ini dilakukan dengan membangun koneksi langsung ke beberapa cloud computing. Tokopedia pun bisa fokus pada upaya peningkatan layanan dan pertumbuhan bisnis tanpa perlu mengkhawatirkan infrastruktur jaringan mereka,” ucap Warren.

Infiny adalah platform Network-as-a-Service dari Epsilon yang membangun solusi Cloud Connect Epsilon dengan cepat menggunakan automasi. Pengguna bisa mengakses layanan ethernet yang saling terhubung dengan platform tersebut. Koneksi pun bisa langsung dilakukan ke penyedia layanan cloud computing dan pusat pertukaran internet di dunia.

Tokopedia dapat dengan mudah mengakses secara langsung penyedia layanan cloud computing yang digunakan menggunakan solusi konektivitas cloud computing Epsilon. Konektivitas langsung tersebut dilakukan dengan routing layer 3 yangsesuai dengan kebutuhan Tokopedia. 

Baca juga: Nutanix Hadirkan Karbon Platform Services, PaaS Multicloud Berbasis Kubernetes

“Kami berharap kolaborasi baik yang terjalin dengan Epsilon dapat terus membantu kami membangun marketplace online yang andal. Layanan ini kami sediakan bagi pelaku usaha dan seluruh masyarakat Indonesia. Pelaku usaha lokal dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Pengguna pun bisa merasakan pengalaman belanja online yang mulus untuk memudahkan keseharian hidup. Kerja sama dengan Epsilon juga mendukung kami mencapai misi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia. Kami membutuhkan solusi yang kredibel dan fleksibel untuk mengamankan dan meningkatkan kinerja konektivitas kami ke cloud computing. Hal ini seiring dengan peningkatan permintaan pengalaman digital yang lebih baik,” ucap Ryan de Melo, VP of Engineering di Tokopedia.

Share:

Artikel Terkini