Review ASUS ZenBook 14 (UX435E), Laptop Ringkas dengan Dua Layar Review ASUS ZenBook 14 (UX435E), Laptop Ringkas dengan Dua Layar ~ Teknogav.com

Review ASUS ZenBook 14 (UX435E), Laptop Ringkas dengan Dua Layar

Teknogav.com – ASUS ZenBook 14 UX435E adalah laptop dengan dua layar yang ditujukan bagi profesional muda dan fresh graduate. Laptop ini cocok bagi mereka yang berada dalam rentang usia 21-30 tahun. Desain laptop ini ringkas dan ringan, sehingga sangat mendukung mobilitas. Kerennya lagi ScreenPad 2.0 pada ZenBook 14 UX435E ini telah memiliki banyak peningkatan.

Prosesor pada laptop ini telah menggunakan Intel Core Generasi ke-11 atau merupakan yang terkini. Seri prosesor tersebut adalah Intel Core i7-1165G7 yang berkinerja tinggi dan hemat daya baterai. Prosesor ini terintegrasi dengan prosesor grafis Intel Iris Xᵉ Graphics. Selain itu keandalan grafisnya juga didukung kartu grafis diskret NVIDIA GeForce MX450.

Kendati memiliki dua layar, ASUS dapat tetap menjaga dimensi ZenBook 14 UX435E ini tetap ringkas dan ringan. Desain ini berkat penggunaan teknologi NanoEdge Display di keempat sisi layar. Teknolog ini memungkinkan bezel di sekitar layar begitu tipis.

Baca juga: ASUS ZenBook 14 (UX435EG) Dukung Produktivitas dengan Peningkatan ScreenPad

Tak ada touchpad terdedikasi pada laptop ini, ZenBok UX435 mengandalkan ScreenPad 2.0 atau layar kedua untuk berfungsi sebagai touchpad. Kerennya, berbagai aplikasi pun dapat dikelompokkan dan ditampilkan pada ScreenPad 2.0. 

kelengkapan ASUS ZenBook 14 (UX435E)

Paket ZenBook UX435 ini berisi unit laptop, adapter dengan port USB tipe-C, dan konverter port RJ45 ke USB tipe-A. Selain itu juga terdapat sleeve laptop, buku panduan dan kartu garansi.

Kinerja Prosesor Intel Core

Keandalan kinerja ASUS ZenBook 14 (UX435E) ini didukung prosesor Intel Core i7-1165G7 yang merupakan prosesor dengan nama kode Tiger Lake. Produksi prosesor ini menggunakan metode 10 nm. Prosesor terdiri dari empat inti dan delapan thread. Kecepatan dasar clock prosesor 2,8 GHz, tetapi bisa dilakukan boost sampai di 4,7 GHz. Prosesor Intel Core i7-1165G7 ini memiliki kinerja cepat namun tetap irit daya.

Baca juga: Review ASUS ZenBook 13 (UX325), Laptop Mungil Elegan dengan Intel Core Gen-11

Kinerja prosesor Intel Core i7-1165G7 ini didukung RAM LPDDR4X berkapasitas 16 GB yang lebih dibandingkan dengan LPDDR3X. Hal lini membuat laptop makin gesit. Keandalan kinerja ini memungkinkan untuk menjalankan aplikasi secara multitasking dengan sangat lancar dan optimal.
Beralih ke media penyimpanan, teknologi yang digunakan adalah SSD PCIe® 3.0 NVMe™ M.2 dengan kapasitas 1 TB. Teknologi SSD yang menggunakan solid state tanpa piringan, mendukung kecepatan saat booting dan memuat aplikasi. Tak digunakannya piringan ini membuat teknologi SSD lebih tahan banting dibandingkan HDD. 

Grafis pada ZenBook 14 (UX435) didukung oleh dua prosesor grafis. Prosesor grafis pertama adalah Intel Iris Xᵉ Graphics yang terintegrasi yang kinerjanya lebih tinggi dibandingkan Intel HD Graphics. GPU ini mendukung daya baterai yang tahan lama. Selain itu tersedia juga prosesor kedua yang merupakan prosesor diskret NVIDIA GeForce MX450 yang kinerjanya didukung VRAM berkapasitas 2 GB.

Sistem Pendingin

Kipas pada sistem pendingin ZenBook 14 (UX435) ini berukuran lebih tebal, yaitu 5 mm, demikian juga bilah kipas yang lebih banyak, yaitu 87. Kendati demikian ketebalan kipas tetap sama dengan generasi sebelumnya, yaitu 0,25 mm. Peningkatan pada kipas ini menghasilkan aliran udara yang lebih banyak 15%.

ASUS juga menyediakan profil kipas yang mendukung pendinginan agar efisien. Profil kipas tersebut mencakup mode Performance, mode Standard dan mode Whisper. Mode Performance akan memicu kecepatan kipas untuk daya yang lebih besar, sedangkan mode standar menyeimbangkan kinerja dinamis. Bagi yang membutuhkan keheningan, maka tersedia mode Whisper yang kebisingan kipasnya kurang dari 28 dB.

Baterai

ZenBook 14 (UX435) ini menggunakan baterai yang terdiri dari tiga sel Lithium-ion dan kapasitas 63 WHrs. Kemampuan baterai tersebut bisa sampai 12 jam penggunaan. Penggunaan prosesor Intel Core i7 generasi ke-11 yang hemat daya turut andil dalam membuat daya pada baterai bertahan lebih lama. Tentunya kemampuan ini dapat mendukung penggunanya untuk melakukan kegiatan komputasi sehari-hari.

ScreenPad 2.0

Jika dibandingkan dengan ScreenPad sebelumnya, pada ScreenPad terkini terdapat banyak peningkatan dan perbaikan. Hal ini dilakukan berdasarkan masukan dari pengguna dan data riset ASUS. Kini ScreenPad 2.0 sudah menggunakan ScreenXpert2.0 yang merupakan gabungan dari mode ScreenPad dan mode Extender dari perangkat ScreenPad 2.0. Kini dua mode tersebut dapat digunakan pada saat bersamaan.

Pengalaman pengguna yang baru lebih baik dan lebih intuitif dibandingkan sebelumnya. Layar utama dapat menyajikan ruang yang besar, lalu pengelolaan tugas-tugas dapat dilakukan dengan mudah memakai ScreenPad 2.0 sebagai layar kedua. Pengembangan fungsi dan aplikasi pada ScreenPad 2.0 memudahkan untuk meluncurkan aplikasi antar dua layar menggunakan AA Switcher. 

Baca juga: Review ASUS ZenBook UX334F, UltraBook Mungil dengan Layar Tambahan ScreenPad

Seluruh aplikasi yang telah dibuka dari ScreenPad 2.0 pun bisa dilihat menggunakan App Navigator. Fitur ini memudahkan untuk menukar posisi aplikasi dari layar utama ke ScreenPad 2.0 atau sebaliknya. Tentu saja ada begitu banyak fitur lain yang bisa dieksplorasi dengan lebih nyaman. Termasuk jika ingin menulis dengan tulisan tangan lalu diubah menjadi teks, maka bisa menggunakan fitur Handwriting. 

ScreenPad 2.0 ini memberikan cara baru untuk berinteraksi dengan laptop dan mengelola tugas-tugas yang dibutuhkan. Fitur ini sangat membantu melakukan multitasking yang sesungguhnya. Kerennya lagi, ketika melakukan tangkapan layar menggunakan tombol Prt Scr, maka akan diambil tangkapan layar dua layar sekaligus. 

tangkapan layar dua layar sekaligus

 Berbagai aplikasi seperti pemutar video, notepad dan bahkan game pun bisa dibuka di ScreenPad 2.0. Jadi bila takut ketahuan ada yang memperhatikan layar utama dari belakang pengguna, cukup manfaatkan saja ScreenPad 2.0 sebagai layar alternatif.

Peningkatan pada ScreenPad 2.0 memperikan pengalaman layaknya mengoperasikan layar smartphone, misalnya dengan mengusap layar ke kiri menunju halaman terakhir untuk mengelola aplikasi di ScreenPad 2.0. Selain itu operasi antar layar pun terasa mulus, juga tersedia opsi mode gelap dan terang untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
 

Desain

ZenBook 14 UX435E ini memiliki desain ringkas dan ringan, ketebalannya hanya 1,69 cm, bahkan lebih tipis dari ZenBook 13 UX334F! Bobotnya juga hanya 1,29 kg, sedikit lebih berat dari ZenBook 13 UX334F yang bobotnya 1,22 kg.

Layar ZenBook 14 (UX435E) menggunakan teknologi layar sentuh berukuran 14 inci. Dimensi yang ringkas dari laptop berkat penggunaaan NanoEdge Display di keempat sisi layar. Ketebalan bezel samping laptop ini, masing-masing hanya 2,6 mm. Sedangkan ketebalan bezel bawah 3,3 mm dan bezel atas 6,1 mm. Ukuran bezel yang sangat tipis tersebut membuat rasio layar-ke-bodi mencapai 92%.

Kenyamanan mata pun dijamin layar laptop yang menyandang sertifikasi TÜV Rheinland Eye Care. Sertifikasi tersebut menjamin layar bebas flicker dan memiliki pancaran sinar biru yang rendah. Hal ini akan melindungi mata dari kerusakan yang ditimbulkan sinar biru. Teknologi yang digunakan pada laptop ini adalah IPS dengan resolusi FHD dan kecerahan 300 nites. Akurasi warna pada layar berada di rentang 100% RGB.

Kemiringan layar pada sudut tertentu dihadirkan oleh fitur ErgoLift hinge yang mengangkat bodi utama laptop sehingga membentuk kemiringan 135. Mekanisme ErgoLift ini mengoptimalkan sistem pendinginan yang dioptimalkan, meningkatkan kinerja audio dan menyajikan posisi yang mengetik yang lebih baik.

Keandalan laptop ini pun sudah menyandang sertifikasi militer Amerika Serikat MIL-STD 810H. Sertifikasi ini diberikan setelah melewati uji tekanan, gunjangan dan getaran. Uji ketinggian mencakup pengoperasian normal pada tekanan kabin yang setara 15.000 kaki.

Pada pengujian guncangan dilakukan uji jatuh dari ketinggian 1 meter dalam kondisi laptop menyala. Pengujian tersebut dilakukan empat kali pada setiap permukaan atau sisi. Uji getaran dilakukan pada rentang frekuensi 5-500 Hz tiga sumbu dan dua jam acak per sumbu.

Keyboard

Desain keyboard ergonomis dengan tombol chiclet yang besar dan key travel 1,4 mm sehingga membuat pengalaman mengetik lebih nyaman. Setiap tombol memiliki piringan keycap 0,15 mm yang membantu meningkatkan akurasi dan kenyamanan pengetikan. Sayangnya tombol daya laptop ini menyatu dengan keyboard. Jadi bagi yang belum terbiasa dengan posisi tombol tersebut maka akan berisiko salah mengetik huruf.

keyboard dan ScreenPad 2.0

Tombol-tombol fungsi yang berjejer di barisan atas keyboard memudahkan jika ingin mengeksekusi misi tertentu. Tak perlu khawatir dengan kuman saat menggunakan ZenBook 14 (UX435E), Keamanan kesehatan juga dijamin ASUS dengan fitur ASUS BacGuard yang mampu mengurangi 99% kegiatan bakteri. Fitur tersebut pun sudah teruji dengan keberadaan sertifikasi ISO 22196.

Audio

Ketika sedang melakukan meeting menggunakan aplikasi konferensi video, tak perlu khawatir suasana lingkungan sekitar yang bising. Ini karena ASUS sudah membekali ZenBook 14 (UX435) dengan fitur AI Noise-Cancelling Audio yang dapat meniadakan suara kebisingan latar. Fitur-fitur ini mencakup ClearVoice Mic untuk meningkatkan pidato, AI-trained dan ClearVoice Speaker. Posisi kamera yang terletak di bagian bezel bagian atas layar pun menunjang komunikasi dengan video chat berjalan lancar.

Sistem audio dari ZenBook 14 (UX435) disertifikasi spesialis audio Harman Kardon. Sertifikasi tersebut memastikan suara yang sejernih kristal dan mendalam untuk komunikasi atau hiburan.

Konektivitas

ZenBook 14 (UX435) memiliki port yang cukup lengkap. Pada sisi kiri terdapat port USB 3.2 Gen 1 tipe-A, jack audio 3,5 mm dan slot micro SD. Lalu di sisi kanan terdapat port HDMI 2.0, dan dua port USB tipe-C yang sudah didukung Thunderbolt 4. 

sisi kiri ASUS ZenBook 14 (UX435E)
sisi kanan ASUS ZenBook 14 (UX435E)

Port USB tipe C yang sudah didukung teknologi Thunderbolt 4 ini disertai dengan Power Delivery dan Display Port. Teknologi Power Delivery memungkin kan untuk melakukan pengisian daya pada port tersebut. Sedangkan Display Port memungkinkan laptop dihubungkan ke layar eksternal UHD 4K sehingga bisa meningkatkan produktivitas. Keberadaan dua port USB tipe-C ini berarti bisa dihubungkan ke dua layar eksternal.

Port USB tipe-C untuk pengisian daya mendukung 5-20V sehingga bisa digunakan untuk berbagai jenis charger 5V-20V USB tipe-C yang standar. Bisa juga melakukan pengisian daya ultracepat dengan segala charger yang tersertifikasi Power Delivery (PD). Kompatibilitas tersebut termasuk adapter pengisian daya cepat 65-watt yang sudah disertakan pada paket pembelian.

Kecepatan teknologi ThunderBolt 4 bisa mencapai delapan kali lebih cepat dibandingkan port USB 3.2 Gen 1. Pada laptop tidak terdapat port RJ 45 untuk ethernet, tetapi ASUS menyediakan konverter RJ 45 ke USB tipe-A untuk penggantinya.

Beralih ke koneksi nirkabel, ZenBook 14 (UX435) sudah menggunakan teknologi Wi-Fi 6 (Gig+) (802.11ax). Selain itu tersedia juga koneksi Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2.

Kecepatan yang disajikan koneksi Wi-Fi 6 memungkinkan untuk menikmati video streaming 4K UHD yang mulus. Selain itu juga mendukung transfer file kreatif yang besar dalam sekejap. Jika dibandingkan Wi-Fi 5, maka teknologi Wi-Fi 6 tiga kali lebih cepat dan kapasitas jaringan pun empat kali lebih besar. Wi-Fi 6 juta memiliki latensi lebih rendah 75%.

Teknologi Wi-Fi 6 tersebut didukung fitur ASUS Wi-Fi Master yang menyajikan koneksi Wi-Fi yang stabil dan cepat, serta dioptimalkan untuk mobilitas maksimum. Fitur ini mencakup Wi-Fi SmartConnect yang pintar sehingga dapat otomatis terhubung pada sinyal Wi-Fi yang terbaik dari router yang ada di lingkungan pengguna. Laptop juga akan memprioritaskan jaringan hotspot mobile yang diiingat ketika terdeteksi.

Sistem Operasi dan Perangkat Lunak

ZenBook 14 (UX435E) ini menggunakan sistem operasi Windows 10 Home Single Language dengan dukungan kemampuan Windows Hello. Laptop ini juga sudah dilengkapi dengan Office Home & Student 2019 yang asli 100%. Aplikasi tersebut menyajikan Office versi Word, Excel dan PowerPoint. Tak perlu khawatir akan keamanan, perangkat lunak tersebut akan rutin mendapat pembaruan kenyamanan untuk melindungi perangkat, program dan data.

Integrasi dengan smartphone mudah dilakukan menggunakan aplikasi MyASUS terkini yang mencakup sekumpulan aplikasi ASUS dan alat untuk mendukung berbagai kegiatan. Berbagai smartphone dengan platform Android dan iOS bisa dihubungkan ke laptop untuk mengoptimalkan kinerja laptop. Selain itu MyASUS juga bisa digunakan untuk menghubungi layanan purna jual dan dukungan. Ada begitu banyak aplikasi populer yang bisa diunduh dan penawaran eksklusif dalam My ASUS.

Benchmark

Pengujian ASUs ZenBook 14 (UX435E) dilakukan dengan beberapa aplikasi Benchmark. Pada uji coba menggunakan PC Mark 10, ZenBook 14 (UX435E) memperoleh nilai total 5.033.Nilai tersebut jauh lebih tinggi dari nilai yang diperoleh ASUS ZenBook 13 (UX325) yang menggunakan prosesor sama.

Nilai Essential dari ZenBook 14 (UX425E) juga tinggi, yaitu 8.263 yang menunjukkan keandalan untuk mengerjakan tugas-tugas sederhana. Namun angka tersebut lebih rendah dibandingkan skor yang diperoleh ZenBook 13 (UX325) yaitu 9.400. Keduanya masih cukup tinggi dibandingkan nilai batas kinerja baik, yaitu 4100. Jika dilihat dari kategori jenis kerja, berikut ini adalah rincian skornya.

PC Mark 10 ASUS ZenBook 14 (UX435E)

Pada pengujian benchmarking menggunakan Pass Mark, nilai yang diperoleh cukup lumayan yaitu 2.815, terpaut tipis dari skor rata-rata 2.804. Sementara hasil benchmarking CPU adalah 5.839. Sayangnya nilai tersebut jauh di bawah rata-rata 7.231.

skor uji kinerja dengan PassMark
skor uji CPU dengan PassMark
Berdasarkan peringkat prosesor yang disusun PassMark, kinerja Intel Core i7-1165G7 ini di atas Intel Core i7-8750H. Sayangnya masih di bawah Intel Core i7-9750H dan AMD Ryzen 5 4500U.

peringkat dengan CPU Mark
Pada benchmarking grafis memakai PassMark, nilai yang diperoleh untuk 2D Mark dari ZenBook14 (UX435E) adalah 414. Nilai ini masih di bawah rata-rata dunia, yaitu 604. Sedangkan untuk 3D Mark nilai yang diperoleh adalah 3.153, Nilai ini pun masih di bawah rata-rata dunia yaitu 3.841.

Uji Video Card 2D
Uji Video Card 3D

Beralih ke pengujian memori, nilai yang diperoleh adalah 1.386, nilai ini pun masih di bawah rata-rata 1.778. Sedangkan untuk hasil pengujian Disk Mark, nilai yang diperoleh 12.150, jauh lebih tinggi dari rata-rata 3.613.

Uji RAM
Uji Disk Mark

Ketika melakukan uji coba CPUdengan GeekBench, skor kinerja inti prosesor untuk single core adalah 6.522 dan multi core 18.370. Pengujian Open CL pun dilakukan pada masing-masing prosesor grafis menggunakan GeekBench. Hasilnya adalah 98.762 untuk Intel Iris Xᵉ Graphics dan 89.716 untuk NVIDIA GeForce MX450.

<
Uji CPU GeekBench 4

Uji Open CL Intel Iris Xᵉ Graphics Geekbench 4

Uji Open CL NVIDIA GeForce MX450 Geekbench 4

Rincian nilai hasil uji menggunakan CPU-Z adalah sebagai berikut:

CPU-Z

Harga dan Ketersediaan

Harga yang dibanderol pada ASUS ZenBook 14 UX(435E) ini adalah Rp22.999.000. Pembelian dapat dilakukan di beberapa e-commerce berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ASUS ZenBook 14 (UX435EG) di Blibli
Klik untuk membeli ASUS ZenBook 14 (UX435EG) di Bukalapak
Klik untuk membeli ASUS ZenBook 14 (UX435EG) di Shopee
Klik untuk membeli ASUS ZenBook 14 (UX435EG) di Tokopedia


Kelebihan

Keistimewaan ZenBook 14 (UX435E) tentu saja pada ScreenPad 2.0 dengan fitur dan teknologi yang ditingkatkan. Kendati menggunakan dua layar, ASUS tetap mempertahankan dimensi laptop ini tetap kecil dan ringan. Pengoperasian pun mudah dilakukan dengan dua layar sentuh yang tersedia. ScreenPad 2.0 mendukung untuk menjadi layar, touchpad, handwriting, kalkulator dan lain-lain. Tampilan layar utama pun terasa luas berkat dukungan teknologi NanoEdge Display di keempat sisi.

Kinerja tinggi yang mengandalkan Intel Core generasi ke-11 pun menjadikan laptop ini luar biasa. RAM yang mendukung kinerja prosesor tersebut pun tinggi, yaitu 16 GB.

Grafisnya pun didukung dua prosesor grafis sekaligus, yaitu NVIDIA GeForce MX450 dan Iris Xᵉ Graphics. Media penyimpanan pun sudah menggunakan teknologi terkini, yaitu SSD PCIe NVMe dengan kapasitas 1 TB. Semua aplikasi yang dibuka dan kerjaan terasa berjalan mulus.

Tampilan pada layar terlihat jernih dan tajam, nyaman untuk menyunting video dan rendering pun tak berat. Tampilan pada layar memang tampak tajam dengan resolusi FHD 1920 x 1080 piksel. Bermain game pun tetap lancar walau menggunakan laptop berukuran ringkas ini.

Keamanan laptop didukung oleh pengenalan wajah yang dapat dengan mudah diatur saat awal menyalakan laptop atau kapan pun ingin disesuaikan. Desain Ergolift laptop membuatnya nyaman untuk mengetik, memaksimalkan keluaran audio dan mendukung sistem pendinginan.

Kekurangan

Tidak ada sensor sidik jari dan bodi mudah panas. Slot card reader tidak bisa digunakan untuk SD Card. Padahal beberapa kamera masih menggunakan SD Card sebagai media penyimpanan. Kedua kartu grafis sama-sama bukan jenis kartu grafis untuk game yang berat tetapi lebih mengutamakan efisiensi daya.

Spesifikasi ZenBook 14 (UX435E)

CPU

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Sistem Operasi

Windows 10 Home with Office Home & Student 2019 pre-installed

Memori

LPDDR4X 16 GB

Media Penyimpanan

SSD PCIe® 3.0 NVMe™ M.2 1 TB

Layar

Layar Utama

14" (16:9) IPS FHD (1920 x 1080), 300 nits, 100% sRGB, NanoEdge Display, Touchscreen, TÜV Rheinland eye-care certified display

ScreenPad 2.0

FHD+ (2160 x 1080) IPS-level Panel

 

Grafis

NVIDIA® GeForce® MX450

Intel® Iris® X Graphics

Input/Output

1x HDMI 2.0b, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display and power delivery, Micro SD card reader

Kamera

HD camera with IR function to support Windows Hello

Konektivitas

Intel Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax)+Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

Audio

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified

Baterai

63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimensi

31.90 x 19.90 x 1.69 ~ 1.69 cm

Bobot

1.29 kg

Warna

Pine Grey dan Lilac Mist

Harga

Rp22.999.000

 

Garansi

2 tahun garansi global

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email