Tips Siasati Keuangan Agar Setiap Hari Seperti “Tanggal Muda” Tips Siasati Keuangan Agar Setiap Hari Seperti “Tanggal Muda” ~ Teknogav.com

Tips Siasati Keuangan Agar Setiap Hari Seperti “Tanggal Muda”

Teknogav.com – Istilah ‘tanggal muda’ dan ‘tanggal tua’ merupakan hal yang umum di Indonesia, terutama di kalangan yang sudah bekerja. Jika dompet kembali tebal karena baru menerima gaji, maka situasi tersebut merupakan ‘tanggal muda’. Sebaliknya jika dompet sudah makin menipis dan gajian masih belum tiba, itulah ‘tanggal tua’. Saat menjelang gajian, terkadang karyawan cemas uang gajinya tak mencukupi sampai tiba gajian bulan depan. Nah, berikut ini adalah cara menyiasati agar hidup lebih tenteram dan merasa layaknya ‘tanggal muda’ setiap hari.

Empat cara ini bisa direrapkan agar gaji tetap awet dan tak pernah meraskan ‘tanggal tua’:

1.    Susun Skala Prioritas

Ketika momen gajian tiba, segera susun skala prioritas kebutuhan. Tujuan skala prioritas ini untuk membantu mengelompokkan hal yang penting untuk lebih dahulu dibayar dan mana yang masih bisa ditunda. Besar pengeluaran yang mungkin dikeluarkan pada skala prioritas ini pun penting untuk dicatat. Skala prioritas memungkinkan untuk memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan dalam sebulan.

Baca juga: Berdasarkan Jenis Promo Favorit, Ini 5 Karakteristik Orang Indonesia

2.    Kenali dan Kendalikan Jumlah Pengeluaran

Dalam sebulan pastinya ada pengeluaran rutin yang harus dialokasikan. Pengeluaran tersebut mencakup tagihan listrik, air, pulsa, bensin dan lain-lain. Biasanya ada juga pengeluaran tidak tetap yang bersifat rekreasional. Pengeluaran rekreasional tersebut mencakup jajan makanan dan minuman segara sebagai mood booster saat bekerja. Bisa juga berupa pembelian pakaian atau sepatu untuk menjaga penampilan, serta keperluan hobi lain.

Sering kali pengeluaran yang bersifat rekreasional justru membengkak melebihi pengeluaran tetap yang pokok. Hal ini dapat dicegah dengan membuat rancangan biaya tiap awal bulan dan mengalokasikan beberapa pos pengeluaran untuk mengatur pengeluaran. Jurus ini dapat membantu memenuhi hobi dan membayar pengeluaran rutin tanpa harus merasakan ‘tanggal tua’ di akhir bulan.

Baca juga: Tips Tingkatkan Poduktivitas di Rumah dengan 5 Kegiatan Inspiratif Ini

3.    Manfaatkan Promosi

Jurus jitu meminimalkan pengeluaran adalah dengan memanfaatkan promosi. Jelang akhir bulan, Shopee Mantul Sale kembali hadir menemani momen gajian di setiap bulan. Serangkaian promosi menarik dapat dimanfaatkan untuk memperpanjang masa ‘tanggal muda;. Selama periode 25-27 Juni 2021 terdapat penawaran menarik di berbagai toko yang terdapat dalam aplikasi Shopee dan gerai offline. Penawaran tersebut mencakup ShopeePay Deals Rp1, Serba Seribu dan lain-lain.

Pada 25 Juni 2021 lalu juga terdapat voucher gratis ongkos kirim tanpa minimal belanja. Contoh promosi tersebut bisa menghemat uang yang harus dikeluarkan, sehingga tak merasakan ‘tanggal tua’ saat menjelang tanggal gajian. 

4.    Irit Bukan Pelit

Belajar irit itu penting, tetapi bukan berarti pelit. Strategi untuk mulai irit ini bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan rekreasional yang dapat meningkatkan produktivitas kerja. Demi memulihkan mood saat bekerja, bisa tetap membeli camilan dari restoran-restoran hits. Beberapa restoran tersebut mencakup Ayam Keprabon Express, Eatlah, Gulu Gulu, HokBen, Sour Sally dan lain-lain.

Para pecinta fesyen juga bisa memberi beberapa produk fesyen untuk menunjang pengampilan saat virtual meeting. Beberapa di antarranya adalah sepatu dan baju unik dari Sole Sister dan SmittenByPattern, perhiasan cantik dari AurumLab dan Loulou Rose, koleksi jam tangan dari The Watch Co, dan kacamata kekinian dari Oje Eyewear. Tak perlu khawatir penegluaran melonjak, karena bisa memanfaatkan voucher cashback sampai 100% untuk setiap pembelian dengan metode pembayaran ShopeePay. Keuntungan ini bisa diperoleh selama periode promo Shopee Mantul Sale.

Baca juga: Rayakan HUT Jakarta ke-494, Mari Telusuri #JajananLokal Jakarta bersama ShopeePay

Beberapa tips tersebut dapat diterapkan untuk menghindari diri dari ‘tanggal tua’. Voucher cashback sampai 100% juga bisa dimanfaatkan di ratusan merchant lain selain yang sudah disebutkan di atas. Merchant-merchant tersebut di antaranya adalah AnterAja, CFC, Inspigo, Fore Coffee, Kopi Kenangan, Mangkok Ku, Teguk, Yang Ayam, Yoshinoya, dan lain-lain.

Manfaatkan ShopeePay sebagai metode pembayaran agar makin hemat, nyaman dan menyenangkan. Tetap selalu terapkan protokol kesehatan saat mengunjungi toko offline selama periode promo ya. Informasi lebih lanjut mengenai Shopee Mantul Sale dapat dilihat pada tautan ini.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email